Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

10 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir [99% Berhasil]

5 min read

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir

Mahirtransaksi.com – Kenapa akun TikTok diblokir? Berapa lama TikTok diblokir? Bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir? Tiga pertanyaan diatas akan dijelaskan secara lengkap pada ulasan berikut ini !

Saat ini TikTok menjadi Media Sosial #1 di Indonesia selain Facebook dan Instagram dengan pengguna mencapai angka 92,2 juta pengguna aktif per juli tahun 2021.

Dari angka tersebut, hampir 70% diantaranya memiliki akun TikTok sendiri baik untuk kategori konten kreator atau pengguna yang mendaftar akun hanya untuk menonton video.

Hal ini tentu memperketat regulasi TikTok terkait penyalahgunaan akun yang tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas.

Salah satu cara mengantisipasi penyalahgunaan akun ini adalah dengan memblokir akun yang melanggar kebijakan TikTok.

Kenapa Akun TikTok Diblokir?

Layaknya media sosial pada umumnya, akun di aplikasi TikTok juga bisa terblokir karena pelanggaran syarat dan ketentuan (TOS) Media TikTok.

Pada dasarnya, penyebab kenapa akun TikTok diblokir yaitu karena adanya indikasi pelanggaran pada video, suara atau konten karena tidak sesuai dengan Terms Of Service (TOS) aplikasi sehingga sistem otomatis memblokir akun tersebut.

Pelanggaran tersebut biasanya berupa spam,peretasan akun, penipuan, konten kekerasan, mengandung unsur pornografi atau penyalahgunaan merk / hak cipta konten.

Cara mengetahui akun TikTok diblokir yaitu dengan melihat notifikasi pemblokiran akun saat saat membuka apk TikTok atau akun yang otomatis logout lalu akun tiktok tidak bisa login kembali.

Penyebab Akun TikTok Diblokir

Berikut beberapa penyebab utama untuk mengetahui indikasi apa saja yang menyebabkan akun TikTok terblokir :

1. Tindakan Spam

Penyebab pertama yang membuat akun akun TikTok diblokir yaitu tindakan spamming misalnya menjual atau membeli view (penayangan), spam komentar, like, follower, share, dan segala jenis spam yang bertentangan dengan pedoman TikTok.

Selain itu, meniru identitas milik orang lain dengan tujuan untuk menyesatkan orang lain juga akan membuat akun kamu mengalami pemblokiran.

2. Indikasi Peretasan Akun

Saat seseorang mencoba login dengan akun yang bukan miliknya sehingga terjadi kesalahan dalam memasukkan password secara berulang juga dapat menyebabkan akun TikTok terblokir.

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
TikTok Gagal Login

Hal itu sama saja seperti saat kamu memasukkan PIN ATM yang salah beberapa kali dan ATM tersebut akan langsung auto terblokir.

3. Unsur Penipuan Di TikTok

Adanya pengaduan dari pengguna lain karena terdapat adanya penipuan atau pelanggaran lainnya bisa menjadi alasan akun TikTok diblokir sementara.

Laporan penipuan di aplikasi TikTok akan ditinjau, di-verifikasi dan di tindaklanjuti oleh pihak developer aplikasi TikTok.

Jika akun yang telah dilaporkan benar – benar melakukan penipuan maka akun tersebut akan diblokir secara permanen.

4. Melanggar Hak Cipta (Copyright Issue)

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Pelanggaran Hak Cipta TikTok

Pelanggaran terhadap Hak Cipta (Copyright) maupun Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada konten, suara, merk ataupun ide pada konten dapat mengakibatkan akun TikTok terblokir.

5. Pengguna Belum Cukup Umur

Pemilik akun TikTok yang belum cukup umur yaitu kurang dari 13 tahun akan menyebabkan akun dibatasi karena melanggar ketentuan usia pengguna.

Oleh karena itu, TikTok yang digunakan oleh anak berusia di bawah 13 tahun harus mendapat pengawasan dari orang tua.

6. Intimidasi dan Pelecehan Dalam Konten

Pemilik akun yang membuat video berisikan pelecehan atau intiminasi pada pihak lain akan mendapatkan teguran pada akun dan pembatan pada video yang di-upload.

Pada dasarnya tindakan ini juga dapat menimbulkan efek negatif pada penonton yang melihat video tersebut sehingga developer akan melakukan penghapusan video (take down).

7. Konten Berisi Narkoba Dan Obat Terlarang

Tidak hanya pada aplikasi TikTok, bahkan pada aplikasi lain adanya indikasi kampanye terhadap obat – obatan terlarang juga akan mengalami pemblokiran akun.

Dalam hal ini tidak akan melakukan take down pada video yang berisi :

  • Pengguna yang memperagakan pemakaian narkoba.
  • Merk atau jenis obat – obatan terlarang.
  • Alat untuk pengguna narkoba.
  • Menjelaskan hal terkait narkoba pada konten.

8. Penggunaan Tagar Sensitif

Pembuatan tanda pagar (tagar) yang mampu membuat keributan atau intimidasi pada salah satu pihak / golongan tertentu juga dilarang di aplikasi TikTok.

Pembuatan tagar seperti ini biasanya bertujuan agar keributan yang terjadi semakin parah sehingga menyakiti lebih banyak orang.

9. Konten Berisi Provokasi Dan Kriminal

Faktor lain yang membuat akun di aplikasi TikTok diblokir yaitu karena adanya konten yang mengandung tindakan provokasi dan juga kriminal yang mampu mengundang kejahatan media sosial.

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Konten Kekerasan Di TikTok

Hal ini sudah terdapat dalam kebijakan dari pihak TikTok untuk melindungi semua pengguna aplikasi dari tindakan kekerasan atau kriminal.

Jenis Pemblokiran Akun TikTok

Pada dasarnya, akun TikTok yang diblokir dibedakan atas tiga jenis pemblokiran sesuai dengan penyebabnya masing – masing.

Berikut jenis  – jenis pemblokiran akun TikTok :

1. Pemblokiran Permanen

Akun TikTok diblokir selamanya karena adanya indikasi pelanggaran berat pada akun atau pemilik akun tidak mengajukan banding pemulihan akun yang diblokir selama lebih dari 30 hari.

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Akun TikTok Diblokir

Jika pengajuan banding pada akun yang diblokir tidak diajukan lebih dari 30 hari, maka akun TikTok akan dihapus secara permanen.

2. Pembatasan Akun TikTok

Sanksi pertama yang akan didapat oleh pelanggar kebijakan yaitu pembatasan akun TikTok dimana akun pelanggar tidak akan bisa dilihat oleh akun lainnya.

Pembatasan pada akun ini biasanya terjadi untuk pelanggaran ringan dan bersifat sementara. Jika waktu pembatasan sudah selesai maka akun dapat digunakan kembali seperti biasa.

3. Pemblokiran Administratif

Jenis pemblokiran selanjutnya yaitu pemblokiran administratif. Sanksi ini berupa penghapusan video dari pihak TikTok serta mengalami pemblokiran dalam waktu beberapa jam.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Video TikTok Tidak Ada Suara Di Android / iPhone

Istilah lain untuk pemblokiran jenis ini adalah adanya take down pada vt yang di-upload sehingga vt tidak muncul di profil atau beranda.

4. Pemblokiran Dari Pengguna Lain

Bentuk pemblokiran yang terakhir yaitu pemblokiran yang dilakukan oleh pengguna akun lain karena keinginan pengguna akun.

Dampaknya kamu tidak akan dapat melihat profil yang melakukan pemblokiran untuk sementara waktu sampai pemblokiran akun dibuka kembali.

Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir

Setelah akun TikTok terblokir, maka akan muncul notifikasi akun diblokir yang berisi dua opsi yaitu :

  • Oke – Artinya kamu menerima opsi pemblokiran akun karena adanya pelanggaran komunitas.
  • Permohonan Banding – Opsi yang dapat kamu pilih jika ingin memulihkan akun TikTok yang diblokir.

Satu – satunya cara mengembalikan akun TikTok yang diblokir selamanya yaitu dengan mengaajukan permohonan banding disertai dengan data pendukung yang valid terkait kekeliuran pemblokiran akun.

 

Tapi ingat, permohonan banding memiliki persentase hasil 50% diterima dan 50% ditolak. Jika kamu merasa bahwa akun kamu tidak melanggar kebijakan TikTok, maka sebaiknya lakukan banding.

Namun jika akun ternyata terbukti melanggar TOS TikTok, sebaiknya hindari permohonan banding karena hasilnya tetap akan ditolak.

Berikut cara mengajukan permohonan banding TikTok :

  • Buka notifikasi pemblokiran akun.
  • Klik Permohonan Banding.
Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir
Klik Permohonan Banding
  • Tuliskan permohonan pemulihan akun serta upload bukti pendukung yang valid.
  • Ikuti petunjuk pemulihan akun.
  • Kirimkan permohonan banding akun TikTok yang diblokir.

Cara Menghindari Akun TikTok Terblokir

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar akun TikTok kamu tidak terblokir permanen :

1. Tingkatkan Keamanan Akun TikTok

Untuk menghindari akun TikTok terblokir karena peretasan, sebaiknya tingkatkan keamanan akun TikTok dengan metode berikut ini.

Ganti password akun secara berkala dengan cara :

  • Klik Profil di kanan bawah.
  • Klik ikon 3-garis di kanan atas.
  • Pilih Kelola akun.
  • Pilih Ganti Password.

Kaitkan Email dan Nomor HP ke Akun TikTok dengan cara :

  • Klik Profil di kanan bawah.
  • Klik ikon 3-garis di kanan atas.
  • Pilih Kelola akun.
  • Tambahkan email dan Nomor HP ke akun kamu.

Aktifkan Verifikasi 2 langkah dengan cara :

  • Periksa apakah kamu telah mengunduh versi terbaru TikTok.
  • Klik Profil di kanan bawah.
  • Klik ikon 3-garis di kanan atas.
  • Pilih Keamanan.
  • Ubah verifikasi 2 langkah dari tidak aktif menjadi aktif.
  • Pilih opsi SMS atau Verifikasi email untuk kode verifikasi yang akan dikirim.

2. Hindari Tindakan Spam

Hindari tindakan yang dapat membuat akun TikTok terblokir sementara seperti spam komentar atau like dalam kurun waktu yang singkat. Misalnya saja Kamu mengikuti banyak orang dengan waktu yang singkat.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Komentar Di TikTok

Segala bentuk spam akan membuat akun dibatasi oleh pihak TikTok. Bahkan beberapa akun mungkin akan diblokir permanen dan tidak bisa digunakan kembali.

3. Hindari Pelanggaran Pedoman Komunitas

Kamu dapat membaca Pedoman Komunitas yang berisi Tindakan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dilakukan di aplikasi TikTok.

Dengan membaca Pedoman Komunitas kamu dapat menentukan tindakan yang berpotensi membuat akun kamu terblokir sementara atau permanen.

FaQ Seputar Pemulihan Akun TikTok

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban seputar pemulihan akun TikTok yang diblokir :

Berapa lama akun TikTok diblokir sementara?

Akun TikTok diblokir sementara dapat pulih kembali dalam waktu 14 hari kerja. Jika akun TikTok diblokir permanen, maka akun akan dihapus secara permanen dalam 30 hari jika pengguna tidak mengajukan permohonan banding.

Apakah akun TikTok yang diblokir bisa kembali?

Akun TikTok yang diblokir dapat dikembalikan secara otomatis dalam 14 hari kerja untuk pemblokiran yang bersifat sementara.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa Upload Video [99% Berhasil]

Jika pemblokiran bersifat permanen, pengguna wajib mengajukan permohonan banding agar akun TikTok kembali pulih.

Bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang di hack?

Akun TikTok yang di hack dapat dikembalikan dengan mereset password akun. Namun mereset password membutuhkan kode OTP yang dikirimkan ke Nomor HP / Email yang terdaftar di akun TikTok.

Bagaimana cara mengirim feedback ke TikTok?

Kamu dapat mengirimkan laporan pengaduan (feedback) untuk mendapatkan keterangan terkait pemblokiran akun melalui email creators@TikTok.com atau feedback@TikTok.com.

Penutup

Cara memulihkan akun TikTok yang diblokir dapat dilakukan dengan mengirimkan permohonan banding pemulihan akun dengan melampirkan bukti bahwa akun TikTok tidak melanggar Panduan Komunitas.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi TikTok Error Hari Ini : Lemot & Down

Jika kamu telah melakukan semua cara diatas namun suara TikTok tidak muncul juga, sebaiknya buat Laporan Masalah ke CS TikTok untuk membantu menyelesaikan permsalahan kamu.

Selamat mencoba !

4.9/5 - (27 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.