Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi? Ini 5 Penyebab Dan Solusinya !

4 min read

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi

Mahirtransaksi.com – Pembayaran d Shopee membutuhkan proses verifikasi tergantung dari metode pembayaran yang digunakan. Tapi bagaimana jika sudah bayar Shopee tapi belum terverifikasi? Mungkin salah satu dari kelima point ini adalah penyebabnya !

Metode pembayaran Shopee yang beragam seperti Transfer Bank, Virtual Account, Alfamart dan Indomaret bahkan akulaku membutuhkan waktu yang dibagi berdasarkan metode pembayaran yang diplih.

Metode verifikasi di Shopee terdiri atas :

  • Metode Verifikasi Dicek Manual (Lama verifikasi 1 x 24 jam).
  • Metode Verifikasi Dicek Otomatis (Lama verifikasi maksimal 10 menit).

Untuk pembayaran manual kamu perlu mengunggah bukti pembayaran agar pembayaran Shopee terverifikasi. Sedangkan dengan metode pembayaran otomatis kamu tidak perlu upload bukti transfer karena proses verifikasi pembayaran dilakukan secara otomatis.

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi?

Ada kalanya setelah pembayaran selesai, status pembayaran tidak berubah menjadi terverifikasi. Masalah ini dapat kamu alami baik dengan pembayaran otomatis maupun manual di Shopee. Walaupun kamu sudah upload bukti pembayaran sekalipun status pembayaran tetap tidak berubah.

Untuk informasi pembayaran Shopee berhasil dikonfirmasi, maka kamu dapat melihat tampilan notifikasi Shopee seperti ini :

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi
Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi

Tetapi jika pembayaran Shopee belum dikonfirmasi, maka status pesanan tidak akan berubah menjadi “Dikemas”.

Mungkin saja kamu tetap menunggu sampai batas waktu pembayaran berakhir. Atau sampai estimasi waktu pembayaran habis. Jika pembayaran kamu ternyata berhasil diverifikasi, maka selamat. Tapi jika tidak, kamu jangan panik.

Salah satu dari 5 point ini mungkin jadi penyebabnya. Yuk simak penyebab sudah bayar Shopee tapi belum terverifikasi berikut ini.

1. Belum Upload Bukti Transfer

Penyebab pembayaran Shopee tidak diverifikasi padahal sudah bayar adalah tidak mengupload bukti pembayaran setelah Transfer.

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi
Upload Bukti Transfer Shopee

Upload bukti pembayaran di Shopee ini hanya berlaku untuk Transfer Bank (Dicek manual).

Mengunggah bukti pembayaran ini sangat penting untuk memudahkan tim Shopee melakukan pengecekan pembayaran yang telah kamu lakukan.

Jika bukti pembayaran berupa struk dari mesin ATM atau Teller Bank tidak kamu upload, maka status pembayaran kamu tidak akan berubah.

Perlu kamu ketahui juga bahwa batas waktu pembayaran metode manual ini adalah 1 x 24 jam. Jika dalam waktu tersebut kamu tidak melakukan verifikasi pembayaran Shopee maka secara otomatis pembayaran akan dibatalkan oleh Shopee.

Lalu bagaimana jika lupa upload bukti transfer padahal sudah bayar Shopee? Lalu bagaimana cara upload bukti transfer Shopee yang benar? Baca selengkapnya Disini.

2. Bukti Transfer Tidak Jelas Dan Tidak Lengkap

Coba perhatikan bukti Transfer berikut ini :

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi
Bukti Transfer Shopee Tidak Jelas

Ini adalah contoh bukti pembayaran yang tidak jelas/buram. Artinya tim Shopee tidak akan menindaklanjuti proses verifikasi akibat struk yang tidak jelas atau buram. Jadi pertama pastikan struk transfer yang akan dijadikan bukti pembayaran terbaca dengan jelas. Solusinya, kamu bisa mencoba foto ulang Struk pembayaran. Pastikan struk dapat dibaca dengan jelas lalu upload ulang bukti pembayaran Shopee.

Lalu bagaimana dengan bukti transfer yang tidak lengkap? Shopee sendiri mengharuskan mitra yang akan melalukan upload bukti transfer menuliskan nama pengguna dan nomor pesanan di catatan/berita transfer sebelum mengunggah bukti pembayaran.

Hal ini penting untuk mempercepat proses validasi pembayaran yang telah kamu lakukan. Selain itu, tindakan ini juga sangat berguna untuk menghindari tindakan pemesanan produk melalui akun Shopee milikmu oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Pembayaran Tidak Sesuai Nominal

Sesuai ketentuan pembayaran Shopee, kamu wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sama seperti yang tertera dalam detail pemesanan Shopee.

Ketentuan ini berlaku untuk pembayaran dicek otomatis dan manual di Shopee. Khusus Transfer  Bank dicek manual, kamu juga wajib menyertakan kode unik pembayaran (3 digit angka terakhir) di nominal transfer seperti ini :

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi
Kode unik pembayaran Shopee

Jangan genapkan nominal pembayaran karena alasan apapun. Dan ingat, selalu pastikan nominal pembayaran sebelum kamu transfer pesanan Shopee.

Lalu bagaimana jika kamu salah memasukan nominal transfer Shopee? Coba hubungi Costumer Service Shopee melalui Chat, Panggilan telepon atau Email melalui Pusat Bantuan Shopee.

4. Pembayaran Dalam 1 Pesanan Ditransfer Terpisah

Meskipun jarang terjadi, kesalah transfer Shopee ini juga wajib kamu hindari. Yap, membayar pesanan 1 pesanan dalam 2 kali transfer atau lebih.

Misalnya kamu membeli sebuah produk dengan total harga Rp.60.000 rupiah. Saat pembayaran, kamu transfer Rp.35.000 dan Rp.25.000 dengan 2 Rekening berbeda.

Apa yang terjadi? Tentu saja pembayaran kamu tidak akan diproses. Atau dengan kasus lain :

  • Transfer mengunakan 2 jenis Rekening Bank yang berbeda.
  • Menggabungkan 2 jenis pembayaran yang berbeda.
  • Transfer Pembayaran dilakukan lebih dari 2 kali.

Pastikan kamu menghindari tindakan ini. Jika sudah terlanjur transfer, maka kamu harus menghubungi CS Shopee untuk menanyakan perihal kendala pembayaran kamu.

5. Pembayaran Pesanan Terpisah Ditransfer 1 Kali

Hampir sama dengan kesalahan di point sebelumnya, melakukan transfer pembayaran beberapa pesanan dalam 1 kali pembayaran ini juga tidak boleh kamu lakukan.

Misalnya dalam pesanan pertama, total pembayaran yang harus kamu bayar adalah Rp.30.000 kemudian kamu membuat pesanan kedua dengan total pembayaran Rp.50.000. Saat proses pembayaran, kamu melakukan Transfer dengan nominal Rp.50.000 untuk dua pesanan tersebut.

Ingat, jika ini kamu lakukan pembayaran kamu tidak akan diproses dan status pembayaran tidak akan terverifikasi.

Dari contoh diatas, kamu wajib melakukan dua kali transfer dengan masing – masing nominal yang tertera di detail pembayaran agar pembayaran pesanan Shopee dapat terverifikasi.

Jika kamu tidak menemukan solusi permasalahan pembayaran Shopee dari kelima point diatas, kamu dapat melihat penjelasan lebih lengkap mengapa pembayaran shopee tidak terverifikasi di video berikut ini :

Kendala Pembayaran Shopee Lainnya

Sebenarnya sudah bayar Shopee tapi tidak terverifikasi bukanlah satu – satunya kendala yang kerap dijumpai saat pembayaran di Shopee. Berikut ini saya rangkum beberapa kendala pembayaran Shopee lainnya !

1. Sudah Bayar Shopee Tapi Barang Habis

Jika sudah melakukan pembayaran di Shopee tetapi barang habis, maka kamu dapat mengajukan pengembalian dana di Shopee.

Kamu tidak perlu panik, karena dana kamu akan dikembalikan 100%. Lama pengembalian dana Shopee bervariasi tergantung metode pembayaran yang kamu gunakan. Info lengkapnya dapat kamu baca Disini.

Kamu bisa menghubungi penjual untuk memastikan apakah produk masih tersedia sebelum melakukan pemesanan produk di Shopee.

2. Sudah Bayar Shopee Tapi Dibatalkan

Jika pesanan dibatalkan tanpa konfirmasi oleh penjual, kamu juga bisa klaim pengembalian dana di Shopee. Tentunya penjual akan mendapatkan peringatan karena tindakan ini.

Jika pembatalan pesanan dilakukan dengan konfirmasi terlebih dahulu. Kamu bisa diskusi mengenai mekanisme pengembalian dana dengan penjual melalui Live Chat Shopee. Kamu juga bisa mengikutsertakan CS Shopee untuk menengahi permasalahan pembayaran Shopee. Lihat caranya Disini.

3. Sudah Bayar Shopee Tapi Barang Tidak Dikirim

Kemungkinan sudah bayar Shopee tapi barang tidak dikirim memanglah sangat kecil. Tapi bisa saja terjadi pada pesanan kamu.

Sudah Bayar Shopee Tapi Belum Terverifikasi
Pesanan Belum Diterima Di Shopee

Solusinya :

  • Tunggu pesanan dikirimkan oleh penjual.
  • Tanyakan ke penjual perihal pesanan kamu agar segera dikirimkan.

Jika pesanan tidak dikirim penjual sesuai dengan batas waktu pengiriman maka pesanan akan dibatalkan otomatis dan dana akan dikembalikan ke akun Shopee kamu.

Kesimpulan

Pembayaran Shopee yang tidak terverifikasi terjadi karena kesalahan pembeli. Sekarang coba cek lima penyebab diatas.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp.99 l99% Berhasil]

Jika salah satunya adalah penyebabnya, segera temukan solusi terbaik atau hubungi Costumer Service Shopee untuk menyelesaikan pembayaran kamu.

Baca Juga : 7 Perbedaan Pembayaran Shopee Dicek Manual Dan Dicek Otomatis

Nah sekian dulu ulasan sudah bayar Shopee tapi status belum bayar. Apabila pembayaran Shopee gagal diverifikasi, maka dana akan dikembalikan ke akun Shopee kamu. Baca ulasannya Disini. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *