Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan !

7 min read

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan !

Mahirtransaksi.com – Jika kamu memutuskan untuk jualan secara online khususnya di Shopee. Tentunya kamu harus mempunyai kiat khusus untuk mendapatkan keuntungan lebih dari penjualan-mu. Oleh karena itu, berikut saya ulas 15 strategi jualan di Shopee untuk meraih omzer hingaa 100 Juta per bulan.

Shopee sebagai marketplace terbaik pertama saat ini dengan tingkat kunjungan terbesar di Indonesia tentu dapat dijadikan “ladang uang” bagi yang mengetahui caranya.

Sama halnya seperti jualan secara daring pada umumnya, jualan di marketplace Shopee juga membutuhkan beberapa strategi khusus untuk meningkatkan penjualan.

Strategi Jualan Di Shopee

Berbicara tentang strategi, kamu perlu tahu dulu apa tujuan kamu mengetehui strategi jualan di Shopee ini.

Pertama, Rasio Konversi !

Rasio konversi adalah perbandingan banyaknya kunjungan toko dengan total pembelian.

Rasio Konversi = Kunjungan Toko / Total Pembelian.

Misalnya, dalam satu hari toko-mu dikunjungi oleh 100 orang dan yang total pembelian 2 pcs. Maka rasio konversi toko adalah 2%.

Jadi, tujuan utama belajar strategi berjualan di Shopee ini yaitu meningkatkan rasio konversi.

Tetapi hasil analisa pembelian Shopee, sebelum checkout, terdapat fitur tambahkan ke kerangjang. Artinya, tidak semua pembelian Shopee langsung terjadi tanpa melalui proses Add To Chart (ATC) Shopee ini.

Dari 100 kunjungan, minimal ada 10 orang yang tertarik untuk ATC. 10% standar, 15% cukup bagus, 20% sangat bagus.

Sekarang ke pertanyaan !

Bagaimana cara meningkatkan rasio konversi  Shopee?

Tentu semua kembali ke strategi berjualan. Oleh karena itu, simak 15 strategi jualan di Shopee untuk meningkatkan omzet penjualan hingga 100 Juta perbulan ini !

1. Dekorasi Toko Unik

Strategi yang pertama dimulai dari dekorasi toko. Jika kamu ingin menjadi seller Shopee tentunya kamu wajib memiliki sebuah toko di Shopee. Kamu bisa menggunakan akun Shopee lama atau mendaftar dengan akun Shopee baru.

Dekorasi toko Shopee meliputi :

  • Foto profil toko.
  • Foto background Profil.
  • Deskrisi toko.

Percaya atau tidak ada tidak nya ketiga elemen diatas mempengaruhi tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko (Branding).

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Dekorasi Toko Shopee

Jika kamu biasanya melihat cara membuat dekorasi toko yang baik. Maka kali ini saya menyarankan kamu membuat dekorasi toko yang unik. Cara ini dapat menaikan nilai (Value) toko dibandingkan toko kompetitor.

2. Branding Nama & Username Toko

Berbicara masalah branding pada dasarnya dapat kamu temui hampir di setiap element toko dan produk. Salah satu optimasi branding yang paling penting terdapat pada username dan nama Toko Shopee.

Maksudnya bagaimana?

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Branding Username & Nama Toko

Saya pernah belanja di salah satu toko Shopee. Kemudian saya menemukan satu toko dengan nama yang unik dan familiar. Tetapi saya lupa memasukan sampel produk ke keranjang belanja saya.

Disuatu waktu, saya membutuhkan produk itu lagi. Tanpa berpikir panjang, saya langsung mengingat nama toko tersebut. Karena apa? Karena nama toko nya unik dan familiar. Jadi tidak perlu bersusah payah untuk menginatnya.

Bandingkan jika nama atau username toko tersebut rumit. Terdiri dari 20 karakter dan susah di eja. Mungkin saya akan beralih ke toko lain karena kesulitan mengingat nama toko tersebut. Dari ilustrasi tersebut dapat disimpulkan bahwa branding terletak di nama dan username toko.

3. Branding Toko

Branding Toko sendiri adalah metriks yang mengukur tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko. Semakin percaya pembeli terhadap toko-mu, maka semakin besar kemungkinan toko-mu di rekomendasikan ke pengguna Shopee lain.

Branding Toko = Percaya = Rekomendasi = Peningkatan Penjualan.

Sangat simple. Lalu apa sih branding toko ini? Coba lihat gambar ini :

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Branding Toko

Apa hasil analisa-mu? Tentu ada sesuatu yang membedakan toko ini dengan toko Shopee lainnya. Itulah branding. Triknya, kamu bisa menambahkan logo toko di foto produk bahkan di kotak/tempat produk.

Memang, kamu perlu menambah sedikit budget modal-mu. Namun, hasilnya sangat luar biasa. Bayangkan pada setiap produk-mu sampai ke pembeli, kemasan produk-mu dilihat oleh 10 orang berbeda. Otomatis mereka akan melakukan pembelian di toko. Dari apa? Hanya dari logo di kemasan produk-mu.

4. Optimasi Foto Produk

Sebagai seller Shopee, kamu mungkin melewatkan strategi Shopee ini. Karena foto produk sangat mempengaruhi tingkat penjualan di Shopee.

Coba lihat foto produk berikut :

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Optimasi Foto Produk Shopee

Menurutmu, apakah gambar produk tersebut sudah tepat? Yap, tentu saja. Pembeli akan mengetahui secara jelas spesifikasi produk tanpa harus melihat deskripsi produk itu sendiri.

Shopee sendiri merekomendasikan foto produk dengan bacground putih agar objek lebih jelas terlihat. Coba simak tabel optimasi foto produk shopee berikut.

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Tabel Optimasi Foto Produk

Tips lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto seperti photoshop, paint atau photoscape untuk menambahkan penjelasan produk di dalam foto agar foto produk-mu semakin menarik.

5. Tingkatkan Persentasi Chat Di Balas

Percaya atau tidak semakin cepat kamu merespon chat pembeli, maka semakin besar kemungkinan produk-mu akan di prioritaskan untuk di beli.

Mengapa hal ini terjadi? Karena pada dasarnya pembeli yang bertanya melalui fitur Live Chat Shopee ingin mengetahui apakah seller aktif dan dapat memberikan penjelasan sesuai keingginan buyer.

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Persentase Chat Dibalas

Tentunya, momen seperti ini jangan kamu sia-siakan. Selain itu, semakin tinggi tingkat persentasi membalas chat di toko-mu juga akan memperbesar peluang toko-mu menjadi star seller Shopee.

Untung banget kan? Selain meningkatkan penjualan, toko-mu juga akan di prioritaskan Shopee dalam daftar pencarian teratas Shopee.

6. Lengkapi Informasi Produk

Strategi jualan Shopee berikutnya adalah melengkapi informasi produk. Berikut ini informasi produk yang perlu kamu lengkapi :

  • Nama Produk, buat nama produk dengan jelas. Misalnya Minyak Goreng Nabati 1/2 Kg Original 99%.
  • Deskripsi Produk, buat deskripsi sejelas mungkin. Misalnya produk pakaian sertakan ukuran, produk makanan sertakan berat produk.
  • Kategori Produk, isi kategori dengan tepat agar produk-mu muncul di pencarian produk dengan kategori produk. Misalnya, kado dengan kategori serba – serbi.
  • Variasi Produk, variasi produk bertujuan untuk memperjelas jenis – jenis produk dalam satu varian. Misalnya varian warna atau berat.
  • Variasi Harga, variasi harga dapat memudahkan pembeli mengetahui range harga suatu produk.
  • Kondisi Produk, kondisi produk terdiri atas kondisi baru dan second.

Mengapa informasi produk ini penting? Jawaban nya kembali ke kepuasan pembeli dalam me-review setiap produk tanpa harus menanyakan. Tentunya ini akan meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam berbelanja.

7. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir Shopee

Rahasia jualan laris di Shopee berikutnya adalah mengaktifkan fitur terbaru dari Shopee yaitu fitur gratis ongkir.

Saat ini fitur gratis ongkir yang tersedia untuk seller Shopee adalah Gratis Ongkir Xtra. Informasi ketentuan dan cara mengaktifkan fitur Gratis Ongkir Xtra ini dapat kamu baca Disini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir 70% pembeli Shopee membeli produk dengan label gratis ongkir. Baik itu Gratis Ongkir Xtra, voucher gratis ongkir ShopeePay maupun Voucher Gratis Ongkir Rp.0 untuk pengguna baru Shopee.

8. Aktifkan Fitur COD Shopee

Cash On Delivery (COD) adalah salah satu fitur Shopee yang memungkinkan pembeli dapat membayar belanjaan ketika paket telah diterima.

Fitur ini sangat cocok kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan Shopee. Faktanya 3 dari 10 pembeli di Shopee menggunakan fitur COD Shopee dalam pembelian.

Baca Cara Mengaktifkan COD Shopee ini untuk mengetahui kelebihan, kekurangan serta cara mengaktifkan fitur COD Shopee ini di Toko-mu.

9. Minta Review Produk

Cara jitu jualan di Shopee berikutnya adalah meminta review produk. Memang cara ini terdengar aneh karena pada dasarnya pembeli dapat memberi ulasan setelah produk diterima pembeli.

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Ulasan Produk Shopee

Berikut fakta yang harus kamu tahu :

  • 63% pengunjung lebih memilih untuk membeli di website yang ada review-nya (iPerceptions, 2011)
  • Review akan meningkatkan penjualan produk hingga 18% (Reevoo, 2013)
  • 61% calon pembeli akan membaca review terlebih dahulu sebelum membeli (Econsultancy, 2012)

Oleh karena itu, jangan lupa minta review produk jika pesanan telah sampai ke pembeli dengan cara :

  • Chat pembeli untuk menanyakan kualitas produk dalam rentang waktu 1 – 2 dari hari setelah produk di diterima oleh pembeli.
  • Berikan diskon atau reward bagi pembeli yang bersedia memberikan review setelah produk diterima.

11. Tingkatkan Reputasi Toko

Tips jualan Shopee untuk pemula yang satu ini wajib. Yap, reputasi toko yang baik. Berikut beberapa bagian reputasi toko yang dapat kamu tingkatkan.

  • Pengalaman Belanja

Pengalaman berbelanja yang tidak mengecewakan tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi pembeli. Dengan berbelanja tanpa kendala serta kemudahan akan memudahkan pembeli untuk kembali berbelanja di toko-mu.

  • Minimalisir Produk Retur

Minimalisir produk dikembalikan oleh pembeli caranya :

  1. Perhatikan dan tingkatkan kualitasi produk sebelum dikirim ke buyer.
  2. Perhatikan packing. Usahakan packing produk dengan rapi dan tidak merusak produk.
  3. Perhatikan kecepatan pengiriman. Selalu pastikan paket sampai tepat waktu.
  • Bangun Chemistry Dengan Pembeli

Membangun hubungan yang baik antar penjual dan pembeli memang tidak mudah. Perlu komukasi yang intens. Namun, kamu dapat memberikan kesan ramah ketika berkumunikasi via live chat Shopee.

Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap pelayanan yang kamu berikan. Selain itu, tindakan ini memungkinkan toko-mu direkomendasikan kepada orang lain.

11. Gunakan Fitur Iklan Berbayar Dengan Produk Prioritas

Iklanku adalah salah fitur Shopee yang dapat kamu coba untuk meningkatkan penjualan Shopee. Dengan mengaktifkan fitur iklanku ini, produk-mu akan menjadi prioritas Shopee untuk ditampilkan dalam daftar pencarian teratas.

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Dampak Peningkatan Kunjungan Dari Iklan Shopee

Semakin cepat produk-mu muncul dalam daftar pencarian produk maka semakin besar kemungkinan produk-mu di beli. Oh ya, saya menyarankan kamu untuk menginklankan produk prioritas. Artinya produk dengan pencarian organik adalah produk prioritas yang harus kamu iklankan.

Hal ini menunjukan bahwa produk tersebut berpotensial mendatangkan trafic lebih dibandingkan produk dengan pencarian organik yang sedikit.

12. Rutin Upload & Up Produk

Mengupload produk memang dapat menjadi rutinitas yang membosankan bagi seller. Namun percaya atau tidak, semakin banyak produk yang berhasil kamu upload maka semakin banyak trafic yang datang ke toko-mu.

Nantinya, kamu dapat memilah lagi produk mana yang paling potensial yang akan kamu prioritaskan di toko-mu berdasakan tingkat rasio konversi dan jumlah penjualan terbanyak.

Baca Juga : 11+ Penyebab Produk Tidak Muncul Di Shopee Dan Cara Mengatasinya !

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur “Naikan Produk” agar produk-mu semakin diprioritaskan Shopee di pencarian teratas.

13. Integrasikan Toko Dengan Sosial Media

Pernahkan kamu melihat Bio salah satu account instagram dengan pengikut puluhan ribu mencantumkan link toko Shopee ? Yap, salah satu tips jualan Shopee paling jitu saat ini adalah mengintegrasikan media sosial dengan toko-mu.

Coba lihat gambar ini :

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan
Menghubungkan Toko Ke Media Sosial

Bayangkan 30% pengikut instagram melihat produk-mu setiap hari. Selain itu, cara ini terbukti meningkatkan kepercayaan suatu brand di media sosial.

Caranya ini tentunya tidak dapat kamu raih dalam waktu yang singkat. Karena pada dasarnya membangun followers di media sosial sama halnya dengan membangun followers di Shopee.

Membutuhkan kesabaran dan konsistensi !

Tapi tak apa, sembari menunggu toko-mu berkembang, kamu dapat membuat official account media sosial seperti instagram, Facebook atau Telegram untuk membangun brand-mu sendiri.

14. Buat Blog/Website Toko

Selain dapat di-integrasikan dengan media sosial, kamu juga dapat mencoba membuat website toko online-mu sendiri.

Ini penting jika kamu memang ingin serius mendalami bisnis jual beli online. Dengan membuat website toko online, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut :

  • Membangun Brand Toko untuk jangka panjang.
  • Meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk, sebab di blog deskripsi produk dapat kamu jelaskan secara detail.
  • Menambah dan meningkatkan trafic serta pembelian toko-mu.

15. Raih Star Seller Shopee

Cara optimasi Shopee yang terkahir adalah meraih Star Seller Shopee (Penjual pilihan Shopee).

Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan !
Star Seller Shopee

Menjadi star seller Shopee bagi pemula bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan serta kerja Ekstra untuk memenuhi 8 kriteria star seller Shopee.

Keuntungan menjadi star seller yakni :

  • Produk prioritas dalam daftar pencarian teratas Shopee.
  • Produk diberi tag (Badge) star seller Shopee untuk meningkatkan branding produk.
  • Profil diberi tag (Badge) star seller Shopee yang menandakan kualitas pelayanan terbaik Shopee.

Baca Cara Menjadi Star Seller Shopee Dalam Waktu 4 Bulan ini agar kamu mengetahui syarat, keuntungan dan cara mendapatkan star seller Shopee dalam waktu cepat.

Kesimpulan

Satu alasan mengapa seseorang memutuskan belanja secara online (daring) yaitu didasari oleh rasa Kepercayaan. Dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kepercayaan pembeli kepada toko adalah kunci utamanya.

Semakin percaya maka semakin yakin untuk membeli. Semakin banyak membeli, peluang rekomendasi semakin besar.

  • 90% user menyatakan mereka akan mempercayai rekomendasi yang di-share oleh teman mereka (Voltier Digital, 2012)

Jadi tidak mustahil kamu akan mendapatkan omzet 100 juta per bulan hanya dengan berjualan online. Atau bahkan kamu akan membangun toko online-mu sendiri. Siapa yang tahu? Dirimu sendiri.

Kuncinya tekun, sabar dan konsisten membangun toko yang dipercayai semua pengguna Shopee.

Baca Juga : 7 Cara Jualan Di Shope Untuk Pemula [Panduan Lengkap]

Sekian dulu ulasan Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan diatas. Tentunya dengan acuan 15 poin diatas. Jika kamu mempunya pertanyaan tentang rahasia jualan di Shopee lainnya, segera tanyakan di kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *