10 Penyebab Efek TikTok Tidak Muncul Di Beranda

Efek TikTok Tidak Muncul

Mahirtransaksi.com – Penyebab efek TikTok tidak muncul di Beranda tentunya memiliki banyak faktor penyebab. Saat kita mau menggunakan efek TikTok dan tidak muncul, pastinya akan sedikit membuat kita kesal.

TikTok saat ini merupakan aplikasi video pendek yang sangat populer di masyarakat. Video yang ada di TikTok sangat beragam, mulai dari video komedi, drama pendek, resep masakan, hingga tips dan trik.

TikTok memiliki banyak fitur mulai antara lain fitur beautify yang kalian bisa mengatur bentuk wajah sesuai keinginan kalian.

Duet dan stitch video juga menjadi fitur yang ditawarkan TikTok. Live juga menjadi fitur andalan aplikasi ini, Namun untuk bisa live harus memenuhi persyaratan tertentu.

Kenapa Efek Tidak Muncul Di TikTok?

Selain fitur di atas masih banyak sekali fitur yang ditawarkan TikTok. Namun fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna adalah fitur efek.

Efek yang dimiliki TikTok sangat banyak dan bisa kita pilih sesuai keinginan.

Efek TikTok Viral sangat banyak jenisnya. Salah satunya adalah efek belle yang bisa menjadikan kamu lebih cantik atau tampan, lalu efek Cuttie pie yang bisa membuat wajahmu menjadi imut dan memiliki kepala besar. Efek-efek tersebut bisa kamu pilih sesuai jenis konten yang akan kamu buat.

Di TikTok juga menyediakan fitur trending efek, jadi kamu bisa tau efek apa yang sedang trending.

Menggunakan efek yang bagus di TikTok biasanya juga akan menjadikan konten kita FYP. Nah, kadang efek ini juga bisa tidak muncul saat kita gunakan.

Efek menjadi elemen penting dalam pembuatan video di TikTok. Dengan menggunakan Efek video yang kita buat akan lebih bagus, dramatis, kita lebih cantik/tampan, lucu, dan lain sebagainya.

Efek ini bisa menjadikan konten kita menarik bahkan bisa membuat kita lebih percaya diri. Mengikuti yang sedang viral adalah satu hal yang bisa membuat video kita FYP.

Penyebab Efek TikTok Tidak Muncul

Ketika kita melihat video TikTok, sering kita jumpai efek-efek yang unik atau yang sedang viral. Tapi, ketika akan menggunakan efeknya malah tidak muncul.

Pasti itu akan membuat kita kesal. Oleh sebab itu, simak beberapa penyebab efek TikTok tidak muncul di Beranda berikut ini :

1. Versi Aplikasi TikTok Belum Update

Versi aplikasi bisa menjadi penyebab efek di TikTok tidak muncul. Untuk itu, hal yang perlu kamu lakukan adalah memperbarui versinya.

Caranya dengan masuk ke Play Store atau APP Store lalu mencari aplikasi TikTok dan klik update atau perbarui.

Efek TikTok Tidak Muncul
Update TikTok

Versi terbaru dari aplikasi memuat hal yang berbeda dengan versi lama. Aplikasi dengan versi terbaru pastinya akan ada pembaharuan, inovasi dan lain-lain.

Jika aplikasi masih versi lama tentunya tidak akan bisa mengakses fitur yang ditawarkan oleh versi baru. Sama halnya dengan fitur efek

2. Salah Memakai Efek

Terkadang jika gerakan kita dalam merespon efek salah, itu bisa jadi salah satu penyebab efek di TikTok tidak muncul.

Misalnya, jika ingin mengaktifkan efek, kami harus kedip, mengangguk, menggeleng dan lain sebagainya. Kamu harus melakukan gerakan sesuai yang diperintahkan efek untuk mengaktifkannya.

Hal sepele semacam ini terkadang kita lewatkan. Padahal hal ini juga bisa menjadi penyebab efek di TikTok tidak muncul. Untuk itu, perlu bagi kita untuk melihat lebih detail lagi agar tidak terjadi masalah dalam penggunaan efek.

3. Aplikasi TikTok Error

Ketika kamu sudah mengecek semua hal di atas tapi ternyata efek tetap tidak muncul, maka kemungkinan yang terjadi adalah error pada aplikasi.

Kamu bisa mencari info lewat mesin pencarian atau di aplikasi lain. Biasanya satu orang memiliki banyak akun sosial media, kamu bisa melihat info itu dari sana.

Efek TikTok Tidak Muncul
Cek Server TikTok

Trending twitter juga bisa kamu gunakan untuk melihat info. Banyak dari pengguna twitter yang menggunakan TikTok. Biasanya mereka akan nge­twit tentang TikTok error dan menjadi trending saat itu juga.

Bukan hanya TikTok, semua aplikasi yang ada memiliki potensi untuk terjadi error. Jika pusat TikTok terjadi masalah maka aplikasi akan error.

Saat perawatan aplikasi juga bisa menjadikan aplikasi error atau tidak bisa digunakan dalam sementara waktu. Jika hal itu terjadi hal yang bisa kamu lakukan adalah menunggu hingga perbaikan selesai.

Kamu bisa mengecek secara berkala dengan membuka TikTok atau mengecek secara berkala info di aplikasi lain. Dengan begitu kamu akan cepat tahu kapan aplikasi itu bisa digunakan lagi.

4. Ponsel Tidak Mendukung Efek

Gawai atau smartphone harus memenuhi spesifikasi tertentu untuk menggunakan efek di TikTok agar filter TikTok muncul di Fyp saat di scroll.

Jika spesifikas gawai kamu tidak memadai maka kamu tidak bisa menggunakan efek TikTok. Spesifikasi yang dimaksudkan beragam tergantung efek apa yang dibuat.

Misalnya, dengan tipe smartphone yang sama efek yang kamu pilih BISA digunakan oleh temanmu yang memiliki RAM 4GB dan tidak muncul saat kamu gunakan dengan RAM 2GB. Solusinya adalah meng-upgrade gawai yang kamu punya.

5. Koneksi Internet Lemot

Saat menggunakan aplikasi TikTok pastikan koneksi lancar. Koneksi yang buruk akan menghambat kinerja aplikasi. Salah satunya adalah menjadi penyebab efek di TikTok tidak muncul.

Efek TikTok Tidak Muncul
Network Error Di TikTok

Banyak yang menyebabkan koneksi menjadi buruk. Misalnya, kuota internet kamu sudah melewati batas pemakaian.

Masalah cuaca juga bisa mempengaruhi kualitas jaringan internet. Untuk itu pastikan jaringan internet stabil sebelum memulai menggunakan efek TikTok.

6. Sensor HP Gagal Mendeteksi

Sensor Ponsel yang tidak dapat mendeteksi objek yang akan dikenai efek pada wajah juga menjadikan efek tidak muncul di iPhone.

Misalnya, sensor wajah TikTok tidak bisa mendeteksi wajahmu. Untuk itu, kamu harus mencari cara agar wajahmu terdeteksi.

Pastikan wajahmu tidak tertutup. Selain itu, ruang yang gelap juga bisa berpengaruh. Kamu bisa mencari ruangan dengan cahaya yang cukup agar wajah terlihat jelas.

Periksa juga lensa kamera smartphone mu. Kadang lensa yang kotor juga bisa membuat kualitas gambar tidak jelas.  Maka dari itu, kamu harus lebih teliti dalam mencari penyebab efek di TikTok tidak muncul.

7. Data Dan Cache Menumpuk

Penyimpanan juga menjadi salah satu penyebab efek TikTok tidak muncul di Fyp teman atau followers sendiri. Terkadang efek yang digunakan membutuhkan ruang penyimpanan.

Efek TikTok Tidak Muncul
Hapus Chache TikTok

Cache atau file-file sampah yang menumpuk juga bisa berpengaruh. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk membersihkan cache. Hal itu juga bisa meringankan kinerja gawai.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan ada beberapa hal yang menyebabkan efek TikTok tidak muncul di Beranda mulai dari masalah ponsel yang tidak mendukung, jaringan tidak muncul atau error atau karena salah menggunakan filter terbaru di aplikasi TikTok.

Tindakan pencegahan bisa kamu lakukan sebelum terjadi masalah dalam menggunakan efek pada TikTok.

Misalnya, memastikan aplikasi sudah dalam versi terbaru, memastikan koneksi internet bagus, cahaya yang cukup dan memiliki ponsel dengan spek yang memadai. Dengan begitu kamu bisa mencegah efek tidak muncul saat ingin digunakan.

Baca Juga : Berapa Gaji TikTok Pemula : 1K Followers Hingga 10K – 2M Followers

Nah, itu dia beberapa sebab efek di TikTok tidak muncul. Saat kamu sudah mengetahui penyebabnya, maka kamu akan tahu solusinya. Dengan begitu kamu bisa memakai efek yang kamu inginkan.

Penyebab efek di TikTok tidak muncul mungkin juga ada hal lain selain yang sudah dijelaskan di atas. Namun beberapa hal diatas bisa menjadi informasi untuk kamu saat efek TikTok tidak bisa digunakan.

x