Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !

4 min read

Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !

Mahirtransaksi.com – Belanja online dengan Akulaku bisa dilakukan tanpa DP dan kartu kredit. Tetapi bagaimana jika metode pembayaran Akulaku tidak muncul di Shopee? Tenang, kamu tidak perlu takut, simak 7 penyebab dan cara mengatasi Akulaku tidak muncul di aplikasi Shopee berikut ini !

Kamu termasuk orang yang senang berbelanja secara kredit, tentu sudah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan belanja daring dengan sistem cicilan.

Berbelanja secara kredit memang terasa lebih ringan jika dibandingkan berbelanja secara cash. Saat ini kamu bisa berbelanja online dengan metode pembayaran secara kredit tanpa kartu kredit dengan DP 0% menggunakan Akulaku.

Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !
Metode Pembayaran Akulaku Di Shopee

Shopee sudah bekerja sama dengan banyak platform cicilan online seperti Kredivo dan Akulaku. Para pengguna Akulaku bisa menikmati kemudahan dalam berbelanja di Shopee karena masih menerapkan sistem DP 0% untuk produk yang masih bisa dibeli dengan limit Akulaku.

Meskipun demikian tetap saja ada persyaratan yang harus dipenuhi agar metode pembayaran kredit dengan Akulaku ini dapat berfungsi sesuai harapan.

Akulaku Tidak Ada Di Shopee

Salah satu masalah yang mungkin saja terjadi, terutama bagi kamu yang menggunakan layanan dari Akulaku adalah opsi pembayaran melalui aplikasi ini tidak muncul di Shopee.

Jika masalah ini terjadi maka kamu perlu mengetahui alasan kenapa Akulaku tidak muncul di Shopee dan cara mengatasinya.

Akulaku tidak ada di Shopee bisa disebabkan oleh aplikasi / server Akulaku sedang dalam perbaikan sistem (maintenance) sehingga metode pembayaran dengan Akulaku hilang sementara dari aplikasi Shopee.

Baca Juga : 10 Cara Bayar Shopee Pakai Kredivo [99% Berhasil]

Kamu dapat melihat pemberitahuan mengenai jadwal pemeliharaan sistem Akulaku di website resmi Akulaku atau media sosial seperti Instagram atau Twitter official Akulaku.

7 Penyebab Akulaku Tidak Muncul Di Shopee

Selain karena masalah Maintenance sistem, ternyata Akulaku tidak muncul di Shopee bisa juga disebabkan karena faktor internal pengguna atau aplikasi yang sedang bermasalah.

Berikut adalah beberapa penyebab Akulaku tidak muncul di Shopee yang perlu kamu tahu :

1. Belum Memiliki Akun Akulaku

Penyebab kenapa pembayaran Akulaku tidak muncul di Shopee yang pertama adalah karena kamu belum membuat akun Akulaku. Akun Akulaku pada dasarnya terintegrasi dengan aplikasi Shopee.

Jika kamu belum memiliki akun Akulaku atau bahkan belum registrasi, maka kemungkinan besar dapat menyebabkan Akulaku tidak ada di Shopee.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pendaftaran akun Akulaku dengan cara :

Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !
Daftar Akulaku Di Shopee
  • Install aplikasi Akulaku Di Google Playstore atau AppStore.
  • Setelah di install, buka aplikasi Akulaku lalu tap menu Personal kemudian klik Masuk/Daftar.
  • Kemudian klik tombol Membuat Akun.
  • Masukkan Nomor HP kamu lalu klik Kirim.
  • Tunggu SMS OTP muncul lalu klik Selanjutnya.
  • Masukkan kata sandi lalu konfirmasi kata sandi kamu. Terakhir klik Selanjutnya.
  • Selamat pendaftaran, akun Akulaku sudah berhasil.

Sekarang coba masuk ke aplikasi Shopee. Cek semua metode pembayaran yang tersedia. Jika Akulaku belum juga muncul, maka lanjut ke penyebab  kedua dibawah ini.

2. Limit Akulaku Terbatas Dan Belum Memenuhi Syarat

Limit Akulaku adalah besar pinjaman modal yang diberikan oleh Akulaku ke pengguna. Misalnya dengan limit Akulaku Rp.999.000 maka pengguna hanya dapat berbelanja di Shopee dengan maksimal total pembayaran Rp.999.000 saja.

Kamu harus memastikan jika limit yang ada pada akun Akulaku sudah sesuai dengan apa yang disarankan pada platform Shopee. Jika belum memenuhi syarat, seperti limit tidak mencukupi maka otomatis pembayaran Shopee pakai Akulaku akan gagal.

3. Menggunakan Aplikasi Akulaku Versi Lama

Setiap aplikasi selalu memperbaiki versi untuk meningkatkan fitur – fitur maupun keamanan data penggunanya, salah satunya adalah Akulaku.

Oleh karena itu, aplikasi pinjaman online sering melakukan pembaharuan fitur dengan cara mengupdate aplikasi.

Pastikan kamu telah menggunakan aplikasi Akulaku versi terbaru untuk dapat menikmati pinjaman online khususnya di Shopee.

4. Jumlah Pembayaran di Shopee Tidak Memenuhi Syarat

Kenapa tidak ada pembayaran Akulaku di Shopee juga bisa disebabkan karena total pesanan di Shopee melebih limit di aplikasi Akulaku. Walaupun kendala ini bisa diatasi dengan sistem DP, tetapi tidak semua produk di Shopee bisa menggunakan sistem DP ini.

Baca Juga : 7 Cara Bayar Shopee Pakai Akulaku Di Shopee Tanpa Uang Muka !

Kamu harus memastikan persyaratan total pembayaran di Shopee saat checkout tidak melewati limit di Akulaku agar metode pembayaran Akulaku ini muncul di akun Shopee-mu.

5. Kredit Poin Pengguna Akulaku Tidak Memenuhi Standart

Selain limit Akulaku dan Shopee, ternyata kredit poin Akulaku juga bisa menjadi penyebab kenapa tidak ada metode pembayaran Akulaku di Shopee. Jumlah kredit poin minimal pengguna Akulaku yang masih memenuhi standart penggunaan limit adalah 800 Poin.

Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !
Kredit Poin Akulaku

Artinya, pengguna yang memiliki kredit poin dibawah 800 tidak dapat menggunakan metode pembayaran ini di Shopee. Fyi, Kredit poin adalah angka yang diberikan Akulaku untuk menunjukkan kualitas pengguna mereka.

6. Aplikasi Shopee Lemot

Selain kendala di aplikasi Akulaku, metode pembayaran Akulaku tidak ada di Shopee juga bisa disebabkan oleh akun Shopee yang lemot.

Hal ini terjadi jika Shopee sedang melakukan Maintenance atau perbaikan server sehingga beberapa fitur Shopee tidak bisa digunakan sama sekali.

Kamu bisa mengatasinya aplikasi Shopee yang lemot dengan membaca panduan lengkapnya Disini.

7. Tagihan Akulaku Belum Lunas

Penyebab Akulaku tidak muncul di Shopee yang terakhir disebabkan oleh menunggaknya pembayaran tagihan atau cicilan Akulaku oleh pengguna.

Pembekuan akun sementara ini dilakukan sampai pengguna membayar seluruh tagihan di Akulaku. Pastikan kamu selalu membayar tagihan dan cicilan Akulaku sebelum tanggal jatuh tempo untuk memastikan pembayaran Akulaku masih tersedia di Shopee.

Cara Mengatasi Akulaku Tidak Muncul Di Shopee

Setelah mengetahui tentang apa saja yang bisa menyebabkan Akulaku tidak akan muncul di Shopee, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar nantinya opsi Akulaku pada Marketplace Shopee dapat muncul seperti yang semestinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

1. Membuat Akun Akulaku

Cara pertama yang harus dilakukan apabila ternyata Akulaku hilang di Shopee adalah dengan membuat akun pada di aplikasi Akulaku terlebih dahulu.

Kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa syarat seperti Foto KTP / Kitas atau identitas pendukung lainnya. Kamu bisa membuat akun Akulaku di Shopee dengan mendaftar terlebih dahulu di aplikasi resmi Akulaku.

2. Mengajukan Limit Akulaku

Apabila kamu sudah memiliki akun Akulaku namun belum mengajukan limit tentu saja Akulaku tidak akan muncul di Shopee. Kamu juga harus memastikan sudah mengajukan limit dan pastikan prosesnya berhasil.

Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !
Ajukan Limit Akulaku

Caranya :

  • Buka aplikasi Akulaku. Tap menu Credit lalu klik Ajukan Sekarang.
  • Isi data diri dimulai dari nama, pekerjaan, pendidikan terakhir kemudian jangan lupa mengotorisasi akun Facebook lalu klik Selanjutnya.
  • Lanjut isi nomor darurat, statusnya, nama, nomor ponsel lalu klik tombol Selanjutnya.
  • Selanjutnya isi Keterangan Alamat dan Pekerjaan kamu saat ini.
  • Jika semuda data sudah benar, klik Aktifkan sekarang.

3. Memastikan Total Pembayaran

Cara yang berikutnya yaitu kamu harus memastikan total pembayaran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang ada di aplikasi Shopee tidak melebih limit Akulaku yang tersedia.

Apabila ternyata total pembayaran tidak sesuai, ini akan menyebabkan Akulaku tidak akan muncul di aplikasi Shopee. Kamu dapat mengambil 2 opsi, yakni :

  • Mengurangi total belanjaan di Shopee.
  • Menambah limit pinjaman di aplikasi Akulaku.

4. Memahami Syarat Dan Ketentuan

Kamu bisa saja kamu termasuk orang yang kurang teliti sehingga opsi Akulaku tidak muncul di Shopee. Bacalah syarat dan ketentuan (term off service) yang ada di aplikasi Akulaku dan Shopee agar nantinya kamu bisa menemukan di mana masalah yang terjadi dan bagaimana cara mengatasi Akulaku yang hilang di Shopee.

5. Melunasi Tagihan

Cara yang juga tidak boleh dilewatkan Apabila sudah memastikan limit Akulaku adalah dengan melunasi tagihan yang ada.

Akulaku Tidak Muncul Di Shopee? Ini 7 Cara Mengatasinya !
Lunasi Cicilan Akulaku

Apabila ternyata limit sudah tidak mencukupi, segera melunasi tagihan untuk bulan depan. Selanjutnya apabila sudah mencukupi maka cek kembali apakah opsi pembayaran melalui Akulaku sudah muncul di Shopee atau belum.

6. Menghubungi Customer Service Shopee

Apabila kamu sudah melakukan berbagai cara namun ternyata Akulaku tidak juga muncul di Shopee, kamu bisa segera menghubungi Customer Service Shopee.

Tanyakan secara langsung mengapa metode pembayaran Akulaku tidak muncul pada pilihan pembayaran. Nantinya Customer Service akan membantu kamu untuk menjawab pertanyaan sehingga akan lebih mudah untuk mencari solusi.

Penutup

Akulaku tidak muncul di Shopee disebabkan oleh kesalahan pengguna seperti belum memiliki akun Akulaku, belum memiliki limit Akulaku atau telat membayar tagihan Akulaku.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Limit Shopee Pinjam [99% Berhasil]

Selain itu, terdapat juga faktor eksternal yang menyebabkan Akulaku tidak ada di Shopee seperti Maintenance server, Shopee lemot, hingga kesalahan pembacaan data pengguna.

Baca Juga : 10 Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat Shopee Pinjam [10 Menit Cair]

Itulah ulasan mengenai apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi metode pembayaran Akulaku tidak muncul di Shopee. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Akulaku di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *