Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 15 Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil

6 min read

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu belanja barang di Alibaba? Jika ya, belanja di Marketplace luar negeri tentu akan sedikit merepotkan bukan? Tapi tenang, sekarang kamu bisa belanja di Alibaba dengan mudah & praktis. Yuk, simak cara belanja di Alibaba dengan rupiah berikut ini !

Cara belanja barang di Alibaba dengan rupiah saat ini cukup mudah. Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan uang asing saat membeli produk dari luar negeri. Seperti diketahui, Alibaba merupakan Marketplace yang menjual produk luar negeri dengan harga yang relatif murah.

Terdapat berbagai jenis produk yang dijual di Alibaba, mulai dari elektronik, kosmetik hingga otomotif. Hal ini tentu semakin memudahkan kamu yang ingin membeli produk murah dengan jumlah banyak dan berkualitas.

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah

Saat ini sudah ada Alibaba Indonesia yang bisa digunakan sebagai alternatif saat belanja, sehingga semakin memberi kemudahan bertransaksi menggunakan mata uang rupiah.

Itu artinya, kamu tidak perlu menggunakan metode pembayaran lain seperti PayPal, Kartu Kredit atau Western Union saat belanja di Alibaba.

Berikut cara belanja di Alibaba menggunakan rupiah :

1. Buat Akun Di Website Alibaba

Sama seperti Marketplace lain, kamu tentu harus mendaftar dan memiliki akun di website Alibaba. Kamu bisa mengakses website Alibaba menggunakan Smartphone, PC, maupun Laptop.

Setelah membuka website resmi Alibaba, selanjutnya buat akun dengan cara :

  • Klik pada pilihan Join Free / Register.
Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Buat Akun Di Website Alibaba.com
  • Ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran, seperti :
    • Email (klik pada join free).
    • Facebook.
    • Akun Google.
    • LinkedIn.
    • Twitter.
  • Gunakan browser Google Chrome untuk bisa mengubah bahasa China pada saat pendaftaran, menjadi bahasa inggris atau bahasa indonesia
  • Selanjutnya isi semua data (wajib) yang dibutuhkan, seperti :
    • Negara / Wilayah.
    • Jenis Perdagangan (penjual / pembeli / keduanya).
    • Surel / Email.
    • Kata Sandi Masuk.
    • Konfirmasi kata sandi.
    • Nama Perusahaan.
    • Nama depan dan belakang.
    • Nomor Telpon.
    • Verifikasi.
  • Setelah semua data telah diisi, centang pada perjanjian kebijakan, dan kemudian klik Setuju dan Daftar.
  • Terakhir verifikasi pendaftaran pada verifikasi yang masuk ke email yang kamu daftarkan.

2. Cari Produk Yang Ingin Kamu Beli

Selanjutnya kamu harus mencari produk yang ingin dibeli di Marketplace Alibaba. Sama seperti E-Commerce lain, di Alibaba kamu bisa mencari produk di kolom pencarian.

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Cari Produk Yang Ingin Dibeli

Kamu juga bisa menggunakan filter pencarian untuk mencari produk secara cepat dan akurat. Beragam kategori bisa kamu pilih mulai dari produk kosmtik, Elektronik, otomotif hingga Fashion pria dan wanita.

3. Filter Hasil Pencarian Produk

Setelah menuliskan kata kunci di kolom pencarian, akan ada banyak produk yang muncul. Agar proses memilih produk lebih cepat, kamu bisa menyaring pencarian produk menggunakan fitur filter pencarian yang telah disediakan.

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Gunakan Filter Pencarian

Kamu bisa menggunakan filter harga, jenis penjual hingga filter jenis produk sesuai dengan jenis produk yang kamu cari. Karena produk yang dijual di Alibaba dipasarkan ke seluruh dunia, kamu harus memastikan kualitas produk yang kamu beli sesuai dengan harga produk.

4. Siapkan Pesanan Produk Alibaba

Setelah menemukan penjual tepat dengan harga barang yang sesuai, selanjutnya yaitu mulai menyiapkan pesanan. Perhatikan kembali produk yang ingin kamu beli sebelum melakukan pembayaran dengan menilai beberapa aspek berikut :

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Cek Ulasan & Rating Penjual
  • Melihat rating / ulasan produk.
  • Melihat informasi penjual (rating seller).
  • Memastikan email penjual adalah email perusahaan dan bukan email konvensional.
  • Mencari tahu foto produk yang ditampilkan asli atau tidak.

Hal ini bertujuan agar tidak ada perbedaan pada produk yang di Marketplace dengan produk yang diterima saat barang kamu terima.

5. Tentukan Metode Pengiriman Produk

Sama seperti belanja di Marketplace lain, di Alibaba kamu juga harus menentukan metode pengiriman produk. Terdapat berbagai jasa pengiriman yang bisa dipilih, seperti EMS, DHL, FedEx.

Untuk pengiriman produk ke Indonesia, sebaiknya gunakan jasa pengiriman EMS atau DHL karena kedua jasa pengiriman tersebut telah memiliki kantor di Indonesia.

6. Pilih Metode Pembayaran

Menentukan metode pembayaran termasuk bagian terpenting jika ingin belanja di Alibaba menggunakan rupiah. Agar bisa membayar dengan rupiah, kamu bisa memilih pembayaran melalui Western Union.

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Pilih Metode Pembayaran

Pembayaran Western Union bisa dilakukan melalui tempat yang mudah ditemui, seperti Kantor Pos, Indomaret, Alfamart, dan Pegadaian. Pastikan pula Merchant yang kamu kunjungi menerima pembayaran Western Union sebelum melakukan pembayaran.

7. Konfirmasi Pembayaran

Saat melakukan pembayaran di Minimarket seperti Indomaret / Alfamart atau Kantor Pos maupun Pegadaian, pastikan kamu memperhatikan total yang harus dibayar. Cocokkan kembali dengan pesananmu. Setelah semua data benar, lakukan konfirmasi pembayaran.

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Konfirmasi Pembayaran

Kamu hanya perlu mengunjungi salah satu Merchant diatas, lalu berikan kode pembayaran Western Union dari Alibaba.

Selanjutnya pihak Merchant akan melanjutkan pembayaran pesanan Alibaba kamu. Terakhir, kamu hanya perlu membayar tagihan Western Union dengan menggunakan mata uang rupiah.

8. Tunggu Pesanan Alibaba Tiba

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, selanjutnya tinggal menunggu barang yang dibeli tiba di alamat tujuan yang telah kamu isi sebelumnya. Biasanya diperlukan waktu kurang lebih 7 – 14 hari agar barang sampai di tempat tujuan.

Cara Belanja Di Alibaba Dengan Rupiah Dijamin Berhasil
Tracking Pesanan Alibaba

Kamu akan menerima Email notifikasi pesanan Alibaba berhasil dibuat. Selanjutnya konfirmasi pembelian ke seller agar penjual dapat mengirimkan produk lebih cepat.

9. Buat Video Unboxing Saat Pesanan Tiba

Saat barang tiba di alamat kamu, jangan lupa buat video unboxing mulai dari packing produk, membuka produk hingga melakukan uji coba pada produk yang kamu beli.

Adanya video unboxing sangat penting, karena bisa menjadi bukti saat komplain jika ada barang rusak atau tidak sesuai pesanan. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu membuat video review setiap kali membeli produk dari Alibaba.

Tips Belanja Di Alibaba Menggunakan Rupiah

Saat belanja di Alibaba, sebenarnya banyak resiko yang harus kamu antisipasi mulai dari kredibilitas penjual, packing produk hingga kualitas produk yang dijual.

Hal ini dikarenakan Alibaba adalah Marketplace World Wide yang digunakan hampir diseluruh dunia. Oleh karena itu, kamu tidak bisa memastikan apakah penjual dapat dipercaya atau produk yang dikirimkan sesuai dengan keinginan kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahu tips belanja di Alibaba  menggunakan rupiah agar pesanan yang kamu terima sesuai dengan ekpektasi kamu :

1. Perhatikan Deskripsi Produk

Sebelum memilih produk, pastikan kamu memperhatikan deskripsi yang ditulis oleh penjual. Jangan sampai hanya melihat foto dan harga produk, kamu langsung tergiur untuk membelinya.

Bertransaksi tanpa membaca deskripsi produk hanya akan membuatmu rugi nantinya. Karena bisa saja barang yang ditampilkan bisa berbeda dari barang datang. Selain itu, membaca deskripsi produk juga bertujuan agar barang yang dibeli sesuai keinginan.

2. Pilih Penjual Terverifikasi

Cara belanja di Alibaba dengan aman yaitu dengan memilih penjual yang terverifikasi yang terbukti terpercaya dan kredibel. Hal ini sangat penting agar terhindar dari penipuan. Selain itu, memilih penjual juga memudahkan kamu saat akan berbelanja lagi.

Selain itu, berbelanja melalui penjual secara langsung juga membuat produk bisa dibeli dengan harga lebih murah. Agar bisa menemukan penjual terverifikasi, kamu bisa mengubah kolom search dari produk menjadi penjual.

3. Manfaatkan Fitur Request For Quotation (RFQ)

Di Alibaba terdapat fitur RFQ yang bisa dimanfaatkan saat mencari produk barang. Dengan fitur ini, kamu bisa memberikan informasi ke Alibaba tentang produk yang diinginkan, persyaratan harga, dan ketentuan pembayaran.

Melalui fitur RFQ, akan ada banyak penjual yang merespon dan mengirimkan pesan ke kamu. Sehingga kamu lebih mudah saat akan membandingkan harga dan kualitas antara penjual satu dengan penjual lain.

4. Pilih Penjual Dengan Email Bisnis

Sebelum berbelanja, pastikan kamu memperhatikan alamat Email yang digunakan oleh penjual. Sebisa mungkin hindari penjual yang tidak menggunakan alamat Email bisnis. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari penjual “abal – abal”.

5. Perhatikan Batasan Pembelian Produk

Setelah mendapatkan penjual sesuai keinginan, selanjutnya perhatikan batasan minimal pembelian barang. Biasanya setiap penjual menawarkan barang dengan range harga berbeda. Sehingga setiap harga barang disesuaikan dengan jumlah pembelian.

Semakin banyak pembelian, biasanya semakin murah harganya. Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan batasan pembelian produk dan harganya.

6. Minta Penawaran Ke Penjual

Cara belanja barang di Alibaba dengan rupiah untuk mendapatkan harga murah bisa dilakukan dengan meminta penawaran ke penjual.

Caranya dengan menghubungi penjual, kemudian minta penawaran dan contoh pesanan. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan harga murah namun berkualitas.

Baca Juga : 16 Cara Daftar Lazada PayLater Agar Disetujui [100% Berhasil]

Saat meminta penawaran, pastikan memberikan informasi produk yang diinginkan secara detail kepada penjual. Mulai dari pesanan minimal hingga persyaratan pembayaran. Adanya informasi detail tentu lebih memudahkan penjual memahami keinginan kamu.

FaQ Seputar Cara Beli Barang Di Alibaba Dengan Rupiah

Untuk melengkapi ulasan diatas, berikut daftar pertanyaan dan jawaban cara beli  barang di Alibaba dengan rupiah yang perlu kamu ketahui :

Beli barang di Alibaba apakah kena Pajak?

Jika kamu melakukan pembelian barang dari Alibaba, kamu tidak perlu membayar pajak lagi apabila transaksi pembelian anda sebesar $75. Supplier kamu bisa langsung mengirimkan barang ke Indonesia tanpa perlu bayar bea masuk lagi.

Namun, membeli barang di Alibaba akan dikenakan pajak bea masuk jika total pesanan kamu kurang dari $75 sesuai dengan ketentuan pemerintah tentang impor produk dari luar negeri.

Apakah Alibaba gratis ongkir?

Belanja di Alibaba tidak bisa gratis ongkir karena jarak pengiriman yang cukup jauh dan belum adanya regulasi dari Marketplace Alibaba untuk menyediakan fitur gratis ongkir pengiriman produk.

Untuk biaya pengiriman di Alibaba, konsumen dapat menegosiasikan biaya pengiriman dengan pemasok karena prosesnya akan berurusan dengan pihak bea cukai dan pajak.

Bagaimana cara belanja di Alibaba gratis ongkir?

Untuk belanja di Alibaba gratis ongkir kamu bisa mencoba alternatif belanja di gudang Alibaba di Indonesia atau mencari supplier Alibaba di Indonesia serta memastikan gudang / supplier menyediakan fitur gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia.

Berapa pajak belanja di Alibaba?

Belanja di Alibab akan dikenakan pajak dengan skema perhitungan harga produk minimum Rp 45.000 akan dikenakan pajak yang kisarannya 32,5% – 50% dari harga produk.

Sedangkan untuk barang lain, besarnya pajak impor dipangkas dari semula 27,5% -37,5% dari harganya kini hanya 17,5% dari harga yang berlaku untuk produk apa saja dengan harga 3 Dollar.

Baca Juga : 15 Keunggulan Tokopedia Untuk Belanja & Jualan [Ulasan Lengkap]

Adapun untuk produk dengan harga kurang dari 3 Dollar tetap akan dipungut pajak lain misalnya PPN kendati dengan angka lebih rendah.

Bagaimana cara belanja di Alibaba tidak kena pajak?

Agar belanja di Alibaba tidak dikenakan pajak adalah dengan menggunakan Jasa Forwarder (Jasa Impor) barang dari luar negeri ke Indonesia. Semua persyaratan dan pembayaran pajak akan diurus langsung oleh jasa Forwarder ini.

Itu artinya, kamu tidak perlu berurusan dengan pajak dan hanya menerima produk yang kamu beli dari Alibaba. Namun, kamu perlu membayar jasa forwarder untuk mengimpor produk dari luar negeri.

Baca Juga : 9 Cara Belanja Di Shopee Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Lalu bagaiamana cara belanja di Alibaba tanpa forwarder? Kamu bisa membeli produk di Alibaba tanpa jasa forwarder namun harus mengurus berkas administrasi pajak dan membayar pajak bea masuk produk impor dari luar negeri.

Apakah belanja di Alibaba aman?

Belanja di Alibaba terbukti aman dan terpercaya. Alibaba adalah perusahaan yang bergerak dibidang E-Commerce yang sudah beridiri sejak tahun 2001 dan sudah melayani ribuan penjualan ke seluruh dunia.

Namun kamu tetap perlu mengantisipasi penipuan penjualan dengan melihat ulasan produk, rating penjual hingga respon penjual di website Alibaba.

Kesimpulan

Terdapat berbagai cara belanja barang di Alibaba dengan rupiah, mulai dari membuat akun di website Alibaba, memilih produk yang ingin dibeli, melakukan pembayaran dengan rupiah melalui Western Union hingga melakukan video unboxing produk.

Baca Juga : 9 Cara Belanja Aman Di Shopee Agar Terhindar Dari Penipuan !

Sekian dulu ulasan cara belanja di Alibaba dengan rupiah yang terbukti berhasil ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar transaksi diatas, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *