Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

Surat Tagihan Kredivo Macet Dan Jenis Penagihan DC Terbaru 2023

Surat Tagihan Kredivo

Mahirtransaksi.com – Membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo merupakan satu – satunya cara menghindari datangnya surat tagihan Kredivo macet kepada debitur.

Setiap pengguna yang telah melakukan pinjaman dana atau menggunakan layanan pinjaman online seperti Kredivo mempunyai tanggung jawab untuk membayar tagihan secara penuh.

Tanggung jawab pembayaran ini disertai bunga dan denda sebagai konsekuensi dari keterlambatan pembayaran yang sudah ditentukan oleh Fintech keuangan seperti Kredivo.

Denda Kredivo adalah nilai denda yang wajib kamu berikan jika terlambat membayar tagihan. Besarnya nominal denda dan mekanisme pembayaran denda penting untuk menyelesaikan kewajiban dengan baik.

Sekilas Tentang Kredivo

Kredivo adalah aplikasi Fintech digital yang mengadakan pinjaman atau kredit online bagi setiap pengguna yang membutuhkan dana instant tanpa jaminan dengan proses yang mudah.

Per 20 Maret 2018 aplikasi Kredivo yang digawangi oleh PT FinAccel Digital Indonesia telah resmi terdaftar di OJK. Artinya, aplikasi ini legal dan aman digunakan.

Sebagai penyedia pinjaman berbasis online, Kredivo menjadi solusi instan yang memberikan kamu kemudahan untuk melakukan pembelian sekarang dan bayar nanti.

Tidak hanya itu saja, Kredivo juga menyediakan cicilan 6 hingga 12 bulan dengan besaran bunga 2,6% per bulan. Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini bisa mengunduhnya di Playstore atau Appstore.

Apa Itu Surat Tagihan Kredivo?

Surat tagihan Kredivo adalah surat yang berisi rincian pembayaran yang dikirimkan kepada pemegang akun Kredivo untuk memberitahukan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Surat ini berisi Surat tagihan Kredivo juga dapat mencakup informasi tentang denda keterlambatan dan konsekuensi jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu.

Fungsi Surat Penagihan Kredivo

Fungsi surat penagihan Kredivo adalah sebagai pengingat tagihan kepada debitur dan bukti transaksi utang piutang untuk meminimalisir denda bagi debitur sebelum jatuh tempo pembayaran tagihan.

Jika dalam prosesnya terjadi kegagalan pembayaran peminjaman Dana oleh debitur sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan, maka kreditur berhak melakukan penagihan kepada debitur.

Penagih hutang dapat dilakukan menggunakan surat resmi atau dikenal dengan surat penagihan hutang karena setiap surat keluar dan masuk memiliki nomor yang akan dicatat pada bagian administrasi.

Isi Surat Penagihan Kredivo

Selain mendapatkan panggilan dan mengirim pesan, pihak kredivo juga  akan mengirimkan surat tagihan jika debitur terlambat membayar tagihan.

Surat penagihan Kredivo berisi informasi tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pemegang akun Kredivo. Berikut rincian surat penagihan Kredivo :

  • Rincian pembayaran yang mencakup jumlah tagihan yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo dan instruksi pembayaran.
  • Informasi tentang denda keterlambatan dan bunga keterlambatan yang akan dikenakan jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu.
  • Konsekuensi jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu, seperti penurunan skor kredit, pemblokiran akun Kredivo atau kunjungan dari petugas Kredivo.
  • Cara menghubungi pihak Kredivo jika ada pertanyaan mengenai surat tagihan.

Berikut contoh isi surat penagihan Kredivo kepada Debitur yang menunggak pembayaran tagihan :

Kepada Yth. Bapak/Ibu [Nama Pemegang Akun Kredivo]

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami mengirimkan tagihan Kredivo Anda untuk bulan [bulan] [tahun]. Tagihan ini berisi rincian transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan layanan Kredivo, baik PayLater maupun cicilan, serta jumlah tagihan, bunga, biaya transaksi, dan denda (jika ada) yang harus Anda  bayarkan. Dengan total Rp 1.441.000.

Tagihan ini harus dibayar sebelum tanggal jatuh tempo, yaitu [tanggal] [bulan] [tahun]. Jika Anda tidak membayar tagihan sesuai tanggal jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan denda sebesar Rp 50.000 per hari dan bunga tambahan sebesar 2,95% per bulan.

Untuk membayar tagihan Kredivo, Anda bisa menggunakan berbagai metode pembayaran yang tersedia, seperti transfer bank, virtual account, e-wallet, minimarket, atau ATM. Cara pembayaran tagihan Kredivo bisa dilihat di sini.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membayar tagihan Kredivo, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan Kredivo di nomor telepon 0807-1-573-348 (0807-1-KREDIV) atau email ke support@kredivo.com.

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan layanan Kredivo. Kami berharap Anda puas dengan layanan kami dan dapat menikmati berbagai kemudahan dan keuntungan yang kami tawarkan.

Hormat kami.

Contoh Surat Tagihan Kredivo

Surat tagihan Kredivo pada umumnya berisi konsekuensi jika pengguna tidak melakukan pembayaran sesuai dengan tanggal pembayaran yang telah di tetapkan sebelumnya.

Berikut contoh surat tagihan Kredivo :

Surat Tagihan Kredivo
Contoh Surat Tagihan Kredivo

Pengguna harus membaca dan memahami surat tagihan Kredivo dengan seksama dan harus melakukan pembayaran tepat waktu untuk menghindari denda tagihan yang terus membengkak.

Kapan Surat Tagihan Kredivo Muncul?

Kredivo adalah salah satu aplikasi penyedia pinjaman dan paylater yang menggunakan DC guna melakukan penagihan. Namun, DC tidak serta merta datang kerumah.

Melainkan terdapat beberapa tahap penagihan sebelum DC tagih ke rumah, diantaranya penagihan melalui pesan dan telepon atau dengan mengirimkan surat tagihan.

Berikut beberapa penyebab surat tagihan Kredivo dikirimkan kepada pengguna, diantaranya :

Telat Bayar Cicilan

Saat kamu tidak melakukan pembayaran cicilan berdasarkan tenor yang sudah ditentukan, maka denda akan diberlakukan sebagai konsekuensi dari keterlambatan pembayaran.

Apabila debitur mengabaikan batas waktu tersebut dan tidak melakukan pembayaran, maka pihak aplikasi akan mengirimkan surat penagihan berdasarkan tunggakan pembayaran cicilan.

Tunggakan Pembayaran Pinjaman

Saat pengguna tidak membayar tagihan pinjaman berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan maka tagihan tersebut menjadi tunggakan yang akan terus bertambah.

Surat Tagihan Kredivo
Tunggakan Tagihan Kredivo

Tunggakan ini bisa terjadi karena beberapa alasan seperti kesulitan keuangan, lupa tanggal pembayaran atau pengguna gagal bayar pinjaman (galbay) Kredivo.

Namun, apapun alasan kamu Kredivo tetap memberlakukan denda dan surat penagihan sebagai konsekuensi dari tunggakan pinjaman yang tidak dibayarkan oleh debitur.

Debitur Tidak Membayar Pinjaman

Kredivo juga akan memberikan surat tagihan untuk pengguna yang tidak membayar pinjaman uang atau membekukan akun yang masih memiliki tagihan.

Jika terlambat membayar dalam jangka waktu yang lama, maka akan ada panggilan dari debt collector (DC) Kredivo untuk mengambil tindakan hukum untuk menyelesaikan pembayaran.

Jatuh Tempo Penagihan Kredivo

Tagihan kredivo akan jatuh tempo 30 hari dari tanggal transaksi. Contohnya apabila kamu melakukan transaksi di tanggal 2 Maret maka akan jatuh tempo 30 hari kemudian atau tepat di tanggal 2 april.

Setelah melewati tanggal jatuh tempo, maka aplikasi akan mengirimkan notifikasi maupun surat penagihan pembayaran cicilan maupun tagihan yang telah masuk tanggal jatuh tempo.

Cara Mengatasi Surat Penagihan Kredivo

Mengatasi surat penagihan dari Kredivo memerlukan pendekatan yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengatasi surat penagihan Kredivo ke rumah agar tidak didatangi oleh DC :

Baca Surat Tagihan Dengan Teliti

Pertama kamu harus baca surat penagihan dengan teliti untuk memahami rincian tagihan untuk memastikan bahwa surat penagihan memang dikirimkan ke alamat dan pengguna yang tepat.

Surat Tagihan Kredivo
Baca Surat Tagihan Kredivo

Periksa tanggal jatuh tempo, jumlah yang harus dibayar dan informasi lain agar tidak ada kesalahan informasi yang tertulis pada surat penagihan.

Cek Riwayat Transaksi Kredivo

Selanjutnya periksa riwayat transaksi pada akun Kredivo serta cek notifikasi pengiriman surat tagihan di aplikasi Kredivo milikmu.

Pastikan bahwa tagihan dalam surat penagihan sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan. Sesuaikan juga riwayat pinjaman dan pembayaran di dalam surat dan di aplikasi.

Hubungi CS Kredivo

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang tagihan yang diterima maka kamu bisa segera hubungi layanan pelanggan Kredivo.

Surat Tagihan Kredivo
Hubungi CS Kredivo

Jelaskan mengenai maksud pengiriman surat tagihan serta minta klarifikasi terkait tagihan yang akan dibalas oleh CS dengan memberikan informasi lebih lanjut dan membantu kamu menyelesaikan pembayaran.

Tanyakan Tujuan Pengiriman Surat Tagihan

Jika kamu meragukan validitas tagihan atau memiliki alasan yang sah untuk mengajukan sanggahan maka kamu dapat ajukan permintaan sanggahan secara tertulis kepada Kredivo.

Sertakan bukti yang mendukung pernyataan seperto foto, riwayat transaksi atau dokumen lain yang berhubungan dengan surat tagihan tersebut.

Tawarkan Rencana Pembayaran

Jika kamu mengalami kesulitan keuangan tetapi ingin menyelesaikan kewajiban membayar tagihan, kamu bisa mencoba menawarkan rencana pembayaran terlebih dahulu.

 Hubungi layanan pelanggan Kredivo lalu diskusikan opsi pembayaran yang dapat membantu kamu membayar tunggakan tanpa mengganggu keuangan secara berlebihan.

Jenis Penagihan Kredivo

Jika kamu telat membayar tagihan untuk jangka waktu yang lama, Kredivo akan melakukan pemutusan atau menonaktifkan akun dan kamu tidak bisa menggunakannya lagi.

Setelah itu, pihak Kredivo mungkin akan melakukan beberapa jenis penagihan ke Debitur, seperti :

Peringatan

Penagihan Kredivo dimulai pada 7 hari sebelum jatuh tempo dan kamu mulai mendapatkan peringatan tagihan. Peringatan tersebut bisa kamu terima dalam bentuk pesan singkat SMS, Email hingga Telepon Bot.

Kemudian kamu akan diingatkan kembali untuk melakukan pembayaran oleh pihak Kredivo pada 3 hari sebelum tanggal pembayaran hingga hari-H pembayaran.

Penagihan Kredivo Ke Rumah

Kredivo juga bisa melakukan penagihan ke rumah bahkan ke alamat kantor tempat pengguna bekerja jika alamat rumah tidak valid atau tidak sesuai dengan alamat debitur.

Semakin lama keterlambatan yang kamu abaikan, maka semakin besar juga risiko penagihannya. Mulai dari menelpon terus menerus hingga menghubungi kontak darurat.

DC Kredivo

Debt Collector atau DC merupakan salah satu metode penagihan yang diberlakukan oleh Kredivo yang hanya dikhususkan bagi pengguna yang bermasalah dalam tunggakan.

Berdasarkan perjanjian Kredivo metode penagihan melalui DC Kredivo ke rumah setelah 60 hari dari tanggal jatuh tempo. DC biasanya akan mengunjungi alamat yang terdapat pada KTP.

Kesimpulan

Untuk menghindari penagihan yang tidak diinginkan, sebaiknya melakukan pembayaran tagihan diwaktu yang tepat dan tidak mengabaikan peraturan yang telah disepakati.

Baca Juga : 13+ Tempat Pinjam Uang Pribadi Tanpa Jaminan Langsung Cair

Jika kamu masih memiliki tagihan di Kredivo sebaiknya lakukan negoisasi dengan pihak aplikasi Fintech untuk mendapatkan keringanan tanggal pembayaran atau denda keterlambatan.

Semoga bermanfaat !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.