Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

12 Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05

4 min read

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengalami gagal Checkout Shopee Food K05? Jika ya, tentunya banyak faktor penyebab mengapa Shopee Food gagal saat checkout pesanan dengan kode K05. Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, simak ulasan berikut ini !

Layaknya layana pesan antar makanan secara online, Shopee Food hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna mendapatkan makanan & minuman tanpa harus membelinya langsung ke toko / merchant.

Yap, dengan Shopee Food, kamu hanya perlu memesan makanan atau minuman favoritmu lewat ponsel maka driver Shopee Food akan membeli dan mengantarkan langsung ke tempat-mu.

Kenapa Shopee Gagal Checkout K05?

Namun, layanan Shopee Food yang baru – baru ini diluncurkan tentu tidak lepas dari sistem error saat digunakan.

Misalnya kegagalan dalam memproses pesanan, pembayaran, penggunaan alamat penerima hingga aplikasi Shopee yang lemot saat membuat pesanan di Shopee Food.

Salah satu kendala yang kerap di alami oleh pengguna Shopee Food yaitu gagal saat checkout pesanan dengan kode K05.

Gagal checkout K05 artinya kesalahan pada sistem Shopee saat memproses perintah saat membuat pesanan di aplikasi Shopee Food oleh pengguna.

Biasanya gagal checkout K05 Shopee Food ditandai dengan munculnya notifikasi dengan kode kesalahan K05 saat akan checkout pesanan di aplikasi Shopee Food.

Penyebab Shopee Food Gagal Checkout K05

Sampai saat ini belum ada penyebab pasti mengapa terjadi kesalahan gagal checkout K05 di Shopee Food.

Pihak Shopee Food juga belum memberikan keterangan / klarifikasi terkait penyebab dan cara mengatasinya Shopee Food gagal checkout.

Tidak seperti notifikasi gagal saat membuat pesanan di Shopee pada umumnya yang disertai keterangan seperti gagal checkout F01 serta F05 karena voucher telah digunakan atau karena akun Shopee bermasalah.

Shopee gagal membuat pesanan dengan kode kesalahan K05 tidak disertai keterangan atau instruksi khusus mengenai tindakan yang harus dilakukan pengguna agar bisa checkout di Shopee Food.

Oleh karena itu, ada beberapa indikasi penyebab gagal checkout Shopee Food K05 seperti :

1. Sistem Shopee Error

Sistem Shopee yang error biasanya ditandai dengan notifikasi seperti ini :

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05
Sistem Shopee Error

“Ups telah terjadi kesalahan, silahkan coba beberapa saat lagi”

Umumnya, Shopee error disebabkan oleh server yang sedang di uprade, maintenance server atau membludaknya pengguna yang sedang membuka aplikasi Shopee secara bersamaan.

Sistem Shopee yang error ini dapat menyebabkan sebagian fitur – fitur di aplikasi Shopee tidak bisa digunakan, salah satunya adalah Shopee Food.

2. Voucher Shopee Food Telah Digunakan

Beberapa pengguna juga mendapatkan notifikasi Shopee Food gagal checkout K05 karena voucher telah digunakan.

Gagal checkout K05 promo sudah digunakan disebabkan oleh masa berlaku promo dan voucher sudah habis atau promo sudah digunakan pada pesanan sebelumnya.

Saat ini, Shopee Food memberikan promo diskon 50% maksimal Rp20.000 tanpa minimal pemesanan. Selain itu, terdapat juga voucher gratis ongkir bagi pengguna baru.

3. Akun Shopee Bermasalah

Shopee Food merupakan fitur pesan antar makanan yang terdapat di aplikasi Shopee. Untuk menggunakan layanan Shopee Food, kamu tetap menggunakan akun Shopee kamu.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05
Akun Shopee Ditinjau

Oleh karena itu, jika akun Shopee bermasalah maka secara otomatis fitur Shopee Food tidak akan bisa digunakan sampai akun Shopee berhasil dipulihkan.

Akun Shopee sedang ditinjau, dimoderasi atau di bekukan karena pelanggaran akun dapat menyebabkan gagal checkout Shopee Food K05.

4. Produk Kosong Atau Habis

Layaknya layanan pesan antar makanan lainnya, Shopee Food juga mempertemukan penjual dan pembeli melalui sistem pemesanan secara daring.

Terkadang pembeli kerap mendapati produk makanan atau minuman sedang kosong atau habis sehingga dapat menyebabkan gagal checkout K05 Shopee Food.

5. Koneksi Internet Buruk

Penyebab gagal checkout Shopee Food dengan kode kesalahan K05 yang paling umum disebabkan oleh masalah koneksi internet pengguna yang buruk.

Untuk mengakses fitur – fitur Shopee termasuk Shopee Food memerlukan dukungan koneksi internet yang stabil dan lancar.

Selain koneksi, pastikan pulsa aplikasi Shopee yang kamu gunakan sudah di update ke versi terbaru agar fitur – fiturnya berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05

Untuk mengatasi kode K05 : gagal checkout Shopee Food, pastinya kamu harus mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu.

Jika kamu merasa beberapa penyebab diatas bukan masalahnya, maka kamu dapat mencoba beberapa cara mengatasi Shopee Food gagal checkout K05 berikut ini :

1. Update Aplikasi Shopee

Mengatasi Shopee Food gagal checkout yang paling umum adalah dengan melakukan update aplikasi Shopee di Google Playstore atau AppStore.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05
Update Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee yang telah di update ke versi terbaru akan membuat fitur – fitur Shopee Food normal kembali seperti memilih menu, checkout hingga pembayaran pesanan.

Oleh karena itu, segera periksa pembaharuan aplikasi Shopee di PlayStore atau AppStore lalu klik Update untuk menginstall aplikasi Shopee versi terbaru.

2. Cek Ketersediaan Voucher

Kedua, cek ketersediaan voucher Shopee Food sebelum digunakan. Yap, kamu bisa memilih voucher di halaman checkout Shopee Food.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05
Voucher Shopee Food

Jika voucher tersedia, silahkan klik Pilih maka otomatis nominal pesanan akan terpotong sesuai dengan voucher Shopee Food yang kamu pilih.

Baca Juga : 10 Penyebab Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan !

Jika voucher tidak bisa digunakan, maka voucher akan berwarna abu – abu. Agar tidak terjadi kendala gagal checkout Shopee Food, jangan gunakan voucher yang tidak berlaku seperti voucher sudah kadaluarsa atau tidak sesuai dengan ketentuan pesanan.

3. Ajukan Banding Akun Shopee

Jika penyebab gagal checkout Shopee Food K05 karena akun Shopee bermasalah, maka kamu bisa mengajukan banding pemulihan akun Shopee terlebih dahulu.

Pastikan kamu memiliki cukup bukti bahwa kamu tidak melakukan pelanggaran syarat & ketentuan Shopee lalu ajukan banding pemulihan akun lewat Email atau Live Chat Shopee.

Baca Juga : Akun Shopee Sedang Ditinjau? Ini 9 Cara Memulihkannya !

Setelah akun Shopee berhasil dipulihkan, silahkan coba checkout pesanan Shopee Food untuk memastikan bahwa akun Shopee sudah bersih dari pembatasan karena pelanggaran akun.

4. Cek Ketersediaan Produk

Layaknya Shopee, Shopee Food juga menyediakan produk dari Merchant yang telah terdaftar. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan sebagian produk makanan dan minuman yang dijual habis atau sudah tidak tersedia lagi.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05
Produk Shopee Food

Jika kamu memesan produk yang tidak tersedia otomatis sistem Shopee akan membatalkan pemesanan sehingga terjadi gagal checkout Shopee Food.

5. Hapus Data & Chache Shopee

Jika gagal saat checkout di Shopee Food karena aplikasi Shopee lemot atau sulit dibuka, maka kamu harus menghapus chache aplikasi.

Cara Mengatasi Gagal Checkout Shopee Food K05
Hapus Chache Shopee

Jika setelah hapus chache aplikasi dilakukan namun tetap tidak bisa checkout Shopee Food, maka opsi terakhir adalah menghapus data aplikasi kemudian login kembali ke aplikasi Shopee menggunakan username dan password Shopee kamu.

6. Cek Koneksi Internet

Jika notifikasi gagal buat pesanan Shopee Food K05 terus muncul, kamu bisa cek koneksi internet yang kamu gunakan. Jika koneksi internet tidak stabil, maka kamu harus mengganti sambungan koneksi internet terlebih dahulu.

Baca Juga : 9 Penyebab Shopee Food Tidak Muncul Di Aplikasi !

Kamu dapat memanfaatkan koneksi Wifi atau Hostpot menggunakan perangkat lain agar koneksi internet saat checkout Shopee Food lebih stabil.

7. Hubungi CS Shopee Food

Jika dari semua opsi diatas juga tidak berhasil, maka opsi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menghubungi Customer Service Shopee.

Kamu dapat menanyakan masalah gagal checkout Shopee Food K05 promo sudah digunakan lewat Live Chat 24 jam dengan cara :

  • Masuk ke halaman Saya.
  • Klik Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee.
  • Jika melalui Pusat Bantuan, klik Chat Shopee Sekarang dan Anda akan diarahkan ke halaman Chat.

atau Call Center 24 jam di nomor 1500702.

Kesimpulan

Gagal checkout K05 promo sudah digunakan disebabkan oleh beberapa faktor seperti sistem Shopee Error, koneksi internet yang buruk, voucher telah digunakan atau produk yang sedang kosong / habis.

Baca Juga : Review Shopee Food : 15 Fakta Menarik Yang Wajib Kamu Tahu !

Jika masalah gagal checkout Shopee Food kamu belum “solved” juga, kamu bisa menggunakan akun Shopee teman atau keluarga untuk melakukan pemesanan Shopee Food lewat aplikasi Shopee.

Selamat mencoba !

5/5 - (24 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *