Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

10 Cara Cetak Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar [Update 2022]

Cara Cetak Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar

Mahirtransaksi.com – Ternyata masih ada beberapa orang yang belum tahu cara cetak tagihan PDAM yang sudah dibayar. Karena hal ini bisa kamu jadikan sebagai bukti ketika nantinya kamu kembali ditagih padahal sudah bayar.

Mungkin bagi sebagian orang sering kali belum mengetahui cara mencetak tagihan PDAM. Padahal sebenarnya mencetak tagihan PDAM ini terbilang cukup mudah dilakukan.

Sebagian orang yang belum tahu cara mencetak bukti pembayaran ini bahkan terkadang malah tidak mencetak.

Padahal mencetak tagihan PDAM sangat penting. Karena struk tagihan ini harus disimpan dan dijadikan sebagai bukti. Untuk itu, sangat penting bagi kamu mengetahui cara mencetak struk bayar PDAM.

Cara cetak tagihan PDAM yang sudah dibayar bisa menjadi solusi bagi kamu yang sering merasa bingung ketika ingin mencetak bukti bayar.

Meskipun biasanya ketika kamu membayar PDAM melalui agen kamu akan langsung diberikan bukti bayar PDAM sehingga tidak perlu repot mencetak sendiri.

Namun sekarang ini pun sudah banyak cara membayar PDAM, bahkan kamu juga bisa membayar PDAM menggunakan smartphone.

Karena hal ini lah kamu harus mengetahui cara mencetak bukti transaksi pembayaran PDAM, sehingga kamu bisa mencetak sendiri bukti pembayarannya.

Keuntungan Membayar PDAM Secara Online

Semakin berkembangnya teknologi, nyatanya kita diberikan kemudahan untuk melakukan segala hal. Tidak terkecuali saat ingin membayar tagihan PDAM yang kamu miliki.

Saat ini, pembayaran listrik pasca bayar tidak hanya bisa kamu lakukan secara offline saja, akan tetapi untuk mempersingkat waktu, bisa juga dilakukan secara online lewat aplikasi bayar tagihan PDAM.

Berikut keuntungan membayar PDAM secara online:

Lebih Mudah Dan Praktis

Biasanya, melakukan pembayaran secara online ini juga akan memudahkan kamu untuk menyimpan bukti pembayaran, karena struk pembayaran berupa file sehingga mudah dan praktis untuk disimpan sebagai dokumen di ponsel.

Cetak tagihan PDAM yang sudah dibayar dari struk yang berupa online sebetulnya tetap bisa kamu lakukan jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

Riwayat Tagihan Tersimpan Otomatis

Jika bukti pembayaran PDAM kamu berupa file, hal ini akan jauh lebih mengantisipasi untuk tidak kehilangan salah satu struk jika dibandingkan dengan melakukan pembayaran secara offline.

Sehingga sudah pasti sangat bermanfaat, dan akan membantu kamu nantinya, jika sewaktu-waktu membutuhkannya untuk melakukan pencocokan data, atau keperluan lainnya.

Cara Melihat Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar

Biasanya ada beberapa orang yang tidak bisa melihat bukti pembayaran PDAM, sehingga terkadang mereka tidak mencetak bukti bayar tersebut.

Padahal mencetak bukti bayar transaksi PDAM ini sangat penting, agar kamu memiliki bukti sudah membayar PDAM.

Namun jika kamu membayar tagihan melalui agen pembayaran resmi ada baiknya kamu juga tetap meminta struk bayar PDAM.

Cara Cetak Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar
Lihat Tagihan PDAM Di Gojek

Biasanya memang ketika kamu sudah selesai melakukan pembayaran maka otomatis kamu akan mendapatkan bukti bayar yang bisa langsung kamu cetak.

Pada dasarnya kamu dapat melihat struk pembayaran PDAM melalui fitur riwayat tagihan di aplikasi yang kamu gunakan. Misalnya, kamu membayar PDAM lewat Dana, maka kamu dapat melihat struk PDAM di riwayat transaksi Dana tersebut.

Cara Cetak Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar

Setelah membuka struk tagihan PDAM yang sudah kamu bayarkan sebelumnya, ada baiknya kamu harus mencetak struk tagihan tersebut agar dapat dijadikan sebagai bukti pembayaran.

Berikut ini panduan cara cetak tagihan PDAM yang sudah dibayar :

1. Buka Aplikasi PPOB

Pembayaran tagihan PDAM sekarang dapat kamu lakukan lewat aplikasi PPOB seperti Marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau e-wallet seperti Dana, OVO, GoJek atau LinkAja.

Nah setiap aplikasi PPOB ini memiliki daftar riwayat transaksi untuk menyimpan bukti pembayaran selama jangka waktu tertentu.

2. Buka Menu Riwayat Transaksi

Nah setelah mengingat kembali aplikasi yang kamu gunakan saat membayar tagihan PDAM, selanjutnya kamu dapat membuka menu riwayat pada aplikasi tersebut.

Jika menu riwayat tersebut memiliki filter pencarian, kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mencari riwayat pembayaran tagihan PDAM.

3. Buka Bukti Tagihan PDAM

Setelah menemuka bukti tagihan PDAM yang sudah dibayar sebelumnya, sekarang kamu dapat membuka bukti pembayaran tersebut agar dapat mencetaknya.

Pastikan kamu memiliki aplikasi Pdf reader atau sejenisnya untuk membuka invoice tagihan ke dalam format PDF sebelum mencetaknya.

4. Pilih Menu Cetak

kemudian kamu bisa pilih opsi cetak. Biasanya kamu akan diberikan pilihan cetak menjadi dokumen pdf atau langsung cetak menjadi dokumen asli.

Biasanya pilihan cetak ini akan muncul ketika kamu sudah berhasil melakukan pembayaran.

5. Simpan Tagihan PDAM Yang Sudah Dicetak

Setelah bukti berhasil dicetak jangan lupa untuk menyimpannya. Karena bisa jadi suatu saat nanti bukti bayar ini akan ditanyakan, sehingga kamu sudah memiliki dokumen tersebut.

Cara Cetak Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar
Cetak Tagihan PDAM Di Tokopedia

Cara cetak bukti bayar ini memang cukup mudah sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir ketika ingin mencetak bukti bayar karena hal ini terbilang cukup mudah.

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam mencetak bukti bayar maka kamu bisa meminta tolong kepada petugas. 

Mengapa Harus Mencetak Struk Pembayaran PDAM?

Pastinya sangat penting untuk kamu mengetahui cara mencetak struk PDAM yang sudah dibayar, karena mencetak PDAM ini memang sangat penting untuk kamu lakukan.

Nantinya bukti bayar ini bisa kamu gunakan ketika ada yang menanyakan bukti bayar PDAM. Jadi kamu sudah memiliki bukti bahwa memang kamu sudah membayar PDAM.

Karena terkadang sering terjadi padahal sudah melakukan pembayaran PDAM namun masih ditagih. Nah, kamu bisa menjadikan struk bayar ini menjadi bukti.

kamu jadi tidak perlu khawatir lagi akan mengalami kerugian karena dianggap belum melakukan pembayaran PDAM karena tidak memiliki bukti.

Pentingnya Cek Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar

Cara cetak bukti pembayaran PDAM yang sudah dibayar sebetulnya sangat mudah kamu lakukan. Namun, beberapa orang merasa bahwa struk pembayaran ini tidaklah terlalu penting, sehingga keberadaannya kerap kali diremehkan.

Berikut keuntungan kenapa kamu harus cek tagihan PDAM yang sudah dibayar :

1. Lihat Tagihan Secara Real Time

Histori pembayaran tagihan akan terlacak dengan baik, dan cepat apabila kamu menyimpan struk bukti pembayaran dengan baik setiap bulannya.

Dengan mengecek tagihan PDAM, kamu jadi tahu pada bulan berapa saja tagihan air PDAM belum dibayarkan.

2. Sebagai Bukti Pembayaran

Tahukah kamu, jika sewaktu-waktu akan terjadi kemungkinan kesalahan pencatatan, sehingga petugas menanyakan struk pembayaran?

Itulah mengapa, wajib bagi kamu mengetahui cara mencetak bukti tagihan pembayaran air PDAM.  Hal ini akan menjadi media pencocokan agar data kembali valid dan sesuai.

3. Menghitung Pengeluaran Bulanan

Ini sangat membantu jika kamu adalah ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, biasanya kita akan merencanakan pengeluaran setiap bulannya, dengan mengumpulkan struk dari PDAM ini.

Untuk itu, penyimpanan struk pembayaran memang sebaiknya tersimpan dengan baik, agar kamu lebih mudah melakukan kalkulasi.

Penutup

Setiap orang wajib mengetahui cara cek dan cetak tagihan PDAM. Hal ini mengingat manfaatnya yang sangat banyak yang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga : 10 Aplikasi Bayar Tagihan Tanpa Biaya Admin Terbaik

Cara melakukannya pun cukup simpel dan praktis. Pertama-tama kamu harus memilih menu pembayaran, kemudian pilihlah menu cetak lalu selanjutnya klik simpan.

Dengan melakukan pencetakan struk ini, ada banyak sekali manfaat seperti memudahkan untuk mengecek tagihan yang belum terbayar sebelumnya, sebagai barang bukti pembayaran yang sah, serta untuk memperhitungkan banyaknya pengeluaran bulanan keluarga.

Baca Juga : 8 Aplikasi Transaksi Online Terbaik : Cek / Lunasi Tagihan

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan bertransaksi pembayaran secara online, dengan berbagai manfaat seperti mudah dan praktis, memungkinkan kamu menyimpan bukti pembayaran dengan baik, dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya, cara cetak tagihan PDAM yang sudah dibayar sangat disarankan karena berbagai alasan yang ada di atas. 

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.