Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan [Studi Kasus]

8 min read

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan [Studi Kasus]

Mahirtransaksi.com – Menjadi Star Seller Shopee adalah suatu kebanggan tersendiri bagi Seller Shopee. Selain meningkatkan omzet penjualan, menjadi Star Seller juga memberikan puluhan manfaat lainnya. Penasaran? Baca terus cara menjadi Star Seller Shopee hanya dalam waktu 4 bulan ini.

Walaupun pada dasarnya semua penjual di Shopee meninginkan badge Star Seller ini “menempel” pada toko-nya, namun untuk mendapatkannya tergolong cukup sulit.

Sulit? Tidak sulit, asalkan kamu mengetahui syarat dan cara mendapatkan badge Star Seller ini.

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Menjadi Star Seller dalam waktu 1 bulan? Tidak mungkin. Menjadi Star Seller dalam waktu 4 bulan? Mungkin sekali. Sesuai dengan judul postingan ini, 4 bulan adalah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan Star Seller Shopee mulai dari pembuatan Toko Shopee.

Selanjutnya saya akan memberikan grafik penjualan dalam 4 bulan berturut – turut untuk mendapatkan badges Star Seller ini di toko saya. Tetapi sebelum itu, kamu perlu tahu apa itu Star Seller, apa saja syarat dan ketentuannya, apa keuntungannya dan bagaimana cara menjadi Star Seller Shopee.

Apa Itu Star Seller Shopee?

Star Seller (Sebelumnya dikenal dengan Penjual Terpilih Shopee) adalah apresiasi yang diberikan oleh Shopee karena telah memiliki pelayanan pelanggan yang baik.

Apresiasi dalam bentuk apa? Penghargaan khusus penggun Star Seller akan berupa keuntungan pemotongan biaya layanan, fitur pencarian teratas dan menjadi penjual prioritas Shopee.

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Tag (Badge) Star Seller Shopee

Setiap penjual yang telah berhasil menjadi Star Seller akan mendapatkan Badge Star Seller Shopee di foto profil Toko dan hamanan produk Shopee.

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Sebagai bentuk “apresiasi” karena telah memberikan pelayanan maksimal untuk pembeli di aplikasi Shopee, maka penjual yang telah menjadi Star Seller akan mendapatkan 7 keuntungan berikut :

  1. Dapat mengaktifkan Program Gratis Ongkir Spesial dengan minimum pembelian lebih rendah dari penjual bukan Star Seller. Selengkapnya baca ketentuan Gratis Ongkir Shopee Disini.
  2. Termasuk dalam filter pencarian Star Seller Shopee. Dapat kamu lihat di Pencarian > Filter > Star Seller > Aktifkan.
  3. Tag (Badge) khusus Star Seller yang dapat kamu lihat di bawah foto profil Toko, disetiap foto produk dan di halaman produk.
  4. Prioritas akses ke program dan fitur baru, seperti Flash Sale Toko Saya, Shopee LIVE dan lainnya.
  5. Biaya layanan Program Gratis Ongkir XTRA yang lebih rendah.
  6. Bonus Kredit 5% (maks. Rp50.000/ bulan) untuk setiap top up Kredit Iklanku. Batas maks. bonus dihitung berdasarkan waktu top up & bonus akan masuk sebelum hari Jumat di minggu berikutnya.
  7. Dapat mengunggah lebih banyak produk hingga 10.000 produk.

Selain 7 keuntungan Star Seller Shopee di atas. Kamu masih bisa mendapatkan keuntungan utama dari aktivasi Star Seller ini. Yap, peningkatan penjualan. Faktanya 80% produk dalam daftar pencarian teratas Shopee adalah produk ber-tag (badge) Star Seller. Berikut contohnya :

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan [Studi Kasus]
Pencarian Teratas Star Seller Shopee
Artinya, setiap pembeli yang ingin mencari produk melalui fitur pencarian, otomatis akan melihat produk bertanda Star Seller terlebih dahulu. Dan pastinya, pembeli tidak akan berpikir dua kali untuk membeli produk bertanda Star Seller ini.

Syarat & Ketentuan Menjadi Star Seller Shopee

Perlu kamu tahu, undangan menjadi Star Seller Shopee hanya bisa di dapatkan bila sudah memenuhi syarat dan ketentuan menjadi Star Seller. Apa saja kriteria Star Seller ini, berikut ulasannya.

1. Sudah Verifikasi Akun Shopee

Syarat pertama sebelum mengaktifkan Star Seller Shopee yaitu verifikasi akun Shopee. Caranya dengan menginput data berupa KTP serta telah berhasil di verifikasi oleh Shopee.

Ini wajib bagi penjual dan pembeli untuk meningkatkan keamanan akun Shopee. Selain itu dengan memenuhi syarat ini, kamu dapat dengan mudah mengajukan keluhan terkait masalah yang mungkin kamu alami ke pihak Shopee.

Cara daftar dan verifikasi KTP di Shopee dapat kamu baca Disini.

2. Persentase Chat Dibalas Minimal 80%

Persentase chat di balas ini dapat kamu lihat dengan cara masuk ke halaman Toko, kemudian klik Lihat Toko Saya. Kamu akan melihat performa chat di bagian kiri tampilan toko.

Untuk mendapatkan undangan Star Seller, toko-mu wajib memiliki persentase chat dibalas 80% – 100%. Jika belum mencapai persentase tersebut, maka kamu wajib meningkatkan balasan chat pelanggan di toko-mu.

3. Toko Memiliki Rating Minimal 4.5 Bintang

Penilaian bintang ini di dapatkan dari ulasan pembeli yang telah berbelanja di Toko-mu. Perolehan bintang toko dapat kamu lihat di profil Toko. Jika belum mencapai Rating 4.5 bintang maka kamu wajib meningkatkan kualitas pelayanan toko-mu.

Yang mempengaruhi penilaian bintang ini biasanya dilihat dari cara membalas chat pelanggan, waktu packing & pengiriman serta kualitas produk.

4. Melayani 10 Pembeli Berbeda

Kriteria Star Seller ke empat yaitu melayani pembelian minimal 10 pembeli yang berbeda di bulan sebelumnya. Perbedaan yang dimaksud terdapat pada data akun Shopee serta alamat pembeli.

10 Pembelian ini dihitung di bulan sebelumnya sebelum mendapatkan undangan Star Seller. Misalnya kamu ingin mendapatkan undangan pada bulan juli 2020, maka kamu wajib memiliki pembelian dari 10 akun berbeda pada bulan Juni 2020.

5. 30 Transaksi Berhasil Dalam 30 Hari Terakhir

Transaksi berhasil di hitung berdasarkan jumlah penjualan produk apa pun tanpa minimal pembelian di toko-mu. Transaksi minimal 30 atau lebih dalam 30 hari terakhir sebelum undangan Star Seller di dapat.

Kamu harus meningkatkan penjualan dengan sedikit trik penjualan seperti mengambil sedikit profit atau tidak sama sekali. Kamu juga bisa memaksimalkan iklanku di Shopee.

6. Pendapatan Bersih Minimal 100 Juta Dalam 30 Hari Terakhir

Pendapatan bersih toko-mu dapat kamu cek di saldo penjual. Faktanya pendapatan bersih ini akan di akumulasikan untuk semua bulan. Artinya kamu harus meningkatkan penjualan dan mendapatkan saldo penjualan 100 juta rupiah atau lebih.

Tantangan terbesar seller untuk mendapatkan undangan Star Seller Shopee adalah point ke enam ini. Jadi kamu harus bekerja extra meningkatkan penjualan agar mencapai minimal pendapatan bersih ini.

7. Poin Penalti 0

Ketika toko-mu mendapatkan ulasan dan laporan negatif dari pembeli, kamu akan dikenakan poin penalti oleh Shopee. Untuk mendapatkan undangan Star Seller, hindari hal ini.

Setiap toko harus memiliki poin penalti dan tidak penalti yang sedang berjalan jika ingin mengajukan Star Seller Shopee. Artinya tidak boleh ada pelanggaran toko sama sekali.

8. Pembelian Produk Pre-Order Minimal 5

Produk Pre-Order adalah produk yang memiliki sistem pembelian dengan waktu pengiriman 2 kali lebih lama dari produk biasa. Biasanya karena produk di kirim dari luar negeri.

Sesuai dengan pernyataan Shopee berikut “Toko memiliki persentase dan jumlah produk Pre-order <=20% selama maks. 5 hari (perhitungan hanya akan dilakukan jika ada >= 300 produk Pre-order di toko) pada bulan sebelumnya”

9. Tidak Dalam Pembatasan Akun

Pembatasan akun Shopee disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh penjual. Misalnya penjual mengakali penjualan (Fake Order).

Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee PayLater Terbaru

Pastikan akun Shopee aman dari pembatasan akun jika ingin menjadi Star Seller Shopee. Informasi selengkapnya baca Disini.

Cara Mendapatkan Undangan Star Seller

Shopee akan mengirimkan undangan Star Seller berupa notifkasi kepada pengguna yang telah memenuhi semua kriteria Star Seller Shopee.

Notifikasi undangan Star Seller akan di kirimkan pada hari kamis pukul 16.00 setiap minggunya kepada pengguna yang berhak mengikuti program ini.

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Notifikasi Undangan Star Seller Shopee

Dan jika kamu sudah mengaktifkan fitur Star Seller Shopee, maka kamu akan menerima notifikasi seperti ini :

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Star Seller Shopee

Tetapi jika kamu sudah memenuhi kriteria Star Seller ini, kamu bisa mengajukan percepatan undangan dengan mengirimkan permohonan melalui email support.shopee.co.id. Tentunya lampirkan juga bukti bahwa kamu sudah memenuhi semua kriteria diatas.

Studi Kasus Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan

Panduan ini saya peruntukan untuk pemula yang baru mulai berjualan di Shopee tetapi berkeinginan mendapatkan Star Seller.

Oh ya, dalam studi kasus ini, saya membuat Toko saya pada tanggal 20 bulan 06 Tahun 2019. Untuk akun Shopee kira – kira sudah berusia 6 bulan sebelum saya membuat Toko Shopee.

Strategi Berjualan

Perlu kamu ketahui beberapa informasi toko saya berikut ini :

  1. Produk : Kemeja Batik
  2. Sumber Stok produk : Usaha Kecil Menengah (UKM).
  3. Tidak menggunakan Reseller & Dropship
  4. Biaya Iklan Rp.25.000 – Rp.50.000 sebulan (Gunakan di akhir).
  5. Perangkat : Handphone (Smartphone).
  6. Tanpa Fake Order (FO).

Berikut saya jelaskan satu persatu mengapa 6 hal ini saya lakukan.

Pertama, saya mengetahui bahwa produk pakaian sedang booming, khususnya batik. Penjualan pakaian batik juga tidak akan tersingkirkan oleh perkembangan style seiring perkembangan zaman. Jadi cocok sekali jika di jual melalui toko online.

Kedua, di dekat lokasi kediaman saya terdapat UKM yang memproduksi pakaian batik sendiri. Sistemnya, saya membeli produk dengan harga UKM lalu saya jual melalui marketplace Shopee. Jadi otomatis, saya stok barang sendiri.

Ketiga, saya tidak menggunakan reseller dan dropship pada toko saya. Mengapa? Kembali ke point 4 pada kriteria menjadi Star Seller Shopee, yaitu melayani minimal 10 pembeli yang berbeda.

Artinya jika reseller dan dropship akan membeli dengan akun yang sama, memang menguntungkan dari segi penjualan, namun tidak untuk pembelian dengan akun yang berbeda.

Ke empat, menggunakan fitur iklanku untuk mendongkrak penjualan. Dengan mengiklankan produk, saya mendapatkan trafik tambahan hingga kelipatan 200 kunjungan tiap bulan dengan tingkat konversi mencapai 2%.

Kelima, saya menggunakan dua perangkat, yakni smartphone dan Laptop. Smartphone saya gunakan untuk memantau penjualan termasuk up produk serta membalas chat costumer. Sedangkan laptop saya gunakan untuk memantau perkembangan iklanku.

Ke enam, saya tidak menggunakan cara curang sama sekali (Fake order). Karena tindakan ini akan mengakibatkan pembatasan akun (Point 9) dan penambahan poin penalti (Point 7).

Statistik Penjualan

Saya akan menampilkan statistik penjualan Shopee sejak Toko di buat hingga menjadi Star Seller dalam waktu 4 bulan dengan catatan produk rutin saya upload setiap hari !

  •  Awal Pembuatan Toko

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan [Studi Kasus]
Progress Awal Pembuatan Toko
Di awal pembuatan, toko ini hanya mendapat 64 kunjungan dengan tingkat konversi 0 dan total tidak ada pesanan sama sekali.

  • Progress Bulan Pertama

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Progress Bulan Pertama

Di bulan pertama setelah pembuatan penjualan naik sekitar 100% lebih dengan total pesanan 10, tingkat konversi 2,69% dan total kunjungan 379. Dibulan pertama saya mulai memasang fitur iklanku untuk mendongkrak penjulan dengan hasil search organik terbanyak (Optimasi produk).

  • Progress Bulan Kedua

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Progress Bulan Kedua

Di bulan kedua terdapat peningkatan jumlah kunjungan lebih dari 100% dari 379 naik hingga 861 kunjungan dengan total 18 pesanan. Total omzet di bulan kedua menjadi 1,7 Juta rupiah. Di bulan kedua, fitur iklanku masih tetap berjalan dengan menambah produk yang di iklankan.

  • Progress Bulan Ketiga

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Progress Bulan Ketiga

Di bulan ketiga terdapat peningkatan signifikan. Terbukti dari total pesanan yang naik dari 18 hingga 94 pesanan. Omzet total di bulan ketiga mencapai 18 Juta rupiah dengan total 3.506 kunjungan.

  • Progress Bulan Ke-Empat

Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4 Bulan
Progress Bulan Ke-Empat

Di bulan terakhir dari studi kasus ini, peningkatan penjualan tetap naik walaupun tidak 100% seperti bulan kedua dan ketiga. Di bulan terakhir ini total omzet mencapai 11 Juta rupiah dengan total 123 pesanan. Total kunjungan di bulan ke empat naik hingga 5.784 kunjungan. Di bulan ini juga saya sudah mendapatkan undangan star seller dan berhasil menjadi star seller Shopee.

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dalam Waktu Singkat

Bila kamu bertanya mengapa pertumbuhan Toko dalam studi kasus diatas sangat cepat, tentunya saya memakai trik khusus yang tergolong jitu untuk menaikan penjualan Shopee. Berikut 4 cara jitu mendapatkan Star Seller Shopee :

1. Daftar Program Gratis Ongkir

Program gratis ongkir adalah program unggulan Shopee yang diberikan kepada seller untuk memotong biaya pengiriman produk ke pembeli.

Hal ini jarang disadari seller ternyata memberikan dampak yang sangat baik bagi peningkatan penjualan. Meskipun nantinya ada pengurangan dari keuntungan untuk program ini, tentu gratis ongkir Shopee ini tetap recomended untuk di coba

2. Memilih Produk Dengan Range Harga 30 Ribu – 100 Ribu

Cara jitu yang kedua yaitu memilih produk dengan range harga antara Rp.30.000 – Rp.100.000 rupiah.

Mengapa minimal 30 ribu? Karena syarat minimal pembelajaan untuk mendaftar program gratis ongir Xtra terbaru dari Shopee adalah Rp.30.000 rupiah.

Semakin tinggi harga produk maka semakin cepat kamu memenuhi kriteria menjadi Star Seller point ke 6 yaitu pendapatan bersih 100 Juta rupiah.

3. Rutin Upload Produk Setiap Hari

Menambah produk baru di Shopee memang sangat membosankan. Namun perlu kamu ketahui bahwa semakin banyak produk yang kamu upload, maka semakin banyak pula kemungkinan produk-mu di cari oleh pengguna Shopee.

Lihat Juga : Cara Jualan Shopee Live Streaming Agar Omzet Penjualan Naik 80%

Misalnya kamu mengupload 5 produk rutin setiap hari, dalam 1 minggu kamu sudah mempunyai 35 produk di etalase Toko-mu. Jika kamu rutin melakukannya dalam sebulan maka 140 produk sudah ada berhasil kamu upload.

4. Aktifkan Pengiriman COD

Mengaktifkan fitur Cash On Delivery (COD) i Shopee memang masih sering menjadi perbincangan seller Shopee. Bagaimana tidak, banyak nya kejadian produk di retur pembeli menjadi alasan utamanya.

Tapi cara ini wajib kamu coba. Faktanya mengaktifkan fitur COD Shopee dapat meningkatkan penjualan hingga 30%. Apakah bisa? Lihat ulasan lengkapnya Disini.

5. Manfaatkan Fitur Feed dan Naikan Produk

Menaikan produk atau lebih dikenal dengan istilah Up Produk merupakan kegiatan merekomendasikan produk agar naik ke pencarian teratas Shopee. Selain itu, kamu juga harus memanfaatkan fitur Feed Shopee untuk menjangkau lebih banyak pengguna shopee.

Perlu di ingat bahwa Star Seller Shopee hanya di berikan untuk penjual yang aktif. Semakin aktif toko-mu maka semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan undangan Star Seller ini. Trik nya, kamu bisa memanfaatkan fitur Feed dan naikan produk ini untuk memastikan Toko-mu tetap aktif.

6. Optimasi Iklan Di Akhir

Cara jitu untuk mendapatkan undangan Star Seller Shopee yang terakhir yaitu dengan cara optimasi iklan Shopee.

Artinya, kamu tidak bisa “asal iklan” tanpa perlu optimasi. Tipsnya, gunakan iklan di akhir, yang berarti optimasi iklan hanya pada produk yang menjangkau audiens terbanyak dalam 30 hari terakhir.

Misalnya di bulan pertama, produk dengan pencarian organik terbanyak adalah Kemeja Motif A, maka iklan produk A harus kamu optimalkan agar menjangkau lebih banyak pengguna.

7. Ambil Profit Maksimal 10%

Misalnya harga produk Rp.50.000 maka keuntungan (Profit) maksimal yang harus kamu ambil adalah Rp.5.000. Ini tidak wajib ya, tergantung kemauan kamu sendiri.

Mengapa harus 10%? Semakin sedikit profit yang kamu ambil dari penjualan maka otomatis harga produk akan semakin murah.

Bahkan sebagian “Pejuang Star Seller Shopee” memilih untuk tidak mengambil untung sama sekali demi memenuhi kriteria Star Seller terbaru.

7 cara jitu menjadi Star Seller terbaru diatas tidak wajib kamu ikuti. Tetapi saya menyarankan kamu mencobanya.

Mencoba tak mengapa, mengapa tak mencoba? – Admin Mahir Transaksi

Kembali ke kemampuan-mu mengatur strategi untuk memenuhi 9 kriteria Star Seller di atas.

Kesimpulan

Ingat, jangan pernah menggunakan cara curang seperti Fake Order (FO) serta ulasan palsu termasuk membeli Followers Shopee jika kamu tidak ingin perjuangan menjadi Star Seller-mu sia – sia.

Terakhir, kunci dari semua cara diatas adalah Sabar & Konsisten. Yap, semua yang dilakukan dengan sabar dan konsisten akan membuahkan hasil yang maksimal. Pun, jika kamu sudah memenuhi semua kriteria Star Seller, kamu harus sabar menunggu undangan Star Seller Shopee.

Baca Juga : 11+ Penyebab Produk Tidak Muncul Di Shopee Dan Cara Mengatasinya

Jika undangan Star Seller tak kunjung tiba, tetap Konsisten. Ingat tujuan awal-mu membuat Toko. Tepat, berjualan. Jadilah penjual yang konsisten.

Memang benar bahwa secara perlahan dan terus-menerus akan menyelesaikan perlombaan. Tetapi, juga benar bahwa ”cepat dan konsisten” akan menang lebih dahulu. – Merry Riana

Sekian dulu ulasan Studi Kasus Cara Menjadi Star Seller Shopee ini. Jika kamu punya kendala lain mengenai Star Seller Shopee, segera tanyakan di kolom komentar. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

6 Replies to “Cara Menjadi Star Seller Shopee Hanya Dalam Waktu 4…”

  1. Hai Kak. Mau tanya , saya kurang mengerti di poin pasang iklan di akhir. Hasil pencarian organik itu bagaimana caranya ya?

    1. Langkah awalnya sama seperti jualan biasa kak. Upload Foto Produk sebaik dan sebanyak mungkin. Nah kemudian tunggu progress 1 atau 2 bulan setelah di produk di upload. Kemudian cek data dan analisan produk mana saja yang paling banyak dilihat atau interaksi produk terbanyak (Organik Search). Selanjutnya buat iklan hanya untuk produk yang paling banyak dilihat / interaksi terbanyak karena produk ini sudah pasti lebih potensial dibandingkan produk lain yang jumlah interaksinya lebih sedikit.

  2. Halo gan terimakasih banyak ilmunya.. saya mau tanya maksdnya iklan yg dipakai iklan kata kunci atau yg serupa ya ? Lalu yg dimaksd di iklan di akhir itu maksdnya di akhir bulan ? Atau bisa kapan saja postinya iklan asalkan kita gunakan product yg traffic nya paling tinggi ..??

    1. Ya benar mas. Iklan kata kunci yang memiliki kemiripan dengan judul produk (similar keyword). Untuk menentukan kata kunci yang tepat, mas bisa baca ulasan Kata kunci shopee ini. Iklan di akhir itu misalnya mas post 3 produk a, b dan c. 2 minggu kemudian, ternyata produk c memiliki jumlah kunjungan terbanyak, nah masnya fokus buat iklan dengan kata kunci produk c (produk yang paling potensial).

    1. Menurut saya dan pengalaman teman – teman juga, syarat penghasilan 100 Juta itu tidak mutlak harus terpenuhi kak. Ada sebagian teman saya yang sudah di undang menjadi Star Seller walaupun penjualan masih dibawah 50 Juta dengan catatan semua syarat selain target penghasilan telah terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *