Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

15 Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir

5 min read

Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir

Mahirtransaksi.com – Bisakah belanja di Alfamart pakai ShopeePay? Tentunya bisa dong. Selain mudah dan praktis, kamu juga bisa mendapatkan Cashback koin Shopee secara gratis. Penasaran? Yuk simak cara bayar Alfamart pakai ShopeePay lewat QR Code dan kasir berikut ini !

Belakangan transaksi uang elektronik dengan menggunakan E-wallet semakin meningkat setiap tahunnya. Sebagai alternatif metode pembayaran, Dompet Digital tentunya sangat berperan penting dalam memudahkan segala aktivitas transaksi.

Berdasarkan survei dari perusahaan Snapcart, ShopeePay menjadi salah Dompet Digital yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. ShopeePay mampu menguasai lebih dari 38% pangsa pasar transaksi Dompet Digital di Indonesia, baik secara online maupun offline.

Lalu apa itu ShopeePay? Melansir dari laman resmi Shopee, ShopeePay merupakan fitur layanan uang elektronik yang digunakan sebagai alternatif metode pembayaran dalam berbelanja di Shopee.

ShopeePay juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi langsung pada Merchant yang tersebar di 200 kota termasuk Alfamart & Indomaret.

Cara Belanja Di Alfamart Dengan ShopeePay

Seperti yang telah diketahui selain untuk berbelanja di Shopee, ShopeePay juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran dalam berbelanja di Alfamart.

Saat belanja di Alfamart dengan ShopeePay, tentunya kamu tidak perlu membawa uang cash. Kamu hanya perlu menyiapkan saldo ShopeePay sesuai nominal belanjaan kamu lalu Scan Code QR di kasir Alfamart.

Keuntungan Bayar Pakai ShopeePay Di Alfamart

Saat berbelanja di Alfamart, kamu pastinya akan direpotkan dengan pembayaran yang mungkin akan berbentuk pecahan rupiah bukan? Nah dengan metode pembayaran ShopeePay, kamu tidak hanya perlu membawa ponsel yang sudah terinstall aplikasi Shopee.

Lalu apa saja keuntungan bayar Alfamart pakai ShopeePay?

1. Mendapatkan Promo Menarik

Siapa sih yang tidak menyukai promo? Bagi kamu para pemburu promo, tentunya tidak akan melewatkan penawaran promo menarik Shopee seperti

Promo Serba Alfamart, Promo Murmer Alfamart, dan Promo TTM Alfamart.

Berbagai promo tersebut, memang diperuntukkan bagi kamu yang memiliki dan menggunakan ShopeePay sebagai alternatif metode pembayaran di Alfamart.

2. Transaksi Lebih Mudah dan Cepat

Kerjasama ShopeePay dan Alfamart bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan belanja online maupun offline secara mudah dan cepat.

Dimana transaksi sistem digital, memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran dengan hanya bermodalkan ponsel tanpa repot – repot membawa uang tunai.

Selain itu, transaksi pembayaran dengan menggunakan ShopeePay di Alfamart dengan QR Code juga biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

3. Pengeluaran Lebih Hemat

Selain transaksi lebih mudah dan cepat, kamu juga dapat mengikuti Promo Murmer Alfamart yang tentunya dapat menghemat biaya pengeluaran.

Namun, kebanyakan orang masih berpikir jika melakukan pembayaran melalui Dompet Digital seperti ShopeePay dapat membuat pengeluaran menjadi boros.

Padahal pemikiran tersebut sebenarnya salah karena faktanya menggunakan ShopeePay akan jauh lebih hemat. Dengan menggunakan ShopeePay, kamu bisa mengalokasikan dana tertentu dan dapat mengurangi tindakan belanja yang impulsif.

4. Dapat Cashback Koin Shopee

Selain transaksi di akun Shopee, faktanya belanja di Alfamart pakai ShopeePay dapat cashback hingga 50.000 koin Shopee loh. Cashback koin Shopee ini akan langsung ditambahkan kea kun Shopee kamu ketika pembayaran berhasil dilakukan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback koin Shopee untuk beberapa kategori yang telah ditentukan oleh Merchant Alfamart. Koin Shopee yang kamu dapatkan nantinya dapat kamu tukarkan dengan Voucher Shopee atau memotong belanjaan saat checkout di Shopee.

Syarat Belanja Alfamart Pakai ShopeePay

Syarat pertama agar bisa bayar Alfamart pakai ShopeePay, kamu diharuskan menyelesaikan proses Upgrade akun ShopeePay ke ShopeePay Plus dengan cara melengkapi identitas diri.

Kamu bisa menggunakan KTP/KITAS untuk melakukan verifikasi ShopeePay. Sebagai alternatif, kamu juga dapat mencoba menggunakan SIM atau Paspor untuk pengajuan verifikasi.

Setelah semua selesai, maka kamu tinggal menunggu kabar baik dari pihak Shopee. Adapun proses upgrade ShopeePay memakan waktu kerja hingga 1 x 24 jam dan akan memberitahumu melalui notifikasi apakah pengajuan verifikasi diterima atau ditolak.

Setelah ShopeePay berhasil diverifikasi, pastikan saldo ShopeePay cukup untuk membayar barang belanjaan di Alfamart. Apabila saldo tidak mencukupi, maka segera lakukan Top Up saldo ShopeePay.

Kamu bisa membaca panduan cara Top Up ShopeePay dibawah ini :

Perlu kamu ingat, sebenarnya terdapat beberapa produk yang tidak dapat dibeli menggunakan ShopeePay seperti semua jenis Merk rokok dan susu bayi untuk usia di bawah satu tahun.

Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code

Pernahkah kamu mendengar istilah Barcode / QR Code? Yap, pembayaran dengan metode scan QR Code di Alfamart tentunya sudah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Barcode atau QR Code ShopeePay bisa digunakan untuk membayar barang di Merchant yang kerja sama dengan Shopee termasuk Alfamart & Indomaret.

Biasanya, Merchant Alfamart akan menyediakan kode QR di bagian kasir agar pembeli dapat membayar belanja hanya dengan melakukan Scan pada Barcode yang disediakan.

Berikut cara bayar Alfamart pakai ShopeePay lewat Scan QR Code :

  • Kunjungi Alfamart terdekat, lalu Pilih Produk yang ingin dibeli.
  • Kemudian sampaikan pada kasir Alfamart, jika kamu ingin membayar belanjaan pakai ShopeePay.
  • Kasir Alfamart akan mengarahkan kamu untuk melakukan Scan Barcode / QR Code pembayaran ShopeePay.
  • Selanjutnya buka aplikasi Shopee, lalu klik Fitur Scan Barcode di samping nominal saldo ShopeePay.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Klik Scan Barcode ShopeePay
  • Arahkan layar ponsel kamu ke QR Code ShopeePay di kasir Alfamart.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Arahkan Scan Ke Barcode QRIS ShopeePay
  • Setelah Barcode berhasil di scan, akan muncul detail pembayaran seperti nama Merchant serta nominal pembayaran. Klik Lanjutkan untuk melanjutkan pembayaran.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Klik Lanjutkan Pembayaran
  • Terakhir masukkan PIN ShopeePay. Terakhir tunjukkan bukti pembayaran ke kasir Alfamart untuk pengecekan pembayaran.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Pembayaran Alfamart Berhasil

Setelahnya kamu tinggal menunggu proses transaksi yang dilakukan kasir Alfamart selesai. Jika berhasil, maka akan muncul notifikasi pada aplikasi Shopee bahwa Pembayaran Berhasil.

Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat Kasir

Selain lewat QR Code, kamu juga bisa belanja Alfamart pakai ShopeePay lewat kasir tanpa harus scan QR Code secara langsung jika Barcode QRIS ShopeePay tidak tersedia di kasir Alfamart.

Berikut cara bayar Alfamart pakai ShopeePay lewat kasir Alfamart :

  • Kunjungi Alfamart terdekat, lalu Pilih Produk yang ingin kamu beli.
  • Kemudian sampaikan pada kasir Alfamart, jika kamu ingin membayar belanja Alfamart lewat ShopeePay. Kasir Alfamart akan mengarahkan kamu untuk menyiapkan QR Code pembayaran di aplikasi Shopee.
  • Selanjutnya buka aplikasi Shopee, tap menu Saya kemudian pilih ShopeePay lalu klik menu Kode Bayar.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Membuat Kode Bayar ShopeePay
  • Masukkan PIN ShopeePay.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Masukan PIN ShopeePay
  • Lalu tunjukkan QR Code/Barcode kepada kasir Alfamart.
Cara Bayar Alfamart Pakai ShopeePay Lewat QR Code & Kasir
Tunjukkan Kode Pembayaran Ke Kasir Alfamart

Kasir Alfamart akan melakukan proses pembayaran dengan QR Code ShopeePay kamu dan saldo ShopeePay akan terpotong sesuai nominal belanja Alfamart kamu. Jika pembayaran berhasil dilakukan, maka akan muncul notifikasi pembayaran berhasil di akun Shopee.

Baca Juga : 13 Cara Transfer Dana Ke ShopeePay Tanpa Verifikasi [100% Berhasil]

Selain itu, jangan lupa untuk meminta Struk Pembayaran sebagai bukti transaksi yang dilakukan. Namun, biasanya kasir Alfamart akan langsung memberikan struk tersebut  tanpa harus meminta terlebih dahulu.

FaQ Seputar Cara Belanja Alfamart Pakai ShopeePay

Untuk melengkapi ulasan cara membayar Alfamart dengan ShopeePay diatas, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang sebaiknya kamu tahu :

Bisakah belanja di Alfamart bayar pakai ShopeePay?

Sangat bisa. Kamu bisa melakukan pembayaran lewat QR Code ShopeePay atau langsung memberikan kode QR pembayaran ke kasir tanpa harus scan manual. Tentunya kedua cara ini sangat mudah dilakukan tanpa harus menyiapkan metode pembayaran lain.

Apakah QR Code bisa saya screenshoot lalu disimpan di Galeri?

Tidak, metode pembayaran dengan QR Code ShopeePay di Alfamart hanya berlaku selama 60 detik setelah kode pembayaran dibuat. Jika melebih batas waktu scan yang telah ditentukan, maka kode pembayaran tidak akan berlaku lagi.

Apakah belanja Alfamart dengan ShopeePay ini aman?

Ya, metode pembayaran dengan ShopeePay tentunya sangat aman karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK). Selain itu, Alfamart merupakan Merchant resmi yang telah bekerja sama dengan Shopee.

Berapa minimal belanja di Alfamart pakai ShopeePay?

Minimal belanja Alfamart dengan ShopeePay adalah 10 ribu rupiah. Jika belanjaan kurang dari 10 ribu, maka kamu tidak bisa memilih metode pembayaran ShopeePay dan akan diarahkan ke pembayaran dengan uang tunai.

Bagaimana cara dapat cashback belanja Alfamart pakai ShopeePay?

Kamu bisa melihat berbagai voucher menarik Alfamart di Shopee lewat Shopee.co.id/Alfamartpromo.

Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan berbagai promo dan cashback menarik seperti promo serba 5 ribu rupiah, promo serba 10 ribu rupiah hingga cashback 50.000 koin Shopee gratis.

Kesimpulan

Cara bayar Alfamart pakai ShopeePay dapat dilakukan dengan metode pembayaran QR Code (QRIS ShopeePay) atau lewat kasir Alfamart dengan menunjukkan Kode Bayar di ponsel kamu.

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay : Lupa PIN, Diblokir Atau Dinonaktifkan [99% Berhasil]

Selain itu, cara bayar Alfamart menggunakan ShopeePay ini tidak jauh berbeda dengan cara bayar Indomaret pakai ShopeePay. Dimana kamu hanya menunjukkan QR Code/Barcode kepada kasir untuk melakukan pembayaran menggunakan ShopeePay.

Baca Juga : ShopeePay Tidak Bisa Digunakan? Ini 9 Solusinya !

Sekian dulu penjelasan mengenai cara bayar Alfamart pakai ShopeePay lewat aplikasi Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait transaksi diatas, maka langsung saja tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *