Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual [Panduan Lengkap]

6 min read

Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual

Mahirtransaksi.com – Belakangan ini sedang ramai perbicangan mengenai fitur terbaru Shopee yaitu COD (Cash On Delivery). Oleh karena itu, saya tertarik untuk mengulas 10 Cara mengaktifkan fitur COD di Shopee untuk penjual (Seller).

Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee

Pernahkah kamu mendengar istilah COD? Bukan hanya di Shopee, ternyata hampir semua marketplace sudah menyediakan fitur pembayaran ini. Bagi kamu yang sudah familiar dengan istilah ini tentu sudah paham maksudnya. Tetapi bagi kamu yang masih awam dengan fitur COD ini, kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Apa Itu COD (Cash On Delivery) ?

COD adalah singkatan dari Cash On Delivery atau bisa juga disebut Bayar Di Tempat. Cash artinya pembayaran dan Delivery berarti pengantaran. COD Shopee sendiri merupakan fitur pembayaran aplikasi Shopee dimana pembayaran dilakukan saat paket pesanan telah diserahkan oleh kurir ke penerima paket.

Misalnya, sebagai pembeli kamu memesan salah satu produk di aplikasi Shopee. Kamu memilih fitur COD sebagai metode pembayaran, maka kamu tidak perlu membayar saat membuat pesanan. Tetapi kamu wajib membayar ketika pesanan sudah kamu terima.

Sedangkan sebagai penjual, kamu dapat mengaktifkan fitur ini di Toko Shopee-mu. Tujuan utamanya yaitu menjangkau lebih banyak pelanggan yang menginginkan fitur COD ini sebagai metode pembayaran mereka. Dengan mengaktifkan fitur COD ini dapat meningkatkan penjualan kamu hingga 30% loh. Menarik bukan?

Keuntungan Dan Kelemahan Fitur COD Shopee Bagi Penjual

Memilih mengaktifkan fitur COD Shopee adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk-mu. Tapi tahukah kamu apa keuntungan dan kerugian fitur Cash On Delivery ini? Berikut keuntungan aktivasi COD untuk penjual Shopee :

  1. Menjangkau lebih banyak pembeli yang menginginkan pembayaran melalui COD (Bayar di tempat).
  2. Meningkatkan omset penjualan toko Shopee hingga 30%.
  3. Meningkatkan layanan pengiriman toko agar lebih professional.

Sedangkan kelemahan fitur pembayaran Cash On Delivery Shopee ini antara lain :

  1. Resiko produk dikembalikan (Retur Produk) karena berbagai alasan, misalnya penerima paket tidak berada di tempat atau alamat penerima yang tidak valid.
  2. Pembeli menolak menerima paket karena beberapa alasan seperti tidak ada uang, order fiktif (Fake order) atau bahkan produk yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli.
  3. Resiko produk rusak lebih saat di kembalikan (Retur) ke penjual (seller).

Syarat & Ketentuan Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee

Seperti fitur pembayaran Shopee pada umumnya, sistem COD Shopee juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan untuk penggunannya baik pembeli maupun penjual.

Tetapi kali ini kita membahas dari sisi penjual (Seller). Adapun Syarat dan ketentuan Aktivasi COD Shopee yaitu :

1. Sudah Memiliki Toko Shopee

Syarat utama jika kamu ingin mengaktifkan fitur COD Shopee ini adalah memiliki toko di Shopee terlebih dahulu. Sebagai seller tentunya kamu wajib mengetahui cara membuat toko di Shopee. Tetapi jika belum, kamu wajib membaca Cara berjualan di Shopee untuk pemula ini.

Jika kamu sudah memiliki toko sendiri di aplikasi Shopee. Kamu dapat memilih produk mana yang dapat di beli dengan pembayaran COD. Artinya kamu punya akses penuh untuk mengatur metode pembayaran pada produk-mu.

2. Memiliki Produk Shopee

Produk Shopee yang dapat kamu jual dengan menggunakan pembayaran COD ini bisa berupa produk fisik maupun non-fisik. Untuk produk fisik contohnya Handphone dan aksesorisnya, peralatan rumah tangga, atau bahkan pakaian.

Sedangkan produk non-fisik (digital) yang dapat kamu jual dapat berupa pulsa atau paket data, voucher game dan sebagainya. Namun untuk produk non-fisik ini, kamu wajib membaca ketentuan pihak Shopee agar produk yang kamu jual tidak disalahgunakan serta untuk menghindari penipuan fitur COD Shopee.

3. Sudah Mengaktifkan Opsi Pengiriman J&T Express, JNE dan Shopee Express

Toko dan produk-mu sudah siap dijual. Tapi tunggu dulu, apakah kamu sudah mengaktifkan jasa kirim Shopee yang mendukung COD? Jika belum, kamu wajib mengaktifkan ketiga jasa kirim yang didukung Shopee untuk sistem pembayaran COD (bayar di tempat).

Ketiga jasa kirim tersebut yaitu J&T Express, JNE (Pengiriman dari Luar Negeri) dan Shopee Express. Tetapi untuk saat ini, jasa pengiriman yang dilindungi Garansi hanyalah J&T Express.

Cara Mengaktifkan Pembayaran COD Di Shopee

Jika semua syarat dan ketentuan aktivasi COD di Shopee sudah kamu lakukan. Sekarang saatnya kamu mengaktifkan fitur COD Shopee dan naikan omset penjualan-mu hingga 30%. Berikut cara mengaktifkan COD Shopee melalui aplikasi dan website Shopee.

1. Mengaktifkan COD Melalui Aplikasi Shopee

Berikut cara mengaktifkan fitur COD Shopee melalui Aplikasi Shopee :

  • Buka Aplikasi Shopee. Tap halaman Saya. Klik Toko Saya di pojok kiri atas.
Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Buka Toko Saya
  • Selanjutnya klik Jasa Kirim Saya.
Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Pilih Jasa Kirim Saya
  • Pilih Jasa kirim yang di dukung Shopee untuk aktivasi COD. Klik tanda i untuk melihat opsi COD.
Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Klik Icon i
  • Klik centang hingga berwarna hijau untuk mengaktifkan pembayaran COD. Lalu klik Simpan.
Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Klik Centang Untuk Mengaktifkan COD
  • Selesai.

2. Mengaktifkan COD Melalui Website Shopee

Berikut cara mengaktifkan fitur COD Shopee melalui Website Shopee :

  • Buka website seller.Shopee.co.id lalu login menggunakan username dan password Shopee kamu.
  • Klik Pengaturan Toko pada halaman utama Seller centre.
  • Pilih Jasa Kirim Saya.
Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Pilih Jasa Kirim
  • Pilih Jasa Pengiriman yang didukung untuk aktivasi COD lalu Klik centang ke kanan sampai tombol berwarna hijau untuk mengaktifkan COD.
Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Centang Untuk Mengaktifkan COD Shopee
  • Selesai.

Kamu juga dapat menonton video berikut untuk memahami lebih jelas cara mengaktifkan COD di Shopee :

Nah sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur COD di Toko-mu. Dengan mengaktifkan fitur COD Shopee ini, produk-mu sudah dapat dibeli dengan fitur pembayaran COD oleh pembeli (Buyer).

Sistem COD Shopee Untuk Penjual

Bagaimana sebenarnya sistem COD Shopee ini? Apa yang harus saya lakukan jika saya mendapat orderan dengan sistem COD? Itu adalah contoh pertanyaan yang mungkin jawabannya sulit kamu dapat karena minimnya informasi tentang COD Shopee ini.

Nah, untuk sistem COD Shopee sendiri sama saja seperti pembelian produk lainnya. Misalnya sebagai penjual kamu mendapat orderan salah satu produk dengan sistem COD. Maka yang harus kamu lakukan berurutan adalah :

1. Packing Produk

Pertama tentunya kamu harus packing produk tersebut seperti biasa. Usahakan kamu cek terlebih dahulu kondisi produk seteliti mungkin karena ini adalah point penting agar terhindar dari pengembalian barang.

Jika terdapat cacat produk segera konfirmasi ke pembeli sedetail mungkin. Jika sudah konfirmasi dan setuju, maka packing produk sebaik mungkin. Perhatikan juga produk yang dijual, misalnya perangkat elektronik, usahakan memakai buble wrap agar produk tetap aman.

2. Serahkan Paket Ke Pihak Ekpedisi

Karena yang mendukung fitur COD Shopee ini salah satunya J&T Express, maka yang kamu lakukan adalah datang ke kantor J&T Express terdekat untuk menyerahkan paket serta meminta resi pengiriman.

Selain itu kamu juga bisa meminta kurir untuk Pick up  produk secara langsung melalui aplikasi atau website J&T Express. Terakhir pastikan kamu dikonfirmasi oleh Jasa pengiriman bahwa paket-mu dikirim dengan sistem COD.

3. Input Resi & Tunggu Produk Dikirim

Langkah terakhir adalah menginput resi dari J&T Express di aplikasi Shopee. Jika resi otomatis, maka kamu tidak perlu melakukannya lagi karena resi akan otomatis di input.

Baca Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Rp.0

Selanjutnya tunggu produk-mu dikirim ke pembeli sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang tersedia. Pastikan juga selalu konfirmasi pesanan ke pembeli melalui fitur live chat Shopee.

Pencairan Dana COD Shopee

Lalu bagaimana dengan pembayaran COD? Untuk pembayaran COD dilakukan secara langsung ketika pesanan di terima oleh pembeli. Artinya kamu harus menunggu sampai pembeli menerima pesanan Shopee dan telah mengkonfirmasi terima paket dari kurir.

Berikut Alur Dana COD Shopee :

Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual
Alur Pencairan Dana COD Shopee

Dana pembayaran produk pada akhir nya akan masuk ke Saldo Penjual jika dana telah di lepaskan oleh Shopee. Nah nantinya kamu bisa transfer dana dari saldo penjual ke Rekening Pribadi-mu.

Bagaimana Jika Barang COD Shopee Di Kembalikan (Retur) ?

Produk yang dikirim dengan metode pembayaran Shopee tentu tidak lepas dari pengembalian produk. Walaupun semua fitur pembayaran memiliki resiko yang sama, tetapi fitur COD memiliki resiko retur produk terbesar saat ini. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi produk-mu di kembalikan :

  1. Produk tidak sesuai dengan deskripsi dan pembeli mengajukan pengembalian barang.
  2. Pembeli memasukan data tujuan penerima paket seperti alamat dan nomor Handphone yang salah sehingga kurir kesulitan menemukan alamat penerima paket.
  3. Pembeli tidak bersedia membayar pesanan karena merasa tidak memesan produk tersebut.

Sebenarnya masih banyak faktor lain yang memungkinkan produk di kembalikan oleh pihak ekspedisi. Tetapi jika kamu mengalaminya, produk-mu akan dikembalikan ke tempat-mu dalam keadaan baik. Semua biaya pengembalian akan di tanggung oleh pihak Shopee. Jangan lupa untuk menanyakan alasan mengapa produk-mu di tolak dan dikembalikan oleh pembeli.

Frequently Asked Question (FaQ)

Merangkum ulasan sebelumnya, berikut ini saya simpulkan beberapa pertanyaan dan jawaban (FaQ) Seputar aktivasi COD Shopee untuk penjual :

  • Apakah kurir mengetahui produk COD (bayar di tempat) ? Jawabannya Ya, setiap paket COD yang di antar oleh kurir memiliki Logo Cash On Delivery (COD) pada produk. Jadi setiap kurir yang memberikan paket berlogo COD ke pembeli wajib meminta pembayaran paket tersebut.
  • Apakah pembeli dapat membuka paket sebelum di bayarkan? Tidak. Paket hanya dapat dibuka oleh pembeli jika uang sudah diserahkan ke kurir. Dan pembeli tidak dapat mengembalikan produk ke kurir saat itu juga lalu meminta uang kembali. Semua sistem pengembalian produk dilakukan melalui aplikasi Shopee.
  • Bagaimana cara menonaktifkan COD Shopee? Jika kamu merasa dirugikan oleh fitur pembayaran COD Shopee, kamu bisa menonaktifkan fitur ini. Caranya Tap halaman Saya > Toko Saya. Lalu pilih Jasa Kirim Saya > J&T Express. Lalu centang Opsi COD pada jasa pengiriman.

Kesimpulan

Pada akhirnya kamu dapat memilih menggunakan fitur COD Shopee ini di toko-mu. Pastikan juga kamu telah mengetahui apa resiko yang mungkin akan kamu alami saat berjualan dengan fitur ini.

Baca Juga : Cara Mengganti Username & Nama Toko Shopee

Berikut tips mengurangi resiko produk-mu dikembalikan ketika menggunakan fitur COD di Shopee :

  1. Tanyakan terlebih dahulu apakah pembeli sudah membaca deskripsi. Jika belum jelaskan deskripsi produk sedetail mungkin sebelum di packing.
  2. Cek profil pembeli. Mulai dari alamat, foto profil, Nomor HP untuk memastikan pembeli merupakan pengguna Shopee asli.
  3. Pastikan kamu mengirim produk sesuai dengan keinginan pembeli. Dan ingat jangan pernah mengecewakan pembeli.

Pada intinya selalu patuhi peraturan Shopee dengan membaca Pusat Edukasi Penjual Shopee.

Baca Juga : Cara Belanja Shopee Gratis Ongkir Menggunakan ShopeePay

Nah sekian dulu ulasan Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee BagiPenjual [Terlengkap] ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar fitur COD Shopee ini, segera tanyakan melalui kolom komentar. Selamat berjualan.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *