Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Cara Jitu Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian !

4 min read

Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian !

Mahirtransaksi.com – Keamanan akun Tokopedia adalah salah satu point yang paling krusial yang harus dijaga oleh pengguna. Maraknya pembobolan dan pencurian data akun menjadi momok yang wajib kamu hindari. Oleh karena itu, simak 7 cara menjaga keamanan akun Tokopedia ini !

Pembobolan akun pengguna Marketplace saat sangat memprihatinkan. Bukan hanya Tokopedia, marketplace lain seperti Shopee, Lazada, atau Bukalapak juga mengantisipasi pembobolan akun penggunanya dengan berbagai fitur keamanan akun.

Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

Berkaca dari kasus pencurian 91 Juta data pengguna Tokopedia yang telah dijual di situs gelap serta Twitter. Menurut Ruby Alamsyah, Chief digital Forensic PT DFI, pembobolan data pengguna yang terjadi pada 2 Marketplace besar yaitu Tokopedia dan Bukalapak mempunyai kesamaan pola.

Data yang bocor ke publik dan disalahgunakan adalah data – data pribadi pengguna seperti nama, nomor telepon dan email pengguna.

Oleh karena itu menjaga keamanan akun khusus nya Tokopedia adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengguna untuk menghindari pencuria  data pribadi dan data transaksi.

Keuntungan Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

Setelah membahas cara mengamakan akun Tokopedia pada postingan sebelumnnya yang berisi 7 step penting dalam mengaktifkan fitur keamanan yang tersedia di Tokopedia, maka ulasan kali akan membahas cara menjaga agar akun Tokopedia tetap aman.

Keamanan dalam hal apa saja yang perlu dijaga?

  • Keamanan Data Pribadi akun.
  • Keamanan bertransaksi (Berbelanja & jualan).

Oleh karena itu, berikut beberapa keuntungan menjaga keamanan akun Tokopedia yang perlu kamu ketahui.

#1. Menghindari Akun Dari Tindakan Pencurian Data

Banyak celah yang dapat dimanfaatkan oleh “pencuri” untuk masuk ke aplikasi Tokopedia atau hanya ingin sekedar melakukan “sortir data” data pengguna. Data yang dimaksud adalah Data pengguna seperti Nama, Nomor Telepon, Email serta data – data yang dilampirkan saat verifikasi data diri Tokopedia.

Celah celah tersebut sebenarnya dapat diketahui oleh orang lain dengan mudah jika kamu tidak berhati – hati dalam menyebarkan data Log In maupun data Transaksi Tokopedia.

Untuk menghindari celah tersebut, kamu  dapat mengatasinya dengan mengaktifkan fitur keamanan Tokopedia seperti PIN atau Google Authenticator.

#2. Mengantisipasi Tindakan Pencurian Akun

Tahukah kamu bahwa tindakan seperti klik Link aktif, membalas OTP SMS serta Log In melalui website cloning Tokopedia berpotensial membuat akun Tokopedia kamu dibobol atau dicuri.

Maka pemahaman akan tindakan – tindakan yang sebenarnya dilarang oleh Tokopedia ini perlu kamu pahami. Tindakan “licik” pencuri akun Tokopedia ini marak terjadi pada buyer atau seller pemula di Tokopedia.

Artinya, semakin banyak kamu tahu akan modus pencurian akun Tokopedia, maka akun kamu akan semakin aman.

#3. Menciptakan Transaksi Aman & Nyaman

Keuntungan yang terakhir adalah menciptakan transaksi jual beli yang nyaman dan aman baik bagi seller maupun buyer.

Transaksi yang aman akan memberikan kemudahan dalam membeli atau menjual produk termasuk dalam penarikan dana serta pembayaran tagihan.

Untuk itu, menjaga keamanan akun Tokopedia adalah kuncinya. Selain data, dana di akun juga akan aman dari tindakan pencurian.

Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia

Untuk meningkatkan keamanan data diri dan transaksi di Tokopedia, berikut 7 cara yang dapat kamu lakukan.

1. Rahasiakan Kode OTP Dan PIN

Kode OTP (One-Time Password) adalah 4 digit angka rahasia yang digunakan dalam proses verifikasi perubahan data pribadi di Tokopedia.

Sedangkan PIN (Personal Identification Number) adalah 6 digit angka rahasia yang digunakan dalam proses verifikasi transaksi keungan di Tokopedia.

Merahasiakan OTP ini penting untuk menghindari pencurian akun menggunakan Link / SMS yang meminta OTP / PIN akun tanpa sepengatahuan kamu.

Berikut contoh Whatsapp yang meminta kode verifikasi Tokopedia :

Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian !
Meminta Kode Verifikasi Melalui Whatsapp

Dalam bentuk lain, permintaan Kode OTP / PIN melalui Chat Tokopedia, SMS atau Media sosial seperti Whatsapp dan kamu merasa tidak melakukannya adalah tindakan pembobolan akun.

Jadi pastikan hanya kamu yang mengetahui Kode OTP dan PIN akun Tokopedia milikmu.

2. Rahasiakan Data Pribadi

Data Pribadi Tokopedia terdiri atas :

  • Data Akun.
  • Data Transaksi.

Kedua data pribadi diatas merupakan data krusial yang harus kamu jaga kerahasiaannya. Data akun seperti username, password, email serta nomor telepon sangat rawan untuk disalahgunakan oleh orang lain.

Sama halnya seperti data transaksi seperti Rekening bank, penjualan, pembelian, jumlah saldo OVO dan OVO Paylater juga dapat menjadi pemicu seseorang ingin membobol akun Tokopedia-mu.

Oleh karena itu, pastikan kamu memberitahu data pribadi akun hanya pada orang yang kamu percaya. Jangan pernah menyebarkan data tersebut ke publik baik Via Medsos maupun memberitahukannya secara langsung kepada orang lain.

3. Ganti Data Akun Secara Berkala

Mengubah data akun seperti Password, Email, Nomor Telepon serta PIN.  secara berkala sangatlah dianjurkan. Dilansir dari halaman Tokopedia :

“Apabila kamu merasa data akun mudah ditebak ataupun sudah tidak aman, kamu dapat melakukan perubahan pada data akun secara berkala”

Maka dapat disimpulkan bahwa kamu dianjurkan mengubah data akun jika :

  • Data akun sudah tidak aman.
  • Data akun mudah ditebak oleh orang lain.
  • Seseorang sudah mengetahui data akun Tokopedia milikmu.
  • Terdapat aktivitas mencurigakan di halaman keamanan akun Tokopedia.

Untuk mengganti data akun kamu dapat membaca tutorial berikut ini :

4. Waspada Penipuan Akun

Cara mengamankan akun Tokopedia berikutnya adalah dengan mewaspadai penipuan akun. Contohnya dapat kamu lihat digambar berikut :

Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian
Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian

SMS tersebut berisi Link website Tokopedia palsu. Artinya, pembobolan akun yang memanfaatkan website atau media sosial Tokopedia “abal – abal” sangat marak terjadi.

Pastikan kamu hanya login melalui aplikasi serta website Resmi Tokopedia. Untuk aplikasi, kamu dapat menginstallnya di Google PlayStore atau Appstore. Sedangkan pastikan kamu hanya mengakses website resmi Tokopedia di https://www.Tokopedia.com.

5. Waspada Informasi Hoaks

Akhir – akhir ini banyak informasi Hoaks pemberitahuan pemenang undian yang mengatasnamakan Tokopedia melalui SMS, Email, atau bahkan media sosial seperti ini :

Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian !
Penipuan Akun Whatsapp Tokopedia

Perlu kamu ketahui bahwa segala informasi penting Tokopedia seperti promo, undian dan info menarik lainnya hanya terdapat di email serta media sosial resmi Tokopedia.

Untuk membedakan akun resmi dan akun palsu Tokopedia, pastikan informasi yang kamu terima hanya dari media sosial terverifikasi (Centang biru) seperti instagram, twitter atau Facebook serta email dengan domain @Tokopedia.com.

Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian
Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian

Pun jika kamu menerima notifikasi dari akun diatas, sebaiknya konfirmasi kembali ke Custumer Service Tokopedia agar dilakukan pengecekan ulang.

6. Transfer Dana Sesuai Nominal

Saat berbelanja di Tokopedia, pastikan kamu transfer hanya kepada rekening yang tertera di ringkasan pembayaran Tokopedia dengan nominal yang sama.

Jika kamu salah nominal saat melakukan transfer maka proses verifikasi manual dibutuhkan dengan menyertakan bukti pembayaran (struk).

Pastikan pula kamu tidak melakukan transfer langsung ke penjual tanpa perantaraan Tokopedia (direct).

7. Aktifkan Fitur Keamanan Akun

Cara menjaga keamanan akun Tokopedia yang telah terbukti berhasil yang terakhir adalah dengan mengaktifkan fitur keamanan akun.

Salah satu fitur keamanan terbaru Tokopedia adalah Google Authenticator. Google Authenticator adalah fitur keamanan dengan sistem 2FA (Two Factor Authenticator) atau verifikasi 2 langkah.

Fitur keamanan 2FA ini dikenal sebagai salah satu fitur keamanan terbaik saat ini. Dengan mengaktifkan Google Authenticator di Tokopedia, maka setiap aktivitas perubahan data diri, rekening Bank serta transaksi di Tokopedia akan membutuhkan kode OTP dari aplikasi Google Authenticator.

Untuk mengaktifkan Google Authenticator di Tokopedia, kamu dapat membaca ulasan lengkapnya Disini.

Apakah Akun Tokopedia Kamu Sudah Aman?

Setelah mengetahui cara mengamankan akun Tokopedia paling ampuh diatas, apakah kamu yakin akun Tokopedia-mu sudah aman?

Untuk mengetahuinya, kamu dapat melihat seluruh aktivitas Log In perangkat melalui menu keamanan di website Tokopedia. Berikut langkah – langkahnya :

  • Pertama masuk ke akun Tokopedia melalui Website. Lalu klik Foto Profil akun kemudian klik Pengaturan.
Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian
Buka Pengaturan
  • Selanjutnya pilih Tab Keamanan. Di halaman keamanan ini, kamu dapat melihat seluruh aktivitas Log In perangkat yang telah mengakses akun Tokopedia-mu.
Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian
Buka Tab Keamanan Tokopedia
  • Jika kamu merasa terdapat perangkat “asing” yang mencoba masuk, maka pilih Keluar dari semua perangkat.
Cara Menjaga Keamanan Akun Tokopedia Dari Pencurian
Keluar Dari Semua Perangkat

 

Secara otomatis akun Tokopedia kamu akan keluar dari semua perangkat. Langkah terakhir, Log In kembali menggunakan email & password Tokopedia kamu.

Untuk melengkapi pembahasan diatas, berikut bonus video yang berisi ulasan lengkap cara mengamankan akun Tokopedia yang dapat kamu lihat dibawah ini :

Kesimpulan

Menjaga keamanan akun Tokopedia dari pencurian akun adalah hal penting yang tidak bisa di pandang sebelah mata. Selain kerugian materi, penyalahgunaan data juga menjadi momok utama mengapa mengamankan akun Tokopedia ini penting.

Baca Juga : 7 Cara Mengamankan Akun Tokopedia Yang Terbukti Berhasil [100% Aman]

Sekian dulu pembahasan 7 cara menjaga keamanan akun Tokopedia yang telah terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar keamanan akun Tokopedia, segera tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *