Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

9 Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout [99% Berhasil]

4 min read

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengalami kendala Lazada gagal checkout pesanan? Faktanya, ada beberapa penyebab mengapa Lazada tidak bisa checkout seperti memastikan koneksi internet lancar, menghapus data / chache aplikasi atau mengupdate aplikasi sebelum berbelanja.

Sekarang ini, masyarakat sangat menyukai berbelanja lewat E-commerce salah satunya Lazada. Alasan utama memilih berbelanja secara online yaitu sistem berbelanja yang mudah & praktis sehingga kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang kamu inginkan.

Sebagai perusahaan bisnis yang juga berorientasi pada laba, Lazada juga menghadirkan berbagai fasilitas atau fitur menarik yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Namun, terkadang pada saat melakukan pemesanan produk terjadi gagal checkout pada aplikasi Lazada. Banyak faktor umum dan khusus mengapa tidak bisa checkout Lazada saat berbelanja.

Lazada Gagal Checkout

Kenapa sih konsumen bisa mengalami gagal checkout pada Lazada? Hal ini sebenarnya wajar – wajar saja. Terkadang sistem tidak selalu berjalan dengan normal dan lancar terus menerus. Ada kalanya ada waktu dimana sistem mengalami error atau tidak bekerja optimal.

Lazada gagal checkout biasanya ditandai dengan notifikasi gangguan pada sistem dikarenakan sistem sedang bermasalah (error), aplikasi loading terus atau menutup sendiri (force close) hingga notifikasi koneksi tidak stabil.

Lazada tidak bisa buat pesanan ini pada umumnya adalah hal yang wajar. Namun kamu tetap perlu mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang sama ketika ingin berbelanja di Lazada.

Penyebab Lazada Tidak Bisa Checkout

Untuk mengatasi gagal checkout di aplikasi Lazada, tentunya kamu harus mengetahui apa saja penyebab Lazada gagal checkout yang mungkin saja kamu alami.

Berikut ini beberapa faktor penyebab tidak bisa checkout di aplikasi Lazada :

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Pertama koneksi internet yang tidak stabil atau bahkan terputus akan menyebabkan sistem Lazada tidak dapat memproses perintah membuat pesanan karena pada saat smartphone anda hendak mentransfer informasi pada sistem Lazada kemudian terputus karena jaringan yang jelek.

Sebagai elektronik Commerce atau Market yang dapat kamu akses secara online. Lazada mengharuskan penggunanya untuk menggunaka koneksi internet yang mendukung.

2. Sistem Lazada Error

Sistem Lazada bermasalah biasanya ditandai dengan notifikasi sistem Error seperti ini :

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout
Lazada Error

“Mohon maaf, terjadi gangguan pada sistem kami. Mohon hubungi layanan pelanggan untuk pengaduan masalah Anda”

Karena sebuah sistem dibuat oleh manusia, sistem pada Lazada juga kadang mengalami kendala (error). Error pada sistem Lazada dapat disebabkan oleh perbaikan sistem atau upgrade untuk fitur baru atau karena Human Error dari pekerja sistemnya.

3. Cache Aplikasi Yang Menumpuk

Chache aplikasi akan menyimpan semua riwayat penggunaan aplikasi Lazada saat digunakan untuk mempermudah sistem memberikan informasi yang relevan ketika kamu menggunakan aplikasi kembali di lain waktu.

Cache aplikasi browser ataupun aplikasi Lazada yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi dan akan menyebabkan gagal checkout pada Lazada.

4. Melanggar Kebijakan Lazada

Setiap E-commerce akan memberikan kebijakan tertentu mengenai cara kerja aplikasi-nya. Jika ada hal – hal yang kamu langar pada Privacy And Police Lazada seperti spam dan lain sebagainya maka akun Lazada kamu akan berpotensi mengalami kegagalan saat checkout.

5. Belum Update Aplikasi

Setipa fitur pada aplikasi akan di upgrade secara berkala oleh developer aplikasi untuk memastikan fitur – fitur diperbaharui agar kinerja aplikasi semakin baik.

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout
Aplikasi Lazada Belum Update

Aplikasi lawas dan belum di update ke versi terbaru tentu akan menyebabkan sebagian atau keseluruhan fitur Lazada tidak akan berfungsi termasuk fitur untuk membuat pesanan di aplikasi Lazada.

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout

Setelah kamu mengetahui penyebab gagal checkout Lazada, tentunya kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa point dibawah berdasarkan penyebab diatas.

Berikut 10 cara mengatasi Lazada gagal checkout pesanan lewat aplikasi atau browser :

1. Ganti Jaringan Ponsel

Mengganti koneksi atau jaringan yang digunakan tentunya akan membuat sistem aplikasi akan memproses ulang perintah gagal akibat koneksi internet yang buruk.

Kamu bisa menggantikan jaringan dari 4G ke 3G atau sebaliknya. Kamu juga bisa menggunakan jaringan WiFi agar koneksi internet semakin lancar.

Baca Juga : 16 Cara Daftar Lazada PayLater Agar Disetujui [99% Berhasil]

Selain mengganti jaringan, merefresh koneksi internet juga dapat dilakukan dengan Mode Pesawat. Tap Mode Pesawat di pengaturan ponsel agar koneksi menghilang kemudian tap lagi untuk mengembalikan koneksi yang lebih fresh.

2. Ubah Alamat Email Lazada

Beberapa alamat Email yang tidak mirip dengan nama user sering tidak terdeteksi atau pula tidak terverifikasi. Gunakan Email yang sudah kamu aktivasi pada Lazada agar sistem menilai akun kamu aman.

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout
Ganti Alamat Email Lazada

Jika terdapat kesamaan alamat Email yang kamu gunakan dengan Email akun Lazada lain, kamu dapat mengganti alamat Email pada salah satu akun agar gagal checkout di aplikasi Lazada dapat diatasi.

4. Ubah Nomor HP & Alamat Penerima

Pada E-commerce Lazada, Nomor penerima yang sama dengan nomor pada akun Lazada akan terdeteksi sebagai tindakan pelanggaran akun. Kamu dapat mengganti nomor penerima yang berbeda dengan nomor yang tersedia pada akun Lazada milikmu.

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout
Ganti Alamat Penerima

Selain nomor HP, hal ini juga berlaku untuk alamat penerima. Pastikan alamat penerima tidak sama dengan alamat yang kamu gunakan di aplikasi Lazada untuk menghindari duplikat identitas.

5. Hapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi Lazada berarti kamu menghapus data login, dan Lazada akan menampilkan halaman untuk pengguna baru. Kamu bisa re-login di aplikasi Lazada seperti biasa.

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout
Hapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi dapat kamu lakukan dengan membuka Pengaturan ponsel > aplikasi > Lazada. Pada halaman rincian aplikasi pilih Hapus Data untuk menghilangkan semuda data pada aplikasi Lazada yang kamu gunakan.

6. Hapus Cache Lazada

Jika kamu tidak ingin re-login, kamu bisa menghapus cache agar aplikasi dapat berjalan dengan normal tanpa harus kehilangan data aplikasi. Caranya buka Pengaturan ponsel lalu klik menu Aplikasi Terinstall.

Selanjutnya cari aplikasi Lazada. Pada halaman rincian aplikasi, klik Hapus Chache untuk menghapus riwayat penggunakan aplikasi tanpa menghapus data login Lazada.

8. Hubungi Call Center Lazada

Jika masalah tidak dapat kamu tangani. Langkah selanjutnya, kamu bisa menghubungi call center Lazada. Customer Service Lazada tersedia 24 jam untuk melayani kendala user.

Baca Juga : Pengajuan Lazada PayLater Ditolak? Ini 10 Solusinya !

Kamu dapat menghubungi 021-80640090 untuk mengadukan kendala Lazada tidak bisa checkout secara langsung ke CS Lazada.

9. Tunggu Sistem Lazada Normal

Untuk permasalahan sistem Lazada yang sedang Maintenance atau Error tidak ada hal yang dapat kamu lakukan selalin menunggu sampai sistem Lazada normal kembali.

Biasanya Lazada akan mengupdate jadwal perbaikan sistem secara berkala lewat aplikasi atau Media Sosial Lazada. Setelah sistem sudah normal, kamu dapat mencoba checkout di Lazada seperti biasa.

10. Update Aplikasi Lazada

Terakhir, pastikan kamu selalu update aplikasi Lazada secara berkala untuk memastikan fitur – fitur Lazada berfungsi dengan baik. Kamu dapat melihat pembaharuan aplikasi lewat Google PlayStore atau AppStore.

Cara Mengatasi Lazada Gagal Checkout
Update Aplikasi Lazada

Jika terdapat pembaharuan aplikasi, klik Update untuk menginstall ulang aplikasi versi terbaru sehingga fitur  – fitur Lazada juga akan otomatis di-update ke versi terbaru.

Tips Menghindari Gagal Checkout Lazada

Layaknya sistem pada Marketplace lain seperti Shopee atau Tokopedia, kamu perlu melakukan tindakan antisipasi agar kegiatan belanja kamu tidak terganggu.

Baca Juga : 10 Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Saat Belanja

Berikut beberapa tips menghindari Lazada tidak bisa checkout yang perlu kamu coba :

  • Lakukan checkout pada saat jaringan atau koneksi internet stabil.
  • Jangan lupa untuk membersihkan cache aplikasi Lazada secara berkala.
  • Update aplikasi Lazada.
  • Follow Media Sosial Lazada untuk mendapatkan update informasi agar mengetahui kapan sistem akan maintenance.
  • Hindari pelanggaran akun Lazada.
  • Jangan menggunakan satu identitas untuk beberapa akun Lazada.
  • Jangan refund pesanan secara terus – menerus.

Penutup

Lazada tidak bisa checkout disebabkan oleh beberapa faktor seperti koneksi internet buruk, aplikasi lemot dan belum di update, akun Lazada bermasalah hingga duplikat identitas berupa Nomor HP, Alamat atau Email Lazada.

Baca Juga : Lazada Tidak Bisa Login? Ini 10 Cara Mengatasinya !

Sekian dulu ulasan cara mengatasi Lazada gagal checkout yang mudah & praktis ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Lazada, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

5/5 - (27 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *