10 Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Dan Solusinya

Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja

Mahirtransaksi.com – Kamu mungkin pernah mengalami kendala Lazada PayLater tidak bisa digunakan saat berbelanja. Jika ya, kamu tidak perlu khawatir. Berikut rincian penyebab dan cara mengatasi Lazada PayLater gangguan sehingga tidak bisa digunakan.

Bagi kamu yang pernah bertransaksi belanja online melalui aplikasi Lazada, pasti kamu pernah menjumpai beberapa pilihan metode pembayaran.

Mulai dari pembayaran COD, pembayaran menggunakan kartu kredit / debit, menggunakan Lazada PayLater dan lain-lain.

Kenapa Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan?

Lazada PayLater merupakan fasilitas pembayaran dimana pengguna Lazada yang berbelanja online melalui Lazada bisa membayarnya di lain waktu.

Lazada PayLater ini didukung oleh Akulaku, dengan metode pembayaran yang bisa dicicil perbulannya dalam jangka waktu tertentu. Tentunya bisa meringankan para pengguna Lazada ketika berbelanja online tanpa ribet.

Namun akhir – akhir ini, pengguna Lazada kerap mengalami kendala pada pilihan metode pembayaran Lazada PayLater yang tidak bisa digunakan pada saat belanja.

Kenapa Paylater Lazada tidak bisa digunakan? Biasanya Lazada Paylater tidak bisa digunakan ini, karena pengguna lazada belum melakukan pelunasan cicilan PayLater sebelumnya ke Lazada maupun Akulaku. Jika kalian masih memiliki cicilan, maka secara otomatis Paylater ini tidak dapat digunakan.

Maka dari itu, sebelum mulai checkout pesanan dari Lazada menggunakan Lazada PayLater, sebaiknya kamu mengecek kondisi PayLater di akun kamu terlebih dahulu.

Ada baiknya jika kamu juga mengecek apakah PayLatermu sudah terverifikasi atau belum. Karena biasanya untuk mengaktifkannya perlu menggunakan verifikasi KTP.

Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa penyebab Lazada PayLater tidak bisa digunakan seperti belum diverifikasi PayLater Lazada, aplikasi belum di-update, adanya cicilan lain, menggunakan nomor yang berbeda atau koneksi internet yang buruk.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab Lazada PayLater gangguan sehingga tidak bisa digunakan untuk membayar pesanan di Lazada, berikut rincian penyebabnya :

1. PayLater Lazada Belum Terverifikasi

Indikasi pertama yang menjadi penyebab Lazada PayLatermu tidak bisa digunakan ketika belanja yakni Lazada PayLater belum terverifikasi sepenuhnya.

Karena sistemnya mirip dengan pengajuan kartu kredit, biasanya untuk mengaktifkan Lazada PayLater perlu mengupload Foto KTP.

Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja
Verifikasi KTP Di Lazada PayLater

Fyi, 1 KTP hanya bisa digunakan untuk 1 akun Lazada PayLater saja. Kamu juga perlu memeriksa apakah pengajuan Lazada PayLater di akun Lazada milik-mu sudah disetujui atau belum.

Proses aktivasi Lazada PayLater membutuhkan waktu 2 x 24 jam kerja. Jika akun belum terverifikasi, maka layanan LazPayLater ini belum bisa digunakan untuk belanja.

Kamu bisa cek syarat dan cara aktivasi Lazada PayLater agar disetujui kurang dari 1 hari kerja disini.

2. No HP Lazada Dan Akulaku Berbeda

Adanya perbedaan Nomor HP akun Lazada dengan akun Akulaku dapat menyebabkan fitur LazPayLater kamu tidak bisa digunakan. Hal ini dikarenakan Nomor Telepon tidak bisa tersinkronisasi.

Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja
Login Akulaku

Fyi, sebelum mendaftar Lazada PayLater sebaiknya kamu mendaftar akun Akulaku menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang kamu gunakan untuk aktivasi Lazada PayLater.

3. Limit Lazada PayLater Tidak Cukup

Limit Lazada PayLater adalah nominal cicilan yang dapat kamu gunakan untuk berbelanja di aplikasi Lazada. Limit LazPayLater setiap akun Lazada berbeda – beda.

Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja
Limit Lazada PayLater

Jika limit Lazada PayLater kurang dari total pesanan belanja di aplikasi Lazada, maka otomatis metode pembayaran Lazada PayLater tidak bisa digunakan pada saat checkout.

4. Aplikasi Lazada Belum Update

Pengembangan versi biasanya berguna untuk update bug serta fitur-fitur baru yang dikembangkan developer Lazada. Salah satunya fitur pengembangan dari Lazada PayLater itu sendiri.

Saat ini, Lazada berada di versi terbaru 6.77.0 yang diperbaharui sejak tanggal 5 Juli 2021. Menggunakan aplikasi Lazada versi lama akan menyebabkan beberapa fitur Lazada tidak bisa digunakan karena tidak kompatibel dengan aplikasi Lazada versi terbaru.

5. Cicilan PayLater Lazada Belum Lunas

Penyebab Lazada PayLater tidak bisa dipakai yang tidak disadari oleh pengguna Lazada PayLater adalah masih berjalannya cicilan pesanan lain di Lazada.

Penggunaan Lazada PayLater hanya untuk sekali transaksi cicilan yang lunas. Sehingga untuk bertransaksi pesanan lainnya, kamu harus melunasi terlebih dahulu cicilan yang masih berjalan.

6. Telat Membayar Tagihan PayLater

Jika tagihan LazPayLater kamu nunggak maka akun Lazada PayLater kamu diblokir sementara oleh sistem sampai kamu melunasi tagihan pinjaman sebelumnya.

Jika pembayaran melewati tanggal jatuh tempo pembayaran maka penggunaan limit Lazada PayLater akan dibatasi.

7. Cicilan Akulaku Belum Lunas

Walaupun cicilan di Lazada PayLater kamu sudah lunas, kamu juga harus memastikan tidak ada cicilan / tagihan yang belum lunas di aplikasi Akulaku.

Karena pada dasarnya kedua aplikasi ini bekerja sama menyediakan layanan pinjaman baik di aplikasi Lazada maupun Akulaku.

8. Aplikasi Lazada Error

Aplikasi Lazada yang sedang dalam perbaikan sistem (maintenance) juga bisa menyebabkan layanan Lazada PayLater mengalami gangguan.

Jika terjadi error pada aplikasi Lazada, akan menyebabkan fitur Lazada PayLater tidak muncul di aplikasi.

9. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab Lazada PayLater tidak bisa digunakan saat membayar pesanan yang terakhir disebabkan oleh koneksi internet ponsel kamu tidak stabil saat membuka aplikasi Lazada.

Kamu bisa menggunakan jaringan Wifi atau Hotspot portable jika performa jaringan kamu sedang buruk saat membayar pesanan Lazada menggunakan Lazada PayLater.

Solusi Agar Lazada PayLater Bisa Digunakan

Cara mengatasi Lazada PayLater tidak bisa digunakan dapat dilakukan dengan memeriksa apakah Lazada PayLater sudah diaktivasi, mengubah Nomor Telepon Akulaku, melunasi cicilan LazPayLater hingga mengupdate aplikasi Lazada ke versi terbaru.

Berikut beberapa solusi agar kamu dapat menggunakan kembali fitur Lazada PayLater :

1. Verifikasi Lazada PayLater

Cara yang pertama yakni kamu bisa mengaktivasi akun Lazada PayLater terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menyiapkan identitas berupa KTP.

Pastikan kamu mengisi Formulir Informasi Tambahan serta Kontak Darurat dengan benar agar proses validasi data berhasil.

2. Ubah Nomor Telepon

Kemudian, kamu perlu mengubah nomor telepon yang terdaftar di akun Lazada dan Akulaku. Pastikan jika nomor telepon yang kamu daftarkan sama, tidak berbeda.

Hal ini berguna untuk melancarkan proses transaksi ketika kamu hendak melakukan checkout barang secara online.

3. Update Aplikasi Lazada

Apabila kamu masih menggunakan versi lawas dari aplikasi Lazada, pastikan untuk mengupdatenya terlebih dahulu.

Karena kemungkinan fitur – fitur di dalam aplikasi Lazada terdapat pembaruan salah satunya pada sistem pembayarannya.

10 Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja
Aplikasi Lazada Tidak Kompatibel

Untuk mengupdate aplikasi Lazada, klik Update di Google Playstore untuk pengguna Android, dan AppStore untuk pengguna Iphone.

4. Lunasi Seluruh Tagihan & Cicilan

Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja
Membayar Tagihan LazPayLater

Apabila kamu masih memilih cicilan angsuran di Lazada PayLater, segera lunasi seluruh angsuran dengan tepat waktu. hal ini berguna agar kamu bisa mengambil transaksi pembelanjaan lainnya yang kemungkinan kamu butuhkan sewaktu-waktu.

5. Tunggu Waktu Penangguhan Cicilan

Karena kamu pernah menunggak cicilan dari transaksi sebelumnya, maka konsekuensinya kamu akan mendapatkan sanksi berupa penangguhan akun selama beberapa waktu.

Untuk mengatasinya, kamu harus menunggu hingga masa penangguhan akunmu selesai.

6. Hubungi Call Center Lazada

Apabila beberapa cara diatas belum bisa mengembalikan akun Lazada PayLater milikmu, maka langkah terakhir kamu bisa menghubungi Call Center Lazada.

10 Penyebab Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan Untuk Belanja
Hubungi Call Center Lazada

Call Center Lazada dapat dihubungi melalui 3 cara yakni melalui Live Chat di aplikasi Lazada, formulir pertanyaan (untuk penjual), serta melalui Telepon di Nomor 021-8064-0090.

Solusi Telat Bayar Lazada PayLater

Lazada PayLater tidak bisa digunakan karena telat bayar dapat diatasi dengan membayar tagihan paylater beserta dendanya agar limit paylater dikembalikan seperti semula. Setelah limi Lazada kembali, kamu dapat menggunakan fitur ini seperti biasa.

Pastikan kamu membaca Syarat Dan Ketentuan penggunaan Lazada PayLater untuk menghindari hal – hal yang dilarang sehingga Lazada PayLater kamu tetap bisa digunakan saat belanja.

Baca Juga : Pengajuan Lazada PayLater Ditolak? Ini 10 Solusinya [100% Berhasil]

Jika telah menggunakan fitur pembayaran ini, pastikan kamu melunasi tagihan atas limit yang telah kamu gunakan agar fitur Lazada PayLater tidak dibatasi atau ditangguhkan sehingga kamu tidak akan bisa menggunakannya kembali.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar Lazada PayLater, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba !

x