Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code [100% Berhasil]

4 min read

Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code

Mahirtransaksi.com – Belanja di Alfamart pakai Dana ternyata dapat dilakukan dengan mudah tanpa uang tunai & biaya tambahan. Penasaran caranya? Yuk simak dulu ulasan cara bayar Alfamart pakai Dana lewat scan QRIS maupun lewat kasir berikut ini !

Dana adalah Dompet Digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi pembayaran di berbagai Merchant yang bekerja sama dengan aplikasi Dana, baik secara online maupun offline.

Sebagai salah satu E-Wallet yang paling sering digunakan di Indonesia, Dana berupaya memberikan sistem transaksi yang cepat, mudah, efektif, aman dan praktis.

Saat ini masyarakat Indonesia mulai beralih ke transaksi pembayaran non-tunai atau biasa disebut cashless.

Dengan kata lain, kebanyakan masyarakat sudah tidak lagi menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran, melainkan lebih sering memakai aplikasi dompet digital seperti Dana untuk melakukan transaksi.

Belanja Di Alfamart Pakai Dana

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Dana sudah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran barang belanjaan di Alfamart. Uniknya, belanja di Alfamart pakai Dana dapat dilakukan dengan mudah tanpa biaya tambahan uang tunai sama sekali.

Kamu hanya perlu menyiapkan aplikasi Dana yang sudah terverifikasi beserta saldo Dana yang cukup sesuai dengan total belanja kamu di Alfamart.

Fyi, Alfamart Group merupakan salah satu Merchant resmi yang bekerja sama dengan metode pembayaran QRIS termasuk QRIS di aplikasi Dana.

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Keuntungan Belanja Di Alfamart Dengan Dana

Selain sistem pembayaran yang mudah dan praktis (cashless), kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan ketika menggunakan metode pembayaran Dana saat belanja di Alfamart, seperti :

1. Transaksi Mudah & Cepat

Berbelanja di Alfamart menggunakan Dana, kamu akan mendapatkan kecepatan dan kemudahan dalam melakukan pembayaran.

Kamu hanya perlu membawa sebuah ponsel dan memberikan kode pembayaran kepada kasir Alfamart tanpa harus repot – repot mengeluarkan uang tunai dari dalam dompet atau tas.

Selain itu, proses pembayaran menggunakan aplikasi Dana biasanya akan sukses dalam waktu beberapa detik saja sehingga kamu tidak perlo menunggu proses transaksi gagal atau pending.

2. Banyak Promo Menarik

Kamu dapat menikmati berbagai macam tawaran promo menarik dan diskon potongan harga setiap kali melakukan transaksi melalui Dana di Alfamart.

Promo yang ditawarkan biasanya berupa cashback saldo Dana atau bahkan potongan harga atau diskon untuk pembelian beberapa produk tambahan secara gratis.

3. Tanpa Biaya Tambahan

Dana selalu berkomitmen untuk menghadirkan berbagai keuntungan bagi para penggunanya. Saat hendak berbelanja di Alfamart menggunakan Dana, tentunya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan apapun.

Itu artinya, total potongan saldo di aplikasi Dana adalah total biaya belanjaan kamu di Alfamart tanpa ada tambahan biaya lainnya.

Syarat Bayar Pakai Dana Di Alfamart

Ada beberapa syarat bayar pakai Dana di Alfamart yang perlu kamu persiapkan seperti sudah install aplikasi Dana, sudah verifikasi Dana premium hingga memiliki saldo Dana yang cukup untuk melakukan pembayaran di Alfamart.

Berikut rincian syarat agar dapat belanja di Alfamart lewat aplikasi Dana :

1. Memiliki Akun Dana

Salah satu syarat dapat melakukan belanja di Alfamart pakai Dana pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Dana versi terbaru. Kamu dapat mengunduh aplikasi Dana secara gratis di Google Playstore maupun di AppStore.

Pastikan kamu sudah melakukan pendaftaran akun Dana menggunakan Nomor Telepon. Kode verifikasi Dana nantinya akan dikirimkan ke Nomor Telepon yang kamu daftarkan ke aplikasi Dana.

2. Upgrade Dana Premium

Selain itu kamu juga perlu melakukan verifikasi / upgrade akun Dana yang digunakan menjadi akun Dana Premium.

Dana Premium bisa kamu dapatkan dengan cara menyelesaikan proses verifikasi akun Dana dengan mengunggah Foto KTP dan Foto Selfie bersama KTP. Adapun proses verifikasi memakan waktu kerja hingga 1×24 jam.

3. Pastikan Saldo Dana Cukup

Setelah pendaftaran dan upgrade akun Dana selesai, pastikan kamu memilik saldo Dana yang cukup untuk membayar pesanana Alfamart. Kamu bisa mengisi saldo Dana dengan beberapa cara dibawah ini :

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan koneksi internet yang digunakan tetap stabil agar tidak terjadi masalah saat proses transaksi berlangsung.

Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat Scan QRIS

Pada dasarnya, cara belanja di Alfamart pakai Dana ini sangatlah mudah dilakukan. Akan tetapi, yang namanya belum tahu atau bahkan baru pertama kali melakukan belanja di Alfamart pakai Dana, tentunya akan merasakan bingung serta takut salah.

Oleh sebab itu, simak cara bayar Alfamart pakai aplikasi Dana lewat scan QRIS berikut ini :

  • Kunjungi Gerai Alfamart terdekat, lalu Pilih Produk yang ingin kamu beli di Alfamart.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Kunjungi Alfamart
  • Kemudian sampaikan ke kasir Alfamart kalau kamu ingin melakukan pembayaran menggunakan aplikasi Dana.
  • Selanjutnya kasir Alfamart akan memberikan QR Code / Barcode QRIS untuk pembayaran barang belanjaan.
  • Setelah itu kamu tinggal buka aplikasi Dana, lalu pilih menu Pindai atau Pay.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Klik Pindai / Pay di Aplikasi Dana
  • Silahkan arahkan layar Ponsel ke Barcode lalu Scan QR Code / Barcode yang diberikan kasir Alfamart sebelumnya.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Scan Barcode QRIS Dana
  • Selanjutnya akan muncul Detail Pembayaran seperti nama Merchant Alfamart dan Isian Nominal Pembayaran. Isi Nominal Transfer sesuai dengan nominal pesanan di kasir Alfamart lalu klik Pilih Metode Pembayaran.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Isikan Nominal Transfer
  • Silahkan cek detail pembayaran lalu klik Bayar.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Klik Bayar
  • Terakhir masukan PIN Dana untuk menyelesaikan proses pembayaran.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Masukkan PIN Dana
  • Jika transaksi berhasil, maka akan muncul detail Transfer Berhasil di aplikasi Dana.
Cara Bayar Alfamart Pakai Dana Lewat QR Code
Pembayaran Alfamart Lewat Dana Berhasil

Pastikan kamu menanyakan kepada kasir Alfamart apakah pembayaran telah masuk ke sistem Alfamart atau belum ya.

Terakhir, jangan lupa untuk meminta struk pembayaran sebagai bukti transaksi yang sudah kamu lakukan. Namun, umumnya kasir Alfamart akan langsung memberikan struk tersebut  tanpa harus meminta terlebih dahulu.

Baca Juga : 12 Cara Bayar Indomaret Pakai ShopeePay : Biaya & Keuntungan 

Sebelum melakukan Scan QR Code / Barcode pembayaran, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu total transfer saldo Dana sesuai dengan total tagihan pembayaran di kasir Alfamart.

FaQ Seputar Cara Bayar Alfamart Lewat Aplikasi Dana

Untuk melengkapi ulasan diatas, berikut beberapa daftar pertanyaan dan jawaban seputar cara pembayaran Alfamart pakai Dana yang perlu kamu ketahui :

Bisakah belanja di Alfamart pakai Dana?

Bisa. Dengan metode pembayaran QRIS, kamu dapat melakukan pembayaran di Merchant  – Merchant terdaftar seperti Alfamart dan Indomaret. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan terlebih dahulu ke kasir Alfamart apakah Alfamart yang kamu kunjungi menerima pembayaran lewat scan QRIS atau tidak.

Apakah terdapat produk yang tidak dapat dibeli dengan Dana di Alfamart?

Biasanya kamu tidak diperbolehkan membeli rokok di Alfamart pakai Dana atau membeli beberapa produk yang dilarang seperti beberapa merk susu formula untuk bayi.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan ke kasir Alfamart produk – produk apa saja yang tidak boleh dibeli dengan metode pembayaran Dana.

Apakah belanja di Alfamart pakai aplikasi Dana aman?

Dana merupakan Dompet Digital yang telah terverifikasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tentunya sangat aman digunakan untuk bertransaksi di Merchant – Merchant resmi seperti Alfamart.

Baca Juga : 12 Cara Top Up Higgs Domino Di Alfamart & Indomaret

Jika terjadi kendala saat transaksi di aplikasi Dana, kamu dapat menghubungi Customer Service Merchant Service DANA di 08041500445 (Call), 08111500445 (WhatsApp) atau email ke merchant.acquiring@Dana.id.

Kesimpulan

Cara bayar Alfamart pakai Dana dapat dilakukan lewat metode pembayaran scan kode QR / QRIS di kasir Alfamart tanpa biaya admin & tanpa uang tunai (cashless).

Baca Juga : 12 Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir Dijamin Berhasil

Kamu hanya perlu melakukan Scan QR Code / Barcode untuk membayar tagihan. Setelah melakukan Scan, maka otomatis sistem Dana melakukan verifikasi pembayaran.

Baca Juga : 9 Cara Bayar Shopee Pakai Dana Terbaru [100% Berhasil]

Sekian dulu ulasan mengenai cara bayar Alfamart pakai Dana yang terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait transaksi di atas, maka langsung saja tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *