ShopeePay Tidak Bisa Digunakan? Ini 10 Solusinya [99% Berhasil]

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Saat Belanja

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengalami kendala ShopeePay tidak bisa digunakan untuk belanja? Tentunya kamu akan merasa ‘jengkel’ bukan? Tenang, berikut penyebab dan solusi ShopeePay tidak bisa digunakan di aplikasi Shopee !

ShopeePay merupakan salah satu Dompet Digital (e-wallet) yang khusus digunakan untuk berbelanja di aplikasi Shopee.

Setiap pengguna Shopee bisa mengaktifkan metode pembayaran ShopeePay hanya dengan melakukan verifikasi identitas (upgrade ShopeePay Plus).

Fitur Top Up saldo ShopeePay juga sangat membantu pengguna yang ingin melakukan pembayaran pesanan tanpa harus menggunakan Rekening Bank atau transfer virtual account.

Selain itu, dengan membayar menggunakan ShopeePay, mitra Shopee berkesempatan mendapatkan fitur – fitur menarik dari Shopee seperti voucher gratis ongkir, voucher cashback hingga keuntungan bebas biaya layanan.

Kenapa ShopeePay Tidak Bisa Digunakan?

Layaknya sebuah sistem pembayaran, ShopeePay juga tidak luput dari kelemahan. Salah satu kendala yang kerap dialami oleh pengguna Shopee yakni metode pembayaran ShopeePay yang tidak bisa digunakan padahal sudah verifikasi dan saldo cukup.

Menilik permasalahan ini, tentunya kamu harus menentukan faktor – faktor yang menjadi penyebab ShopeePay error saat digunakan.

Faktor penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan di akun Shopee antara lain :

  • Fitur ShopeePay error atau sedang dalam perbaikan sistem (faktor internal).
  • Kesalahan pengguna seperti salah memasukan PIN.
  • Saldo kurang.
  • ShopeePay belum verifikasi.

Beberapa indikasi diatas dapat menyebabkan fitur ShopeePay tidak bisa digunakan untuk pembayaran di akun Shopee.

Penyebab ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

ShopeePay sebagai fitur pembayaran di Shopee tentunya menjadi “primadona” karena sangat mudah digunakan.

Adapun penyebab utama kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan yaitu karena fitur ShopeePay sedang dalam proses perbaikan akibat error, kesalahan dalam memasukkan PIN saat checkout, saldo SPay yang kurang atau akun ShopeePay belum diverifikasi.

Sedangkan menurut situs resmi help.shopee.co.id, pengguna mungkin tidak dapat mengakses akun ShopeePay karena terdapat kendala pada aplikasi atau akun ShopeePay dinonaktifkan dengan alasan memasukkan PIN ShopeePay atau password akun Shopee yang salah sebanyak 10 (sepuluh) kali dalam waktu 5 (lima) menit.

Namun ada beberapa alasan kenapa ShopeePay tidak bisa dipakai untuk belanja di Shopee.

Berikut ini adalah penyebab kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan :

1. Lupa PIN ShopeePay

Pertama kamu harus memasukkan PIN saat menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.

PIN (Personal Identification Number) adalah metode keamanan berupa 6 digit angka unik yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi di Shopee.

Salah memasukkan PIN ShopeePay akan menyebabkan fitur pembayaran ShopeePay gagal digunakan.

2. Saldo ShopeePay Tidak Cukup

Fitur pembayaran ShopeePay tidak bisa diklik dan berwarna abu – abu adalah indikasi saldo ShopeePay kamu tidak cukup untuk membeli produk di Shopee.

Agar dapat menggunakan ShopeePay, kamu harus memastikan saldo kamu cukup. Oleh sebab itu, silahkan top up saldo ShopeePay kamu lewat BRImo atau M-Banking lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi saldo ShopeePay lewat pulsa untuk menghemat uang.

3. Penjual Tidak Menerima Pembayaran ShopeePay

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua penjual menerima pembayaran dengan ShopeePay.

ShopeePay hanya bisa digunakan untuk produk yang menerima metode pembayaran yang sama.

Oleh sebab itu, kamu dapat melakukan pengecekan metode pembayaran terlebih dahulu sebelum checkout di Shopee.

4. Shopee Sedang Gangguan

Seperti aplikasi pada umumnya, Shopee juga tidak lepas dari kendala gangguan layanan.

Saat sedang gangguan, akan ada beberapa kendala yang muncul saat berbelanja, salah satunya saldo ShopeePay yang tidak bisa digunakan.

Kamu dapat mengetahui apakah Shopee sedang gangguan atau tidak lewat situs cekgangguan.id.

5. Koneksi Internet Terputus

Kendala koneksi bisa terjadi jika kamu berbelanja di Shopee menggunakan Handphone.

Koneksi terputus atau terganggu dapat menyebabkan fitur pembayaran ShopeePay tidak bisa digunakan karena aplikasi sulit merespon data.

Oleh sebab itu, pastikan kualitas koneksi internet di ponsel kamu sebelum berbelanja dengan SPay.

6. Belum Verifikasi ShopeePay

Setiap mitra Shopee yang wajib melakukan verifikasi ShopeePay sebelum menggunakan metode pembayaran ini untuk berbelanja.

Untuk verifikasi ShopeePay kamu harus mengirimkan kartu identitas seperti KTP atau KITAS.

Setelah melakukan verifikasi ShopeePay, maka fitur ini sudah dapat digunakan untuk membayar belanja di Shopee.

7. Nominal Belanja Belum Termasuk Ongkos Kirim

Perlu kamu ketahui bahwa kamu harus memiliki saldo ShopeePay setara dengan total harga produk + ongkir agar dapat menggunakan ShopeePay.

Jika saldo kurang dari akumulasi harga tersebut, maka otomatis ShopeePay tidak bisa dipakai saat belanja di Shopee.

Misalnya total belanja 50 ribu rupiah dan ongkir 30 ribu rupiah, maka kamu harus punya minimal 80 ribu rupiah saldo ShopeePay agar bisa checkout.

8. ShopeePay Sedang Error

Gagal menggunakan ShopeePay saat checkout di Shopee juga terjadi karena fitur pembayaran ShopeePay sedang mengalami gangguan atau error.

Biasanya sulitnya menggunakan fitur ini terjadi bersamaan ketika aplikasi Shopee juga mengalami gangguan layanan.

9. Akun Shopee Dibatasi

Selain karena kendala pada fitur pembayaran yang dipilih, akun Shopee yang sedang dalam pembatasan juga dapat menyebabkan sebagian atau keseluruhan fiturnya tidak bisa diakses.

Bisa jadi salah satu fitur yang tidak bisa digunakan karena akun Shopee dibatasi adalah fitur pembayaran ShopeePay.

Kenapa ShopeePay Terjadi Kesalahan?

Saat memilih metode pembayaran, ada dua indikasi ShopeePay gagal digunakan, yaitu :

  • Jika metode pembayaran ShopeePay bisa di-klik (berwarna orange), maka ShopeePay bisa digunakan untuk belanja.
  • Jika saat checkout ShopeePay tidak bisa di-klik (berwarna abu – abu) maka ShopeePay tidak bisa dipilih sebagai metode pembayaran.

Penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan yaitu karena ShopeePay belum diverifikasi, PIN Shopee salah, saldo kurang atau produk tidak menyediakan metode pembayaran dengan ShopeePay.

Berikut beberapa penjelasan mengenai beberapa alasan kenapa ShopeePay terjadi kesalahan :

1. ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Aktif

Indikasi penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan padahal sudah aktif disebabkan oleh pengguna yang belum melakukan update verifikasi identitas.

Shopee sendiri mengharuskan pengguna melakukan verifikasi ShopeePay Plus agar dapat menggunakan fitur pembayaran ShopeePay sepenuhnya.

ShopeePay dikatakan aktif jika sudah melewati proses verifikasi identitas dengan melampirkan foto KTP + Selfie beserta KTP/KITAS.

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Saat Belanja
Upgrade ShopeePay Plus

Proses upgrade ShopeePay Plus ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 x 24 jam kerja. Jika verifikasi ShopeePay berhasil, maka pengguna bisa memilih metode pembayaran ini saat checkout di aplikasi Shopee.

2. ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Padahal Saldo Cukup

Indikasi kedua mengapa ShopeePay tidak bisa digunakan padahal saldo cukup disebabkan oleh kurangnya nominal saldo ShopeePay yang merupakan akumulasi dari harga produk dan harga ongkir ketika proses pembayaran pesanan.

Sesuai dengan ketentuan Shopee bahwa saldo ShopeePay dikatakan cukup harus sejumlah total pesanan sebelum dikurangi oleh biaya ongkos kirim / koin Shopee.

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Saat Belanja
Saldo ShopeePay Kurang

Misalnya :

  • Total pesanan Shopee kamu adalah Rp50.000 dan biaya pengiriman Rp34.000 maka total saldo ShopeePay yang harus kamu miliki minimal Rp85.000.
  • Total pesanan Shopee adalah Rp50.000 dan koin Shopee yang ingin kamu gunakan adalah 10.000 koin maka total saldo ShopeePay yang harus kamu miliki minimal Rp60.000.

Setelah membayar pesanan, total saldo ShopeePay yang dipotong hanya sejumlah total pesanan setelah mendapatkan potongan voucher gratis ongkir atau potongan cashback koin Shopee.

3. ShopeePay Tidak Bisa Buat Pesanan

Indikasi berikutnya adalah ShopeePay yang tidak bisa buat pesanan karena :

  • Metode pembayaran tidak sesuai dengan voucher gratis ongkir / cashback yang kamu pilih.
  • Saldo ShopeePay kurang.
  • Belum aktivasi dan verifikasi ShopeePay plus.
  • Pesanan tidak didukung oleh pembayaran ShopeePay.

Untuk mengatasinya, pastikan bahwa kamu membaca ketentuan pemilihan metode pembayaran di deskripsi pesanan. Selain itu, pastikan pula total tagihan pesanan tidak kurang dari nominal saldo ShopeePay yang kamu miliki.

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Saat Belanja
Cek Syarat & Ketentuan Voucher ShopeePay

Voucher gratis ongkir ShopeePay tidak bisa digunakan saat belanja juga bisa disebabkan karena metode pembayaran yang tidak sesuai dengan voucher yang dipilih tidak sesuai atau nominal pesanan yang belum tercapai.

4. ShopeePay Error

Penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan bisa juga disebabkan oleh perbaikan sistem pembayaran Shopee sehingga menyebabkan ShopeePay error sementara saat checkout.

ShopeePay yang error biasanya ditandai dengan kesalahan nominal, tidak bisa di-klik atau fitur ShopeePay yang tiba – tiba hilang dari metode pembayaran.

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan Saat Belanja
ShopeePay Error

Tapi tenang, biasanya ShopeePay error hanya berlangsung sementara. Kamu bisa mencari informasi ShopeePay error ini di halaman media sosial resmi Shopee atau menanyakannya secar langsung ke Customer Service Shopee.

5. ShopeePay Belum Di Aktivasi

Selain karena beberapa penyebab diatas, terkadang juga penggunaa mengalami kendala ShopeePay tidak bisa dipakai sama sekali.

ShopeePay tidak bisa dipakai disebabkan karena pada akun Shopee belum terdapat fitur pembayaran ShopeePay sehingga fitur pembayaran ini tidak bisa digunakan saat belanja.

Biasanya akun yang baru di daftarkan belum memiliki fitur pembayaran lengkap termasuk fitur ShopeePay. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki fitur pembayaran ini agar dapat digunakan saat belanja di aplikasi Shopee.

6. Voucher ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Membayar pesanan Shopee dengan ShopeePay akan mendapatkan keuntungan berupa voucher gratis ongkir gratis dengan minimal pemesanan 30 ribu rupiah.

Namun terkadang voucher ShopeePay tidak bisa dipakai karena tidak sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih sebelumnya.

Selain itu, voucher shopeepay tidak bisa digunakan disebabkan nominal pesanan belum memenuhi syarat dan ketentuan voucher yaitu minimal belanja 30 ribu rupiah.

7. Bonus ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Bonus ShopeePay yang kamu dapatkan biasanya akan berbentuk cashback saldo. Cashback saldo ShopeePay  ini merupakan bonus yang di dapatkan dari hasil pembelian di aplikasi Shopee menggunakan metode pembayaran ini.

Namun terkadang bonus ini tidak bisa digunakan. Adapun alasan bonus ShopeePay tidak bisa digunakan karena bonus saldo ShopeePay hanya dapat digunakan di Merchant ShopeePay.

Jika digunakan di Merchant lain, kamu bisa memilih menggunakan saldo ShopeePay selama Merchant tersebut mendukung QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard – standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia).

Cara Mengatasi ShopeePay Yang Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba jika metode pembayaran ShopeePay tidak bisa digunakan saat belanja di aplikasi Shopee, seperti :

  • Pastikan ShopeePay Sudah Verifikasi : Cek status verifikasi ShopeePay di bagian profil akun Shopee – ShopeePay. Jika status ShopeePay terverifikasi, maka fitur ini sudah bisa kamu gunakan untuk Top Up saldo dan belanja.
  • Pastikan ShopeePay Cukup : Cek sisa saldo ShopeePay di halaman beranda. Jika ternyata total saldo kurang, kamu bisa mengisinya terlebih dahulu. Kamu bisa Top Up saldo ShopeePay lewat pulsa Disini.
  • PIN ShopeePay Benar : Pastikan kamu tidak salah menginput PIN ShopeePay sehingga menyebabkan ShopeePay tidak bisa digunakan. Jika kegagalan input PIN ShopeePay ini terjadi berulang kali, maka kemungkinan besar akun Shopee kamu akan dibatasi / dimoderasi.
  • Cek Metode Pembayaran Yang Tersedia : Pastikan metode pembayaran ShopeePay tersedia untuk pesanan yang ingin kamu beli. Jika metode pembayaran ShopeePay tidak tersedia, kamu bisa mencoba menggunakan fitur Shopee PayLater.
  • Cek Ketentuan Voucher ShopeePay : Cek S&K Voucher khusus ShopeePay yang ingin kamu gunakan. Pastikan minimal belanja serta syarat penggunaan voucher lainnya terpenuhi.

Cara Agar ShopeePay Bisa Digunakan

Jadi dapat disimpulkan bahwa Saldo ShopePay yang tidak bisa digunakan disebabkan oleh sistem Shopee yang sedang error atau kesalahan pengguna seperti belum verifikasi ShopeePay, saldo tidak cukup atau kesalahan menginput PIN ShopeePay saat checkout.

Jika dari beberapa indikasi diatas kamu belum menemukan solusi, segera hubungi Customer Service Shopee untuk menanyakan kendala ShopeePay yang kamu alami dengan cara :

  • Chat 24 jam (gunakan aplikasi Shopee untuk respon cepat dan yang ditangani langsung oleh Agen Shopee). Untuk chat di aplikasi Shopee, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Masuk ke halaman Saya.
  • Klik Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee.
  • Jika melalui Pusat Bantuan, klik Chat Shopee Sekarang dan kamu akan diarahkan ke halaman Chat.
  • Call Center 24 jam di nomor 1500702.
  • Atau kirimkan Email ke tim Shopee Disini.

Baca Juga : Saldo ShopeePay Hilang? Ini 9 Penyebab Dan Solusinya [99% Berhasil]

Sekian dulu ulasan penyebab dan cara mengatasi ShopeePay tidak bisa digunakan di aplikasi Shopee. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar ShopeePay, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !