Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru [Agen Dan BRI Link Mobile]

3 min read

Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru

Mahirtransaksi.com – Selain menggunakan ATM BRI, membayar belanjaan Shopee juga dapat dilakukan melalui Agen BRI Link. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkap cara bayar Shopee lewat BRI Link dan aplikasi BRI Link Mobile berikut ini !

Banyaknya variasi pembayaran di Shopee tentu akan membuat kamu kebingungan memilih mana pembayaran Shopee terbaik dan tercepat. Walaupun sebagian metode pembayaran Shopee tersebut tidak tersedia dalam daftar pembayaran di aplikasi Shopee, namun kamu masih bisa menggunakannya untuk membayar belanjaan kamu.

Salah satu contohnya adalah BRI Link. Melalui kutipan resmi BRI, BRILink adalah salah satu contoh perluasan kerjasama antara BRI dengan nasabah yang dapat melayani transaksi real time online menggunakan EDC Mini ATM BRI dengan konsep Sharing Fee.

Tidak hanya tersedia secara offline, saat ini juga telah tersedia pembayaran terbaru Shopee melalui aplikasi BRI Link Mobile. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis. Tetapi dalam penggunaannya, diperlukan verifikasi oleh pihak bank BRI terdekat.

Bayar Shopee Lewat BRI Link

Agen BRILink ini biasanya tersedia di tempat yang jarang terdapat ATM atau Bank BRI. Biasanya Agen BRI Link terverifikasi memiliki plang / tanda khusus di depan rumah / Toko seperti ini :

Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru
Gerai Agen BRI Link

Sama halnya seperti ATM BRI, di agen BRI Link kamu juga bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai, transfer maupun membayar tagihan belanja online termasuk Shopee.

Biasanya dalam proses transaksi BRI Link akan dikenakan biaya administrasi (fee) berkisar antara 2 ribu hingga 15 ribu tergantung jenis dan besaran transaksi yang kamu minta.

Sedangkan di aplikasi BRIlink Mobile, kamu tidak akan dikenakan biaya transfer ke sesama BRI. Tetapi untuk transfer ke ATM lain tetap akan dikenakan biaya layanan sesuai dengan ketentuan bank BRI.

Memilih Pembayaran Shopee Lewat BRI Link?

Tentu memilih BRI Link sebagai metode pembayaran Shopee bukan tanpa alasan. Dibandingkan pembayaran lain seperti ShopeePay, Transfer Bank maupun Merchant alfamart / indomaret, pembayaran BRI Link tergolong rumit dan membutuhkan biaya lebih.

Alasannya :

  • Untuk membayar Shopee melalui BRI Link, kamu wajib mengunjungi gerai agen BRI Link atau mengunduh aplikasi BRI Link Mobile.
  • Jika memilih agen BRI Link, kamu harus siap menyiapkan dana lebih untuk membayar biaya jasa agen.
  • Jika memilih menggunakan aplikasi BRI Link Mobile, kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu di bank BRI terdekat.

Tetapi, ada saja alasan mengapa pembayaran Shopee ini masih digunakan hingga saat ini. Alasannya :

  • Kamu tidak memiliki rekening bank untuk melakukan pembayaran via transfer Bank.
  • Merchant indomaret / alfamart tidak tersedia di tempat tinggal-mu.
  • Kamu belum memiliki KTP untum melakukan verifikasi pembayara  ShopeePay.

Untuk alasan tersebut, maka menggunakan BRI Link sebagai metode pembayaran Shopee merupakan langkah yang tepat.

Cara Melakukan Pembayaran Shopee Lewat BRI Link

Dalam ulasan ini, saya akan membahas dua jenis pembayaran BRI Link, yaitu melalui Agen BRI Link dan Pembayaran lewat aplikasi BRI Link Mobile. Pastinya kamu harus membuat pesanan Shopee dan memilih metode pembayaran Virtual Account terlebih dahulu, berikut caranya :

  • Masuk ke Aplikasi Shopee lalu tap menu pencarian. Selanjutnya cari produk yang ingin kamu beli. Pilih Masukan ke kerangjang atau Beli Sekarang.
  • Pada halaman checkout klik produk yang ingin kamu pesan. Kemudian klik Checkout.
  • Lengkapi alamat pengiriman, jasa pengiriman serta voucher cashback atau Gratis ongkir.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran Transfer Bank. Pilih Bank BRI (Dicek Otomatis) lalu klik Konfirmasi.
  • Terakhir klik Buat Pesanan, maka akan muncul kode pembayaran BRIVA (BRI Virtual Account). Simpan kode pembayaran tersebut untuk digunakan dalam pembayaran BRI Link.

Pastikan kamu memilih pembayaran dicek otomatis untuk mendapatkan kode virtual account. Lihat juga perbedaan pembayaran dicek manual dan otomatis Shopee Disini. Selanjutnya pilih salah satu dari kedua metode pembayaran dibawah ini.

1. Pembayaran Lewat Agen BRI Link

  • Kunjungi agen BRI Link terdekat ke tempat mu. Selanjutnya beritahu petugas bahwa kamu ingin melakukan pembayaran Shopee melalui Virtual Account.
  • Kemudian berikan kode pembayaran virtual account yang terdiri atas kode pembayaran di ikuti nomor telepon yang terkait ke Shopee.
  • Petugas BRI Link akan melakukan transfer pembayaran. Setelah sukses, minta bukti / struk pembayaran lalu bayar biaya belanjaan kamu beserta biaya layanan yang telah ditentukan.
  • Terakhir, cek status pesanan secara berkala. Pastikan status pesanan berubah menjadi “Dikemas”.

2. Pembayaran Lewat BRI Link Mobile

  • Pertama buka aplikasi BRI Link Mobile.
  • Lalu pilih menu BRI Virtual Account (BRIVA).
Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru
Pilih BRIVA
  • Masukan kode pembayaran virtual account Shopee (Contoh : 128082312123434) lalu klik Kirim.
Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru
Masukan Kode Pembayaran
  • Periksa kembali rincian transaksi pada halaman pembayaran. Jika sudah sesuai masukan password lalu klik Bayar.
Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru
Periksa Rincian Dan Bayar
  • Klik icon + lalu pilih cetak struk jika ingin mencetak bukti pembayaran Shopee.
Cara Bayar Shopee Lewat BRI Link Terbaru
Cetak Struk Pembayaran
  • Pastikan status pesanan berubah menjadi “dikemas” yang menandakan bahwa pembayaran telah berhasil.

Berapa Biaya Admin Agen BRI Link?

Untuk biaya layanan / administrasi agen BRI Link tidak bisa dipastikan. Hal ini dikarenakan biaya administrasi ini ditentukan langsung oleh agen BRI Link.

Baca Juga : 7 Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku Tanpa Uang Muka 

Tetapi pada umumnya, biaya administrasi ini berkisar antara 2 ribu hingga 20 ribu tergantung besar nominal dan jenis transaksi yang kamu inginkan.

Apakah Membayar Shopee Lewat BRI Link Aman?

Belanja Shopee lewat BRI Link sebenarnya sama saja seperti metode pembayaran Shopee lainnya. Bedanya, di agen BRI Link semua transaksi dilakukan oleh petugas. Itu artinya, nominal dan jenis transaksi wajib diketahui oleh petugas.

Tapi tidak perlu khawatir, petugas BRI Link tidak pernah meminta PIN ATM serta data – data rekening bank lainnya. Jika kamu merasa dimintai data penting tersebut, segera laporkan ke Bank BRI terdekat.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan pembayaran Shopee pakai BRI Link dan BRI Link Mobile aman dilakukan selama kamu tidak memberika data akun Shopee dan data rekening bank kamu.

Baca Juga : 7 Cara Bayar Shopee Lewat iSaku Indomaret [99% Berhasil]

Sekian dulu ulasan cara bayar Shopee pakai BRI Link dan BRI Link Mobile ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar pembayara  Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *