Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee [Omzet Naik 190%]

5 min read

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Cara membuat harga diskon di Shopee terdiri atas Promo Toko, Voucher Tokoku hingga Promo Shopee. Kamu juga bisa membuat paket diskon Shopee dengan mudah. Berikut panduan lengkapnya !

Harga diskon adalah salah satu poin penting dalam sistem transaksi penjualan dan pembelian baik secara offline maupun secara online.

Itu sebabnya, banyak penjual yang memberikan potongan harga atau diskon untuk menarik minat pembeli. Tentu saja, pembeli juga diuntungkan dengan promo harga yang ditawarkan penjual.

Cara Promosi Shopee Dengan Harga Diskon

Setelah membuat harga coret di Shopee, tentu kamu juga perlu tahu bagaimana cara membuat harga di Shopee lewat aplikasi agar omzet penjualan naik hingga 190% bukan?

Tapi tunggu dulu..

Harga diskon dan harga coret di Shopee ternyata tidak sama. Harga coret digunakan untuk menarik minat pembeli dengan mengubah tampilan harga sehingga tampak sedang “Diskon” besar – besaran.

Sedangkan harga diskon adalah potongan harga sebenarnya yang diberikan penjual untuk beberapa produk yang memang sedang promo untuk “menggaet” lebih banyak pembeli.

Keuntungan Membuat Harga Diskon Di Shopee

Ada beberapa keuntungan yang di dapatkan oleh penjual dan pembeli ketika membuat dan mendapatkan harga promo di Shopee. Tapi, kali ini saya hanya akan membahasnya dari “perspektif” penjual saja.

Berikut keuntungan membuat harga diskon di Shopee bagi penjual yang wajib kamu tahu :

1. Menarik Perhatian Pembeli

Harga diskon bisa dengan mudah menarik perhatian para pembeli. Percaya atau tidak, jarang sekali pembeli yang mengetahui harga suatu barang secara detail.

Harga diskon membuat masyarakat membeli sesuatu yang tidak sepenuhnya mereka perlukan. Dari segi pembeli, mungkin hal ini bukanlah suatu hal yang baik. Akan tetapi, dari segi penjual, ini adalah kesempatan emas.

Sebagai contoh, ketika kamu menjual pakaian bayi, maka target pasarmu adalah orang tua dengan bayi. Akan tetapi, kamu bisa menarik ibu hamil sebagai target pasarmu dengan harga diskon.

Mereka mungkin belum butuh. Akan tetapi, karena harga diskon yang kamu berikan, para calon pembeli bisa saja membeli baju bayi dari toko yang kamu miliki.

2. Menciptakan Kesan Produk Terbatas

Harga diskon memberikan kesan produk yang dijual yang terbatas. Ini adalah pola pikir yang tentu akan dirasakan oleh pembeli ketika menemui produk yang sedang diskon / promo.

Oleh karena itu, pembeli akan merlomba – lomba untuk mendapatkan produk yang sedang diskon tersebut mengingat banyaknya pengguna lain yang juga akan melihat produk yang sedang diskon tersebut.

3. Meningkatkan Penghasilan

Meningkatkan omzet penjualan tentu berbanding lurus dengan peningkatan penghasilan. Sebelumnya saya juga sudah ulas dampak Flash Sale di Shopee terhadap peningkatan penjualan Disini.

Peningkatan penghasilan produk Flash Sale dan harga diskon sebenarnya hampir sama. Hal itu dikarenakan metode yang digunakan juga hampir sama yakni menawarkan diskon harga produk ke pembeli.

Jenis – Jenis Harga Diskon Di Shopee

Sebelum membuat promo harga di Shopee, tentunya kamu wajib tahu nih jenis – jenis harga diskon di Shopee.

1. Diskon Persen

Diskon Persen (%) adalah diskon yang diberikan penjual kepada pembeli dengan memberikan keterangan label potongan harga berupa % rentang harga awal dan harga akhir di produk.

Sistem penulisannya hampir sama dengan harga coret di Shopee. Namun, % potongan harga diskon persen lebih jelas terlihat karena menggunakan perbandingkan 1 : 100 dari harga modal.

2. Diskon Jumlah

Diskon jumlah adalah cara promosi di Shopee dengan membuat potongan harga berdasarkan jumlah produk yang dibeli.

Misalnya pembeli akan mendapatkan diskon 20% jika membeli 3 produk sekaligus untuk 1 kategori atau beberapa kategori sekaligus. Atau dalam kasus lain, pembeli akan mendapatkan bonus 1 produk tambahan jika membeli 2 produk yang sama.

3. Paket Diskon Spesial

Istilah “Paket diskon” merupakan cara penjual untuk menjual lebih banyak produk dengan menggunakan sistem ‘bundling’ produk.

Itu artinya pembeli diwajibkan untuk membeli paket pesanan sekaligus untuk mendapatkan beberapa jenis promo seperti potongan harga, bonus produk hingga voucher cashback.

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee Dengan Fitur Promo Toko

Fitur promo toko Shopee ini memungkinkan kamu untuk mengatur harga dan potongannya. Pembeli akan langsung melihat potongan diskon pada produk yang sudah menerapkan fitur promo toko.

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee
Fitur Promo Toko Shopee

Berikut langkah – langkah menggunakan fitur Promo Toko untuk membuat harga diskon di Shopee :

  • Buka Shopee Seller Centre lalu Login menggunakan username & Password akun Shopee-mu.
  • Klik opsi Promosiku.
  • Pillih dan klik Promo Diskon Baru, pojok kanan atas.
  • Isi rincian promosi dan atur harga produk untuk membuat diskon promosi. Jangan lupa juga, untuk mengatur masa promosi. Berapa lama promosi tersebut berlangsung.
  • Pastikan masa promosi yang kamu terapkan sudah benar, karena tidak dapat diperpanjang.
  • Pilih produk yang akan masuk program diskon. Anda bisa menggunakan fitur centang untuk memilih produk, atau menggunakan fitur ‘search’ untuk pencarian produk tertentu. Kemudian klik ‘konfirmasi’ untuk memproses.
  • Jika ingin membatasi jumlah pembelian, kamu bisa mengaturnya di opsi ‘Batas Pembelanjaan’.
  • Apabila sudah benar dan tidak ada yang ingin di update lagi, klik ‘Selesai’.

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee Dengan Fitur Voucher Tokoku

Voucher Tokoku merupakan voucher potongan harga / cashback yang akan di dapatkan pembeli dengan minimal pembelian yang kamu tetapkan.

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee
Voucher Tokoku

Berikut langkah – langkah mengaktifkan fitur Voucher Tokoku untuk membuat harga promo di Shopee :

  • Login ke Shopee Seller Centre.
  • Kunjungi ‘Promosiku’, dan pilih ‘Voucher Tokoku’.
  • Klik ‘Buat Voucher Baru’.
  • Atur rincian voucher seperti nilai voucher, masa promosi, minimal pembelian, dan kuota voucher.
  • Sebarkan informasi tentang voucher kepada pembeli melalui Live Chat atau Broadcast Shopee.

Cara Membuat Harga Promo Di Shopee

Fitur promo Shopee adalah metode pemberian diskon harga yang ditentukan langsung oleh pihak Shopee.

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee
Fitur Promo Shopee

Jadi penjual hanya bisa mengajukan produk untuk dipromosikan dengan memberikan diskon harga. Berikut cara membuat harga promo di Shopee lewat browser Seller Centre :

  • Login ke Shopee Seller Centre.
  • Kunjungi Promosiku.
  • Klik promo yang ingin kamu ikuti di “Promo Shopee”.
  • Pilih produk yang sesuai dengan promo dan berikan penawaran kamu.
  • Ajukan penawaran dan selesai. Produk-mu akan ditinjau. Periksa kembali ketika periode promo berakhir untuk memeriksa jika produk kamu terpilih.

Cara Membuat Paket Diskon Di Shopee

Dilansir dari laman resmi Shopee, Paket diskon adalah fitur dimana penjual dapat membuat diskon berbentuk paket (bundle).

Penjual dapat mengatur paket dengan :

  • Menggabungkan produk yang ada di toko.
  • Menentukan tipe paket diskon.
  • Melihat & meng-download detail pesanan.

Pembeli akan dapat melihat tag khusus ketika berbelanja produk Paket Diskon.

Promosi ini dapat meningkatkan jumlah klik produk, menjual lebih banyak produk, dan meningkatkan penjualan.

Cara Membuat Harga Diskon Di Shopee
Paket Diskon Shopee

Berikut cara membuat paket diskon di Shopee lewat Seller Centre :

  • Login ke Shopee Seller Centre.
  • Kunjungi Promosiku lalu pilih Paket Diskon.
  • Pilih + Buat.
  • Masukkan informasi dasar dan pilih produk yang ingin dimasukan ke dalam paket (Bundle).
  • Ubah produk ataun lihat paket pesanan Diskon.
  • Klik simpan untuk membuat promo.

Tips Menerapkan Harga Diskon Shopee Agar Untung Maksimal

Karena banyak penjual terpercaya yang memberikan harga diskon melalui aplikasi Shopee, kamu tidak perlu takut untuk melakukan hal yang sama.

Karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kalau kamu tidak akan rugi walaupun memberikan harga diskon di toko kamu.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar tidak “boncos” dan mendapatkan keuntungan maksimal dari harga diskon Shopee.

1. Atur Durasi Diskon

Ketika memilih durasi promo, pilih durasi 2 minggu. Durasi 2 minggu adalah durasi yang tepat. Beberapa hari pertama promo kamu akan mulai dilihat oleh calon pembeli.

Baca Juga : 10 Rahasia Jualan Di Shopee Untuk Mendapatkan 100 Orderan Perhari !

Beberapa hari kemudian mereka akan mulai membandingkan harga dengan yang lain. Dan ketika promo sudah hampir berakhir, mereka akan membeli produk yang sudah kamu berikan harga diskon.

2. Naikkan Harga Modal

Pastikan kamu menaikkan harga supaya kerugian tidak terlalu besar. Akan tetapi, dalam menaikkan harga kamu harus memeriksa apakah harganya masih dalam batas wajar atau tidak.

Jangan sampai harga yang dinaikkan jadi terlalu mahal sehingga calon pembeli menyadari kenaikan harga sebelum di diskon.

3. Fokus Pada Persentasi Potongan

Sebagai contoh, sepatu A di diskon sebesar 30% hingga harganya turun sampai 20,000. Sepatu B di diskon sebesar 20% hingga harganya turun sampai 30.000.

Kemungkinan besar produk yang paling laku adalah sepatu A. Hal ini karena Shopee menampilkan persentase potongan setelah diskon, bukan selisih harga yang bisa didapatkan oleh pembeli.

4. Pastikan Stok Produk Cukup

Walaupun kamu punya ratusan barang, bukan berarti semuanya harus kamu jual secara promo. Fungsi promo yang harus kamu lakukan adalah untuk mendapatkan penilaian yang bagus dari pembeli. Ketika penilaian bagus, maka penjualanmu pasti akan meningkat.

Penutup

Cara membuat potongan harga di Shopee dengan memberikan diskon dan promo tentu merupakan ‘rahasia’ tersendiri yang dapat diterapkan oleh penjual untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Di Shopee [Worth It 2021]

Tentunya kamu perlu memberitahu pembeli cara mendapatkan diskon di Shopee dengan membagikan produk – produk yang sedang promo lewat media sosial milik-mu. Baca panduan lengkap fitur promosi Shopee di Pusat Edukasi Penjual Shopee ini.

Baca Juga : 11 Cara Jualan Di Shopee Tanpa Stok Barang (Tanpa Modal)

Sekian dulu ulasan cara membuat harga diskon di Shopee yang terbukti dapat meningkatkan penghasilan seller Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar harga promo di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *