Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

√ 8 Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA Virtual Account

3 min read

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab kenapa BRImo tidak bisa bayar BRIVA adalah nomor BRI Virtual Acoount (BRIVA) yang di masukkan salah. Berikut 9 penyebab lain mengapa bayar BRIVA di BRImo tidak bisa dan solusinya !

Proses pengiriman uang antar bank sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah, praktis, dan cepat dengan menggunakan aplikasi BRImo.

BRImo atau BRI Mobile Banking adalah aplikasi keuangan dan perbankan resmi dari dari Bank BRI.

Penggunaannya sendiri berbasis data internet sehingga sangat memudahkan setiap nasabah ketika ingin mengirimkan uang tanpa perlu jauh-jauh atau mengantri di ATM.

Kehadiran aplikasi BRImo sendiri memiliki tujuan untuk mempersiapkan business model terbaru menuju masa depan.

Hal ini berarti, jika sebelumnya nasabah melakukan transaksi keuangan lewat ATM atau teller bank kini mereka bisa melakukannya juga menggunakan aplikasi BRImo.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA

Kode Virtual Account adalah kode identifikasi yang diterbitkan perusahaan penyedia layanan atas permintaan pihak Bank.

Biasanya kode ini berisi kode Bank di-ikuti Nomor identitas seperti Nomor HP atau Kode unik lainnya.

Pada dasarnya, ada banyak penyebab aplikasi BRImo tidak bisa melakukan transfer khususnya transfer lewat kode VA. Berikut 10 penyebab kenapa BRImo tidak bisa bayar BRIVA :

1. Kode BRIVA Salah

Penyebab BRImo tidak bisa transfer lewat BRIVA yang pertama disebabkan karena kode Virtual Account (VA) BRI salah. Jika nomor BRIVA salah, otomatis transfer uang lewat BRImo akan ditolak.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA
Kode VA BRImo Salah

Solusinya :

  • Salin kembali kode VA – Kamu harus menyalin kode BRIVA dengan benar baik dari Shopee, Tokopedia, Lazada atau Bukalapak sesuai dengan Bank yang kamu pilih.
  • Cek kombinasi angka pada kode VA – Pastikan tidak ada kesalahan atau kelebihan angka.
  • Input kode VA secara Manual – Untuk itu cek ulang kode VA atau input manual kode BRIVA agar proses transfer berhasil.

2. Saldo BRImo Tidak Cukup

Saat akan melakukan pembayaran melalui kode VA di BRImo, pastikan nominal saldo kamu cukup. Fyi, kamu harus memiliki setidaknya Rp50.000 saldo di Bank BRI.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA
Saldo BRImo Tidak Cukup

Itu artinya, kamu harus memiliki saldo tetap + nominal bayar BRIVA. Misalnya nominal yang harus kamu bayar lewat BRIVA adalah Rp50.000 maka total saldo yang harus kamu miliki adalah Rp50.000 + Rp50.000 = Rp100.000 rupiah.

Apabila nomor VA sudah benar tetapi tetap tidak bisa bayar BRIVA di BRImo bisa jadi penyebab utamanya adalah karena saldo tidak cukup.

3. Limit Transfer Habis

Apabila kedua poin di atas tidak bukanlah masalanya, maka penyebab lain yang perlu kamu cek adalah transfer BRI yang sudah limit.

Perlu kamu ketahui bahwa kamu hanya bisa melakukan transfer lewat BRImo maksimal Rp10.000.000 setiap hari. Oleh karena itu, jika transfer lewat VA gagal, mungkin kamu sudah mencapai ketentuan limit transfer BRI.

Baca Juga : 9 Penyebab BRImo Tidak Bisa Transfer Ke Bank Lain

Oleh sebab itu, apabila kamu sudah mencapai limit transfer BRI, maka solusinya adalah melakukan transfer keesokan harinya.

4. Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang kurang lancar juga dapat menyebabkan BRImo gagal transfer BRIVA.

Biasanya gagal transfer karena masalah koneksi internet ditandai dengan notifikasi gagal memuat / gagal transfer saat memasukkan PIN BRImo.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA
BRImo Koneksi Terputus

Solusinya :

  • Ganti Koneksi Internet – Gunakan Wifi tau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch Data – Kamu juga bisa merestart data dengan melakukan pertukaran (switch) antara Data seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • Restart Data / Wifi – Matikan lalu hidupkan data seluler / wifi atau restart pada router wifi.

5. Akun BRImo Terblokir

Akun BRImo tidak bisa bayar BRIVA di HP juga dapat terjadi karena User BRImo terblokir oleh sistem BRI karena terdeteksi melanggar Panduan Komunitas (TOS).

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA
Akun BRImo Terblokir

Umumnya hal ini sering terjadi pada pengguna tanpa mereka ketahui. ketika user BRImo terblokir maka secara otomatis semua transaksi pada aplikasi tersebut tidak akan bisa diproses.

Solusinya :

  • Ganti Password BRImo – Saat terblokir, kamu tidak akan bisa login ke aplikasi BRImo. Cara mengatasi akun BRImo terblokir tanpa harus ke Bank dapat kamu baca Disini.
  • Konsultasi Dengan CS BRI – Kunjungi Bank BRI terdekat untuk membuka pemblokiran akun BRImo.

6. Server Aplikasi Sedang Error

Saat menggunakan BRImo, kamu mungkin pernah mengalami saldo berkurang tetapi proses transfer gagal. Umumnya hal ini terjadi karena server sedang error atau mengalami down.

Oleh karena itu, cek status server BRImo lewat bantuan tools downdetector atau media sosial BRI resmi seperti Twitter, Instagram atau Facebook.

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA
Cek Status Server BRI Lewat Downdetector

Jika ternyata server sedang down, silahkan tunggu saja sampai pihak BRI melakukan perbaikan server (maintenance).

7. Aplikasi BRImo Lemot

Sebenarnya ada dua hal yang menyebabkan BRI Mobile Banking lemot sehingga menyebabkan kamu tidak bisa bayar BRIVA di aplikasi BRImo, yaitu chache aplikasi dan Data yang menumpuk.

Perlu Kamu pahami bahwa chache merupakan data sementara yang tersimpan pada penyimpanan internal ponsel. Fungsinya sendiri adalah untuk melakukan percepatan loading aplikasi.

Solusinya hapus chache aplikasi dengan cara :

Penyebab BRImo Tidak Bisa Bayar BRIVA
Hapus Chache BRImo
  • Buka Pengaturan Ponsel.
  • Cari Manajemen Aplikasi > Aplikasi Terinstall.
  • Cari aplikasi BRImo.
  • Scroll kebawah lalu pilih Hapus Chache.
  • Jika tetap tidak bisa, coba Hapus Data aplikasi dengan cara yang sama seperti cara diatas lalu buka kembali aplikasi BRImo.

8. Aplikasi BRImo Kadaluarsa

Penyebab terakhir kenapa akun BRImo tidak bisa membayar BRIVA yaitu karena aplikasi BRI Mobile Banking yang kamu gunakan sudah kadaluarsa.

Baca Juga : BRImo Gagal Memuat Saldo? Ini 7 Penyebab & Solusinya !

Hal ini merupakan akibat jika aplikasi BRImo tidak di-update secara berkala sehingga sebagian atau keseluruhan fitur aplikasi menjadi tidak berfungsi.

Solusinya perbaharui aplikasi BRImo dengan cara :

  • Buka Playstore atau Appstore di ponsel kamu.
  • Cari aplikasi BRImo
  • Klik Update. Proses ini umumnya hanya akan memakan waktu beberapa menit. Apabila pembaharuan  sudah berhasil, klik Buka lalu coba transfer lewat BRIVA.

Penutup

Cara mengatasi aplikasi BRImo tidak bisa bayar BRIVA disebabkan oleh saldo BRI tidak cukup, koneksi internet bermasalah, Kode BRIVA salah, atau aplikasi BRImo yang sudah kadaluarsa.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi BRImo Tidak Bisa Dibuka Di HP

Setelah mengetahuinya penyebab dan solusi diatas, maka penting untuk segera mengatasi masalah ini. Agar aplikasi tersebut bisa kamu gunakan kembali untuk membayar BRIVA.

Selamat mencoba !

5/5 - (17 votes)
Admin Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.