Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis

4 min read

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis

Mahirtransaksi.com – Proses verifikasi pembayaran di Shopee terdiri atas verifikasi pembayaran dicek manual dan otomatis. Apakah kamu sudah tahu perbedaan keduanya? Berikut ulasan lengkap perbedaan pembayaran Shopee dicek manual dan dicek otomatis.

Metode pembayaran Shopee yang beragam akan memudahkan mitra Shopee dalam berbelanja. Jenis – jenis metode pembayaran Shopee antara lain :

  • Transfer Bank & Transfer Virtual Account.
  • Kartu Kredit / Debit Online.
  • Alfamart.
  • Indomaret / i Saku.
  • One Klik.
  • Kredivo.
  • Akulaku.
  • Cash On Delivery (COD).

Salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh mitra Shopee dalam berbelanja adalah metode pembayaran melalui Transfer Bank dan Transfer Virtual Account.

Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis

Pembayaran di cek manual adalah proses verifikasi pembayaran oleh Shopee yang membutuhkan bukti transfer dari mitra Shopee yang melakukan pembayaran.

Sedangkan pembayaran dicek otomatis ada proses verifikasi pembayaran tanpa perlu bukti pendukung karena setiap pembayaran yang masuk akan di cek oleh sistem Shopee secara otomatis.

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis
Transfer Shopee Dicek manual dan Otomatis

Kedua metode pembayaran Shopee ini hanya berlaku untuk metode pembayaran Transfer Bank. Nah metode pembayaran Transfer Bank di Shopee dibagi atas dua jenis, yaitu :

  • Transfer Bank / ATM (Dicek Manual)
  • Transfer Virtual Account (Dicek Otomatis)

Kamu dapat memilih metode pembayaran sesuai keinginanmu sebelum menekan tombol “Buat Pesanan” di Shopee. Jika kamu menggunakan metode pembayaran selain Transfer Bank, maka seluruh proses pembayara akan dicek secara otomatis.

Perbedaan Pembayaran Dicek Manual Dan Dicek Otomatis Di Shopee

Untuk melihat perbedaan kedua sistem verifikasi pembayaran di Shopee ini tidak dapat dilihat dari satu faktor saja. Berikut ini 7 perbedaan Transfer Bank dicek otomatis dan dicek manual di Shopee :

1. Cara Transfer Pembayaran

Saat membuat pesanan dengan metode pembayaran Transfer Bank di cek otomatis, maka pembayaran wajib dilakukan melalui Transfer Virtual Account.

Transfer menggunakan Kode Virtual Account  dapat dilakukan melalui aplikasi internet Banking seperti BRI Mobile Banking, Mbanking BCA, BNI Mobile Banking, MIB Mandiri atau melalui ATM.

Sedangkan dalam verifikasi manual, pembayaran dilakukan melalui gerai ATM atau melalu teller Bank sesuai pilihan saat proses checkout pesanan.

Baca Juga : 5 Cara Bayar ShopeePay Lewat ATM, Indomaret Dan Alfamart

Dari perbedaan metode Transfer Bank tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jika transfer bank dilakukan secara manual melalui Bank atau ATM maka proses verifikasi akan dilakukan secara manual.

Sedangkan jika pembayaran dilakukan melalui Virtual Account maka proses verifikasi dilakukan secara otomatis.

2. Proses Verifikasi Pembayaran

Proses verifikasi pembayaran untuk Transfer Bank di cek manual maka kamu perlu upload bukti Transfer berupa Struk pembayaran yang keluar dari mesin ATM.

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis
Upload Bukti Transfer Shopee

Jadi pastikan bahwa struk ATM masih tersedia sebelum melakukan pembayaran. Jika Struk pembayaran tidak keluar atau habis kamu bisa konfirmasi kembali ke CS Shopee.

Sedangkan proses pembayaran lewat Transfer Bank dicek otomatis, kamu tidak perlu melampirkan bukti apapun karena sistem pengecekan pembayaran dilakukan oleh sistem Shopee.

Tapi ingat, lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera di detail pesanan. Jika kamu salah dalam memasukan nominal maka pembayaran tidak akan terbaca oleh sistem.

Jika salah memasukan nominal Transfer, kamu perlu menghubungi CS Shopee untuk konfirmasi pembayaran karena terdapat kesalahan dalam menginput nominal pembayaran pesanan.

3. Lama Waktu Verifikasi Pembayaran

Proses verifikasi masing – masing metode metode pembayaran adalah :

  • Dicek Otomatis (Maksimal 10 Menit).
  • Dicek Manual (Maksimal 1 x 24 Jam).

Setiap pesanan di Shopee akan dapat dibayarkan paling lama 1 x 24 jam sebelum kode pembayaran hangus. Jadi, lama waktu verifikasi pembayaran Shopee ini dihitung sejak transfer berhasil.

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis
Lama Waktu Verifikasi Pembayaran Shopee

Misalnya kamu membuat pesanan pukul 08.00 dan kamu transfer pembayaran pukul 12.00 maka estimasi waktu verifikasi dimulai pukul 12.00 sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan.

Mengapa verifikasi pembayaran dicek manual membutuhkan waktu yang lebih lama? Hal ini dikarenakan mitra Shopee wajib mengupload bukti pembayaran sebelum pembayaran diperiksa dan dinyatakan sah oleh pihak Shopee.

4. Nomor Rekening

Nomor Rekening pembayaran kedua metode ini juga berbeda. Pada pembayaran Shopee di cek manual menggunakan nomor Virtual Account.

Pembayaran Virtual Account Shopee selalu diawali dengan Kode Virtual Account lalu diikuti Nomor Telepon yang terdaftar di akun Shopee. Lihat gambar berikut :

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis
Nomor Rekening Virtual Account Shopee

Nomor virtual pembayaran Shopee ini selalh berubah setiap membuat pesanan baru di Shopee.

Sedangkan Nomor Rekening pembayaran Shopee dicek otomatis menggunakan Nomor Rekening Shopee Indonesia dan didukung oleh PT. AirPay Internasional Indonesia.

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis
Nomor Rekening Shopee

Nomor rekening ini selalu yang sama setiap kali proses pembayaran di Shopee.

5. Total Pembayaran

Total pembayaran menggunakan Transfer Bank dicek manual dan di cek otomatis di Shopee tidak sama. Total pembayaran lewat Transfer Bank (Dicek Otomatis) selalu sama dengan total pembayaran yang tertera di Ringkasan pesanan.

Sedangkan total pembayaran menggunakan Transfer Bank (Dicek Manual) tidak sama dengan total pembayaran yang tertera di Ringkasan Pesana. Mengapa? Karena pada total pembayaran terdapat Kode Unik 3 angka terakhir seperti gambar berikut :

Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis
Kode unik pembayaran Shopee

Tujuannya agar pembayaran hanya dilakukan oleh mitra yang membuat pesanan serta menghindari adanya transaksi segitiga (penipuan) menggunakan rekening Shopee.

Kode Unik ini berbeda pada setiap pembayaran pesanan. Jadi kamu wajib memasukan Kode Unik pada setiap pembayaran pesanan di Shopee agar pembayaran kamu dapat diverifikasi.

6. Limit Transaksi

Pembayaran Shopee dicek manual dan otomatis memiliki limit Transaksi harian yaitu Rp.50.000.000 per akun Shopee.

Yang membedakan keduanya adalah perbedaan limit transfer dari masing – masinh Jenis Bank yang digunakan.

Limit Transfer setiap Bank berbeda – beda. Mulai dari 10 juta rupiah hingga 50 juta rupiah perharinya. Jadi pastikan kamu tidak melebih limit transfer bank yang kamu gunakan saat berbelanja di Shopee.

7. Jenis Bank

Berikut Jenis Bank yang mendukung Pembayaran Shopee (Dicek Otomatis) :

  • Bank BRI (BRIMO, iBanking BRI).
  • Bank Mandiri (MBangking Mandiri, iBangking Mandiri).
  • Bank BCA (Mobile BCA, Klik BCA).
  • Bank BNI (i-Banking BNI, MBanking BNI).
  • Bank Syariah Mandiri.
  • Bank Permata.

Sedangkan Jenis Bank yang mendukung Pembayaran Shopee (Dicek Manual) adalah :

  • Bank BRI.
  • Bank Mandiri.
  • Bank BCA.
  • Bank BNI.
  • Bank CIMB Niaga (Menerima transfer dari semua Bank).

Pembayaran dicek manual dapat dilakukan dari semua jenis Bank dengan memilih Bank Lainnya.

Manakah Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaik?

Jika membahas mana pembayaran Shopee terbaik, maka kamu perlu mengetahui keuntungan masing – masing metode verifikasi pembayaran baik dicek otomatis maupun dicek manual.

Baca Juga : 10 Modus Penipuan Shopee Dan Cara Menghindarinya !

Dari segi efisiensi waktu, maka jelas pembayaran dicek otomatis di Shopee lebih unggul karena hanya membutuhkan waktu verifikasi 10 menit setelah pembayaran dilakukan. Dibandingkan dengan pembayaran dicek manual yang membutuhkan waktu 1 x 24 jam untuk verifikasi pembayaran.

Dari segi kemudahan transaksi maka Transfer Bank (Dicek otomatis) lebih unggul karena proses pembayaran dapat dilakukan hanya melalui Smartphone. Sedangkan Transfer Bank (Dicek Manual) harus dilakukan di ATM atau Bank terdekat.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp. 99 [99% Berhasil]

Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua pemilik rekening telah mengaktifkan fitur pembayaran Virtual Account. Jadi selalu ada opsi kedua yaitu memilih Transfer Bank dicek manual untuk melakukan pembayaran belanja Shopee.

Kesimpulan

Jadi sekarang kembali ke pilihan kamu sendiri. Apakah memilih menggunakan Transfer Bank dicek otomatis atau memilih Transfer Bank dicek manual. Tentu selalu ada alasan dibalik penggunaan salah satu dari kedua metode verifikasi tersebut.

Baca Juga : 9 Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Selain metode pembayaran Transfer Bank, kamu juga bisa membayar belanja Shopee pakai ShopeePay, lihat caranya Disini. Jika kamu memiliki uang Cash, maka kamu dapat membaca Cara Belanja COD Shopee ini.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *