13 Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini 2022 : Error / Lemot

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab OVO gangguan hari ini 2022 yaitu karena Developer OVO sedang melakukan Maintenance pada server atau sistem aplikasi, sehingga untuk sementara OVO tidak bisa di akses.

Layanan transaksi secara digital saat ini menjadi trend yang banyak dipilih oleh kaum millenial saat ini.

Kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi menjadi alasan yang utama kenapa transaksi secara digital lebih dipilih dibandingkan transaksi konvensional.

Salah satu layanan yang memudahkan transaksi digital adalah aplikasi OVO. OVO merupakan salah satu e-wallet yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran serta menyimpan dan transfer uang hanya lewat Ponsel.

Apakah OVO Gangguan Hari Ini?

Namun terlepas dari kemudahan yang diberikan, pastinya OVO juga tidak luput dari kendala error pada saat digunakan. OVO gangguan hari ini biasanya ditandai dengan notifikasi error pada saat aplikasi digunakan.

Tidak sedikit pula pengguna yang mengalami kendala OVO bermasalah dan langsung keluar aplikasi (log out) atau lebih sering disebut Force Close.

Nah untuk mengetahui apakah OVO sedang gangguan hari ini, kamu dapat menggunakan beberapa metode seperti cek lewat website, media sosial resmi OVO atau dengan membuka aplikasi OVO di HP teman atau kerabat.

1. Cek Lewat Website

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui apakah aplikasi OVO sedang bermasalah hari ini yaitu dengan menggunakan website cek gangguan secara online.

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini
Status Server OVO

Situs cekgangguan.id adalah salah satu website yang terbukti kredibel dalam menampilkan status / kendala pada aplikasi secara real – time sehingga kamu dapat mengetahui apakah OVO gangguan hari ini.

2. Cek Lewat Media Sosial OVO

Untuk mengetahui sampai kapan OVO gangguan kamu dapat melakukan pengecekan secara berkala lewat media sosial resmi OVO seperti Facebook, Twitter, atau Instagram OVO.

Informasi Maintenance OVO

Selain itu, kamu juga dapat melihat update status aplikasi lewat website resmi OVO Indonesia.

3. Buka Aplikasi OVO Di HP Lain

Untuk mengantisipasi OVO gangguan karena masalah pada ponsel yang sedang kamu gunakan, kamu dapat melakukan pengecekan secara manual dengan membuka aplikasi OVO di HP lain.

Jika ternyata aplikasi dapat terbuka dengan normal, itu artinya terdapat masalah pada ponsel atau aplikasi yang terinstall di ponsel kamu.

Penyebab OVO Gangguan Hari Ini 2022

Pada dasarnya ada beberapa penyebab OVO gangguan hari ini 2022 seperti maintenance server, terdapat bug pada aplikasi / ponsel atau aplikasi OVO crash karena belum di update setelah pembaharuan sistem.

Berikut rincian penyebab aplikasi OVO mengalami gangguan hari ini :

1. Maintenance Server OVO

Aplikasi OVO terkadang melakukan perbaikan (maintenance) atau pembaharuan (updating) pada server untuk memberikan performa yang lebih baik.

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini
Maintenance Server OVO

Saat proses maintenance server berjalan, tentunya semua proses yang berkaitan dengan server aplikasi tidak bisa dilakukan.

Biasanya sebelum melakukan perbaikan pada server, pihak OVO akan memberikan informasi kepada pengguna melalui website atau media sosial resmi OVO.

2. Koneksi Internet Buruk

Penggunaan koneksi internet menjadi hal yang penting dalam mengakses server terutama saat melakukan transaksi.

Jika koneksi yang dimiliki tidak stabil, maka respon terhadap server menjadi lambat sehingga tidak bisa menampilkan data transaksi di aplikasi OVO sehingga OVO menjadi error.

3. Transaksi OVO Pada Jam Sibuk

Salah satu penyebab OVO error hari ini yaitu karena transaksi dilakukan pada jam sibuk sehingga server gagal merespon data transaksi karena banyaknya akses IP secara bersamaan.

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini
OVO Error

Kamu perlu tahu bahwa transaksi akan menjadi sangat banyak pada jam sibuk yang dimulai pada pukul 11.00 – 13.00. Bukan hanya pada siang harinya saja, melainkan juga malam hari sekitar pukul 23.00 – 01.00 juga harus dihindari.

4. Cache Apk Penuh

Aplikasi OVO tidak bisa digunakan karena keluar sendiri (force close) disebabkan karena ruang penyimpanan sementara (chache) aplikasi sudah menumpuk karena tidak pernah dibersihkan.

Baca Juga : OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab? Ini 10 Penyebab & Solusinya !

Chache sendiri merupakan data aktivitas sementara yang berfungsi untuk menyimpan aktivitas terakhir kamu di aplikasi OVO.

5. Versi Aplikasi OVO Sudah Usang

Setelah maintenance server OVO selesai, biasanya terdapat pembaharuan versi pada aplikasi di Playstore maupun Appstore.

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini
Aplikasi OVO Error

Tidak mengupdate aplikasi OVO setelah maitenance server dapat menyebabkan OVO gangguan karena adanya bug setelah pembaharuan selesai.

6. Instalasi OVO Tidak Dari Sumber Resmi

Menginstall aplikasi OVO bukan dari sumber resmi akan memperbesar kemungkinan OVO Error tidak bisa login karena terdapat virus / malware pada saat aplikasi di-unduh.

Baca Juga : 14 Penyebab OVO Tidak Bisa Login Dan Cara Mengatasinya !

Biasanya beberapa website di Google menyediakan aplikasi OVO yang sudah dimodifikasi untuk tujuan khusus tetapi memiliki resiko error saat digunakan.

Cara Mengatasi OVO Error Hari Ini

Ada beberapa cara mengatasi OVO error hari ini seperti memastikan status server OVO sudah normal kembali, melakukan pengecekan pembaharuan aplikasi, serta memastikan apk OVO di-install dari sumber resmi seperti Playstore dan Appstore.

Berikut beberapa cara mengatasi aplikasi OVO yang error yang dapat kamu coba :

1. Cek Status Server OVO

Maintenance pada server OVO biasanya hanya berlangsung sementara. Oleh sebab itu, pastikan server OVO sudah normal sebelum kamu melakukan transaksi kembali di aplikasi OVO.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan status upgrade atau maintenance server OVO secara berkala lewat media sosial atau website resmi OVO Indonesia.

2. Re-Login Apk OVO

Untuk mengatasi bug pada aplikasi yang menyebabkan OVO gangguan dapat diatasi dengan melakukan re-open aplikasi / re-login ulang akun OVO.

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini
Re-Login Akun OVO

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa akun yang digunakan aman tidak diblokir oleh pihak OVO. Setidaknya lakukan login ulang ke aplikasi OVO secara rutin 1 bulan sekali.

Sedangkan re-open aplikasi OVO dapat kamu lakukan dengan cara :

  • Segera tutup aplikasi OVO yang sedang terbuka di ponsel kamu.
  • Hapus aplikasi dari daftar Recent Apps.
  • Selanjutnya buka kembali aplikasi OVO.

3. Restart Ponsel

Aplikasi OVO mengalami gangguan karena masalah pada ponsel dapat diatasi dengan me-restart ponsel dengan cara :

  • Klik tombol Power pada ponsel.
  • Tunggu beberapa saat sampai perintah restart muncul.
  • Klik Restart lalu tunggu proses booting pada ponsel.
  • Setelah ponsel normal buka kembali aplikasi OVO.

4. Clear Cache

Aplikasi OVO lagi gangguan hari ini juga dapat diatasi dengan menghapus data dan chache aplikasi secara berkala dengan cara :

Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini
Hapus Chache Aplikasi OVO
  • Buka Pengaturan pada ponsel.
  • Selanjutnya buka Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Pilih aplikasi OVO.
  • Klik Hapus Chache lalu klik Konfirmasi.

Sebaiknya lakukan pembersihan chache secara rutin pada aplikasi. Setidaknya lakukan pembersihan kurang lebih 2 minggu sekali untuk penggunaan aplikasi yang lebih lancar dan nyaman. 

5. Hindari Transaksi Pada Jam Sibuk

Untuk menghindari OVO error tidak bisa transaksi, maka sebaiknya hindari melakukan transaksi pada jam sibuk yaitu pukul 11.00 – 13.00 dan pukul 23.00 – 01.00.

Baca Juga : 13 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya !

Jika memang terpaksa harus melakukan transaksi pada waktu tersebut, maka sebaiknya pastikan aplikasi sedang normal serta koneksi internet lancar.

6. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Selanjutnya pastikan koneksi internet yang kamu gunakan lancar dengan melakukan pengecekan pada paket Data Internet serta Bar Sinyal pada ponsel.

Jika ternyata koneksi internet terganggu, kamu dapat mengatasinya dengan beberapa opsi berikut ini :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

7. Update Aplikasi

Untuk menghindari bug yang menyebabkan OVO gangguan hari ini dapat diatasi dengan mengupdate aplikasi OVO lewat Playstore maupun Appstore dengan cara :

  • Buka Playstore atau Appstore.
  • Klik Profil dibagian kanan atas.
  • Pilih Kelola Aplikasi Dan Perangkat.
  • Pilh aplikasi dengan kategori Update Tersedia.
  • Cari aplikasi OVO.
  • Klik Update lalu tunggu sampai proses updating selesai.

Penutup

Jika tidak terdapat masalah pada koneksi internet atau ponsel, biasanya aplikasi OVO gangguan akan normal kembali. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat lalu coba transaksi kembali di aplikasi OVO.

Baca Juga : 10 Cara Top Up OVO Pakai Pulsa [ √ 100% Work]

Selain beberapa cara diatas, kamu juga dapat mengatasi OVO gangguan hari ini dengan memastikan ponsel normal, yaitu dengan cara :

  • Re-install aplikasi OVO.
  • Periksa kapasitas penyimpanan pada ponsel.
  • Update OS Ponsel ke versi terbaru.
  • Paksa berhenti aplikasi lalu login kembali.
  • Gunakan ponsel lain untuk membuka aplikasi OVO.

Jika setelah mencoba beberapa cara diatas aplikasi OVO tetap error, kamu dapat menyampaikan keluhan ke CS OVO melalui :

  • Email : cs@OVO.id.
  • Sosial Media : OVO Indonesia.
  • Via Telepone : 1 500 696.

Atau lewat Chat di aplikasi OVO dengan cara :

  • Buka aplikasi OVO lalu pilih menu Profile Akun.
  • Klik Pusat Bantuan.
  • Pilih jenis keluhan Transfer lalu pilih OVO ke OVO.
  • Klik Mulai Chat.

Selamat mencoba !

5/5 - (27 votes)
x