Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

14 Cara Cicilan Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0% [Worth It 2021]

5 min read

Cara Kredit Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0%

Mahirtransaksi.com – Sudah tahu belum, di Shopee sekarang sudah dapat menggunakan pembayaran cicilan atau kredit loh ! Yap, dalam ulasan kali ini saya akan membahas cara cicilan di Shopee paling mudah dan tentunya tanpa DP atau uang muka.

Memiliki barang impian memang jadi dambaan semua orang. Apalagi keinginan yang terus memuncak saat ingin memiliki produk keluaran terbaru. Tetapi tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk membelinya secara langsung dengan uang cash.

Cara Cicilan Di Shopee Tanpa DP

Ada alasan mengapa seseorang memilih membeli barang lewat marketplace online seperti Shopee. Salah satu alasannya tentu karena pembayaran yang dapat dicicil hingga 12 bulan. Nah celah keuntungan ini dapat kamu manfaatkan untuk membeli barang di Shopee tanpa harus membayar di awal.

Nah sistem pembayaran dengan metode cicilan ini disebut Pay Later. Artinya pembayaran akan dilakukan sesuai dengan tagihan cicilan dengan tenor (masa jatuh tempo) yang telah dipilih sebelumnya.

Misalnya nih kamu ingin Kredit HP di Shopee dengan harga 1.8 Juta rupiah. Jika kamu memilih tenor pembayaran 3 bulan, maka kamu harus membayar 600 ribu rupiah setiap bulannya hingga semua tagihan kamu lunas.

Untungnya pembayaran tagihan ini biasanya dimulai dibulan berikutnya setelah transaksi kamu sukses. Bagaimana dengan produk yang dibeli? Apakah produk dikirim jika tagihan sudah lunas? Tentu tidak. Pesanan kamu tetap akan dikirim sesuai dengan estimasi waktu pengiriman.

Jenis – Jenis Cicilan Di Dhopee

Di Shopee tersedia 4 jenis cicilan (kredit) yang kamu pilih. Berikut adalah 4 cara cicilan di Shopee :

  • Cicilan Shopee lewat Shopee PayLater.
  • Cicilan Shopee lewat Kartu Kredit.
  • Cicilan Shopee lewat Kredivo.
  • Cicilan Shopee lewat Akulaku.

Dalam konteks pembelian produk, kamu dapat memilih salah satu dari keempat metode cicilan yang tersedia di Shopee. Tergantung metode cicilan mana yang telah kamu aktifkan.

Ke empat jenis cara cicilan Shopee diatas menggunakan limit kredit sebagai acuan pembayaran. Misalnya di Shopee PayLater, limit untuk pengguna awal adalah 750 ribu rupiah. Nah total pembelian kamu wajib sama atau kurang dari limit ini.

Tetapi ada juga metode cicilan yang memiliki fitur uang muka (DP) sebagai alternatif pembayaran jika total limit kurang dari total belanjaan kamu di Shopee. Contohnya adalah Kredivo dan Akulaku.

Cara Cicilan Di Shopee Bunga 0%

Cara cicilan di Shopee kali ini akan saya ulas berdasarkan 4 metode kredit diatas. Tetapi pastikan terlebih dahulu kamu sudah melakukan beberapa syarat dan ketentuan berikut :

  • Sudah registrasi dan aktivasi jenis pembayaran cicilan sesuai dengan cara kredit Shopee yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin cicilan pakai Shopee PayLater, maka kamu wajib mendaftar serta aktivasi fitur Shopee PayLater terlebih dahulu di akun Shopee-mu.
  • Memastikan limit cicilan cukup saat pembelian produk di Shopee. Jika tidak cukup, kamu bisa mengajukan penambahan limit terlebih dahulu.

Jika dua hal tersebut sudah kamu lakukan, sekarang saatnya memesan barang di Shopee dengan pembayaran cicilan. Berikut 4 cara cicilan di Shopee yang dapat kamu coba.

1. Cara Cicilan Di Shopee Lewat Shopee PayLater

Shopee PayLater adalah fitur pembayaran Shopee yang menggunakan metode cicilan langsung di aplikasi Shopee. Shopee PayLater dibuat oleh pihak penyelenggara pinjaman yaitu PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance, yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Proses verifikasi ShopeePayLater diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sebelum menggukan Shopee PayLater untuk kredit di Shopee. Kamu perlu mengaktifkan fitur Shopee PayLater ini di akun Shopee-mu. Berikut syarat aktivasi Shopee PayLater di Shopee :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Nama Ibu Kandung.
  • Identitas pendikung lainnya seperti Nama, alamat serta Nomor telepon yang masih aktif.

Setelah itu, kamu bisa melakukan aktivasi Shopee PayLater. Proses verifikasi data dalam pengajuan Shopee PayLater ini hanya 2 x 24 jam. Jika gagal, kamu dapat melakukan pengajuan ulang Shopee PayLater dikemudian hari. Silahkan baca cara mengaktifkan Shopee PayLater di Shopee ini.

Setelah Shopee PayLater sudah aktif, selanjutnya kamu dapat belanja di Shopee sesuai dengan limit yang tersedia di Shopee PayLater milikmu. Limit awal Shopee Paylater adalah Rp. 750.000 rupiah yang dapat kamu gunakan secara langsung untuk belanja di Shopee. 

Cara Kredit Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0%
Limit Awal Shopee PayLater

Oh ya, update terbaru dari Shopee sejak tanggal 02 Juli 2020 kamu sudah dapat mengatur tanggal tagihan Shopee PayLater dari tanggal 05 sampai dengan tanggal 11 setiap bulannya. Lihat tanya jawab seputar Shopee PayLater terlengkap Disini.

2. Cara Cicilan Di Shopee Pakai Kartu Kredit

Pembayaran cicilan Shopee dengan kartu kredit juga dapat kamu pilih sebagai alternatif pembayaran belanjaan kamu. Selain mudah, kamu dapat memanfaatkan kartu kredit dari rekening kamu yang sudah tersambung di Shopee. Jadi kamu tidak perlu registrasi kartu kredit lagi.

Cara Kredit Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0%
Kartu Kredit Shopee

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan penggunaan cicilan kartu kredit di Shopee yang wajib kamu ketahui :

  • Pembayaran dengan cicilan kartu kredit dapat dilakukan untuk checkout dengan pembelian dari toko yang berbeda.
  • Pembayaran dengan cicilan kartu kredit hanya dapat dilakukan 1 kali / kartu kredit / hari ke toko yang sama dan 3 kali/ kartu kredit / hari ke toko yang berbeda.
  • Pengembalian barang / dana untuk pembayaran melalui cicilan kartu kredit hanya dapat dilakukan untuk semua produk dalam satu checkout, tidak berlaku pengembalian barang / dana sebagian.
  • Shopee berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakan kecurangan dari pengguna.

Selaint itu, cicilan Shopee dengan kartu kredit ini dikenakan biaya penanganan per tanggal 14 Februari 2019 sesuai ketentuan berikut :

  • 2,5% untuk 3 bulan.
  • 3,5% untuk 6 bulan.
  • 6% untuk 12 bulan.
  • 4% (Bank BRI) atau 8% (bank lainnya) untuk 18 bulan.
  • 4% (Bank BRI) atau 10% (bank lainnya) untuk 24 bulan.
  • 1,5% untuk pembayaran penuh kartu kredit dan debit.

Besarnya biaya penanganan Shopee ini dapat kamu lihat secara jelas di tabel berikut :

Cara Kredit Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0%
Tabel Biaya Penanganan Kartu Kredit Shopee. Sumber : help.shopee.co,.id

3. Cara Cicilan Di Shopee Lewat Kredivo

Pembayaran Kredivo adalah salah satu metode cicilan yang terdapat di Shopee. Untuk memudahkan penggunaan Kredivo kamu wajib registrasi dan aktivasi akun terlebih dahulu di aplikasi Kredivo.

Adapun syarat yang registrasi akun Kredivo adalah sebagai berikut :

  • Warga negara Indonesia.
  • Usia minimum 18 tahun.
  • Tinggal di JABODETABEK, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Yogyakarta, Malang, Solo, Makassar, Sukabumi, dan Cirebon.
  • Berpenghasilan minimum Rp3.000.000,00 per bulan.

Aplikasi Kredivo saat ini telah tersedia di Google Playstore maupun AppStore. Setelah kamu berhasil membuat akun, pastikan juga bahwa limit Kredivo sudah tersedia.

Dengan memilih cicilan Shopee lewat Kredivo maka kamu bisa dapat limit cicilan hingga 30 Juta rupiah dengan bunga 0% bila melunasi cicilan di 30 hari pertama atau  dengan cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan (bunga 2.6% per bulan).

Cara Kredit Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0%
Bunga Cicilan Kredivo

Tetapi perlu kamu ketahui juga bahwa sejak tanggal 1 Mei 2019, pembayaran Shopee menggunakan Kredivo telah dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% dari total biaya transaksi kamu di Shopee.

Ulasan lengkap cicilan Shopee lewat Kredivo serta cara belanja Shopee menggunakan limit kredit Kredivo dapat kamu baca Disini.

4. Cara Cicilan Di Shopee Lewat Akulaku

Cara cicilan di Shopee lewat Akulaku juga hampir sama dengan penggunaan cicilan Kredivo. Sebelum menggunakan Akulaku untuk belanja Shopee kamu wajib :

  • Registrasi serta Aktivasi Akun di aplikasi Akulaku.
  • Mendapatkan limit Akulaku serta memastikan bahwa limit yang tersedia dapat digunakan untuk belanja.
  • Memastikan limit kredit yang tersedia sama atau lebih banyak dari total biaya belanjaan di Shopee.

Jika total cicilan poin maupun kredit limit Akulaku kamu kurang, kamu juga bisa memanfaatkan fitur uang muka (DP) agar tetap bisa berbelanja.

Cara Kredit Di Shopee Tanpa DP & Bunga 0%
Cicilan Shopee Dengan Akulaku

Tenor cicilan Akulaku di Shopee hingga 12 bulan dengan bunga pembayaran 17% di bulan kedua. Jatuh tempo pembayaran cicilan Akulaku adala tanggal 25 setiap bulannya. Jika kamu melunasi cicilan sebelum tanggal jatuh tempo maka bunga yang dikenakan akan semakin kecil bahkan hingga 0%.

Berikut ketentuan penggunaan Akulaku sebagai metode pembayaran cicilan di Shopee :

  • Nilai cicilan yang tertera pada aplikasi Shopee & Akulaku akan ada sedikit perbedaan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya uang muka yang perlu Anda bayar terlebih dahulu. Namun, jangan khawatir, nilai cicilan yang perlu Anda bayar setiap bulannya adalah nilai cicilan yang tertera pada aplikasi Akulaku.
  • Per tgl 7 Maret 2019, diberlakukan biaya penanganan untuk metode pembayaran Akulaku sebesar 1,5% per transaksi.

Cara Registrasi, aktivasi serta cara belanja di Shopee lewat cicilan Akulaku dapat kamu baca Disini.

Pilihan Cara Cicilan Shopee Terbaik

Membandingkan ke – empat metode cicilan Shopee yang tersedia akan sulit dilakukan. Tetapi jika diukur dari efisiensi penggunaan untuk belanja di Shopee, maka cara cicilan dengan Shopee PayLater masih menjadi primadona.

Mengapa? Karena untuk menggunakan fitur Shopee PayLater kamu hanya perlu mengaktifkannya di Akun Shopee. Kamu juga tidak perlu menggunakan aplikasi pinjaman online tambahan untuk berbelanja di Shopee.

Namun sayangnya, Shopee PayLater hanya tersedia untuk akun Shopee terpilih saja. Menurut keterangan pengguna yang telah mengaktifkan Shopee PayLater salah satu kunci utama untuk mendapatkan Shopee PayLater adalah dengan meningkatkan transaksi di Shopee.

Baca Juga : 10 Modus Penipuan Shopee Yang Wajib Kamu Tahu !

Selain cicilan kartu kredit, kamu juga bisa menggunakan fitur cicilan lewat Akulaku, Kredivo maupun Shopee PayLater tanpa kartu kredit.

Cara cicilan Shopee tanpa kartu kredit ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin berbelanja cepat di Shopee. Sedangkan cicilan Shopee dengan kartu kredit hanya berlaku untuk point ke dua diatas.

Disamping berbagai kemudahan cicilan di Shopee diatas, tidak lepas dari sanksi berupa denda atau pemblokiran akun jika telat membayar tagihan cicilan yang telah kamu gunakan.

Kesimpulan

Jika menggunakan satu metode cicilan saja tidak cukup, kamu juga dapat bisa menggunakan dua atau lebih metode cicilan sekaligus. Cukup registrasi lalu belanja di akun Shopee kamu sepuasnya. Lalu adakah cicilan Shopee untuk penjual? Baik pembeli maupun penjual di Shopee dapat menggunakan semua metode cicilan shope diatas diakun Shopee.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Flash Sale Shopee Rp.99 [99% Berhasil]

Oh ya, kamu tidak perlu khawatir atau takut saat memilih ke empat cara cicilan di Shopee tercepat diatas. Sebab semua metode pembayaran cicilan di Shopee sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastinya aman ya.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Agar Omzet Penjualan Meningkat Hingga 90% !

Sekian dulu ulasan cara cicilan di Shopee tanpa uang muka ini. Tidak menutup kemungkinan akan dirilis juga metode pembayaran cicilan baru di Shopee selain ke-empat cara cicilan diatas. Jadi stay tune terus ya. Jika kamu punya pengalaman cicilan di Shopee, segera ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar dibawah postingan ini. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *