Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ Cara Mengaktifkan Shopee PayLater Terlengkap – Dapat Limit Kredit 6 Juta Rupiah !

8 min read

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Mahirtransaksi.com – Berbicara masalah Shopee, tentunya kamu pasti sudah tidak asing dengan Shopee PayLater. Yap, artikel ini akan mengulas tuntas semua tentang Shopee PayLater mulai dari persyaratan, cara mengaktifkan Shopee PayLater hingga cara menonaktifkan Shopee PayLater.

Aktivasi Shopee PayLater

Shopee sebagai Marketplace terbesar di Indonesia selalu melakukan pengembangan fitur pembayaran seperti kartu kredit, Transfer Bank, ShopeePay. Salah fitur pembayaran terbaru Shopee adalah Shopee PayLater.

Shopee PayLater memungkinan pengguna Shopee yang dapat membayar belanjaan dalam bentuk Pinjaman instant dengan cicilan bunga yang sangat minim.

Apa itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater adalah salah satu metode pembayaran Shopee berupa pinjaman ke pengguna Shopee hingga Rp.750.000. Lebih singkatnya, Shopee PayLater dapat kamu gunakan untuk membayar belanjaan kamu dengan sistem “ngutang” di Shopee dan hutang kamu bisa kamu bayarkan di bulan depannya.

Shopee PayLater yang berada dibawah naungan PT. Lentera Dana Nusantara ini menawarkan dana berupa Pinjaman ke pengguna Shopee tanpa jaminan dengan bunga 0% tanpa minimum transaksi di Shopee.

Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Koin Shopee Hingga 50 Ribu Koin

Misalnya, kamu membeli barang yang kamu idamkan di Shopee tetapi tidak memiliki uang maupun saldo di Shopeepay, kamu bisa menggunakan fitur Shopee PayLater untuk membayar belanjaan kamu. Jadi lebih mudah dan praktis. Kamu bisa bayar belanjaan kamu tanpa batasan transaksi sesuai dengan limit Shopee PayLater kamu.

Nah menarik bukan? Oh ya fitur Shopee PayLater dari Shopee ini tidak langsung dapat kamu gunakan loh. Kamu harus mengaktifkan Shopee PayLater terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

Keuntungan Menggunakan Shopee PayLater

Apa sih keuntungan Shopee PayLater? Atau mengapa saya harus aktivasi Shopee PayLater? Pertanyaan yang pasti kalian tanyakan. Saya jamin ! Nah berikut saya rangkum keuntungan dan mengapa kamu harus coba Shopee PayLater :

  1. Proses aktivasi mudah dan cepat tanpa mempersiapkan banyak dokumen pendukung.
  2. Mudah digunakan untuk melakukan pembayaran belanja Shopee serta tanpa dikenakan limit transaksi.
  3. Jangka waktu peminjaman yang cukup lama. Pembayaran dilakukan setiap tanggal 5 di bulan berikutnya.
  4. Memiliki metode pembayaran cicilan dengan bunga nol persen.
  5. Limit pinjaman yang besar hingga Rp.1.800.000 yang bisa di ajukan hanya dalam waktu 24 jam.

Syarat Utama Aktivasi Shopee PayLater

Untuk mengaktifkan Shopee PayLater, ada beberapa persayaratan yang harus kamu lakukan. Berikut persyaratan aktivasi Shopee PayLater :

1. Sudah Daftar & Verfikasi Shopee

Syarat pertama untuk mengaktifkan Shopee PayLater tentunya kamu harus menginstall aplikasi Shopee. Setelah kamu menginstallnya, kamu perlu mendaftar dan verifikasi akun Shopee kamu.

Saat mendaftar akun Shopee, syarat utama yang harus dipersiapkan adalah Nomor telepon dan Email. Saat memasukan Nomor telepon maupun Email, maka Kode OTP akan dikirim ke Nomor Telepon serta Link Via Email untuk aktivasi Shopee. Jika kamu sudah melakukannya, maka kamu tidak perlu verifikasi akun Shopee-mu lagi.

Untuk memastikan apakah akun Shopee-mu sudah di verifikasi. Kamu bisa cek terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Shopee. Lalu Tap halaman Saya.
  • Pilih Pengaturan Akun > Profil Saya.

Di bagian profil ini kamu akan melihat Nomor HP & Email yang telah kamu Tambahkan. Jika belum, kamu wajib menambahkan Nomor HP atau Email agar dapat mengaktifkan Shopee PayLater.

2. Akun Shopee Sudah Aktif Lebih Dari 3 Bulan

Semakin lama akun Shopee kamu aktif maka semakin besar kemungkinan kamu dapat mengaktifkan fitur Shopee PayLater ini. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua akun Shopee dapat mengaktifkan fitur Shopee PayLater ini.

Jika kamu melihat metode pembayaran menggunakan Shopee PayLater saat checkout barang belanjaan kamu, maka kamu sudah dapat mengaktifkan fitur Shopee PayLater ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi akun Shopee-mu telah dapat fitur Shopee PayLater adalah masa aktif akun Shopee kamu.

3. Rutin Melakukan Transaksi Di Shopee

Selain masa aktif, jumlah transaksi Shopee juga mempengaruhi akun Shopee kamu mendapat tawaran program Shopee PayLater ini. Transaksi ini antara lain pembelian produk fisik dan digital, pembayaran dan penjualan produk Shopee.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan Shopee untuk memilih mitra Shopee yang paling potensial diberikan fitur Shopee PayLater. Jika kamu merasa sudah sering melakukan transaksi di Shopee, maka fitur Shopee PayLater ini sudah bisa kamu aktifkan.

4. Upgrade Shopee Ke Versi Terbaru

Syarat aktivasi Shopeepay yang terakhir adalah meng-upgrade Shopee ke versi terbaru di Google Playstore. Untuk saat ini versi terbaru aplikasi Shopee yaitu Versi 2.58.11 yang terakhir diperbaharui tanggal 15 Juli 2020.

Cek aplikasi Shopee kamu apakah sudah di upgrade ke versi terbaru di Google Playstore. Jika belum kamu wajib upgrade terlebih dahulu sebelum mengaktifkan fitur Shopee PayLater ini.

Baca Juga : 5 Cara Transfer Saldo ShopeePay Ke Akun Lain [Berhasil]

Selain 4 syarat diatas, kamu juga perlu memperhatikan syarat utama  untuk mengaktifkan Shopee PayLater ini yaitu Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minima 17 Tahun dan wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

Ketentuan Penggunaan Shopee PayLater

Selain beberapa persyaratan mendaftar Shopee PayLater diatas, kamu juga harus mengetahui ketentuan penggunaan Shopee PayLater ini :

  1. Penggunaan Shopee PayLater untuk pembayaran tanpa dikenalan limit transaksi sampai limit saldo Shopee PayLater terpenuhi. Misalnya kamu limit Shopee PayLater kamu Rp.750.000 maka kamu dapat membeli dan membayar belanjaan kamu beberapa kali hingga total belanjaan kamu mencapai limit Shopee PayLater.
  2. Dalam proses pengajuan penambahan limit saldo Shopee PayLater kamu tidak diperkenankan untuk mengubah metode pambayaran serta membatalkan pemesanan yang sudah dibayarkan menggunakan Shopee PayLater.
  3. Shopee PayLater tidak dapat kamu gunakan untuk melakukan pembelian produk kategori Voucher, Pulsa, Tagihan dan Tiket.
  4. Proses aktivasi Shopee PayLater hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee di Ponsel. Kamu tidak dapat mengaktifkan Shopee PayLater melalui website Shopee di PC.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Sampai disini kamu sudah paham pastinya. Saatnya mengaktifkan Shopee PayLater. Oh ya, pastikan terlebih dahulu kamu sudah dapat mengaktifkan fitur ini, karena tidak semua akun Shopee dapat mengaktifkan Shopee PayLater sesuai dengan persyaratan di atas. Berikut cara aktivasi Shopee PayLater :

  • Buka aplikasi Shopee lalu Tap Halaman Saya > Shopee PayLater.
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Tap Saya > Shopee PayLater
  • Klik Aktifkan Sekarang.
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Klik Aktifkan Sekarang
  • Masukan Kode OTP yang dikirim melalui SMS di Nomor Telepon yang terdaftar di aplikasi Shopee. Klik Lanjut.
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Masukan Kode OTP
  • Unggah Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Unggah Foto KTP

Cara mengunggah foto KTP :

  • Foto KTP dengan jelas menggunakan kamera belakang pada posisi yang tersedia.
  • Masukan Nama dan NIK sesuai KTP. Lalu Klik Konfirmasi.
  • Masukan informasi Kontak Darurat, lalu klik Lanjut.
  • Lakukan Verifikasi Wajah.
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Verifikasi Wajah

Cara Verifikasi Wajah :

  • Klik Mulai Verifikasi Wajah.
  • Arahkan wajah pada bingkai yang tersedia menggunakan kamera depan ponsel-mu. Pastikan pencahayaan cukup.
  • Jika sudah selesai, maka kamu akan menerima notifikasi Aplikasi Sedang Diproses.
Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Aplikasi Sedang Diproses
  • Selesai.

Selanjutnya kamu harus menunggu Shopee PayLater kamu diaktifkan dalam 2 x 24 jam. Jika sudah di aktifkan maka kamu akan menerima notifikasi Shopee PayLater telah aktif seperti ini :

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Aktivasi Shopee PayLater Berhasil

Dan selamat. Sekarang kamu bisa belanja menggunakan limit Shopee PayLater kamu.

Nilai Pinjaman, Tenor & Bunga Shopee PayLater

Shopee PayLater yang di luncurkan oleh Shopee merupakan fitur pembayaran berupa pinjaman yang hanya bisa digunakan oleh pengguna Shopee yang telah berhasil diaktifkan. Limit pinjamam awal yang diberikan kepada pengguna Shopee PayLater sebesar Rp.750.000 rupiah sampai dengan Rp.1.800.000 rupiah dengan bunga 0% serta tanpa limit transaksi.

Pengguna Shopee yang ingin menaikan limit saldo Shopee PayLater dapat mengajukan kenaikan limit maksimal 1 kali pengajuan. Setiap saldo Shopee PayLater yang telah digunakan memiliki tenor pembayaran dalam jangka waktu 30 hari (1 bulan) dan jatuh tempo pembayaran setiap tanggal 5 di bulan berikutnya.

Selain itu, tagihan pembayaran akan muncul setiap tanggal 25 dengan catatan pesanan sudah selesai. Kamu bisa membayar cicilan sebelum tanggal 25 setiap bulannya dan limit saldo Shopee PayLater kamu akan kembali seperti semula.

Cara Pakai Shopee PayLater

Sama seperti pembayaran  produk Shopee pada umumnya, pembayaran produk menggunakan Shopee PayLater juga sangat mudah dilakukan.

Cara Bayar Shopee Pakai Shopee PayLater
Cara Bayar Shopee Pakai Shopee PayLater

Berikut cara membayar menggunakan Shopee PayLater :

  1. Buka aplikasi Shopee. Cari produk yang kamu inginkan tetapi pastikan harganya dibawah limit Shopee PayLater kamu.
  2. Klik Beli Sekarang, lalu isi detai pemesanan seperti Jasa Pengiriman, Alamat dan Nomor HP. Setelah itu pilih pembayaran menggunakan Shopee PayLater. Klik Konfirmasi.
  3. Cek kembali pesanan lalu klik Buat Pesanan.
  4. Masukan Kode OTP yang dikirim melalui SMS di nomor HP yang kamu daftarkan di Shopee PayLater. Klik Konfirmasi.
  5. Pembayaran menggunakan Shopee PayLater berhasil dan tunggu penjual mengirimkan pesanan kamu.

Cara Bayar Tagihan & Cicilan Shopee PayLater

Setiap tanggal 5 setiap bulannya, kamu wajib membayar tagihan Shopee PayLater yang telah kamu gunakan. Kamu juga bisa membayar cicilan sebelum jatuh tempo pembayaran. Berikut cara membayar tagihan dan cicilan Shopee PayLater.

Pembayaran Tagihan Shopee PayLater :

Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater
Cara Bayar Tagihan Shopee PayLater
  • Buka aplikasi Shopee Lalu Tap halaman Saya.
  • Pilih Tagihan Shopee PayLater lalu klik Bayar Sekarang.
  • Klik Tagihan pembayaran > Bayar Sekarang.
  • Pilih metode pembayaran melalui ShopeePay, Virtual Account atau Melalui Alfamart/Indomaret.
  • Lakukan pembayaran sesuai nominal tagihan lalu tunggu proses pelunasan tagihan kamu diproses maksimal dalam waktu 10 menit.

Pembayaran Cicilan Shopee PayLater :

Cara Membayar Cicilan Shopee PayLater
Cara Membayar Cicilan Shopee PayLater
  1. Buka aplikasi Shopee > Tab halaman Saya.
  2. Pilih Shopee PayLater.
  3. Klik Tagihan Saya > Bayar Lebih Awal.
  4. Klik Lunasi Cicilan Sekarang.
  5. Pilih metode pembayaran ShopeePay, Virtual Account atau Indomaret lalu klik Konfirmasi.
  6. Lakukan pembayaran sesuai nominal tagihan lalu tunggu proses pelunasan tagihan kamu diproses maksimal dalam waktu 10 menit.

Jika sudah membayar tagihan maupun cicilan Shopee PayLater maka limit akan kembali seperti semula dalam waktu 1×24 Jam. Jika kamu telat bayar Shopee PayLater, maka kamu akan menerima konsekuensi sebagai berikut :

Denda 5% dari total tagihan yang sedang berjalan. Misalnya limit tagihan Shopee PayLater kamu Rp.100.000 rupiah maka akan kamu harus membayar tagihan dan denda sebesar Rp.105.000 rupiah.

  • Pembekuan akun Shopee.
  • Pembatasan penggunaan voucher Shopee.
  • Tercatat di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK.
  • Penagihan lapangan (field collector).

Cara Menambah Limit Shopee PayLater

Kamu bisa mengajukan limit hingga Rp.6.000.000 rupiah. Tetapi untuk pengajuan penambahan limit kredit Shopee PayLater, kamu hanya akan mendapatkan penambah limit hingga Rp.1.800.000 rupiah.

Cara Menambah Limit Shopee Paylater
Cara Menambah Limit Shopee Paylater

Berikut cara menaikan limit Shopee PayLater :

  • Buka aplikasi Shopee lalu Tap halaman Saya.
  • Pilih Shopee PayLater.
  • Klik Ajukan Penambahan Limit Shopee PayLater.
  • Selanjutnya Isi Data yang diminta dengan benar.

Tips : Isi Data dengan sebenar – benarnya agar proses pengajuan panambahan limit Shopee PayLater kamu di setujui.

  • Jika kamu rasa Data sudah benar lalu klik Kirim.
  • Selesai.

Sampai tahap ini proses pengajuan penambahan limit Shopee PayLater kamu sedang di tinjau oleh Shopee. Tunggu proses penambahan limit kredit Shopee PayLater dalam waktu 2×24 jam. Jika limit berhasil ditambahkan, maka kamu dapat melihat perubahan limit Shopee PayLater di halaman Shopee PayLater Shopee-mu.

Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Akun Shopee

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa menu Shopee PayLater tidak muncul di akun Shopee kamu. Berikut beberapa penyebabnya :

  1. Shopee kamu belum memenuhi persyaratan pengajuan Shopee PayLater.
  2. Jarang melakukan transaksi di aplikasi Shopee.
  3. Kamu baru mendaftar akun Shopee dan belum aktif lebih dari 3 bulan.
  4. Kamu belum verifikasi akun Shopee kamu menggunakan nomor HP & Email serta belum  verifikasi identitas Shopee.

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater

Untuk menonaktifkan Shopee PayLater hanya dapat dilakukan di aplikasi Shopee melalui Pusat Bantuan Shopee. Kamu hanya perlu menyampaikan pengajuan penonaktifan Shopee PayLater ke Costumer Service Shopee. Caranya buka aplikasi Shopee > Saya > Pusat Bantuan. Nah di bagian Pusat Bantuan Shopee kamu bisa memilih metode untuk terhubung ke Costumer Service Shopee yaitu :

  • Chat Costumer Service Shopee.
  • Kirim pengajuan penonaktifkan Shopee PayLater via Email support.Shopee.co.id
  • Sambungan Telepon 1500702 agar terhubung Costumer Service Shopee.

Frequently Asked Question Shopee PayLater

Meskipun saya rasa penjelasan cara mengaktifkan Shopee PayLater diatas sudah cukup jelas, tetapi saya rasa masih banyak pertanyaan yang ingin kamu tanyakan terkait aktivasi dan penggunaan Shopee PayLater ini. Berikut ini saya rangkum beberapa pertanyaan dan jawaban seputar Shopee PayLater :

  1. Jika saya membayar tagihan tanggal 05 sesuai dengan tanggal jatuh tempo, apakah dikenakan denda? Tidak. Kamu hanya akan dikenakan denda 5% dari total limit transaksi jika telah melewati tanggal jatuh tempo yaitu setelah tanggal 5 setiap bulannya.
  2. Apakah Shopee PayLater bisa diuangkan? Mungkin pertanyaan yang hampir sama dengan apakah Shopee PayLater bisa diuangkan? Jawabannya tentu tidak. Limit kredit Shopee PayLater hanya bisa digunakan untuk melakukan pembelian produk di Shopee dan tidak bisa di transfer ke rekening Bank.
  3. Mengapa Limit Shopee PayLater saya berkurang? Berdasarkan informasi dari Shopee, penyesuaian limit kredit Shopee PayLater ini dilakukan untuk memastikan Shopee PayLater dapat tetap digunakan oleh seluruh pengguna Shopee di tengah situasi pandemo COVID-19. Peraturan ini berlu per 10 Juli 2020. Dampaknya terdapat pengurangan limit kredit Shopee later bahkan limit Shopee PayLater menjadi nol. Informasi selengkapnya dapat kamu baca Disini.
  4. Saya sudah memenuhi semua syarat aktivasi Shopee PayLater tetapi menu Shopee PayLater tidak muncul juga, apa solusinya? Kendala ini sering dialami oleh pengguna Shopee. Cara yang pertama, pastikan kamu sudah melakukan semua persyaratan aktivasi Shopee PayLater. Jika menu Shopee PayLater belum muncul juga, coba aktifkan fitur ShopeePay terlebih dahulu. Cara mengaktifkan ShopeePay dapat kamu baca Disini.
  5. Saya lupa PIN ShopeePay Later, apa yang harus saya lakukan? PIN Shopee PayLater berisi 6 Digit angka. Jika kamu lupa PIN Shopee PayLater, kamu dapat mengubahnya di bagian profil Shopee kamu. Nantinya kamu akan dikirimkan kode OTP ke Ponsel kamu untuk mengubah PIN Shopee PayLater lama-mu. Jika kamu bahkan lupa nomor HP Shopee, kamu wajib menggantinya terlebih dahulu. Caranya dapat kamu baca Disini.

Akhir Kata

Jika kamu tertarik menggunakan fitur Shopee PayLater, aktifkan Shopee PayLater-mu sekarang juga agar kamu dapat menikmati limit kredit dengan bunga 0%. Perlu kamu ketahui juga bahwa semua transaksi menggunakan Shopee PayLater diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay : Lupa PIN, Diblokir Atau Dinonaktifkan

Untung mendapatkan limit kredit Shopee PayLater hingga Rp.6.000.000 rupiah bukalah hal yang tidak mungkin. Pastikan kamu membayar cicilan dan tagihan tepat waktu serta bertransaksi minimal 1 juta rupiah secara rutin maka kamu bisa mengajukan kenaikan limit Shopee PayLater hingga 6 juta rupiah.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Gagal Login Shopee [99% Berhasil]

Nah, sekian dulu pembahasan Cara Mengaktifkan ShopeePayLater Terlengkap hingga dapat limit kredit hingga 6 juta rupiah. Jika kamu memiliki kendala lain seputar Shopee PayLater, kamu bisa bertanya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu & selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *