Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya [√ 100% Work]

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab OVO tidak bisa transfer saldo yaitu karena akun OVO belum di-upgrade menjadi OVO Premier. Selain itu, kamu wajib tahu alasan lain yang menyebabkan OVO gagal transfer saldo.

Kemudahan melakukan transaksi dalam berbagai keperluan sekarang semakin mudah dengan hadirnya layanan e-wallet.

OVO menjadi salah satu Dompet Digital yang memiliki banyak sekali penggunanya di Indonesia. Aplikasi OVO menyediakan berbagai macam keperluan seperti transaksi pembayaran sampai dengan transfer saldo.

Namun akhir – akhir ini banyak keluhan terkait transaksi di aplikasi OVO khususnya kegagalan saat transfer saldo. Transfer saldo OVO gagal bisa terjadi secara bersamaan atau mungkin hanya dialami oleh beberapa pengguna saja.

Sekilas Tentang Aplikasi OVO

OVO adalah aplikasi mobile payment atau pembayaran digital yang sangat populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi pembayaran, transfer uang dan pembelian produk secara online dengan mudah dan cepat.

OVO memiliki berbagai fitur menarik, seperti cashback dan diskon pada berbagai merchant dan layanan yang bekerja sama dengan OVO, termasuk restoran, bioskop, toko online dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membeli pulsa, membayar tagihan listrik, air, telepon dan berbagai tagihan lainnya dengan mudah dan cepat.

Kenapa OVO Tidak Bisa Transfer Hari Ini?

Faktor utama penyebab OVO tidak bisa transfer hari ini yaitu karena aplikasi OVO sedang gangguan (maintenance) serta akun OVO yang masih berstatus basic. Fitur transfer saldo OVO hanya bisa diakses oleh akun OVO Premier.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu meng-upgrade akun sebelum melakukan transfer. Cara meng-upgrade akun menjadi OVO Premiere cukup mudah, yaitu dengan mengupload KTP beserta KTP + Selfie kemudian mengisi beberapa informasi terkait akun agar mempermudah proses verifikasi.

Pada umumnya hampir semua Dompet Digital seperti Dana, GoPay atau ShopeePay pasti pernah mengalami kendala gagal transfer.

Hal ini tentunya merupakan hal yang umum terjadi untuk jenis aplikasi perbankan dan keuangan. Meskipun begitu, kamu tetap harus mengetahui penyebab transfer OVO gagal untuk mengantasipasinya.

OVO tidak bisa transfer saldo disebabkan karena saldo OVO kurang, aplikasi belum di-update, terdapat bug pada aplikasi karena chache atau fitur transfer OVO sedang error karena Maintenance server.

Selain itu, masalah eksternal seperti OS / Type ponsel yang sudah tidak kompatibel, ruang penyimpanan ponsel yang penuh, atau koneksi internet terputus juga dapat menyebabkan tidak bisa transfer OVO.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Saldo

Meskipun kendala ini jarang terjadi, namun kamu perlu mengetahui faktor – faktor penyebab transfer OVO tidak berhasil.

Secara umum, berikut penyebab OVO tidak bisa transfer saldo :

  • Akun OVO masih Basic belum Premier.
  • Aplikasi OVO sedang mengalami gangguan layanan.
  • OVO sudah limit transfer.
  • Nomor akun OVO Penerima salah atau tidak valid.
  • Saldo OVO kamu kurang saat transfer.
  • Tidak bisa transfer karena Koneksi internet erorr.
  • Aplikasi OVO belum di upadate.

Berikut ini penjelasan kenapa OVO tidak bisa transfer saldo :

1. OVO Belum Premier

Penyebab utama aplikasi OVO tidak bisa transfer ke Bank yaitu karena akun OVO masih berstatus basic karena belum di-upgrade ke OVO Premier untuk mendapatkan fitur transfer saldo.

Fitur ini OVO Premier hanya bisa digunakan jika kamu sudah melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer) dengan melampirkan foto KTP dan Foto diri + KTP.

2. OVO Sedang Mengalami Gangguan Layanan

Server atau sistem aplikasi OVO yang sedang di-update (updating) atau diperbaiki (maintenance) secara berkala dapat menyebabkan OVO gagal transfer kode 500.

Secara rutin aplikasi OVO akan melakukan maintenance terhadap server yang digunakan. Hal ini penting untuk mengatasi bug serta meningkatkan fitur pada aplikasi.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya
OVO Tidak Bisa Transfer Kode 500

Tetapi pada umumnya, Developer OVO akan menyampaikan informasi adanya maintenance server melalui notifikasi aplikasi atau media sosial resmi OVO.

Saat proses Maintenance sedang berlangsung maka beberapa fitur akan berhenti sementara, termasuk fitur transfer saldo di aplikasi OVO.

3. Akun OVO Limit

Setiap akun yang kamu miliki pada aplikasi OVO memiliki limit atau batas saldo maksimum berdasarkan akumulasi semua transaksi setiap bulannya.

Nah, salah satu penyebab OVO tidak bisa transfer saldo ke Dana yaitu karena akun OVO kamu sudah mencapai limit maksimum yaitu 20 juta rupiah / bulan sehingga transfer saldo tidak dapat diproses.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya
Limit Transfer Akun OVO

OVO membagi pengguna dalam dua jenis yaitu OVO club dan OVO Premier. Untuk pengguna OVO club memiliki limit top up saldo mencapai Rp2.000.000 dengan limit maksimum Rp20.000.000 per bulannya.

Sedangkan untuk OVO Premier memiliki limit saldo Rp10.000.000 dengan limit maksimum Rp20.000.000 per bulannya.

4. Nomor Penerima Transfer Salah

Kesalahan penulisan nomor HP akun OVO penerima transfer saldo adalah penyebab OVO Premier tidak bisa transfer saldo.

Sistem melakukan deteksi terhadap akun yang akan dilakukan pengiriman. Jika Nomor HP penerima tidak terdaftar maka transfer tidak dapat diproses atau transaksi menjadi gagal.

5. Saldo OVO Kurang

Penyebab OVO tidak bisa transfer ke Bank adalah saldo OVO kurang setelah di-akumulasikan dengan biaya admin transfer saldo sebesar 2.500 rupiah sehingga transfer tidak bisa diproses.

Untuk mengirim saldo, kamu wajib memiliki 10 ribu rupiah saldo OVO di Balance saldo kamu. Hal ini karena minimum transfer saldo OVO ke akun lain adalah 10 ribu rupiah.

Sedangkan untuk transfer OVO ke Bank, kamu wajib membayar biaya admin sebesar Rp2.500 yang akan langsung di akumulasikan ke total biaya yang akan terpotong dari balance saldo OVO kamu.

6. Koneksi Internet Terputus

Kualitas koneksi internet yang buruk atau bahkan terputus sehingga transaksi menjadi galat adalah penyebab utama kenapa OVO tidak bisa transfer ke Bank BRI.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya
OVO Koneksi Internet Error

Koneksi internet terputus tiba – tiba akan mengakibatkan proses transfer menjadi pending. Tidak hanya itu, transfer juga akan gagal karena data riwayat saldo tidak diterima dengan baik oleh server OVO.

7. Aplikasi OVO Belum Update

Setelah maintenance selesai biasanya aplikasi OVO akan meminta update untuk memperbaharui fitur – fitur yang telah diperbaiki pada saat perbaikan server.

Jika permintaan pembaharuan aplikasi OVO sudah muncul, kamu wajib melakukan update aplikasi untuk menghindari bug pada versi aplikasi yang lama.

Adanya bug pada aplikasi karena tidak diperbaharui setelah maintenace server dapat menyebabkan kendala saat transfer salah satunya yaitu masalah OVO tidak bisa transfer ke BCA, BSI atau CIMB Niaga.

Cara Mengatasi OVO Tidak Bisa Transfer Saldo

Tidak bisa transfer OVO ke Bank / Akun lain dapat diatasi dengan beberapa cara seperti menghapus chache lalu mengupdate aplikasi, upgrade ke OVO Premier serta memastikan koneksi internet dan ponsel tidak bermasalah.

Secara rinci, berikut solusi tidak bisa transfer saldo OVO yang dapat kamu coba :

1. Upgrade OVO Club Ke OVO Premier

Pada dasarnya, fitur transfer saldo OVO ke akun lain atau ke Rekening Bank hanya tersedia bagi pengguna yang sudah upgrade menjadi akun OVO Premier.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya
Upgrade OVO Premier

Oleh sebab itu, kamu dapat melakukan upgrade akun OVO dengan fitur Know Your Customer (KYC) agar dapat mengirim saldo. Caranya :

  • Buka aplikasi OVO.
  • Pilih menu Profile lalu klik Upgrade.
  • Siapkan kartu identitas seperti KTP / SIM dan foto diri beserta KTP.
  • Isi data sesuai KTP / SIM.
  • Isikan nama ibu kandung.
  • Klik Konfirmasi.
  • Tunggu pengajuan cara daftar OVO Premier diterima.

Jika proses verifikasi selesai dan berhasil, maka kamu sudah bisa menggunakan fitur transfer untuk bertransaksi selama masih belum masuk dalam batas limit yang tersedia.

2. Re – Login Akun OVO

Transfer OVO tidak berhasil karena error akibat bug pada aplikasi dapat diatasi dengan cara logout akun OVO kemudian login kembali (re-login).

Caranya :

  • Buka aplikasi OVO lalu pilih keluar akun lewat menu Profil > Logout.
  • Tunggu beberapa saat lalu login kembali ke aplikasi OVO.
  • Masukkan Nomor HP akun OVO.
  • Tunggu kode OTP masuk ke SMS lalu masukkan kode OTP pada kolom yang tersedia.
  • Tunggu sampai proses login berhasil.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bug pada aplikasi setelah proses perbaikan atau pembaharuan sehingga aplikasi normal kembali.

3. Hapus Cache Dan Update Aplikasi

Setiap penggunaan aplikasi secara terus menerus akan menyimpan cache berlebihan. Cache yang terlalu berlebihan akan membuat aplikasi menjadi lambat untuk mengakses proses yang baru seperti transfer ke akun lainnya.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Solusinya
Hapus Chache Aplikasi OVO

Oleh sebab itu, coba hapus chache OVO dengan cara :

  • Buka Pengaturan pada ponsel.
  • Selanjutnya buka Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Pilih aplikasi OVO.
  • Klik Hapus Chache lalu klik Konfirmasi.

Setelah itu, lakukan pembaharuan aplikasi OVO lewat Google Playstore atau Appstore dengan cara :

  • Buka Playstore atau Appstore.
  • Klik Profil dibagian kanan atas.
  • Pilih Kelola Aplikasi Dan Perangkat.
  • Pilh aplikasi dengan kategori Update Tersedia.
  • Cari aplikasi OVO.
  • Klik Update lalu tunggu sampai proses updating selesai.

4. Pastikan Koneksi Internet Normal

Untuk menghindari transfer OVO gagal karena masalah koneksi internet, sebaiknya cek kecepatan koneksi internet di ponsel kamu dengan melihat tingkat bar sinyal dibagian atas ponsel.

Selain, kamu juga dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet di ponsel kamu dengan cara :

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch Data – Restart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

5. Restart Ponsel

OVO tidak bisa transfer saldo karena handphone yang kamu gunakan error akibat kapasitas penyimpanan penuh dapat diatasi dengan me-restart hanphone agar ponsel normal kembali.

Caranya :

  • Klik tombol Power pada ponsel.
  • Tunggu sampai perintah restart muncul.
  • Klik Restart lalu tunggu proses booting pada ponsel.
  • Setelah ponsel normal buka kembali aplikasi OVO.

6. Hubungi CS OVO

Jika setelah melakukan ke-empat langkah diatas namun akun OVO kamu tetap tidak bisa mengirim saldo, maka sebaiknya hubungi Customer Service OVO melalui :

  • Email : cs@OVO.id
  • Sosial Media : OVO Indonesia
  • Via Telepone : 1 500 696

Atau lewat Chat di aplikasi OVO dengan cara :

  • Buka aplikasi OVO lalu pilih menu Profile Akun.
  • Klik Pusat Bantuan.
  • Pilih jenis keluhan Transfer lalu pilih OVO ke OVO.
  • Selanjutnya pilih mengapa saya tidak bisa melakukan transfer ke sesama akun OVO.
  •  Terakhir klik Mulai Chat.

OVO Tidak Bisa Transfer General Error

JOVO tidak bisa transfer dengan notifikasi General Error disebabkan karena masalah koneksi internet yang buruk. Pastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan stabil dan cepat saat menggunakan OVO.

Selain itu, pastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru dari aplikasi OVO dan melakukan update terbaru untuk memperbaiki kesalahan atau bug pada aplikasi.

Selain itu, kamu juga mengatasi OVO tidak bisa transfer General Error dengan membersihkan cache dan data aplikasi OVO. Caranya adalah dengan membuka pengaturan di ponsel, kemudian pilih aplikasi OVO lalu pilih Clear Data dan Clear Cache.

Setelah itu, coba jalankan aplikasi OVO kembali dan lakukan transfer uang. Jika masalah masih terjadi setelah melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya kamu menghubungi CS OVO.

OVO Tidak Bisa Transfer Kode 500

Dalam kasus lain, ada juga kegagalan transfer saldo OVO dengan notifikasi kode 500. Adapun bentuk notifikasi OVO gagal transfer ini adalah sebagai berikut :

500-{“code”:3,”conternt”:

{“present”:false},”message”:”Internal server error”}

Saat ini transaksi Anda tidak dapat diproses, silahkan mencoba kembali

Penyebab OVO tidak bisa transfer kode 500 berasal dari internal ponsel atau akun kamu, misalnya karena koneksi internet di HP kamu terputus tiba – tiba atau karena akun OVO yang  kamu gunakan sedang diblokir sementara.

Untuk mengatasinya, silahkan reload aplikasi OVO atau hubungi CS OVO untuk meminta memulihkan akun OVO yang diblokir sementara atau permanen agar dapat digunakan kembali.

Solusi OVO Gangguan Transfer Hari Ini

OVO tidak bisa transfer saldo ke akun lain atau ke rekening Bank pada dasarnya hanya bersifat sementara jika tidak ditemukan pelanggaran pada akun OVO yang sedang kamu gunakan.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi OVO Gangguan Hari Ini : Error / Lemot

Namun, jika ternyata akun OVO kamu terbukti melanggar Panduan Komunitas OVO, maka tidak menutup kemungkinan akun akan dibatasi sementara bahkan permanen.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke OVO : Gratis, Murah & Rate Tinggi

Dilansir dari lama resmi OVO sendiri, ada beberapa solusi OVO gangguan transfer hari ini yaitu :

  • Pastikan level akun OVO kamu sudah Premier. Menu Transfer antar OVO atau ke Rekening Bank hanya bisa dilakukan untuk level akun Premier.
  • Lakukan reinstall aplikasi OVO kamu dan coba kembali secara berkala.
  • Pastikan kamu memiliki jaringan internet yang stabil.
  • Pastikan kamu telah mengunduh aplikasi resmi OVO di Play Store atau App Store.
  • Pastikan kamu tidak melakukan transfer melebihi batas yang telah ditentukan oleh OVO. 

Jika masalah kamu belum teratasi, ada baiknya kamu menghubungi CS OVO untuk mendapatkan penjelasan mengenai masalah transfer OVO gagal melalui :

  • Telp : 1 500 696.
  • cs@ovo.id.
  • merchant.support@ovo.id.
  • @ovo_id.
  • @ovo_id.
  • @OVOIDN.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.