Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

√ OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab? 10 Penyebab Dan Solusinya !

4 min read

OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab OVO tidak bisa digunakan di Grab yaitu karena Nomor akun OVO berbeda dengan nomor akun Grab sehingga fitur pembayaran OVO tidak bisa diaktifkan di aplikasi Grab.

Siapa yang sering menggunakan aplikasi Grab untuk kebutuhan sehari – hari? Grab memberikan layanan untuk transportasi serta transaksi yang lebih mudah dan cepat.

Dilansir dari Wikipedia, Grab merupakan salah satu platform layanan on demand asal Malaysia yang bermarkas di Singapura. Berawal dari layanan transportasi, Grab kini telah mempunyai layanan lain seperti pengantaran makanan dan pembayaran yang bisa diakses lewat aplikasi mobile.

Sedangkan OVO adalah salah satu dompet digital yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di Merchant offline dan online secara gratis.

Salah satu merchant yang kini bekerja sama dengan OVO sebagai metode pembayarannya adalah Grab Indonesia. Itu artinya, semua transaksi di aplikasi Grab dapat dibayar menggunakan saldo OVO.

Cara Aktivasi OVO Di Grab

Namun untuk menggunakan metode pembayaran OVO di aplikasi Grab, kamu wajib melakukan aktivasi OVO di Grab. Berikut langkah – langkah aktivasi OVO di Grab :

  • Login ke aplikasi Grab di ponsel kamu.
  • Pastikan data email dan nomor ponsel pada kedua aplikasi sama.
  • Pilih menu Activate di sudut kiri atas halaman Beranda.
  • Lanjutkan dengan klik Activate Now pada laman berikutnya.
  • Kamu akan menerima SMS yang berisi kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP yang didaftarkan, masukkan kode ini di aplikasi Grab.
  • Kamu akan menerima pesan konfirmasi bahwa aplikasi Grab dan OVO sudah terhubung.

Setelah terhubung, kamu sudah bisa menggunakan saldo OVO untuk membayar biaya Grabcar, Grabride maupun Grabfood di aplikasi Grab.

Penyebab OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab

Namun perlu kamu ketahui, dalam beberapa kasus OVO terkadang tidak bisa terhubung ke Grab sehingga metode pembayaran ini tidak dapat digunakan.

Penyebab kenapa saldo OVO tidak bisa digunakan di Grab antara lain karena nomor yang digunakan di OVO dan Grab berbeda, Nomor OVO sudah digunakan di akun Grab lain atau akun OVO yang sudah mencapai batas limit saldo bulanan.

Secara rinci, ini beberapa penyebab kenapa Grab tidak bisa bayar pakai saldo OVO :

1. Nomor OVO Dan Grab Berbeda

Untuk bisa bertransaksi di aplikasi Grab, maka akun OVO dan Grab harus dihubungkan terlebih dahulu. Hanya saja kamu tidak bisa menautkan nomor akun OVO lain di aplikasi Grab.

OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab
Nomor OVO Dan Grab Berbeda

Adanya perbedaan pada nomor akun OVO dan Grab akan mengakibatkan fitur pembayaran OVO tidak bisa diaktivasi di Grab sehingga menyebakan Grab tidak bayar pakai OVO.

2. Akun OVO Sudah Limit

OVO Club dan OVO Premier memiliki batas maksimum transaksi perbulan atau biasa disebut dengan limit transaksi bulanan.

OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab
Akun OVO Limit

Nah, salah satu penyebab OVO tidak bisa dipakai di Grab yaitu karena akun OVO kamu sudah mencapai limit maksimum yaitu 20 juta rupiah / bulan sehingga fitur pembayaran OVO tidak bisa dipilih.

3. OVO Terhubung Ke Akun Grab Lain

Penyebab lain kenapa OVO tidak bisa dipilih di Grab yaitu karena nomor OVO telah digunakan di akun Grab lain. Fyi, 1 akun OVO hanya bisa ditautkan ke 1 akun Grab saja.

Akun OVO yang terdeteksi menggunakan 2 akun Grab harus diputuskan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah disambungkan ulang dengan menggunakan nomor akun Grab yang sama.

4. Menggunakan Nomor Luar Negeri

Menghubungkan akun OVO yang menggunakan nomor luar negeri dengan aplikasi Grab memang bisa dilakukan. Namun, nantinya tidak bisa dilakukan transaksi dengan menggunakan akun OVO tersebut.

Baca Juga : 7 Cara Top Up OVO Lewat BRImo Tanpa Kode VA

Karena dari pihak OVO memberikan syarat untuk menggunakan provider lokal Indonesia agar bisa melakukan transaksi menggunakan saldo OVO di Grab.

7. Saldo OVO Kurang

Penyebab utama Grab tidak bisa bayar pakai OVO yaitu karena saldo di aplikasi OVO kurang dari total tagihan pembayaran di aplikasi Grab sehingga fitur pembayaran OVO tidak bisa di-klik.

OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab
Saldo OVO Kurang

Bahkan kurang  1 Rupiah saja maka pembayaran tidak bisa dilakukan. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu bahwa kamu memiliki saldo melebihi dari jumlah nominal di aplikasi Grab.

8. Akun OVO Di Blokir

OVO diblokir sementara atau bahkan permanen karena adanya indikasi pelanggaran akun akan membuat fitur pembayaran ini tidak dapat digunakan termasuk di aplikasi Grab.

OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab
OVO Terblokir

Biasanya akun OVO dibatasi ditandai dengan munculnya notifikasi pembatasan di aplikasi OVO atau akun tidak bisa login kembali setelah logout.

9. Transaksi Belum Selesai Di Grab

Metode pembayaran OVO ditolak di Grab terjadi karena ada transaksi lain yang belum selesai di aplikasi Grab dan menggunakan metode pembayaran yang sama dengan saldo OVO.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke OVO : Gratis, Murah & Rate Tinggi

Pembayaran ditolak ini hanya berlaku untuk jenis pembayaran yang sama. Jika jenis pembayaran yang dipilih berbeda, maka saldo OVO tetap dapat digunakan di Grab.

10. Melebihi Batas Pembayaran

Saldo OVO tidak bisa digunakan di Grab karena telah mencapai batas tagihan maksimum yaitu Rp800.000 rupiah untuk sekali transaksi.

Baca Juga : 14 Cara Mengatasi OVO Tidak Bisa Login [99% Berhasil]

Jika nominal melebihi dari batas tersebut maka secara otomatis tidak bisa dilakukan pembayaran dengan menggunakan OVO. Oleh sebab itu kamu harus menggunakan metode pembayaran lainnya.

Cara Mengatasi OVO Tidak Bisa Dipakai Di Grab

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar metode pembayaran OVO dapat digunakan di aplikasi Grab seperti mengupgrade akun OVO untuk menghindari limit, mengganti nomor HP OVO serta memastikan saldo OVO cukup saat membayar tagihan di Grab.

Dilansir dari lama resmi help.grab, berikut beberapa cara untuk mengatasi saldo OVO tidak bisa digunakan di Grab yang dapat kamu coba :

  • Perbarui akun OVO ke Premier dan batas saldo terkendali.
  • Samakan nomor HP dan email akun OVO dengan di Grab.
  • Gunakan nomor provider lokal untuk akun OVO.
  • Laporkan di jika di nomor asing ada sisa saldo Rupiah.

Selain Grab, OVO juga memberikan tips untuk kamu yang kesulitan menggunakan OVO di aplikasi Grab, yaitu :

  • Pastikan aplikasi OVO kamu sudah terhubung dengan aplikasi Grab.
  • Pastikan saldo kamu cukup untuk transaksi yang akan digunakan.
  • Pastikan kamu tidak memiliki transaksi yang belum selesai pembayarannya di Grab.
  • Pastikan akun Grab kamu sudah memiliki GrabPay PIN.
  • Pastikan jaringan handphone kamu dalam keadaan stabil/baik.

Cara Mengaktifkan Ulang OVO Di Grab

Jika ternyata nomor OVO dan Grab berbeda, kamu dapat mengaktifkan ulang OVO di Grab untuk mengganti salah satu nomor di kedua aplikasi ini agar kedua nomor dapat saling terhubung.

OVO Tidak Bisa Digunakan Di Grab
Aktivasi Ulang OVO Di Grab

Berikut cara aktivasi ulang OVO di Grab untuk mengganti nomor :

  • Pertama ubah nomor handphone di aplikasi OVO dengan nomor HP di akun Grab.
  • Buka aplikasi OVO lalu klik logo yang berada di kanan atas halaman utama OVO.
  • Silahkan klik menu Edit Profil.
  • Klik Ubah untuk mengganti Nomor HP OVO.
  • Masukkan nomor handphone yang sesuai dengan Nomor HP akun Grab lalu klik Simpan.

Kesimpulan

Solusi paling tepat untuk mengatasi saldo OVO tidak bisa digunakan di Grab adalah dengan mengganti salah satu nomor HP diantara kedua akun dengan cara aktivasi ulang OVO di Grab menggunakan nomor HP yang sesuai.

Baca Juga : 13 Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Dan Cara Mengatasinya !

Jika kamu sudah menggunakan cara diatas namun ternyata OVO tetap belum terhubung ke Grab, maka silahkan hubungi CS OVO melalui :

  • Email : cs@OVO.id.
  • Sosial Media : OVO Indonesia.
  • Via Telepone : 1 500 696.

Atau lewat Chat di aplikasi OVO dengan cara :

  • Buka aplikasi OVO lalu pilih menu Profile Akun.
  • Klik Pusat Bantuan.
  • Pilih jenis keluhan Transfer lalu pilih OVO ke OVO.
  • Selanjutnya pilih mengapa saya tidak bisa melakukan transfer ke sesama akun OVO.
  •  Terakhir klik Mulai Chat.

Selamat mencoba !

4.9/5 - (17 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.