Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

15 Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam 10 Menit Cair

6 min read

Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengajukan Pinjaman di Shopee Pinjam? Faktanya, kamu bisa mendapatkan Pinjaman hingga Rp.15.000.000 dengan tenor 6 bulan. Yuk, simak cara Pinjam uang di Shopee lewat Shopee Pinjam ini !

Bagi kamu yang hobi belanja online pasti tahu aplikasi Shopee bukan?

Sebagai salah satu E-commerce terbesar dan terpercaya di Indonesia. Shopee memiliki banyak fitur – fitur menarik seperti ShopeePay, Shopee PayLater hingga layanan Pinjaman tanpa kartu kredit lainnya.

Shopee mempunyai nama besar sebagai Marketplace paling lengkap. Kamu bisa memenuhi segala kebutuhan sehari – hari dengan berbelanja di Shopee.

Barang apapun bisa dengan mudah kamu temukan. Terlebih Shopee sering menawarkan promo menarik seperti diskon besar – besaran hampir setiap bulan.

Cara Pengajuan Pinjaman Di Shopee

Kamu sedang tidak punya uang untuk belanja atau untuk kebutuhan lain? Tenang, kini Shopee sudah menyediakan layanan bernama Shopee Pinjam.

Layanan ini memberikan banyak keuntungan bagi kamu yang membutuhkan dana darurat namun bingung memilih penyedia jasa Pinjaman yang aman dan terpercaya.

Nah, demi meningkatkan kepuasan para penggunanya, Shopee menyediakan layanan Pinjam uang tunai yang dinamakan Shopee Pinjam (SPinjam).

Apa itu Shopee Pinjam? Shopee Pinjam adalah produk pinjaman tunai yang ditawarkan untuk pengguna Shopee dengan fitur pengajuan mudah, bunga rendah, dan cicilan bulanan oleh PT. Lentera Dana Nusantara sebagai pihak penyelenggara pinjaman.

Keuntungan Shopee Pinjam

Apa sih keuntungan Pinjam Uang dengan Shopee Pinjam? Mungkin pertanyaan ini yang pertama kali muncul di benak-mu yang baru tahu tentang layanan Pinjam uang online Shopee.

Sebenarnya Shopee Pinjam merupakan layanan Pinjaman uang tunai tanpa kartu kredit yang disediakan bagi pengguna aplikasi (mitra) Shopee.

Shopee bekerjasama dengan PT. Lentera Dana Nusantara, di mana peran Shopee sebagai penyedia layanan dan PT. Lentera Dana Nusantara sebagai pemberi dananya.

Kerjasama antara kedua belah pihak tersebut menghasilkan layanan Pinjaman uang online yang menguntungkan bagi penyedia maupun pemakai jasa.

Lalu apa keuntungan Shopee Pinjam yang akan kamu dapatkan?

1. Aman Dan Terpercaya

Hal paling penting saat meminjam uang secara online adalah memastikan bahwa layanan tersebut aman dan terpercaya.

Lentera Dana Nusantara sebagai pemberi dan penyalur dana Pinjaman sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tidak perlu khawatir Pinjam uang di Shopee Pinjam.

2. Aktivasi Mudah Dan Cepat

Kamu tidak akan melewati serangkaian proses aktivasi Pinjam uang yang rumit. Sebaliknya, Shopee Pinjam justru memberikan kemudahan ketika kamu akan mengaktifkannya.

Setelah melakukan cara mengaktifkan Shopee Pinjam, selanjutnya kamu bisa mengajukan Pinjaman uang sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan dengan tenor pembayaran yang bisa kamu sesuaikan.

3. Syarat Pengajuan Mudah

Sudah ketinggalan zaman apabila kamu masih Pinjam uang ke bank. Selain buang-buang waktu, tenaga, dan biaya, pergi ke bank untuk Pinjam uang juga syaratnya banyak.

Kamu hanya memerlukan sedikit persyaratan agar bisa mendapat Pinjamn uang tunai melalui Shopee Pinjam.

Apa saja syarat-syarat yang harus kamu siapkan? Syarat Shopee Pinjam antara lain KTP yang masih berlaku, verifikasi wajah, rekening bank milik pribadi, informasi kontak darurat, dan aplikasi Shopee.

Cukup siapkan beberapa hal di atas, maka jumlah uang yang kamu butuhkan segera cair.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot [99% Berhasil]

Dari banyaknya layanan Pinjam uang online, cara pinjam uang di shopee lewat aplikasi SPinjam menjadi layanan yang sangat direkomendasikan buat kamu.

Keuntungan – keuntungan yang telah disebutkan di atas cukup menjadi bukti bahwa Shopee Pinjam merupakan layanan Pinjaman uang online di Shopee yang telah terbukti terpercaya.

Kekurangan Shopee Pinjam

Selain keuntungan, tentunya SPinjam juga tidak “luput” dari kekurangan. Meski berbagai manfaat telah dirasakan oleh pengguna Shopee, namun ada beberapa kelemahan Shopee Pinjam yang perlu kamu tahu.

Berikut beberapa kekurangan Shopee Pinjam :

1. Pengajuan Pinjaman Dibatasi

Kekurangan SPinjam yang pertama yaitu limit Pinjaman yang terbatas. Maksimal Pinjaman di Shopee Pinjam adalah Rp.5.000.000 / akun Shopee.

Kamu hanya bisa mengajukan 1 kali Pinjaman sampai semua tagihan Pinjaman sebelumnya sudah lunas.

Tentunya ketentuan ini akan sangat merugikan pengguna Shopee yang ingin mendapatkan Pinjaman dalam jumlah besar. Faktanya, Shopee sebenarnya diperunttukan bagi pengguna yang ingin belanja di Shopee.

Baca Juga : 10 Penyebab Shopee PayLater Tidak Muncul Di Aplikasi

Namun kenyataannya, mitra Shopee mengajukan Pinjaman untuk keperluan lain yang tergolong mendesak.

Oleh karena itu, limit Pinjaman yang kecil membuat pengguna menggabungkan beberapa layanan Pinjaman untuk mendapatkan limit Pinjaman yang lebih besar.

2. Tidak Semua Akun Mendapat Fitur Shopee Pinjam

Pernahkah kamu melihat di akun Shopee tidak muncul Shopee Pinjam? Yap, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang telah memenuhi kriteria dan dipilih langsung oleh tim Shopee.

Oleh karena itu, tidak semua akun Shopee dapat mengajukan Pinjaman karena fitur ini belum tersedia.

Layaknya fitur Shopee PayLater, pengguna yang menginginkan layanan Shopee Pinjam ini muncul maka harus rutin melakukan transaksi, rutin melakukan pembayaran cicilan serta membayar tagihan Pinjaman tepat waktu.

3. Pilihan Tenor Relatif Singkat

Tenor yang disediakan oleh SPinjam adalah 2 dan 3 bulan sejak tanggal pengajuan Pinjaman disetujui. Itu artinya pengguna hanya memiliki waktu pembayaran tagihan paling lama 3 bulan untuk melunasi seluruh cicilan.

Pemilihan tenor yang semakin singkat juga akan menguntungkan pengguna mengingat terdapat bunga sebesar 4% dari total Pinjaman yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Syarat Mengajukan Pinjaman Di Shopee Pinjam

Untuk mengajukan Pinjaman lewat Shopee Pinjam tentunya kamu harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan oleh tim Shopee. Berikut beberapa syarat Shopee Pinjam yang harus kamu tahu :

  • Fitur Pinjam uang di Shopee hanya tersedia untuk akun Shopee yang telah memiliki layanan SPinjam.
  • Memiliki nomor rekening Bank BCA, BNI, BRI atau Mandiri untuk menerima Pinjaman uang yang ditransfer ke nomor rekening pemilik akun Shopee.
  • Pengguna Shopee dikenakan biaya  penanganan sampai dengan 3% per transaksi.
  • Shopee Pinjam menetapkan suku bunga terkecil 2,45% per bulan dan terbesar 4% perbulan.
  • Keterlambatan pembayaran Shopee Pinjam akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan yang sedang berjalan.
  • Maksimal Pinjaman tergantung dari akun Shopee. Setiap pengguna akan mendapatkan limit Pinjaman berbeda – beda.

Cara Pinjam Uang Di Shopee Dengan Shopee Pinjam

Terlebih dahulu kamu harus melakukan aktivasi Shopee Pinjam supaya dapat mengajukan Pinjaman. Setelah aktif, kamu bisa melanjutkah ke langkah cara mendapatkan Shopee Pinjam di Shopee berikut ini :

  • Pertama, ponsel kamu harus sudah terpasang aplikasi Shopee. Jika belum ada, silakan download di Appstore (untuk Iphone) atau di Playstore (untuk ponsel Android). Selanjutnya, buka aplikasi Shopee, lalu cari kemudian pilih menu “Saya”.
Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam
Tap Halaman Saya
  • Selanjutnya pilih menu “Shopee Pinjam”. Tetapi sebelumnya kamu telah mengaktifkan layanan Shopee Pinjam. Proses aktivasi fitur atau layanan ini memerlukan beberapa langkah verifikasi data.
Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam
Pilih SPinjam
  • Kemudian kamu bisa menentukan jumlah nominal uang yang akan diPinjam. Setelah itu, tentukan tenor pinjaman antara 2 atau 3 hingga 6 bulan.
Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam
Pilih Nominal Dan Tenor Pinjaman
  • Masukkan nomor rekening kamu yang nantinya akan digunakan untuk menerima uang Pinjaman. Caranya dengan meng-klik menu “Rekening Bank Kamu”.
  • Saat pengisian nomor rekening, data informasi yang perlu diisi meliputi nama lengkap kamu, nama bank, nomor rekening, kota domisili, dan kantor cabang. Pastikan bahwa semua data tersebut sesuai dengan KTP. Kemudian klik menu “Lanjutkan”.
  • Lihat dulu informasi tentang jumlah Pinjaman, bunga, biaya transaksi, dan cicilan bulanan. Selanjutnya, klik tombol bertuliskan “Ajukan Sekarang”.
Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam
Klik Ajukan Sekarang
  • Pihak Shopee kemudian akan mengirimkan kode verifikasi OTP ke nomor hp kamu. Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia di menu.
Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam
Verifikasi OTP
  • Setelah mengajukan Pinjaman, kamu hanya perlu menunggu persetujuan dari pihak Shopee. Nanti akan ada pemberitahuan jika pengajuan ke Shopee Pinjam disetujui. Selanjutnya, jumlah uang yang kamu Pinjam akan dikirim ke nomor rekening yang dipilih.
Cara Pinjam Uang Di Shopee Lewat SPinjam
Pengajuan Pinjaman Berhasil

Dana Pinjaman akan cair maksimal 2 hari setelah pengajuan. Bahkan biasanya lebih cepat, sehingga kamu bisa langsung menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan mendesak. Setiap transaksi pengajuan, peminjam akan dikenai biaya administrasi sebesar 3%.

Panduan lengkap cara pinjam uang di Shopee via aplikasi ini dapat kamu lihat melalui video dibawah ini :

 

Cara Bayar Tagihan Shopee Pinjam

Pembayaran tagihan / cicilan Shopee Pinjam harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran sesuai dengan yang tertera di halaman tagihan SPinjam.

Tetapi terkadang pengguna Shopee justru lupa membayarnya, entah karena sibuk atau sedang tidak punya uang.

Jangan sampai kamu terlambat melebihi waktu yang sudah ditentukan, atau kalau tidak kamu akan dikenakan denda sebesar 5% dari jumlah tagihan.

Panduan lengkap cara membayar tagihan Shopee Pinjam sudah saya ulas secara lengkap Disini.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa, tidak semua pengguna Shoppe mendapat layanan Shopee Pinjam. Artinya hanya pengguna tertentu saja yang bisa menggunakan fitur ini.

Baca Juga : 9 Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah [Tanpa Syarat]

Supaya tahu apakah kamu bisa Pinjam uang dengan Shopee Pinjam adalah dengan mengecek menu “Saya” pada aplikasi.

Apabila pada menu “Saya” ada menu “SPinjam” berarti kamu masuk kriteria pengguna yang mendapat fasilitas Pinjam uang Shopee ini.

Biasanya, menu Shopee Pinjam bisa muncul dengan sendirinya.

FaQ Seputar Shopee Pinjam

Untuk melengkapi ulasan cara pengajuan Shopee Pinjam diatas, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang telah saya rangkum dari berbagai sumber :

Bagaimana cara mendapatkan Shopee Pinjam?

Untuk mendapatkan layanan Pinjaman ini, kamu harus memenuhi kriteria tim Shopee. Kriteria pengguna yang dapat fitur ini adalah pengguna yang sudah mengaktifkan Shopee PayLater, sering belanja di Shopee, dan selalu meng – update aplikasi.

Kenapa Shopee Pinjam Tidak Muncul?

Tidak semua akun Shopee memiliki fitur Shopee Pinjam. Layanan ini hanya tersedia bagi akun yang dianggap memenuhi kriteria. Kamu dapat membaca cara memunculkan Shopee Pinjam di aplikasi Shopee Disini.

Berapa hari Shopee Pinjam cair?

Biasanya, Pinjaman akan ditransfer ke rekening Bank terdaftar paling lama 2 hari kerja sejak Pinjaman disetujui. Kamu dapat melihat apakah Pinjaman Shopee Pinjam sudah cair atau belum di halaman beranda SPinjam.

Berapa bunga Pinjaman modal Shopee?

Bunga Pinjaman Shopee Pinjaman terkecil adalah 2,45% setiap bulannya. Bunga Pinjaman terbesar adalah 4% yang disesuaikan dengan besarnya limit Pinjaman yang diajukan.

Tanggal berapa Shopee Pinjam Jatuh Tempo?

Jatuh tempo pembayaran Shopee Pinjam jatuh pada tanggal 5 setiap bulannya. Namun, tempo pembayaran ini di sesuaikan kembali dengan tanggal pengajuan Pinjaman.

Tidak semua Pinjaman Shopee jatuh tempo pada tanggal 5 karena perbedaan tanggal “approve” Pinjaman setiap pengguna berbeda – beda.

Penutup

Pengguna yang telah mendapatkan Pinjaman dari Shopee Pinjam harus melunasi cicilan tepat waktu agar terhindar dari denda sebesar 5% dari total Pinjaman. Selain itu, membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo juga dapat menaikkan limit Shopee Pinjam hingga 15 juta rupiah.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Limit Shopee Pinjam [99% Berhasil]

Sekian dulu ulasan cara Pinjam uang di Shopee lewat Shopee Pinjam hanya dalam hitungan menit ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar cara cicilan di Shopee, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *