Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

Perhitungan Denda Kredivo Perhari Atau Perbulan Terbaru 2023

Denda Kredivo Perhari Atau Perbulan

Mahirtransaksi.com – Denda Kredivo merupakan nilai denda yang harus kamu bayar apabila terlambat membayar tagihan. Nominal dan mekanisme pembayaran denda juga harus kamu ketahui agar dapat menyelesaikan kewajibanmu dengan baik.

Setiap kali pengguna melewati tanggal pembayaran atau tidak membayar tagihan sesuai dengan perjanjian, maka akan dikenakan denda tertentu sebagai konsekuensinya.

Oleh sebab itu, penting bagi pengguna Kredivo untuk selalu memperhatikan tanggal pembayaran dan mengatur keuangan dengan bijaksana agar dapat menghindari denda serta masalah finansial yang lebih besar.

Apa Itu Denda Kredivo?

Denda Kredivo adalah sanksi berupa biaya tambahan yang dikenakan kepada pengguna aplikasi Kredivo jika terjadi keterlambatan pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Denda keterlambatan pembayaran tagihan Kredivo biasanya dinyatakan dalam persentase tertentu dari jumlah tagihan yang belum dibayarkan.

Besarannya dapat bervariasi tergantung pada kebijakan Kredivo dan lamanya keterlambatan pembayaran. Semakin lama kamu terlambat membayar, maka semakin tinggi pula denda yang harus kamu bayar.

Denda ini bertujuan sebagai peringatan agar pengguna selalu membayar tagihan tepat waktu dan bertanggung jawab atas kewajiban pembayaran.

Penyebab Denda Kredivo

Jika terjadi kesulitan dalam membayar tagihan, sebenarnya pengguna bisa menghubungi pihak Kredivo untuk mencari solusi dan menghindari akumulasi denda yang lebih tinggi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi Kredivo memberikan denda kepada pengguna, seperti :

Telat Bayar Cicilan

Ketika pengguna tidak melakukan pembayaran cicilan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan maka denda akan diberlakukan sebagai konsekuensi dari keterlambatan tersebut.

Dalam perjanjian kredit Kredivo telah ditetapkan batas waktu pembayaran cicilan yang harus disetujui oleh pengguna.

Jika pengguna melewati batas waktu tersebut dan tidak melakukan pembayaran tepat waktu, maka denda akan dihitung berdasarkan persentase tertentu dari jumlah tagihan yang belum dibayarkan.

Semakin lama keterlambatan pembayaran cicilan maupun tagihan maka semakin tinggi pula persentase denda Kredivo yang harus dibayarkan.

Adanya Tunggakan Tagihan

Penyebab denda Kredivo yang kedua adalah tunggakan tagihan. Ketika pengguna tidak membayar tagihan cicilan sesuai jadwal yang telah ditentukan maka tagihan tersebut menjadi tunggakan.

Denda Kredivo Perhari Atau Perbulan
Tunggakan Pembayaran Kredivo

Tunggakan tagihan dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti lupa tanggal pembayaran, terjadi kesulitan keuangan atau masalah teknis dalam proses pembayaran.

Namun apa pun alasannya, Kredivo akan tetap memberlakukan denda sebagai konsekuensi dari keterlambatan pembayaran karena adanya tunggakan tagihan yang belum dibayar.

Tidak Membayar Pinjaman

Selain itu, Kredivo juga mengenakan denda bagi pengguna tidak membayar pinjaman uang atau bahkan memilih untuk menonaktifkan akun yang masih memiliki tagihan.

Saat pengguna mengambil pinjaman melalui Kredivo, mereka setuju untuk membayar kembali pinjaman tersebut dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Jika pengguna gagal membayar pinjaman sesuai jadwal atau bahkan tidak membayar sama sekali, maka mereka akan dianggap mengalami tunggakan pembayaran.

Perhitungan Denda Kredivo 

Tidak membayar pinjaman dengan tepat waktu dapat berakibat serius, karena Kredivo akan memberlakukan denda sebagai sanksi atas keterlambatan pembayaran.

Dilansir dari situs resmi Kredivo, pihak Kredivo akan menurunkan biaya dan bunga keterlambatan selama periode 15 Mei – 14 Juni 2020.

Biaya keterlambatan turun menjadi 3% per bulan (sebelumnya 6%) dan bunga keterlambatan turun menjadi 3% per bulan (sebelumnya 4%) dari jumlah tagihan yang melewati tanggal jatuh tempo.

Denda Kredivo Perhari Atau Perbulan
Denda Dan Bunga Keterlambatan Kredivo

Bagi kamu yang penasaran Denda Kredivo berapa, besaran denda dan bunga keterlambatan pembayaran telah kembali normal seperti semula yaitu denda Kredivo 6% per bulan dan bunga keterlambatan 4% per bulan.

Berikut simulasi perhitungan Denda Kredivo perhari atau perbulan :

Tagihan Telat Bayar Bunga Keterlambatan (4%) Denda Keterlambatan (6%) Total Denda
100.000 7 hari 4.000 6.000 10.000
2 bulan 8.000 12.000 20.000
3 bulan 12.000 18.000 30.000
300.000 7 hari 12.000 18.000 30.000
2 bulan 24.000 36.000 60.000
3 bulan 36.000 54.000 90.000
500.000 7 hari 20.000 30.000 50.000
2 bulan 40.000 60.000 100.000
3 bulan 60.000 90.000 150.000

Untuk menghitung besaran denda berdasarkan jumlah pinjaman di aplikasi Kredivo, kamu bisa mengacu pada perhitungan Denda Kredivo terbaru berikut ini :

Denda Kredivo Telat 1 Hari

Denda Kredivo untuk keterlambatan pembayaran selama 1 hari adalah 10% dari total nilai pinjaman dengan rincian denda Kredivo 6% per bulan dan bunga keterlambatan 4% per bulan.

Misalnya kamu memiliki tagihan jatuh tempo sebesar Rp1.000.000 dan kamu telat membayar 1 hari, maka Denda Kredivo adalah 10% dari total tagihan yaitu Rp100.000.

Denda Kredivo Telat 4 Hari

Besaran Denda Kredivo untuk keterlambatan pembayaran selama 4 hari juga sama yaitu 10% dengan rincian denda Kredivo 6% per bulan dan bunga keterlambatan 4% per bulan.

Misalnya kamu memiliki tagihan jatuh tempo sebesar Rp2.000.000 dan kamu telat membayar 4 hari, maka Denda Kredivo adalah 10% dari total tagihan yaitu Rp200.000.

Denda Kredivo Telat 1 Minggu

Denda Kredivo telat 1 minggu yaitu sebesar 10% dengan rincian denda Kredivo 6% per bulan dan bunga keterlambatan 4% per bulan dari total nilai pinjaman yang belum terbayar.

Misalnya tagihan jatuh tempo sebesar Rp3.000.000 dan kamu telat membayar 1 minggu, maka besaran Denda Kredivo adalah 10% dari total tagihan yaitu Rp300.000.

Denda Kredivo Telat 1 Bulan

Denda Kredivo untuk keterlambatan 1 bulan adalah menjadi 6% dari jumlah tagihan. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya bunga keterlambatan pembayaran sebesar 4%.

Misalnya kamu memiliki tagihan jatuh tempo sebesar Rp10.000.000 dan telat membayar 1 bulan, maka besaran Denda Kredivo adalah 10% dari total tagihan yaitu Rp1.000.000.

Cara Membayar Denda Kredivo

Untuk melunasi denda Kredivo, tentunya kamu harus memeriksa jumlah denda yang harus dibayarkan. Biasanya, denda dihitung berdasarkan persentase dari jumlah tunggakan pembayaran atau jumlah pinjaman yang belum dibayar.

Setelah mengetahui jumlah denda, atur pembayaran untuk melunasi denda tersebut. Pastikan untuk membayar tepat waktu sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pihak Kredivo.

Jika kamu masih bingung, simak langkah – langkah membayar denda Kredivo berikut ini :

Melalui Aplikasi Kredivo

Kamu bisa membayar Denda langsung menggunakan aplikasi Kredivo dengan memilih metode pembayaran yang disediakan. Untuk membayar denda Kredivo, ikut langkah – langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi Kredivo di HP kamu.
  • Masuk ke akun Kredivo.
  • Pilih menu Tagihan lalu klik Pembayaran.
  • Pilih tagihan yang ingin kamu bayar. Kredivo akan mengakumulasikan jumlah tagihan, denda dan bunga keterlambatan yang harus kamu bayarkan.
Denda Kredivo Perhari Atau Perbulan
Pembayaran Denda Kredivo
  • Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, seperti transfer bank atau kartu kredit.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran, pastikan untuk mengonfirmasi pembayaran kepada pihak Kredivo.

Jika kamu melakukan pembayaran melalui aplikasi atau platform Kredivo, biasanya ada fitur untuk mengirimkan bukti pembayaran agar denda dapat dihitung dan dicatat dengan benar.

Melalui Tokopedia

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa membayar denda Kredivo melalui merchant seperti Minimarket atau e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Berikut cara membayar Denda Kredivo lewat Tokopedia :

  • Buka aplikasi Tokopedia.
  • Pilih menu Pembayaran & Top Up.
  • Cari aplikasi Kredivo lalu klik Bayar Tagihan Kredivo.
  • Masukkan nomor tagihan Kredivo.
  • Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran.

Selain membayar denda, pastikan juga untuk melunasi seluruh tunggakan pembayaran pinjaman. Jangan lupa untuk memeriksa dan mengatur pembayaran agar tidak ada tunggakan lagi yang harus diselesaikan.

Cara Mengajukan Keringanan Denda Kredivo

Sebelum mengajukan permohonan keringanan denda kamu harus memahami penyebab tunggakan pembayaran dan denda yang diberlakukan.

Setelah itu, simak langkah – langkah untuk mengajukan keringanan denda Kredivo berikut ini :

  • Hubungi layanan pelanggan Kredivo untuk mendiskusikan situasi. Jelaskan dengan jelas mengenai alasan tunggakan dan berusaha untuk menyampaikan niat baik untuk melunasi tunggakan.
  • Sampaikan permohonan keringanan denda secara tertulis melalui email atau aplikasi Kredivo.
  • Jelaskan alasan dengan jelas dan lengkap dan sertakan bukti atau dokumentasi apabila diperlukan untuk mendukung permohonanmu.
  • Setelah mengajukan permohonan, Kredivo akan mengevaluasi situasi dan memberikan tanggapan atas permohonanmu.

Kredivo biasanya memiliki syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi untuk mempertimbangkan keringanan denda.

Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Kredivo untuk memaksimalkan peluang keringanan denda Kredivo.

Penting untuk diingat bahwa keringanan dan penghapusan denda tidak selalu dijamin dan tergantung pada kebijakan perusahaan serta situasi individu masing-masing pengguna.

Pengalaman Telat Bayar Kredivo

Pengalaman telat bayar Kredivo ini dikutip langsung dari pengguna atas nama Noverina Asita Rianti di Jakarta Timur melalui laman mediakonsumen.com :

Saya pernah mengajukan pembiayaan Multiguna di Kredivo dan di-acc dengan nominal Rp12.500.000. Saya terima nominal Rp11.750.000. Namun di awal pinjaman saya telat melakukan pembayaran, karena bisnis saya mengalami kemacetan, sehingga hal ini menimbulkan denda dan bunga.

Sebisa mungkin saya bayar meski perlahan, dengan mencicil hingga lunas beserta denda dan bunga yang muncul. Namun ternyata pembayaran saya tidak kunjung mengurangi tagihan tiap bulannya, karena di awal saya tercatat menunggak 2 bulan, jadi denda dan bunga berjalan terus, meski saya sudah melunasi denda Rp250 ribu tiap bulan.

Saya bingung, kenapa Kredivo memeras nasabahnya seperti ini? Saya tetap melunasi semua, meskipun berat, karena denda dan bunga terus berjalan. Sehingga di bulan terakhir, yakni bulan keenam, masih muncul denda sebesar Rp730 ribu.

Jadi total yang sudah saya bayar sangat melebihi pokok, dari Rp11.750.000 menjadi Rp16.181.845. Denda dan bunga sudah berapa totalnya? Dan itu pun masih kurang Rp730.000 lagi.

Keuntungan Membayar Denda Kredivo

Tidak membayar pinjaman dapat berdampak negatif pada reputasi kredit pengguna yang akan dicatat dalam laporan kredit, sehingga dapat mempengaruhi kesempatanmu untuk mendapatkan kredit di masa depan.

Oleh sebab itu, kamu harus membayar tagihan serta denda kredivo perhari dan perbulan tepat waktu untuk menghindari penurunan reputasi kredit.

Selain itu, ada beberapa keuntungan membayar denda kredivo, seperti :

Mencegah Biaya Tambahan

Ketika kamu membayar tagihan Kredivo tepat waktu maka kamu akan terhindar dari biaya denda atau keterlambatan.

Kredivo akan mengenakan biaya denda yang akan mempersulit kamu membayar tagihan. Dengan membayar tepat waktu kamu dapat mengurangi beban finansial tambahan yang harus kamu tanggung.

Mempertahankan Skor Kredit

Membayar tagihan tepat waktu adalah faktor utama dalam mempertahankan skor kredit yang baik untuk mendapatkan persetujuan pinjaman di masa depan, seperti pinjaman rumah atau mobil.

Denda Kredivo Perhari Atau Perbulan
Skor Kredit Kredivo

Lembaga keuangan biasanya mengevaluasi sejarah pembayaran sebelum memberikan pinjaman. Pembayaran tepat waktu menunjukkan kredibilitas kamu sebagai peminjam yang dapat dipercaya.

Menghindari Gangguan Layanan

Beberapa layanan Kredivo bisa terpengaruh jika kamu sering terlambat membayar atau memiliki denda yang tertinggal bahkan bisa aplikasi bisa menghentikan kartu kredit denda terus berlanjut.

Dengan membayar tepat waktu maka kamu tetap dapat mengakses manfaat dari layanan tersebut dan memanfaatkan fitur kartu kredit secara optimal.

Kesimpulan

Jika Kredivo menolak penghapusan denda, maka satu-satunya cara adalah dengan membayar tagihan plus denda sesuai nominal yang tertera. Setelah membayar, maka dendamu akan terhapus secara otomatis.

Baca Juga : 13+ Cara Menghadapi Debt Collector Akulaku Datang Ke Rumah

Kalau kamu memiliki tagihan di Kredivo sebaiknya usahakan untuk membayar tepat waktu dan jangan sampai terlambat untuk menghindari Denda Kredivo serta menghindari masalah riwayat kredit.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.