Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

11 Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru 2021

7 min read

Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru

Mahirtransaksi.com – Kalau kamu sering berbelanja atau punya lapak di Tokopedia, kamu pasti familiar dengan istilah Official Store. Ini adalah fitur khusus Tokopedia untuk toko – toko pilihan. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menjadi Official Store Tokopedia agar toko kamu juga mendapatkan label tersebut? Berikut panduan menjadi Official Store Tokopedia yang wajib kamu ketahui !

Panduan Daftar Official Store Tokopedia

Dengan menjadi Official Store, kamu akan mendapatkan banyak kelebihan dan layanan plus dari Tokopedia. Semua layanan yang diberikan punya satu tujuan utama yaitu toko kamu lebih dipercaya pembeli (Trusted Seller) dan lebih laris dari sebelumnya.

Tidak tanggung – tanggung, penghasilan yang bisa di raup Official Store mencapai 4 kali lipat (400%) dibandingkan toko yang tidak berlabel Official. Jumlah ini juga terus meningkat sejalan dengan peningkatan performa dan reputasi toko.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Official Store Tokopedia?

Apa Itu Official Store Tokopedia?

Dilansir dari website resmi Tokopedia, Official Store adalah layanan penjual di Tokopedia yang diperuntukkan bagi seller pilihan untuk mengembangkan usahanya secara eksklusif.

Dengan kata lain, Official Store merupakan bentuk apresiasi pihak Marketplace Tokopedia kepada seller karena performa dan layanan yang baik dengan tujuan agar penjual dan pihak Marketplace saling menguntungkan (Feedback) satu sama lain.

Toko yang sudah bergabung menjadi Official Store Tokopedia ditandai dengan badge Official Store berupa centang ungu seperti ini :

Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru
Logo Official Store Tokopedia

Sedangkan pada toko yang tidak tergabung dalam program ini, tidak memiliki badge Official Store di laman toko dan produk akun Tokopedia. Selain itu, Toko yang sudah menjadi Official Store dapat di filter secara khusus di halaman Official Store di aplikasi Tokopedia seperti ini :

Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru
Filter Official Store Tokopedia

Apakah Official Store Tokopedia Terpercaya?

Layaknya Marketplace Shopee dengan Star Seller & Star+ nya, Tokopedia juga memiliki fitur trusted seller yakni Official Store. Banyak penjual yang telah membuktikan keampuhan badge Official Store untuk ‘menggaet’ lebih banyak pembeli ke toko mereka.

Selain itu, pembeli yang berbelanja di Official Store Tokopedia akan diberikan 3 jaminan berikut sebagai bentuk pelayanan maksimal dari pemilik toko Official Store :

  • Pasti Ori – Penjual dituntut untuk menjual barang original dan sesuai dengan stkamurt kualitas produk agar pembeli merasa puas dengan kualitas produk yang di dapatkan.
  • Pasti Ready – Penjual harus rutin melakukan audit ketersediaan produk dan memastikan produk yang tampil selalu ready.
  • Garansi Barang 7 Hari – Penjual memiliki tanggung jawab untuk menjamin produk tidak bermasalah dengan memberikan garansi resmi 7 hari pengembalian barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Dengan ketiga jaminan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Toko Official Store terpercaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

Keuntungan Menjadi Official Store Di Tokopedia

Selain meningkatkan penjualan dan menaikan omzet penjualan, berikut beberapa keuntungan menjadi Official Store Tokopedia lainnya yang bisa kamu peroleh :

1. Lebih Dipercaya Pembeli

Dibandingkan toko Non-Official, pembeli lebih percaya pada Official Store karena adanya 3 jaminan:

  • Jaminan stok barang selalu tersedia.
  • Jaminan barang pasti original.
  • Garansi 7 hari.

Ketiga jaminan tersebut pasti didapatkan pembeli dari Official Store. Itulah mengapa pembeli cenderung lebih memilih untuk berbelanja di Official Store dibandingkan dengan toko lain yang belum official.

2. Bebas Ongkir Hingga 40K + Bebas BIaya

Tidak hanya jaminan kualitas dan orisinalitas produk, pembeli juga berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas bebas ongkir jika berbelanja di Official Store. Selain dengan berbelanja di Official Store, kamu juga bisa mendapatkan Gratis ongkir tokopedia dengan 11 cara lainnya, caranya klik Disini.

Nilai ongkir yang digratiskan mencapai 40 ribu rupiah. Tentu saja pembeli lebih tertarik untuk berbelanja dengan fasilitas gratis ongkir ini.

3. Perlindungan Asuransi Gratis

Barang yang dibeli di Official Store berpeluang untuk mendapatkan jaminan asuransi secara cuma-cuma. Fasilitas ini diberikan Tokopedia sebagai bentuk proteksi terhadap produk dari toko – toko pilihan berlabel Official Store.

Dengan perlindungan asuransi, pembeli lebih nyaman dan tenang saat berbelanja. Terutama untuk jenis produk yang rentan mengalami kerusakan saat proses pengiriman.

4. Diskusi Strategi Bisnis Dengan Relationship Manager

Kalau toko kamu terdaftar sebagai Official Store, kamu akan mendapatkan pendampingan dari Relationship Manager Tokopedia. Tugas dari Relationship Manager ini adalah membantu kamu merencanakan pengembangan bisnis.

Jadi, selain mengejar profit yang lebih tinggi, kamu juga bisa berkonsultasi gratis dengan Relationship Manager yang profesional dan berpengalaman. Relationship Manager akan membantu kamu dalam mengevaluasi performa bulanan dan merencanakan strategi bisnis yang lebih matang.

5. Fitur Promosi Terbaik

Marketing adalah salah satu aspek bisnis yang paling penting. Di Tokopedia, Official Store memiliki opsi pemasaran yang lebih luas dan efektif seperti iklan homepage dan top ads.

Dengan teknik marketing yang mumpuni, toko kamu akan semakin dikenal dan ramai dikunjungi. Omzet pun meningkat drastis dalam tempo yang relatif singkat. Sekali lagi, semua ini hanya bisa kamu dapatkan dengan menjadi Official Store.

6. Bisa Kirim Dengan Kurir Sendiri

Tokopedia sudah bekerjasama dengan beberapa jasa pengiriman berskala nasional. Selama ini, Kamu pasti terbiasa menggunakan layanan kurir tersebut beserta biaya dan waktu pengirimannya.

Sisi menarik lain dari Official Store adalah kesempatan untuk menggunakan kurir sendiri. Kalau kamu punya staff pengiriman sendiri, kamu bisa menggunakannya untuk mengirim barang yang terjual di Tokopedia.

Jadi kamu tidak hanya terpaku pada opsi pengiriman yang sudah tersedia. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa dalam merencanakan mekanisme pengiriman dan meraup keuntungan lebih besar.

7. Fitur API Tokopedia

Khusus untuk Official Store, Tokopedia menyediakan API yang akan sangat berguna untuk manajemen toko. Beberapa fungsi dari API ini, antara lain:

  • Memantau ketersediaan stok barang.
  • Mengatur lokasi pengiriman.
  • Statistik toko.

Dengan fungsi manajemen di atas, Kamu bisa mengelola lapak di Tokopedia dengan Tool canggih. Statistik toko misalnya, menampilkan kinerja toko kamu dan pergerakan pasar secara berkala.

Dengan analisis statistik yang dibantu oleh relationship manager, kamu bisa mengevaluasi performa per periode dan membuat rencana bisnis yang lebih matang untuk dieksekusi di periode selanjutnya.

Jika dibuat tabel perbandingan, semua kelebihan yang didapatkan Official Store Tokopedia bisa kamu lihat pada  gambar di bawah ini :

Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru
Kelebihan Official Store Tokopedia

Cara Menjadi Official Store Tokopedia

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan fasilitas di atas, kamu pasti tertarik untuk menjadi Official Store Tokopedia.

Jangan khawatir, proses pendaftarannya praktis dan cepat. Semuanya dilakukan secara online jadi kamu bisa mengajukan pendaftaran kapan saja dan dimana saja.

Tetapi sebelum menjadi Official Store di Tokopedia, kamu wajib mengetahui jenis toko yang memenuhi kualifikasi Official Store, kewajiban toko hingga syarat menjadi Official Store di Tokopedia berikut ini.

Kewajiban Official Store Tokopedia

Sebelum membahas mekanisme pendaftaran, pertama kamu perlu mengetahui kewajiban yang harus dipenuhi oleh Official Store :

  • Memastikan stok barang selalu tersedia agar pembeli tidak kecewa.
  • Memastikan produk kamu original dan bukan barang tiruan.
  • Memasang harga yang bersaing.

Kalau kamu gagal memenuhi 3 kewajiban di atas, tim Tokopedia akan mengevaluasi kinerja toko Kamu dengan security deposit yang sudah kamu berikan sebelumnya. Tapi jika kinerja kamu bagus, deposit kamu akan tetap utuh.

Siapa Yang Berhak Menjadi Official Store?

Kalau kamu berpikir bahwa status Official Store hanya berhak dimiliki oleh toko – toko besar, kamu keliru. Toko kecil dan pengusaha lokal pun berhak menjadi Official Store jika memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru
Layanan Official Store Tokopedia Bagi Penjual

Apa Syarat Menjadi Official Store Tokopedia?

Persyaratan yang wajib dipenuhi untuk menjadi Official Store berbeda – beda, tergantung dari jenis usahanya. Sesuai gambar di atas, persyaratan Official Store dibagi menjadi 4 kategori. Syarat lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Brand Ternama

  • KTP
  • NPWP
  • SIUP
  • Akta Perusahaan
  • SKPPKP
  • SKT
  • HAKI

Distributor Resmi

  • KTP
  • NPWP
  • SIUP
  • Surat Resmi Penunjukan Distributor

Penjual Terpilih

  • Jumlah produk minimal 5 SKU
  • Reputasi minimal Gold 1
  • Toko sudah aktif minimal 6 bulan
  • KTP
  • NPWP
  • SIUP

Pengusaha Lokal

  • KTP
  • NPWP
  • SIUP

Berapa Potongan Official Store Tokopedia?

Sesuai dengan ketentuan Tokopedia, maka penjual akan dikenakan biaya potongan sebagai komisi penjualan yang nominalnya tergantung pada produk yang dijual serta besar biaya pemesanan produk.

Cara Menjadi Official Store Tokopedia Terbaru
Komisi Penjualan Official Store Tokopedia

Bagi merchant yang menjual barang – barang elektronik dan juga handphone, biaya yang harus dikeluarkan minimal adalah 2% dan maksimal yaitu 5%. Untuk toko yang menjual produk pakaian dan fashion, pihak Tokopedia akan menarik 10 hingga 15% dari total penjualan sebagai komisi.

Cara Daftar Official Store Tokopedia Terbaru

Untuk mendaftarkan toko menjadi Official Store Tokopedia, klik Disini. Kalau kamu sudah punya toko dan ingin upgrade ke Official Store, klik Disini. Kemudian, ikuti proses menjadi Official Store Tokopedia terbaru berikut ini.

1. Baca Syarat & Ketentuan

Di langkah pendaftaran pertama, kamu akan disuguhi Terms & Condition yang berisi kebijakan Tokopedia yang wajib kamu patuhi. Kamu bisa mengunduh dokumen Terms & Condition untuk membacanya lebih lengkap sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Di sampingnya, ada kolom Panduan Top Content. Panduan ini berisi petunjuk jenis konten yang direkomendasikan Tokopedia agar produk kamu terlihat lebih profesional dan makin banyak terjual.

Di bawahnya, ada informasi daftar dokumen yang perlu kamu siapkan sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

Kalau kamu sudah membaca Terms & Condition dan menyiapkan berkas – berkas yang diperlukan, centang kolom persetujuan di bagian bawah lalu klik tombol Lanjutkan.

2. Isi Data Perusahaan

Di langkah selanjutnya, kamu perlu mengisi data perusahaan, antara lain :

  • Nama Perusahaan (sesuai NPWP).
  • Nomor NPWP.
  • Nama Brand.
  • Alamat Perusahaan (sesuai NPWP).
  • Email PIC.

Kemudian, masukkan informasi pihak kedua yang terdiri dari beberapa kolom berikut ini :

  • Nama Pihak Kedua.
  • NIK Pihak Kedua.
  • Jabatan Pihak Kedua.
  • Email Pihak Kedua.
  • Nomor Telepon.

Langkah selanjutnya adalah mengisi data toko sebagai berikut :

  • Nama Toko
  • Domain Toko
  • Kategori

Lalu isi informasi akun untuk proses pembayaran dan pencairan di Tokopedia:

  • Nama Bank
  • Cabang
  • Nama Akun
  • Nomor Rekening

3. Unggah Dokumen Persyaratan

Kamu sudah menyiapkan dokumen legalitas yang disyaratkan untuk menjadi Official Store?

Di tahap ini, kamu harus mengunggah scan dokumen – dokumen tersebut untuk diperiksa validitasnya. Pastikan scan dokumen kamu terlihat jelas dan tidak terpotong agar proses verifikasi bisa berjalan dengan lancar.

Perhatikan juga format dokumen yang kamu unggah. Tokopedia hanya menerima scan dokumen dalam format JPG, JPEG, dan PNG. Jangan sampai pendaftaran Kamu gagal hanya karena format dokumen yang tidak sesuai.

4. Perjanjian Kerja Sama

Setelah semua scan dokumen berhasil diunggah, Kamu akan disuguhi dokumen kerja sama yang berisi hak dan kewajiban kedua belah pihak. Pelajari dan pahami semua peran Kamu dalam poin kerja sama tersebut agar tidak menimbulkan konflik di kemudian hari.

Setelah Kamu merasa yakin dan paham dengan isi kerja sama, lanjutkan ke tahap selanjutnya.

5. Pembayaran Security Deposit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk menjadi Official Store, kamu wajib membayar sejumlah uang sebagai security deposit. Fungsi dari deposit ini adalah untuk melakukan evaluasi kinerja jika toko kamu gagal memenuhi kewajiban sebagai Official Store.

Besaran deposit paling rendah adalah 1 juta. Nilainya bervariasi tergantung jenis toko yang didaftarkan.

6. Masukkan Produk

Seperti proses pendaftaran toko online pada umumnya, kamu perlu memasukkan daftar produk yang hendak kamu jual di Official Store Tokopedia. Pastikan informasi produk Kamu cukup jelas, rinci, dan valid.

Ikuti arahan yang tercantum di langkah ini agar pendaftaran kamu disetujui oleh pihak Tokopedia.

7. Edit Top Content

Langkah terakhir adalah Edit Top Content. Pada tahap ini, Kamu berkesempatan menggunggah konten-konten terbaik dari produk yang paling kamu unggulkan. Tokopedia punya kriteria konten yang wajib dipenuhi oleh Official Store.

Agar pengajuan Kamu disetujui, baca Panduan Top Content yang kamu unduh di langkah pertama. Ikuti arahan yang tertulis di dokumen tersebut agar konten toko kamu sesuai dengan standart Tokopedia.

8. Tunggu Evaluasi Pendaftaran

Setelah Kamu menyelesaikan semua proses pendaftaran di atas, langkah selanjutnya adalah menunggu evaluasi dari pihak Tokopedia.

Evaluasi membutuhkan waktu maksimal 7 hari. Jika sudah lebih dari 7 hari kamu belum mendapatkan informasi dari Tokopedia, berarti toko kamu belum memenuhi persyaratan Official Store dan pengajuan kamu ditolak.

Baca Juga : 15+ Keunggulan Tokopedia Untuk Belanja Dan Jualan (Ulasan Lengkap)

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa mengajukan pendaftaran lagi di lain waktu. Lakukan evaluasi dan cari tahu apa yang menyebabkan toko Kamu belum bisa menjadi Official Store.

Baca Juga : Apakah Bisa Menghapus Rekening Utama Di Tokopedia?

Setelah menemukan alasannya, perbaiki hal tersebut dan ajukan pendaftaran lagi sesuai langkah-langkah di atas. Kalau kamu serius untuk menekuni bisnis ini, toko kamu pasti diterima menjadi Official Store dan mendapatkan posisi yang strategis di tengah persaingan yang semakin ketat.

Kesimpulan

Dengan menjadi Official Store di Tokopedia, tentu Kamu akan merasakan keuntungan berlipat gkamu karena peningkatan penjualan. Disisi lain, Kamu juga harus memperhitungan dengan matang biaya potongan komisi serta biaya tak terduga lainnya sehingga Kamu tetap mendapatkan untung maksimal.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Mengamankan Akun Tokopedia Dari Pencurian !

Sekian dulu ulasan cara menjadi Official Store Tokopedia via aplikasi dan website yang terbukti dapat meningkatkan omzet hingga 400% ini. Jika Kamu memiliki pertanyaan seputar Tokopedia, Kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *