Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Cara Daftar Program Expor Shopee Untuk Jualan Ke Luar Negeri

3 min read

Cara Daftar Program Expor Shopee

Mahirtransaksi.com – Program Expor Shopee memungkinkan kamu untuk berjualan di Level Mancanegara dengan omzet penjualan yang dapat meningkat hingga 50%. Bagaimana cara daftar Program Expor Shopee ini ? Simak ulasan lengkap berikut ini !

Selain program Star Seller atau Star+ yang baru diluncurkan Shopee Indonesia akhir – akhir, kini juga hadir program yang memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi penjual yaitu Program Shopee Expor.  

Kamu pasti tidak ingin toko-mu Stuck di satu kondisi dimana penjualan hanya berasal dari satu negara saja bukan? Coba pertibangkan kembali, jualan di Indonesia sudah untung, agar makin untung, mengapa tidak berjualan lintas negara. Semua ini bisa dilakukan hanya dengan smartphone serta memanfaatkan marketplace Shopee saja. 

Apa Itu Program Expor Shopee?

Menjual barang ke luar negeri tentu bukan hal yang asing lagi. Istilah Expor barang oleh penjual (Exportir) merupakan suatu kegiatan menjual produk ke luar negeri yang biasanya dilakukan dengan perantara marketplace khususnya Shopee.

Expor Shopee ini memungkinkan penjual memasarkan produk di Shopee luar negeri. Tentunya semua ini akan di urus oleh Shopee. Itu artinya, seluruh pengelolaan toko, seperti pembuatan toko luar negeri, pengelolaan produk & pelayanan chat Pembeli akan dilakukan oleh Shopee.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengirimkan produk ke gudang Shopee ketika toko memiliki pesanan sesuai dengan rincian pesanan dan resi yang tertera. Selanjutnya Shopee akan mengirimkan produk ke luar negeri. Semua biaya bea cukai juga akan ditanggung oleh pihak Shopee.

Oh ya, Program Expor di Shopee saat ini hanya tersedia untuk beberapa negara saja yaitu Singapura, Malaysia dan Filiphina. Tidak semua penjual dapat mengikuti Program Expor Shopee ini loh, hanya penjual terpilih yang dapat bergabung menjadi seller Exportir di Shopee.

Keuntungan Mengikuti Program Expor Shopee

Beberapa keuntungan yang pasti akan kamu dapatkan jika sudah tergabung dalam Program Expor Shopee yaitu :

1. Mudah Dan Praktis

Saat berjualan lintas negara, kamu tidak perlu berkutat dengan perbedaan bahasa, pengiriman, bahkan jika produk di retur. Semua proses akan ditangani oleh Shopee mulai dari chat, jasa pengiriman, serta resi pengiriman. 

Sama seperti berjualan di dalam negeri, kamu hanya perlu melakukan pengiriman barang ke gudang Shopee. Setelah itu, Shopee akan bertugas meng-handle semua proses pengiriman produk.

2. Gratis

Mengirim produk ke luar negeri tentu akan membutuhkan biaya lebih dalam proses pengiriman. Tetapi jika toko kamu sudah terdaftar dalam Program Export Shopee, semua biaya jasa pengiriman akan di tanggung oleh Shopee.

Selain itu, proses pendaftaran juga tidak dipungut biaya apapun. Dengan syarat, toko kamu sudah memenuhi kriteria untuk bergabung dalam Program ini.

3. Peningkatan Penjualan

Keuntungan terakhir tentunya adalah peningkatan penjualan yang signifikan. Menjual produk ke luar negeri tentu menjadi “Boost” tersendiri bagi penjualan. Dengan meningkatkan penjualan otomatis omzet / keuntungan juga akan berlipat ganda.

Cara Mendaftar Program Expor Shopee

Untuk mendaftar Program Expor Shopee pastikan kamu telah memenuhi kriteria berikut ini :

  • Toko memiliki min. 1 produk aktif dengan stok min. 1.
  • Toko memiliki akumulasi poin penalti <3.
  • Toko berstatus aktif dan menerima pesanan dalam 7 hari terakhir.
  • Toko mengaktifkan jasa kirim J&T Express.
  • Penjual tidak sedang mengaktifkan fitur toko libur.
  • Penjual memiliki penjualan lebih dari 1 pesanan setiap harinya.
  • Penjual kategori Kesehatan dan Perawatan & Kecantikan harus memiliki lisensi BPOM untuk produk yang dijual.
  • Tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan Program lainnya untuk kepentingan pribadi.

Jika semua kriteria diatas sudah kamu penuhi, maka Shopee akan mengirimkan undangan berupa notifikasi di toko kamu untuk bergabung dalam Program ini seperti gambar dibawah ini :

Cara Daftar Program Expor Shopee
Undangan Program Shopee Expor

Cara Expor Barang Di Shopee

Untuk menjual produk ke luar negeri melalui Program Expor ini, maka mekanisme penjualan yang harus kamu lakukan adalah :

  • Ketika terdapat pesanan, kamu akan menerima chat pesanan dari akun Shipbuyerid di halaman Seller Centre Shopee. Kemudian jawab seluruh pertanyaan dari tim Shopee untuk memastikan bahwa kamu siap mengirimkan produk dengan kualitas yang baik ke gudang Shopee.
Cara Daftar Program Expor Shopee
Persiapan Pengiriman Produk
  • Kemudian kamu harus mengirimkan produk sesuai pesanan ke Gudang Shopee sesuai dengan alamat yang terdapat pada Rincian Pengiriman.
Cara Daftar Program Expor Shopee
Kirim Produk Ke Gudang Shopee
  • Jika pesanan sudah dikirim melalui J&T Express, maka selanjutnya klik Cetak Resi  di halaman pengiriman.
Cara Daftar Program Expor Shopee
Cetak Resi Pengiriman
  • Terakhir tunggu hingga produk sampai di gudang Shopee. Dana akan diteruskan ke saldo penjual jika pesanan telah di terima di Gudang Shopee.

Frequently Asked Question (FaQ)

Berikut beberapa pertanyaan seputar progran Export di Shopee :

Bagaimana proses pengembalian barang  Expor Shopee?

Ketentuan retur produk Expor Shopee akan mengikuti aturan berikut :

  • Ketika pesanan masih dalam proses pengiriman atau gagal dalam proses penyortiran di gudang Shopee, maka proses retur produk akan mengikuti aturan pengembalian barang di Indonesia.
  • Jika produk telah berada di penerima luar negeri, maka proses pengembalian barang akan di-handle oleh Shopee Indonesia.

Bagaimana cara berhenti Program Expor Shopee?

Untuk berhenti dari Program ini, kamu harus mengisi formulir berhenti Shopee Expor ini. Jika memilih menolak bergabung dalam Program ini, pada formulir undangan silahkan pilih toko tidak bersedia.

Proses pemberhentian dan penolakan ini akan di proses di minggu ke 2 setelah formulir dikirimkan. Pastikan pula kamu sedang login menggunakan akun toko Shopee saat menolak undangan ini.

Bagaimana perbandingan stok produk toko dan toko luar negeri agar produk tetap muncul?

Perbandingan stok produk toko kamu dengan toko di luar negeri adalah 100:20. Min. stok di toko dalam negeri agar produk tetap muncul di toko luar negeri adalah 10. Jika < 10, stok yang muncul adalah 0. Lihat ilustrasi di bawah ini :

Cara Daftar Program Expor Shopee
Perbadingan Stok Produk Shopee Expor

Kesimpulan

Mengikuti Program Expor Shopee ini merupakan peluang bagi toko untuk melebarkan sayap dan berjualan lintas negara. Selain mudah dan praktis, proses nya juga hampir sama dengan penjualan produk dalam negeri.

Baca Juga : 5 Rahasia Jualan Di Shopee Laris Manis Hingga 100 Orderan Per Hari !

Sekian dulu ulasan cara daftar Program Expor Shopee melalui aplikasi dan website. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar Program Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy selling !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *