√ 9 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot [Update 2022]

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu merasa aplikasi Shopee yang lemot dan sulit dibuka terasa sangat menjengkelkan? Jika ya, mungkin kamu perlu mengetahui beberapa penyebabnya dalam ulasan kali ini.

Setelah membahas mengapa notifikasi Shopee tidak muncul di HP, tidak ‘afdol’ rasanya tidak mengulik penyebab shopee lemot dan cara mengatasinya.

Pernahkah kamu mengikuti flash sale atau event games yang ada di aplikasi Shopee? Namun saat sedang asyik – asyiknya berbelanja atau main games malah aplikasinya jadi lemot dan susah dibuka atau bahkan error.

Lemot atau yang lebih sering disebut dengan istilah ‘lola’ yang berarti loading lama merupakan kendala yang sering dialami beberapa aplikasi dengan kapasitas penyimpanan data dan chache yang besar khususnya aplikasi Shopee.

Kenapa Shopee Lemot?

Aplikasi Shopee lemot biasanya disebabkan karena adanya gangguan layanan aplikasi Shopee, kendala pada koneksi internet di HP kamu atau karena ponsel kamu yang lemot karena kapasitas penyimpanan yang hampir habis.

Chache aplikasi yang terlalu besar akan menyebabkan Shopee bekerja lambat dan akibatnya sering hang karena memakan ruang besar dalam penyimpanan ponsel. Cara mengatasi aplikasi Shopee lemot yaitu dengan membuka setting atau pengaturan di ponsel kemudian masuk ke aplikasi, pilih Shopee lalu klik bersihkan cache atau clear cache.

Aplikasi Shopee lemot biasanya ditandai dengan ciri – ciri berikut ini :

  • Loading saat membuka aplikasi yang lama (biasanya lebih dari 2 menit).
  • Pada saat bertransaksi seperti membeli produk (Checkout) untuk pembeli atau mengupload gambar untuk penjual, aplikasi terasa berat atau tidak merespon.
  • Pada aplikasi muncul notifikasi error misalnya akun Shopee dibekukan.
  • Muncul tulisan aplikasi tidak merespon dan menutup sendiri (Force Close).

Cara mengatasinya Shopee yang lemot tergantung dari masalahnya, untuk ponsel yang tidak support aplikasi Shopee dapat diatasi dengan menghapus chache aplikasi serta mengosongkan kapasitas penyimpanan dengan menghapus sebagian aplikasi atau media.

Ciri – Ciri Aplikasi Shopee Lemot

Salah satu ciri – ciri aplikasi Shopee yang lemot biasanya akan diindikasikan dengan loading yang sangat lama saat mencari produk, menentukan filter atau bahkan gagal saat checkout Shopee sehingga transaksi tidak dapat diselesaikan.

Indikasi lain, Shopee lemot padahal jaringan bagus biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi error setelah loading aplikasi yang lama. Biasanya terjadi setelah proses maintenance aplikasi Shopee selesai.

Aplikasi Shopee Lemot
Yuk, Tukar Pulsa Sekarang

Selain di HP, buka Shopee lemot di Laptop juga sering terjadi karena memang pada dasarnya layanan di aplikasi Shopee sedang mengalami gangguan karena adanya perbaikan (maintenance) atau pembaharuan (updating) aplikasi.

Berikut ini ciri – ciri aplikasi Shopee yang lemot :

  • Loading terus – Saat mencari produk biasanya aplikasi Shopee tidak ada gambarnya karena loading secara terus menerus. Biasanya disebabkan karena masalah koneksi internet yang terputus.
  • Muncul notifikasi – Lemotnya aplikasi shopee yang berlangsung secara terus menerus juga ditandai dengan munculnya notifikasi error di akun shopee kamu.
  • Force close – Shopee susah diakses lalu tiba – tiba keluar sendiri merupakan indikasi awal penyebab aplikasi Shopee lemot saat dibuka di ponsel maupun di laptop.
  • Shopee tidak menampilkan gambar – Jika aplikasi Shopee lemot, maka biasanya gambar di hasil pencarian shopee tidak akan dapat ditampilkan.

Kerugian Akibat Shopee Lemot

Aplikasi shopee terasa lemot ini tentu akan merugikan penjual dan pembeli yang menggunakan smartphone dalam berbelanja dan berjualan.

Berikut beberapa kerugian yang pasti kamu rasakan sebagai pembeli karena aplikasi Shopee menghubungkan terus (lemot) :

  • Gagal login Shopee sehingga aplikasi tidak dapat digunakan untuk belanja.
  • Gagal Checkout Shopee sehingga kamu tidak dapat melakukan pembayaran pesanan.
  • Ketinggalan event – event penting seperti flash sale, Diskon maupun Event Birtday Sale Shopee.

Sedangkan penjual akan mengalami beberapa kerugian akibat aplikasi shopee yang lemot berikut ini :

  • Tidak bisa berjualan seperti upload produk baru, up produk serta memperbaharui judul dan deskripsi produk.
  • Tidak bisa memproses pesanan baru seperti membalas chat, mengupload resi serta mengubah status pesanan.
  • Mengurangi performa toko bahkan dapat membuat toko terkena penalti dari tim Shopee.

Disamping beberapa kerugian yang mungkin akan dialami setiap pengguna Shopee akibat aplikasi shopee yang lola, kamu juga akan merasa sangat jengkel dan ‘frustasi’ akibat kendala ini. Untuk itu kamu harus mengetahui apa – apa saja penyebab aplikasi shopee error karena lemot dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Aplikasi Shopee Lemot

Aplikasi shopee tidak bisa dibuka dapat diatasi dengan mudah dengan syarat kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Oleh karena itu, berikut beberapa penyebab aplikasi yang lemot dan susah dibuka :

1. Memori Penyimpanan HP Penuh

Shopee lemot banget hari ini yang pertama adalah karena permasalahan pada HP saat menggunakan aplikasi Shopee. Saat ruang penyimpanan di HP penuh, biasanya ada notifikasi dari smartphone “some system maybe not function” atau “not enough space”.

Sama seperti aplikasi lainnya, jika kapasitas penyimpanan ponsel terlalu penuh dapat berakibat ponsel menjadi lambat dan bahkan bisa hang.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Memori Internal Ponsel Penuh

Ini dikarenakan prinsip dari media penyimpanan ponsel itu sendiri. Ketika akan membuka aplikasi, ponsel akan memuatnya dahulu di RAM (Random access memory), namun ketika penuh maka ponsel akan mencoba menulis ke media penyimpanan.

Masalah akan terjadi ketika tidak ada ruang kosong untuk menulis data cache yang ada pada aplikasi. Sehingga aplikasi menjadi lemot dan crash.

Ibaratnya, kamu sedang menulis di meja kerja yang penuh dengan buku, ketika bukumu akan kamu pindahkan ke laci, ternyata lacinya juga penuh. Sesimpel itu.

Solusinya : Hapus aplikasi lain yang tidak atau jarang digunakan, pindahkan foto-foto lama ke media penyimpanan online seperti Google Drive atau Google Photos, lalu hapus juga berkas download yang tidak digunakan lagi.

2. Terlalu Banyak Bloatware Ponsel Jadi Lemot

Coba lihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang ponselmu, bisa jadi aplikasi tersebut bisa berjalan tanpa kamu sadari. Ini dinamakan “bloatware” yang dapat menyebabkan aplikasi Shopee lemot padahal jaringan bagus.

Terkadang bloatware bisa datang dari penginstalan aplikasi games, aplikasi cleaner, aplikasi berita yang membawa iklan – iklan, dan lainnya.

Para pembuat program tersebut bisa saja menyisipkan aplikasi yang membuat prosesor ponselmu terus bekerja walaupun tidak sedang menggunakannya.

Solusinya : Sebaiknya periksa semua aplikasi dan hapus aplikasi yang mencurigakan. Biasanya beberapa merk ponsel ada aplikasi bloatware yang tidak dapat dihapus, ini sebaiknya di nonaktifkan saja dari pengaturan aplikasi.

3. Recent Apps Shopee Tidak Dihapus

Kesalahan berikut nya yang dapat membuat fitur Shopeepay lemot adalah aplikasi latar belakang atau yang lebih dikenal dengan istilan recent apps tidak dihapus.

Tentu ini akan memperlambat kinerja smartphone khususnya dalam membuka aplikasi berat secara bersamaan sehingga pada saat membuka Shopee akan terasa sangat lemot.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Recent Apps Tidak Dihapus

Hal ini terjadi karena OS smartphone membutuhkan waktu untuk merespon fitur yang ingin dibuka penggunanya sedangkan Chache aplikasi yang masih berjalan masih cukup besar.

Solusinya : Untuk mengatasi banyaknya respon yang dibutuhkan prosessor smartphone untuk membuka aplikasi, sebaiknya kamu harus rutin membersihkan aplikasi latar belakang dengan cara klik tombol recent apps lalu klik tombol X untuk menghapus seluruh aplikasi yang terbuka di latar belakang.

4. Cache Shopee Terlalu Besar

Terkadang aplikasi Shopee mengonsumsi ruang penyimpanan cache yang sudah terlampau besar, sementara kapasitas penyimpanan memori ponsel terbatas.

Ini terjadi bila kamu sering membuka aplikasi Shopee, misalnya saat melihat feed atau produk, gambar dan teks yang ada akan disimpan sementara pada ruang penyimpanan pada ponsel kamu, ini dinamakan cache.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Hapus Chache Shopee

Sehingga aplikasi tidak perlu mendownload ulang gambar dan teks tersebut. Bila cache sudah terlalu  penuh akan menyebabkan aplikasi Shopee sering lemot karena memakan ruang penyimpanan ponsel yang cukup besar.

Solusinya : Buka pengaturan, lalu masuk ke aplikasi, cari Aplikasi Shopee. Lalu bersihkan cache/clear cache. Kamu mungkin perlu log-in ulang aplikasi Shopee.

5. Aplikasi Shopee Bermasalah

Mungkin ada beberapa berkas pada aplikasi Shopee di ponsel yang corrupt atau hilang sehingga aplikasi Shopee menjadi error.

Jika ini terjadi maka aplikasi sering muncul ikon muter-muter alias loading, itu dikarenakan aplikasi sedang mencari berkas yang bermasalah tersebut tapi tidak menemukannya.

Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot
Update Aplikasi Shopee

Solusinya : Segera cek ke Play Store atau App Store dan lakukan pembaruan aplikasi Shopee, jika masalah masih muncul, silahkan hapus aplikasinya dan unduh ulang.

6. Sistem Operasi Ponsel Rusak

Mungkin ada beberapa file sistem android kamu yang bermasalah, tidak dapat terbaca atau hilang. Sehingga komponen untuk menjalankan aplikasi tidak lengkap.

Bila ini terjadi maka aplikasi akan sering muncul pesan error atau crash.

Bagi orang kebanyakan ini sulit diperbaiki jika tidak menemukan dimana letak kesalahan / kekurangan berkas yang dimaksud.

Solusinya : Kembali ke pengaturan pabrik, atau factory default settings. Caranya masuk ke pengaturan ponsel kamu, cari menu backup & reset, lalu pilih factory data reset / Kembali ke setelan pabrik.

Harap backup semua data sebelum melakukan ini, karena data kontak bisa hilang dan kamu perlu memasukkannya kembali.

7. Jaringan Internet Lemot

Perhatikan signal yang ada di layar ponsel, pastikan signal bar pada ponsel penuh. Bila signal internet hanya 1-2 bar atau bahkan jaringan bertanda X akan menyebabkan Shopee ngelag atau lelet saat dibuka. 

Aplikasi Shopee cukup lumayan dalam menggunakan data karena aplikasinya banyak mengandung gambar dan video.

Solusinya : Silahkan pindah ke lokasi yang signalnya lebih kuat, usahakan mendapatkan signal seluler 4G dan full bar.

Jika masih mengalami masalah coba lakukan test browsing internet, apakah lancar? Jika masih belum terasa lancar coba ganti kartu provider ponsel tersebut. Bisa saja memang lagi ada gangguan dari provider selulernya.

8. Spesifikasi Ponsel Jadul

Kapan terakhir kamu membeli ponsel yang kamu pakai sekarang ini? Bisa jadi ponselmu sudah tidak kuat menjalankan aplikasi yang ada pada tahun ini. Aplikasi terus berkembang dari waktu ke waktu, dulunya yang fiturnya terbatas sekarang sudah ada fitur ini itu.

Sebuah ponsel efektifnya dapat bekerja dengan lancar selama 3 tahun masa pembelian, selebihnya ponsel akan terasa lemot bukan karena penurunan performa, tetapi dikarenakan aplikasi yang sekarang sudah lebih berat dari sebelumnya.

Itulah sebabnya setiap tahun ponsel selalu mengeluarkan seri terbaru karena teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu.

Solusinya : Sebaiknya ganti ponsel ke generasi terbaru jika sudah terasa sangat ketinggalan, ini akan menghemat waktu dan tenaga. Tak ada salahnya membeli ponsel baru karena harga smartphone android sudah cukup terjangkau.

9. 3D Effect Wallpaper Ponsel Diaktifkan

3D Effect yang berlebihan seperti penggunaan wallpaper animasi maupun tampilan home screen ponsel yang berisi animasi tentu akan membutuhkan lebih banyak waktu dan resources untuk membuka aplikasi.

Wallpaper 3D effect pada ponsel yang aktif akan menyebabkan ponsel bekerja lebih lambat sehingga aplikasi Shopee akan sering hang dan sulit menampilkan gambar produk di etalase toko.  

Solusinya : Ubah pengaturan wallpaper, home screen/peluncur maupun keyboard ke settingan default / tampilan statis. Caranya masuk ke pengaturan lalu ubah pengaturan dibagian tampilan dan masukan.

Cara Agar Shopee Tidak Lemot

Untuk mengatasi akun Shopee yang lemot kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan aplikasi shopee lola saat dibuka di ponsel atau laptop.

Berikut beberapa cara agar Shopee tidak lemot :

  • Pastikan ruang penyimpanan ponsel masih mencukupi.
  • Hapus aplikasi bawaan ponsel (Bloatware).
  • Hapus aplikasi latar belakang (Recent apps).
  • Hapus Chache aplikasi Shopee.
  • Lakukan factory reset (Reset pabrik) pada ponsel.
  • Cek spesifikasi ponsel dan pastikan kompatibel dengan versi aplikasi Shopee.
  • Update aplikasi Shopee di Playstore dan Appstore secara berkala.
  • Hapus 3D Effect pada ponsel dan gunakan theme statis.

Untuk mengetahui trik mengatasi akun shopee lemot lebih lengkap, kamu dapat melihat panduan berupa video berikut ini :

 

Beberapa masalah lain yang dapat diatasi menggunakan beberapa solusi di atas antara lain :

  • Aplikasi shopee loading terus.
  • Aplikasi Shopee Error.
  • Aplikasi Shopee tidak ada gambarnya.
  • Shopee tanam tidak bisa dibuka.
  • Aplikasi menghubungkan terus.
  • Aplikasi Shopee Force Close.

Penutup

Cara mengatasi Shopee lemot dapat kamu lakukan dengan cara login akun Shopee melalui web resmi Shopee Indonesia karena biasanya penyebab shopee lelet saat dibuka berasal dari ponsel yang sedang kamu gunakan. Tentunya kamu harus Login terlebih dahulu agar dapat bertransaksi seperti di aplikasi Shopee seperti biasa.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee Dibatasi [99% Berhasil]

Shopee yang lelet atau lemot biasanya akan kembali normal jika masalahnya berasal dari aplikasi itu sendiri seperti karena adanya perbaikan pada server atau server yang penuh karena ribuan pengunjung mengakses aplikasi pada saat yang bersamaan.

Jika kamu punya cara lain untuk melengkapi beberapa solusi diatas, segera bagikan di kolom komentar agar teman – teman yang lain juga mengetahuinya.

Selamat mencoba !