Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

Voice Note Artinya : Ini 11+ Fitur VN Di WA Dan Cara Menggunakannya

Voice Note Artinya

Mahirtransaksi.com – Voice Note artinya pesan suara yang merupakan salah satu fitur yang ada di aplikasi Whatsapp, aplikasi chating yang paling banyak digunakan di Dunia saat ini.

Sebenarnya Voice Note tidak asing lagi karena sudah banyak pengguna menggunakan fitur ini. Selain mudah dan praktis, fitur ini juga merupakan alternatif selain telepon atau video call.

Fitur VN ini hampir sama dengan telepon tapi yang membedakannya di telepon kamu bisa mengobrol tanpa perlu menunggu dahulu sedangkan Voice Note kamu mengirim pesan suara dengan lawan bicara secara bergantian.

Voice Note Artinya

Voice Note artinya pesan suara atau rekaman suara yang dibuat dan dikirim melalui aplikasi pesan instan atau media sosial seperti WhatsApp, Telegram atau Facebook Messenger.

Atau dengan kata lain, arti Voice Note adalah Pesan Suara yang merupakan terjemahan dari Bahasa Inggris.

Voice Note Artinya
Voice Note Di Whatsapp

Voice Note memungkinkan pengguna untuk merekam suara mereka dan mengirimkannya kepada kontak atau grup chat tanpa harus mengetik pesan panjang.

Pesan suara ini dapat berupa instruksi, pertanyaan atau komentar dalam bentuk suara yang lebih alami dan lebih mudah dipahami. Apalagi bagi kamu yang malas mengetik namun tetap enggan untuk telponan, fitur Voice Note akan membantu kamu.

Keuntungan Menggunakan Voice Note

Pada dasarnya fungsi Voice Note adalah untuk memungkinkan pengguna untuk merekam pesan suara mereka dan mengirimkannya kepada kontak atau grup chat dalam bentuk suara.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Voice Note :

1. Penggunaan Mudah Dan Praktis

Dibandingkan mengetik pesan panjang, pengguna dapat merekam pesan suara dengan lebih mudah dan cepat.

Voice Note memungkinkan pengguna untuk berbicara secara alami dan spontan hanya dengan menekan tombol mic di samping kolom chat Whatsapp.

2. Pesan Lebih Jelas Dan Detail

Beberapa pesan atau instruksi sulit untuk dijelaskan secara tertulis, namun bisa lebih mudah dipahami dengan menggunakan Voice Note.

Dalam pesan suara, pengguna dapat memberikan detail dan penjelasan yang lebih jelas dan mudah dipahami.

3. Solusi Jika Kesulitan Mengetik

Bagi orang yang kesulitan mengetik atau mengalami masalah pada penglihatan, Voice Note dapat menjadi alternatif yang lebih mudah digunakan.

Apalagi penggunaannya yang mudah dan praktis, dengan hanya menekan tombol lalu rekam pesan suara yang ingin dikirimkan ke penerima pesan.

4. Menghemat Waktu

Dalam beberapa situasi, seperti ketika sedang mengemudi atau sedang sibuk, merekam Voice Note dapat menghemat waktu pengguna dan membantu mereka tetap fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan.

5. Komunikasi Lebih Personal

Pesan suara yang direkam oleh pengguna dapat menambah sentuhan personal dalam komunikasi, karena dapat menyampaikan nuansa suara dan emosi yang lebih jelas dan akurat.

Fitur Voice Note (VN) Di WhatsApp

Fitur Voice Note (VN) yang bisa digunakan adalah fitur preview Voice Note. Yang dimana sebelum mengirimkannya kamu bisa mengecek dahulu agar pesan yang ingin kamu sampaikan tersampaikan dengan jelas.

Selain itu, ada beberapa fitur VN di WA antara lain :

1. Rekaman Suara

Fitur paling dasar dari Voice Note adalah kemampuan untuk merekam suara pengguna. Kamu dapat menekan tombol rekam pada aplikasi atau media sosial yang digunakan untuk merekam suara mereka.

Sama halnya seperti chat, rekaman suara ini tidak akan hilang selama tidak dihapus oleh si pengirim maupun penerima pesan.

2. Durasi Rekaman Suara

Beberapa aplikasi membatasi durasi rekaman pesan suara. Durasi ini bisa bervariasi dari beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada aplikasi yang digunakan.

Selain itu, kamu dapat memutar kembali pesan suara yang sudah direkam untuk memeriksa isi pesan dan memastikan pesan tersebut terdengar dengan jelas.

3. Penghapusan Rekaman

Kamu dapat menghapus pesan suara yang sudah direkam sebelum dikirimkan ke penerima. Ini memungkinkan pengguna untuk merekam ulang pesan jika diperlukan atau membatalkan pesan jika tidak diinginkan.

Selain itu pesan suara dapat dikirimkan dalam bentuk file audio yang dapat diunduh oleh penerima VN secara langsung agar VN tersebut tidak hilang.

4. Simpan Dan Putar Otomatis

Whatsapp memiliki fitur penyimpanan pesan suara yang telah direkam, sehingga pengguna dapat memeriksa kembali pesan suara yang sudah dikirimkan atau diterima di kemudian hari.

Kamu juga dapat mengaktifkan fitur pemutaran pesan suara secara otomatis ketika pengguna mengarahkan ponsel mereka ke telinga saat memutar pesan suara.

Fitur Baru Voice Note WA

Belakangan ini Whatsapp telah mengeluarkan fitur baru yang ada dalam fitur Voice Note dimana tentunya fitur baru ini akan semakin mempermudah kamu didalam menggunakan Voice Note.

Voice Note Artinya
Fitur Voice Note Di WA

Ada 3 fitur baru yang diluncurkan yaitu mengatur kecepatan pemutaran Voice Note, menjeda Voice Note serta memutar Voice Note bahkan sambil chatingan.

1. Atur Kecepatan Pemutaran VN

Fitur yang satu ini bisa digunakan ketika kamu menerima Voice Note dari orang lain yaitu dengan memilih 3 waktu kecepatan pemutaran rekaman suara, yaitu 1x, 1,5x dan 2x lebih cepat dari pemutaran normal.

Saat pertama kali kamu menerima Voice Note dari orang tersebut, kecepatan pemutarannya adalah 1x, dimana kecepatan tersebut merupakan kecepatan normal.

Berikut cara mengubah kecepatan pemutaran Voice Note di WA :

  • Silahkan buka aplikasi Whatsapp.
  • Kemudian pilih chat yang telah mengirimkan kamu Voice Note.
  • Lalu klik icon segitiga yang menghadap kekanan, dimana icon tersebut adalah tanda mainkan (play).
  • Disamping Voice Note tersebut akan tampak angka 1x, kamu bisa mengetuk angka tersebut yang dimana hal tersebut akan membuat Voice Note yang kamu dengarkan akan lebih cepat diputar.
  • Ketuk 1 kali untuk mengubahnya menjadi kecepatan 1,5x dan seterusnya sesuai keinginan kamu.

2. Jeda (Pause) Voice Note

Fitur kedua ialah menjeda Voice Note yang akan kamu kirimkan. Misalnya ketika kamu ingin mengirimkan pesan suara namun saat berbicara tiba-tiba ada hal yang harus kamu lakukan saat itu juga, kamu bisa menjeda Voice Note tersebut.

Kamu bisa melanjutkan pesan suara kamu kembali tanpa perlu mengulang pesan suara tersebut dari awal, dengan cara :

  • Pertama buka aplikasi Whatsapp.
  • Kemudian pilih akun WA lain untuk mengirimkan pesan suara.
  • Tekan icon microphone di sebelah kanan bawah kemudian tarik keatas ke dalam simbol gembok.
  • Jika ingin menjedanya, kamu cukup tekan icon microphone yang ada di tengah.
  • Lalu lanjutkan pesan suara tadi, jika berhasil kamu bisa langsung mengirimkannya ke penerima pesan.

3. Putar Voice Note Sambil Chatting

Jika kamu sedang mendengarkan pesan suara yang telah dikirimkan si A namun kamu ingin chatingan dengan si B, sekarang kamu bisa meninggalkan room chat dengan si A namun Voice Note yang dikirimkan si A akan tetap terputar.

Fitur ini akan sangat membantu kamu agar tidak perlu repot-repot untuk tetap bertahan diroom chat satu orang. Berikut panduannya :

  • Masuk ke aplikasi Whatsapp.
  • Pilih salah satu pesan suara yang telah dikirimkan melalui kamu.
  • Lalu klik icon segitiga yang artinya mainkan atau play.
  • Kemudian silahkan keluar dari room chat tersebut dengan klik kembali.
  • Setelah itu pesan suara akan terus berputar secara berulang ulang sekalipun kamu sedang mengirimi pesan teks ke orang lain.

Kapan Harus Menggunakan Voice Note?

Voice Note atau pesan suara sebaiknya digunakan dalam situasi-situasi tertentu, seperti :

  • Pesan sulit disampaikan : Dalam beberapa situasi, pesan yang ingin disampaikan lebih mudah dipahami melalui suara daripada teks.
  • Tidak memungkinkan untuk mengetik : Misalnya saat mengemudi atau sedang sibuk dengan tangan, Voice Note dapat menjadi alternatif yang lebih aman dan mudah digunakan.
  • Ingin menambah sentuhan personal : Voice Note memungkinkan pengguna untuk menyampaikan nuansa suara dan emosi yang lebih jelas dan akurat.
  • Ingin menghemat waktu : Jika pesan yang ingin disampaikan panjang dan sulit untuk dijelaskan secara tertulis, merekam suara pengguna dapat mempercepat proses komunikasi.
  • Ketika ingin memberikan instruksi : Dalam pesan suara, pengguna dapat memberikan penjelasan yang lebih detail dan membantu penerima pesan memahami instruksi dengan lebih mudah.

Cara Menggunakan Voice Note Di WA

Sama halnya seperti chatting pada umumnya, fitur Voice Note ini akan muncul ketika keypad di Ponsel sudah terbuka. Selanjutnya simak cara menggunakan Voice Note di Whatsapp berikut ini :

  • Buka aplikasi Whatsapp.
  • Pilih orang yang ada dikontak kamu yang akan kamu kirimi pesan suara atau Voice Note.
  • Kemudian pada room chat terdapat icon microphone yang ada dipojok kanan bawah.
  • Tekan icon tersebut bersamaan dengan kamu yang berbicara.
  • Jika pesan yang kamu rasa sudah cukup kemudian lepas icon yang kamu tekan tadi.
  • Setelah itu Voice Note yang telah kamu buat akan sampai kepada si penerima pesan.

Tips Menggunakan Voice Note

Sebelum menggunakan fitur VN di WA, sebaiknya simak beberapa tips dalam menggunakan Voice Note berikut ini :

  • Periksa Mikrofon : Pastikan bahwa mikrofon pada perangkat berfungsi dengan baik. Ini memastikan bahwa suara yang direkam terdengar dengan jelas.
  • Buat pesan singkat dan jelas : Hindari merekam pesan yang terlalu panjang atau berbelit-belit, agar pesan mudah dipahami oleh penerima.

Baca Juga : Instaspy Net APK : Aplikasi Khusus Stalking Akun IG Yang Di Private

  • Rekam suara di tempat hening : Hindari merekam di tempat yang bising, karena hal ini dapat mengganggu kualitas suara yang direkam. Usahakan merekam di tempat yang tenang agar suara terdengar lebih jelas.
  • Gunakan Bahasa Yang Sopan : Saat merekam pesan suara, usahakan menggunakan bahasa yang sopan dan jelas. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau tidak pantas.
  • Periksa VN sebelum dikirim : Sebelum mengirimkan pesan suara, periksa kembali pesan tersebut untuk memastikan bahwa suara terdengar jelas dan pesan sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : Snapgram Adalah Instastory : Ini 10 Perbedaannya Dengan Snapchat !

Selain itu, pastikan untuk menggunakan Voice Note dalam situasi yang tepat dan pantas, seperti saat memerlukan penjelasan yang lebih jelas dan detail, atau saat tidak memungkinkan untuk mengetik.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.