Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Cara Aktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee

3 min read

Cara Mengaktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee

Mahirtransaksi.com – Sebagai penjual, mengaktifkan keseluruhan jasa pengiriman di Shopee tentu akan meningkatkan peluang produk terjual. Salah satunya yaitu Gosend dan Grab Instant. Faktanya kedua jasa pengiriman instant di Shopee ini masih menjadi incaran sebagian pembeli. Oleh karena itu, kamu dapat mencoba cara mengaktifkan Gosend dan Grab Instant di Shopee ini untuk meningkatkan omzet penjualan kamu.

Mengaktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee

Di era internet seperti sekarang, banyak cara untuk mempercepat pengiriman barang yang dilakukan oleh Marketplace. Shopee adalah salah satu Marketplace yang berinovasi dengan Gojek dan Grab untuk menghadirkan layanan pengiriman barang yang pesanannya dikirim seketika pada saat itu juga (instant).

Mengapa kamu harus menggunakan jasa pengiriman ini?

Layanan ini sangat cocok untuk kamu yang sering berbelanja online yang butuh cepat, misalnya kamu sedang berada di bandara yang pesawatnya 2 jam lagi segera berangkat, namun kamu perlu membeli kue atau cinderamata untuk oleh-oleh, maka layanan Gosend Instant atau Grab Instant ini bisa menjadi andalan kamu.

Cara Mengaktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee

Nah layanan pengiriman ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan pengiriman cepat (Maks. 1 hari pengiriman) sesuai dengan jarak pesanan kamu. Itu artinya, semakin dekat jarak pesanan kamu, maka semakin cepat pula pesanan kamu terima.

Shopee bermitra dengan Gojek dan Grab untuk memfasilitasi pembeli yang ingin paket kirimannya segera dikirim pada saat itu juga sehingga lebih cepat, namun layanan ini hanya dapat digunakan untuk pengantaran barang yang jarak antara penjual dan pembelinya masih berada pada kota yang sama.

Baca Juga : Cara Jualan Produk Digital Di Shopee Tanpa Kirim Barng [99% Berhasil]

Jadi jika kamu ingin membeli produk di Shopee namun tidak bisa menggunakan fasilitas ini berarti kamu berbeda kota dengan penjualnya. Atau, penjual itu sendiri belum mengaktifkan Gosend dan Grab Instant di Shopee aplikasi miliknya.

Jenis – Jenis Gosend Di Shopee?

Gosend adalah layanan pengantaran barang cepat dari Gojek yang memungkinkan pengiriman tanpa harus membawa paketnya ke kantor ekspedisi seperti paket biasa pada umumnya. Layanan ini menggunakan sepeda motor dan berat ideal paket yang dapat diangkut seberat 20 kg dan dimensinya adalah 70 x 50 x 50 cm.

Layanan Gosend ini terdiri atas 3 jenis layanan yakni Gosend Instant, Sameday dan Intercity. Berikut perbedaan Gosend instant, Sameday dan intercity Shopee ini :

  • Gosend Instant – Sesuai dengan namanya, paket pesanan akan dikirimkan dalam waktu 1-2 jam setelah dijemput oleh pengemudi. Layanan ini dapat digunakan dalam waktu 24 jam.
  • Gosend Sameday Paket pesanan akan dikirimkan dalam waktu 6-8 jam setelah dijemput oleh pengemudi. Pemesanan layanan ini hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00 – 15.00 dan hanya tersedia untuk wilayah Jabodetabek.
  • Gosend Intercity Layanan ini dapat digunakan untuk pengiriman antar kota dengan waktu pengiriman yang bervariasi.

Perbedaan antara Gosend Instant dan Sameday lebih lengkap dapat kamu lihat pada tabel dibawah ini :

Perbedaan Gosend Instant Dan Sameday

Jenis – Jenis Grab Express Di Shopee

Sedangkan Grab Express Instant Bike adalah layanan sejenis yang dikeluarkan oleh Grab, namun dimensi yang diperbolehkan adalah 50 x 50 x 50 cm dan berat maksimalnya 15 kg, sedikit lebih kecil dari Gojek Instant.

Grab Express hanya menyediakan 2 layanan untuk E-Commerce yaitu Grab Express Instant dan Grab Express Sameday. Berikut perbedaannya :

  • Instant -Layanan pengiriman yang menjanjikan paket sampai maksimal dalam waktu 3 jam setelah penjual request pick up (berlaku untuk pengiriman sebelum jam 16.00 WIB).
  • Sameday – Layanan pengiriman yang menjanjikan paket sampai maksimal dalam waktu 6 jam setelah penjual request pick up (berlaku untuk pengiriman sebelum jam 16.00 WIB).

Ketentuan Gosend & Grab Instant Di Shopee

Perlu kamu ketahui ada beberapa kategori barang yang tidak dapat dikirim melalui Gosend dan Grab Instant di Shopee contohnya :

  • Benda hidup (Contohnya kucing, ayam, anjing dan benda  – benda bernyawa lainnya).
  • Benda yang mudah terbakar/meledak (Contohnya tabung gas atau bahan – bahan kimia).
  • Benda bernilai lebih dari 10 juta (Contohnya cincin emas).

Baca Juga : 11 Kelebihan Dan Kekurangan COD Di Shopee Bagi Penjual & Pembeli 

Selain itu, pemesanan Gosend dan Grab Express ini hanya bisa dilakukan via aplikasi Shopee. Pemesanan layanan ini tidak dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek maupun Grab.

Cara Aktifkan Gosend & Grab Instant Di Shopee

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Instant Delivery di Shopee :

Via Website Shopee

Khusus Penjual (seller), jika kamu mengakses melalui komputer/desktop via browser, kamu bisa mengaktifkan Gosend Instant dan Grab Instant di Shopee melalui panel dashbord seller.Shopee.co.id caranya:

Cara Mengaktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee

  • Login ke ke dashbord, lalu isi user dan password seperti biasa, klik Pengiriman lalu klik Pengaturan Pengiriman.
  • Cari GrabExpress Instant atau Gosend Instant, Geser slider ke kanan hingga berwarna hijau (aktifkan).
  • Jika sudah hijau berarti aktif, selanjutnya edit Produk yang dijual lalu geser slider ke kanan hingga berwarna hijau (aktifkan).

Via Aplikasi Shopee

Khusus untuk kamu seller yang menggunakan aplikasi Shopee, langkah-langkah mengaktifkan Gosend Instant dan Grab Instant Shopee adalah sebagai berikut :

Cara Mengaktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee
Cara Aktifkan Gosend & Grab Via Aplikasi Shopee
  • Tap di Toko Saya, lalu tekan Jasa Kirim Saya.
  • Cari GrabExpress Instant atau Gosend Instant.
  • Geser slider ke kanan hingga berwarna hijau (aktifkan), Jika sudah hijau berarti aktif, selanjutnya tap Ongkos Kirim lalu tekan
  • Temukan produk lalu tekan Ubah, pilih Ongkos Kirim lalu Cari GrabExpress atau Gosend, geser slider ke kanan hingga berwarna hijau (aktifkan). Tekan Simpan.

Frequently Asked Question (Faq)

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar Gosend dan Grab Instant Shopee untuk melengkapi ulasan diatas :

1. Bagaiman cara mengaktifkan Gosend Instant di Shopee?

Untuk mengaktifkan Layanan Gosend Instant, kamu dapat melihat langkah – langkah diatas. Kamu dapat menyesuaikan fitur pengiriman instant yang kamu inginkan hanya dengan menggeser (Slider) pada pilihan jasa pengiriman.

2. Bagaiman jika Gosend instant tidak muncul di Shopee?

Ada beberapa kemungkinan mengapa layanan instant dari Gojek ini tidak muncul, yaitu :

  • Lokasi Penjual – Pastikan kamu berada di lokasi yang dapat dijangkau oleh layanan Gosend.
  • Lokasi Pengiriman  – Pastikan lokasi pengiriman dapat dijangkau oleh pengiriman Gosend.
  • Jenis Produk Dilarang – Pastikan produk yang kamu jual atau beli tidak menyalahi ketentuan produk diatas.

Baca Juga : 7 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Setelah ketentuan diatas sudah kamu penuhi tetapi tetap tidak ada pilihan Gosend instant di Shopee, kamu dapat menunggu hingga layanan ini diaktifkan di akun Shopee kamu.

3. Bagaiman cara mengaktifkan Grab Instant di Shopee?

Untuk mengaktifkan layanan Grab ini, kamu dapat mengikuti langkah – langkah diatas. Pastikan kamu menggeser centang (Slider) ke kanan pada pilihan Grab Instant. Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan layanan Grab Express Sameday sekaligus.

Penutup

Jika langkah yang kamu lakukan sudah benar, maka pada Opsi pengiriman pada tampilan di sisi Pembeli ketika akan membeli produk kamu akan kelihatan seperti ini.

Cara Mengaktifkan Gosend Dan Grab Instant Di Shopee
Tampilan Gosend & Grab Instant Bagi Penjual

Sekian dulu ulasan cara mengaktifkan Gosend dan Grab Instant di Shopee melalui aplikasi dan Website Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar jasa pengiriman instant di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *