Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 12 Cara Bayar Akulaku Lewat OVO : Syarat & Keuntungan

4 min read

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO

Mahirtransaksi.com – Melunasi tagihan Akulaku lewat OVO dapat dilakukan dengan metode Transfer Ke Rekening Bank. Berikut panduan lengkap cara bayar Akulaku lewat OVO beserta syarat dan keuntungannya !

Sebagai salah satu layanan kredit terbesar di Indonesia, Akulaku menjadi andalan masyarakat dalam hal pinjaman online dengan limit pinjaman besar dan bunga rendah. Akulaku meroket berkat empat lini produknya yaitu E-Commerce, Akucicil, Pinjaman, dan Bank Digital.

Sayangnya, sampai saat ini Akulaku hanya menyediakan opsi pembayaran tagihan dan cicilan pinjaman melalui Transfer Bank serta Merchant seperti Indomaret & Alfamart.

Padahal pengguna Akulaku sudah banyak yang beralih ke Dompet Digital seperti Dana, OVO dan Go-Pay. Setelah mengulas cara bayar Akulaku lewat Dana, ternyata Akulaku juga dapat dibayar dengan OVO.

Syarat Bayar Akulaku Pakai OVO

Ada beberapa syarat dan ketentuan membayar tagihan Akulaku lewat saldo OVO. Hal ini dikarenakan metode pembayaran dengan E-Wallet sebenarnya hanya memanfaatkan fitur Transfer ke Virtual Account Bank Akulaku.

Berikut beberapa syarat membayar tagihan Akulaku pakai OVO :

1. Upgrade Akun OVO Premier

Kamu sudah punya akun OVO? Kalau sudah, pastikan bahwa akunmu sudah terverifikasi dengan cara upgrade akun OVO kamu ke OVO Premier untuk memaksimalkan fitur – fitur di aplikasi OVO, termasuk fitur Transfer Ke Rekening Bank.

Proses verifikasi OVO Premier memerlukan waktu 1 hingga 3 hari kerja. Kalau data – datamu sudah lengkap dan valid, pengajuan upgrade OVO Premier kamu akan disetujui.

Baca Juga : 7 Cara Top Up OVO Di Alfamart Yang Mudah & Praktis 

Tapi kalau ada data yang masih belum sesuai, kamu akan diminta untuk memperbaikinya dan melakukan pengajuan ulang. Ini artinya kamu perlu waktu lebih lama lagi sampai akunmu terverifikasi ke Premier.

2. Pastikan Saldo OVO Cukup

Pastikan saldo OVO Cash kamu cukup untuk melunasi tagihan Akulaku. Fyi, saldo OVO yang dapat digunakan untuk membayar tagihan Akulaku hanyalah saldo OVO Cash bukan saldo OVO Point.

Saat membayar Akulaku pakai OVO, kamu akan dikenakan biaya admin untuk transfer antar Bank sebesar Rp2.500. Oleh karena itu, saldo OVO cash yang harus kamu siapkan adalah total biaya tagihan Akulaku + biaya admin transfer Bank aplikasi OVO.

3. Pastikan Akulaku Terverifikasi

Selain di aplikasi OVO, kamu juga harus memastikan bahwa akun Akulaku kamu sudah terverifikasi untuk memudahkan tim Akulaku melakukan validasi pembayaran tagihan.

Proses verifikasi Akulaku hanya membutuhkan foto KTP + Selfie KTP. Kamu juga diharuskan mengisi beberapa data  – data pribadi terkait kontak darurat dan pekerjaan kamu.

Agar lebih jelas, kamu dapat membaca cara verifikasi akun Akulaku lebih lengkap Disini.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO Cash

Pada dasarnya, Akulaku belum menyediakan fasilitas pembayaran tagihan atau cicilan menggunakan OVO. Satu – satunya opsi pembayaran yang tersedia di aplikasi Akulaku adalah Transfer Bank.

Untungnya, OVO juga menyediakan fitur Transfer Antar Bank. Fitur ini hanya bisa digunakan oleh akun OVO Premier, karena kamu perlu upgrade akun OVO sebagai salah satu syarat melunasi tagihan Akulaku lewat OVO.

Berikut cara bayar Akulaku lewat OVO Cash :

1. Buka Tagihan Akulaku

Pertama buka aplikasi Akulaku. Di halaman beranda Akulaku, klik Menu Keuangan / Credit. Pada halaman ini kamu bisa melihat nominal tagihan yang harus kamu bayar di Tagihanku.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Lihat Tagihan Akulaku

Tertera pula besaran kredit dengan keterangan Total belum dibayar di bawahnya. Untuk melanjutkan ke pembayaran tagihan, klik menu Lihat Tagihan di pojok kanan atas.

2. Klik Lunasi Sekarang

Setelah klik Lihat Tagihan, kamu bisa melihat Detail Cicilan meliputi jenis produk dan nominal cicilan pada periode berjalan.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Bayar Tagihan Akulaku

Di bagian bawah juga tercantum nominal tagihan untuk periode selanjutnya. Untuk melanjutkan pembayaran cicilan Akulaku lewat OVO, klik Lunasi Sekarang.

3. Pilih Menu Bayar Sekarang

Di halaman selanjutnya, kamu bisa melihat rincian tagihanmu dalam 4 kolom :

  • Sisa tagihan.
  • Total pembayaran.
  • Telah dibayar.
  •  Jumlah pembayaran.

Akulaku memang memperbolehkan penggunanya untuk menyicil pembayaran sebesar minimal 50 ribu rupiah sebelum jatuh tempo, karena itulah ada kolom Telah dibayar dan Jumlah pembayaran.

Kalau detailnya sudah sesuai, lanjutkan dengan klik tombol Bayar Sekarang di bagian bawah.

4. Pilih Metode Pembayaran

Di bagian selanjutnya, kamu akan melihat beberapa metode pembayaran dengan Tranfer Bank yang tersedia yaitu BCA, BNI, Mandiri, dan BRI. Semuanya menggunakan metode Transfer dengan Virtual Account.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Pilih Jenis VA Bank

Klik salah satu Bank yang ingin kamu gunakan untuk melanjutkan ke proses pembayaran. Ingat, sebelumnya kamu harus menghubungkan akun Bank ke Akulaku.

5. Salin Kode Virtual Account Ke OVO

Setelah kamu klik jenis Bank, maka akan muncul kode Virtual Account (VA) sesuai Bank yang kamu pilih. Kode ini digunakan untuk pembayaran tagihan dan sifatnya unik sehingga harus kamu rahasiakan.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Salin Kode Virtual Account

Klik Salin kode Virtual Account yang muncul di Akulaku yang nantinya digunakan sebagai nomor tujuan Transfer di aplikasi OVO. Kamu punya waktu 24 jam untuk transfer tagihan terhitung sejak kamu membuat Virtual Account.

6. Transfer Lewat OVO

Selanjutnya buka aplikasi OVO kemudian klik menu Transfer untuk mengirim saldo OVO ke Rekening Virtual Account dari Akulaku.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Pilih Menu Transfer

Di bagian paling atas kamu bisa melihat jumlah saldo OVO yang kamu miliki. Pastikan bahwa saldo kamu mencukupi untuk pembayaran tagihan plus biaya adminnya

7. Pilih Rekening Bank

Kemudian pilih menu Transfer Ke Rekening Bank. Selanjutnya pilih Bank sesuai yang kamu gunakan di Akulaku. Tempel kode Virtual Account Akulaku yang sudah kamu salin ke kolom Nomor Rekening.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Transfer Ke Rekening Bank

Di kolom Sumber, pilih OVO Cash untuk transfer dari saldo OVO kamu ke rekening Bank tujuan. Isi kolom Nominal Transfer sesuai jumlah tagihan yang harus kamu bayar lalu klik Lanjutkan.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Tempel Kode VA Akulaku

8. Konfirmasi Pembayaran

Selanjutnya akan muncul rincian transfer saldo OVO Cash. Rincian terdiri dari Penerima berisi nomor Virtual Account, Sumber dana yaitu OVO Cash, dan Nominal Transfer.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Konfirmasi Transfer Saldo OVO

Kalau kamu sudah yakin bahwa semua datanya benar, klik tombol Transfer di bagian bawah. Terakhir masukkan PIN OVO untuk menyelesaikan proses transfer.

9. Bayar Akulaku Lewat OVO Berhasil

Kalau semua prosesnya berjalan lancar, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer sudah berhasil dilakukan. Kamu dapat melihat riwayat transaksi di aplikasi OVO dengan cara klik History.

Cara Bayar Akulaku Lewat OVO
Transfer OVO Berhasil

Setelah itu buka aplikasi Akulaku. Buka menu Keuangan / Credit > Lihat Tagihan. Pastikan nominal tagihan / cicilan di aplikasi Akulaku sudah berkurang sesuai nominal yang telah kamu bayar lewat aplikasi OVO.

Penutup

Cara bayar Akulaku lewat OVO dengan fitur transfer Virtual Account Bank Akulaku dengan menyalin kode VA lalu mengirim saldo OVO cash sesuai nominal tagihan di aplikasi Akulaku.

Baca Juga : 12 Cara Kredit HP Di Akulaku Tanpa DP & Tanpa Survei 

OVO sudah menjadi aplikasi keuangan digital multifungsi. Perannya berhasil menggantikan posisi E-Banking karena jauh lebih praktis dan lengkap. Agar kamu lebih tenang dalam membayar tagihan Akulaku, selalu ikuti pedoman keamanan digital OVO.

Baca Juga : 14 Cara Menaikkan Limit Akulaku Dijamin Berhasil !

Sekian dulu ulasan cara bayar Akulaku pakai OVO yang terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Akulaku, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *