Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150% !

5 min read

Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150%

Mahirtransaksi.com – Tahukah kamu bahwa produk Flash Sale di Shopee dapat terjual hingaa 3000 unit hanya dalam 1 Menit. Wow ! Faktanya, dengan mengikuti Flash Sale, omzet penjual dapat naik hingga 150% dalam waktu singkat. Penasaran? Yuk simak ulasan cara daftar Flash Sale di Shopee ini.

Industri pasar online (E-commerce) saat ini sedang berkembang sangat pesat. Beberapa marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada hingga bukalapak berlomba – lomba mencari inovasi promosi baru agar tidak kalah dari kompetitornya.

Salah satu metode promosi yang paling banyak digunakan saat ini adalah “Flash Sale”. Flash Sale sendiri di pelopori oleh Lazada Indonesia pada tahun 2014 yang pada saat itu memasarkan produk smartphone “Xiaomi” keluaran terbaru.

Efektifkah Flash Sale Shopee Untuk Penjualan?

Flash Sale adalah metode pemasaran yang digunakan untuk menjual produk dalam stok yang sangat terbatas dalam waktu yang singkat.

Dengan jargon “siapa cepat dia dapat” membuat kegiatan Flash Sale adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu oleh pembeli di marketplace Shopee saat ini.

Lalu seberapa efektifkah Flash Sale terhadap peningkatan penjualan? Berkaca dari pengalaman Lazada yang memulai debut Flash Sale dapat disimpulkan bahwa Flash Sale merupakan metode sales promotion terbaik saat ini dimana pada penjualan pertamanya, Brand Xioami Redmi 2 dapat terjual 40.000 unit hanya dalam waktu 40 menit.

Hal itu di ungkapkan oleh Sebastian Sieber, Chief Excekutif Marketing Lazada :

“Kami harus dapat bersiap untuk akses  yang bisa mencapai 2000-5000 pengguna per menit di awal kampanye. Jika dapat bertahan di 5-10 menit pertama, kami akan baik-baik saja”

Apalagi saat ini Shopee gencar melakukan selebrasi belanja online yang sering disebut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap tanggal unik setiap bulannya. Ditambah adanya event tersebut, maka produk Flash Sale dapat terjual hingga 5 kali lipat lebih banyak daripada hari biasa.

Maka dapat disimpulkan “Flash Sale” di Shopee, masih sangat potensial untuk dijadikan metode pemasaran digital untuk mendobrak penjualan saat ini.

Keuntungan Mengikuti Flash Sale Shopee Bagi Penjual

Dengan mengikuti program Flash Sale yang di adakan Shopee hampir setiap hari ini, kamu akan mendapatkan beberapa benefit diantaranya :

1. Peningkatan Penjualan

Flash Sale sendiri merupakan permainan psikologis dimana pembeli di sugesti untuk membeli produk “langka” karena harga murah dalam waktu yang singkat. Dengan sugesti ini, calon pembeli akan melakukan segala cara untuk mendapatkan produk dalam kategori Flash Sale tersebut.

Karena anemo itu juga, terjadi peningkatan penjualan signifikan yang dirasakan oleh seller. Tentu produk yang terjual dalam kategori Flash Sale merupakan produk “hot list” yang biasanya paling dibutuhkan / paling murah diantara produk Flash Sale lainnya.

2. Peningkatan Performa Toko

Jika penjualan meningkat, otomatis performa toko juga akan meningkat. Mulai dari performa chat, total penjualan serta target penghasilan yang merupakan beberapa syarat bergabung dalam Program Star Shopee.

Itu artinya dengan mengikuti Flash Sale di Shopee, toko kamu berpeluang besar di undang mengikuti program Star Seller atau Star+ (Star Plus) Shopee.

3. Branding Toko

Selain peningkatan omzet dan performa toko, Flash Sale juga dapat meningkatkan branding toko. Loh kok bisa? Dengan meningkatnya penjualan, calon pembeli otoamtis akan mengenal toko. Hal ini memungkinkan toko kamu direkomendasikan ke calon pembeli lainnya untuk melakukan pembelian ulang (Repeat order).

Branding toko ini juga akan berpengaruh pada peningkatan pengikut (Followers) Shopee. Itu artinya, semakin semakin banyak yang mengenal toko-mu, maka followers baru juga akan ikut bertambah.

Syarat Flash Sale Di Shopee

Untuk ikut dalam program Flash Sale Shopee ini, kamu wajib memenuhi syarat toko dan produk berikut ini.

Step 1 : Cek Kriteria Toko

Berikut kriteria Toko Shopee agar bisa masuk nominasi peserta Flash Sale :

  • Stok produk mencukupi ketika hendak menominasikan produk dalam Nominasi Flash Sale. Hal ini berguna untuk menghindari pengembalian/ pembatalan pesanan dan keterlambatan pengiriman.
  • Tidak memiliki poin penalti (poin penalti 0).
  • Penilaian toko harus bagus.
  • Persentase chat dibalas harus tinggi.
  • Penyelesaian pesanan harus tinggi dan bagus.
  • Pengiriman pesanan harus dilakukan dengan cepat dan layanan harus memuaskan.

Step 2 : Cek Kriteria Produk

Selain toko, kualitas dan kuantitas produk juga harus diperhatikan jika ingin bergabung dalam program Flash Sale Shopee. Berikut kriteria produk agar masuk nominasi Flash Sale Shopee :

  • Stok minimum yang diberikan adalah sebanyak 20 stok.
  • Bukan produk pre-order.
  • Diskon minimum yang diberikan adalah 10% atau sebesar Rp10.000.
  • Penjual tidak diperbolehkan melakukan mark up terhadap harga asli produk.
  • Harga akhir yang diberikan harus lebih rendah dibandingkan dengan harga platform online lainnya. Perbedaan harga minimum adalah sebanyak 1%.
  • Penilaian produk >=4 akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bergabung dalam promo Flash Sale.
  • Shopee akan melakukan pengecekan lebih lanjut (seperti melihat ulasan dan penilaian dari masing-masing Pembeli) untuk memastikan produk layak bergabung dalam promo Flash Sale.
  • Produk yang mengandung masa berlaku tidak boleh memiliki tanggal kadaluwarsa kurang dari 1 bulan semenjak promo Flash Sale dimulai.
  • Produk yang telah terpilih di beberapa Flash Sale terakhir memiliki peluang yang lebih kecil untuk bergabung ke dalam promo Flash Sale selanjutnya.
  • Penjual tidak diperbolehkan menjual model produk yang jauh berbeda dalam 1 halaman produk yang sama. Pastikan produk memiliki model yang mirip, seperti: warna, ukuran dan lainnya untuk meningkatkan relevansi produk.
  • Penjual dilarang keras: menjual produk dalam Kebijakan Barang yang Dilarang dan Dibatasi. Shopee berhak untuk menolak segala produk yang berkaitan dengan hal tersebut.
  • – Mohon pastikan Jasa Kirim yang tersedia untuk produk yang dinominasikan telah sesuai (contoh: produk dengan partikel/ bahan yang mudah terbakar, produk dengan dimensi atau ukuran yang besar tidak didukung oleh Jasa Kirim JNE, harus melalui pengiriman khusus).
  • Foto produk yang dinominasikan haruslah jelas (tidak mengandung watermark), memiliki latar belakang berwarna putih dan merepresentasikan keadaan produk yang sesungguhnya.
  • Foto/ rincian produk tidak mengandung informasi kontak pribadi yang dapat mengarahkan Pembeli untuk menghubungi Penjual di luar Shopee, seperti nomor handphone, Instagram, Facebook, dll.
  • Nama/ rincian produk tidak mengandung merek lain yang tidak relevan.
  • Nama, deskripsi, foto dan atribut harus konsisten dan merepresentasikan produk yang dijual dengan akurat.
  • Rincian produk seperti harga, foto dan variasi tidak boleh diubah saat periode nominasi hingga promo Flash Sale berakhir.

Cara Daftar Flash Sale Di Shopee

Tidak semua penjual dapat mengikuti Flash Sale di Shopee. Berikut ini alur yang harus kamu lalui jika ingin produk dari toko kamu masuk dalam hot list Flash Sale :

  • Pastikan semua syarat dan ketentuan Flash Sale Shopee sudah kamu penuhi.
  • Ajukan produk untuk masuk “Nominasi Flash Sale di halaman seller centre.
  • Tunggu tim Shopee melalukan peninjauan toko dan produk. Jika status produk berubah menjadi Dalam Pemeriksaan” maka kamu akan di hubungi oleh Shopee untuk menanyakan kesiapan toko mengikuti event Flash Sale.
  • Jika produk dinyatakan lulus, maka kamu tinggal menunggu status produk menjadi “Live” atau tayang pada halaman Flash Sale.

Berikut cara ikut Flash Sale di Shopee lewat seller centre :

  • Masuk ke Seller Centre Shopee lalu Pilih Promosi Saya.
  • Klik menu Flash Sale Shopee.
Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150%
Pilih Flash Sale
  • Pilih promo yang sesuai pada bagian tab promo Akan Datang kemudian klik Daftar Sekarang.
Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150%
Klik Daftar Sekarang
  • Silakan baca Brief / panduan produk untuk ikut nominasi Flash sale secara teliti. Pastikan produk yang kamu daftarkan sesuai dengan Brief yang ditentukan.
Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150%
Baca Brief / Panduan Flash Sale
  • Untuk mendaftarkan produk, klik Nominasikan Produk.
Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150%
Klik Nominasikan Produk
  • Edit keterangan produk sebaik mungkin mulai dari Variasi, harga Flash Sale serta stok produk lalu klik Simpan Dan Kirim.
Cara Daftar Flash Sale Di Shopee Untuk Menaikan Omzet Hingga 150%
Pilih Simpan Dan Kirim
  • Tunggu sampai pengajuan kamu disetujui oleh pihak Shopee

Tips Jualan Di Shopee Flash Sale

Saat produk yang kamu daftarkan masuk dalam nominasi Flash Sale dan akan segera ditayangkan, ada beberapa point yang perlu kamu perhatikan. Berikut beberapa tips jualan di Shopee Flash Sale :

  • Daftarkan Produk “Hot List” – Saat mendaftarkan produk untuk ikut Flash Sale, pastikan kamu memilih produk hot list / produk yang sedang banyak di cari oleh orang lain. Kamu dapat meriset produk yang sedang banyak dicari di Shopee Disini.
  • Pasang Harga Produk Termurah Saat di Daftarkan – Pastikan produk hot list yang kamu daftar di Flash Sale Shopee memiliki harga paling murah diantara produk kompetitor yang menjual produk yang sama.
  • Perhatikan Kualitas Foto Produk – Selain judul, deskripsi maupun harga produk, pastikan pula kamu memiliki foto produk dengan kualitas terbaik sesuai dengan stadart Shopee.
  • Perhatikan Performa Toko – pastikan performa toko sangat baik saat mendaftar produk untuk masuk nominasi Flash Sale. Semakin baik performa toko maka semakin besar produk ditampilkan (Live) di Flash Sale Shopee.
  • Pastikan Stok Cukup – Jika produk sudah dalam tahap “Dalam pemeriksaan”, stok produk sebanya mungkin. Hal ini akan di croschek kembali oleh Shopee untuk memastikan bahwa stok produk cukup sesuai target penjualan Shopee.

Sudah Siap Jualan Di Flash Sale Shopee?

Ingat, Shopee memberlakukan peraturan ketat saat pelaksanaan Flash Sale untuk meminimalisir kekecewaan pembeli terhadap event Shopee ini. Untuk itu pastikan kamu telah memahami ketentuan Flash Sale Shopee dengan membacanya Disini.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp. 99 [99% Berhasil]

Perlu kamu ketahui bahwa produk yang kamu daftarkan dapat ditolak oleh Shopee. Jika produk ditolak, maka kamu harus memperbaiki kesalahan toko serta mendaftarkan produk lainnya di kemudian hari agar di tinjau ulang.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan !

Sekian dulu ulasan cara daftar Flash Sale Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait Flash Sale serta event Shopee lainnya, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy selling !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *