Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tanya Jawab Seputar Shopee PayLater [Terlengkap 2021]

7 min read

Pertanyaan Dan Jawaban Seputar Shopee PayLater

Mahirtransaksi.com – Tanya Jawab seputar Shopee PayLater ini mungkin perlu kamu ketahui untuk mengatasi kendala fitur Shopee PayLater di akun Shopee-mu.

Akhir akhir ini penggunaan fitur Shopee PayLater semakin banyak dimanfaatkan oleh pengguna Shopee. Hal ini karena banyak manfaat yang bisa didapat dari fitur pembayaran Shopee terbaru ini.

Mengapa saya menyarankan kamu menggunakan Shopee PayLater ini? Karena mudah digunakan. Itu saja. Jika biasanya kamu membayar belanjaan kamu menggunakan Transfer Bank kamu pasti repot membuka aplikasi mBanking atau bahkan harus ke ATM terdekat.

Atau yang paling parahnya, kamu memilih metode pembayaran Shopee via merchant Alfamart/Indomaret, tentu banyak waktu dam tenaga yang harus kamu keluarkan.

20 Pertanyaan & Jawaban Shopee PayLater

Tapi, tidak semua kemudahan itu dirasakan oleh pengguna Shopee PayLater. Ada saja kendala yang pasti sering kamu alami ketika menggunakan Shopee PayLater. Dan mungkin saja kamu akan menemukan jawabannya disini. Berikut tanya jawab seputar Shopee PayLater yang berisi 20 Pertanyaan dan Jawaban paling sering ditanyakan seputar Shopee PayLater.

1. Apakah Shopee Pay Later Ini Aman?

Shopee PayLater adalah salah satu Fintech Legal di bawah PT. Lentera Dana Nusantara yang merupakan salah satu fitur pembayaran Shopee dengan sistem P2P Lending yang mempertemukan pemberi dana pinjaman dengan peminjam dana.

Semua transaksi di Shopee PayLater sudah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK). Dan dapat dipastikan penggunaan Shopee PayLater ini legal dan aman digunakan oleh pengguna marketplace Shopee.

2. Bagaimana Cara Mengaktifkan Shopee PayLater?

Dimulai dari pertanyaan paling awal saat ingin menggunakan Shopee PayLater, yakni cara aktivasi. Untuk mengaktifkam Shopee PayLater yang kamu butuhkan hanya Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Nama & NIK lengkap-mu.

Tapi tidak semua akun Shopee bisa mengaktifkan Shopee PayLater. Ada beberapa syarat yang seharusnya sudah kamu lakukan sebelum agar fitur Shopee PayLater ini muncul di akun Shopee-mu.

  • Kamu sudah Aktivasi & Verifikasi akun Shopee.
  • Akun Shopee sudah aktif lebih dari 3 bulan.
  • Kamu sering bertransaksi secara rutin di aplikasi Shopee.
  • Selalu update aplikasi Shopee ke versi terbaru di Google Playstore.

Sudah semua !

Bagus, sekarang saat nya kamu aktifkan fitur Shopee PayLater-mu. Selanjutnya baca Cara Mengaktifkan Shopee PayLater – Dapat Limit Kredit 6 Juta Rupiah ini. Ingat, aktifkan Shopee PayLater hanya melalui aplikasi Shopee.

3. Berapa Limit Shopee PayLater Yang Saya Dapatkan?

Jika kamu telah berhasil mengaktifkan fitur Shopee PayLater, maka kamu akan mendapatkan limit kredit pertama sebesar Rp.750.000 rupiah yang langsung dapat kamu gunakan.

Pertanyaan Dan Jawaban Seputar Shopee PayLater
Limit Shopee PayLater

Kamu bisa mengajukan penambahan limit kedua sebesar Rp.1.800.000. Syaratnya, kamu harus menggunakan fitur pembayaran Shopee PayLater secara rutin dan pastikan membayar sebelum jatuh tempo. Ingat, pastikan kamu membayar sebelum jatuh tempo pembayaran tagihan Shopee PayLater.

Kamu juga bisa mengajukan penambahan limit Shopee PayLater hingga maksmal Rp.6.000.000 rupiah. Syaratnya sama seperti pengajuan kedua, tetapi pastikan juga kamu sering melakukan pembelian produk dengan Shopee PayLater dengan nominal di atas 1 juta rupiah.

4. Bagimana Cara Menambah Limit Shopee PayLater?

Penambahan limit Shopee PayLater dapat dilakukan jika kamu sudah sering bertransaksi menggunakan limit sebelumnya. Jika sudah maka kamu akan melihat tombol ajukan penambahan limit.

Cara Menambah Limit Shopee Paylater
Cara Menambah Limit Shopee Paylater

Berikut cara menaikan limit Shopee PayLater :

  1. Buka aplikasi Shopee lalu Tap halaman Saya.
  2. Pilih Shopee PayLater.
  3. Klik Ajukan Penambahan Limit Shopee PayLater.
  4. Selanjutnya Isi Data – Data yang diminta dengan benar.
  5. Jika kamu rasa sudah benar lalu klik Kirim.
  6. Selesai.

5. Mengapa Limit Shopee PayLater Saya Berkurang?

Untuk memaksimalkan penggunaan Shopee PayLater maka Shopee membuat kebijakan pengurangan limit Shopee PayLater untuk semua pengguna Shopee. Hal ini berkaitan dengan dampak COVID – 19 di Indonesia. Ketentuan ini berlaku per 10 Juli 2020.

Mengapa limit Shopee PayLater jadi 0? Jika limit berkurang hingga 0, itu disebabkan penggunaan yang sudah hampir mencapai limit awal Shopee PayLater. Maka pihak Shopee melakukan pengurangan pada limit Shopee PayLater.

Pertanyaan Dan Jawaban Seputar Shopee PayLater
Limit Shopee PayLater Berkurang

Tapi tenang, limit kredit akan kembali seperti semula (kecuali pengurangan) jika kamu sudah melunasi tagihan Shopee PayLater-mu. Info lengkapnya dapat kamu baca Disini.

6. Bagaimana Bayar Shopee Menggunakan Shopee PayLater?

Sampai tahap ini pastikan Shopee PayLater-mu sudah aktif. Selanjutnya gunakan Shopee PayLater sebagai metode pembayaran belanjaan kamu di Shopee. Tetapi terlebih duhulu pastikan produk yang ingin kamu beli harganya dibawah limit Shopee PayLater-mu.

Cara Bayar Shopee Pakai Shopee PayLater
Cara Bayar Shopee Pakai Shopee PayLater

Berikut caranya :

  1. Buka aplikasi Shopee. Cari produk yang ingin kamu Beli.
  2. Klik Beli Sekarang > Checkout.
  3. Masukan Informasi pemesanan > Pilih Metode Pembayaran > Shopee PayLater.
  4. Klik Bayar Sekarang.
  5. Selesai.

7. Apa Syarat & Ketentuan Bayar Shopee Menggunakan Shopee PayLater?

Dalam penggunaannya, kamu tidak akan dikenakan limit transaksi saat menggunakan Shopee PayLater. Namun, ada beberapa ketentuan dalam menggunakan Shopee PayLater sebagai metode pembayaran Shopee :

  • Penggunaan Shopee PayLater untuk pembayaran tanpa dikenalan limit transaksi sampai limit saldo Shopee PayLater terpenuhi. Misalnya kamu limit Shopee PayLater kamu Rp.750.000 maka kamu dapat membeli dan membayar belanjaan kamu beberapa kali hingga total belanjaan kamu mencapai limit Shopee PayLater.
  • Dalam proses pengajuan penambahan limit saldo Shopee PayLater kamu tidak diperkenankan untuk mengubah metode pambayaran serta membatalkan pemesanan yang sudah dibayarkan menggunakan Shopee PayLater.
  • Shopee PayLater tidak dapat kamu gunakan untuk melakukan pembelian produk kategori Voucher, Pulsa, Tagihan dan Tiket.
  • Proses aktivasi Shopee PayLater hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee di Ponsel. Kamu tidak dapat mengaktifkan Shopee PayLater melalui website Shopee di PC.

8. Kapan Saya Harus Membayar Tagihan Shopee PayLater?

Tagihan Shopee PayLater akan muncul setiap tanggal 25 di bulan berikutnya. Sedangkan pembayaran tagihan terakhir harus kamu lakukan setiap tanggal 5, dengan catatan status pesanan sudah selesai.

Kamu bisa membayar cicilan Shopee PayLater sebelum jatuh tempo hingga 3 kali cicilan. Dalam membayar tagihan maupun cicilan Shopee PayLater kamu akan dikenakan biaya admin sebesar 2,5% dari total tagihan.

Jika kamu tidak menggunakan limit Shopee PayLater maka kamu tidak akan dikenakan tagihan apapun. Tagihan berlaku hanya untuk limit Shopee PayLater yang telah kamu gunakan dan bukan limit awal Shopee PayLater. Penjelasan lengkap dapat kamu baca Disini.

9. Bagaimana Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater?

Pembayaran tagihan maupun cicilan Shopee PayLater hanya dapat kamu lakukan melalui Transfer Virtual Account Bank maupun melalui Merchant Alfamart atau Indomaret. Berikut caranya dapat kamu baca Disini.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Gagal Login Shopee (99% Berhasil)

Setiap pembayaran tagihan maupun cicilan Shopee PayLater akan di verifikasi dalam waktu 1 x 24 jam. Oh ya, setiap pembayaran sukses, limit Shopee PayLater kamu akan kembali seperti semula dengan catatan kamu seluruh tagihan-mu sudah lunas.

10. Apa Yang Terjadi Jika Saya Tidak Membayar Tagihan Shopee PayLater?

Tidak membayar tagihan Shopee PayLater sampai tanggal jatuh tempo, maka kamu akan menerima konsukuensi berikut :

  • Denda 5% dari total tagihan yang sedang berjalan. Misalnya limit tagihan Shopee PayLater kamu Rp.100.000 rupiah maka akan kamu harus membayar tagihan dan denda sebesar Rp.105.000 rupiah.
  • Pembekuan akun Shopee.
  • Pembatasan penggunaan voucher Shopee.
  • Tercatat di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK.
  • Penagihan lapangan (Field Collector).

Jika kamu tidak membayar dibulan kedua setelah tagihan pertama, maka denda akan naik menjadi 10%. Selain itu kamu juga akan dihubungi oleh pihak Shopee untuk melakukan pembayaran secepatnya.

Bagimana jika saya membayar tepat di tanggal 5? Kamu tidak akan dikenakan denda pembayaran tagihan sebab kamu membayar tepat waktu dengan catatan kamu melakukan pembayaran sebelum pukul 24.00 (Pukul 12 Malam). Tetapi ini tidak berlaku di tanggal 6 karena sudah masuk ke tagihan bulan berikutnya.

11. HP Saya Hilang, Bagaimana Saya Dapat Membayar Tagihan Shopee PayLater?

Yap, kendala yang memang sangat jarang terjadi. Namun jika kamu mengalaminya, pasti kamu bingung mengatasinya. Tenang. Kamu masih bisa membayar tagihan Shopee PayLater dengan dua proses ini :

  • Pertama, jika handphone kamu hilang kamu bisa meminjam Handphone teman kamu untuk login Shopee dan membayar tagihan Shopee PayLater-mu.
  • Kedua, dalam proses verifikasi pembayaran tentu akan ada kode OTP yang dikirim ke nomor telepon kamu. Bagaimana jika nomor telepon kami juga hilang? Kamu dapat mengganti nomor telepon Shopee terlebih dahulu lalu membayar tagihan Shopee PayLater. Caranya klik Disini.

12. Bagaimana Cara Membayar Tagihan Shopee PayLater Jika Akun Shopee Sedang Dibatasi?

Banyak faktor yang menyebabkan akun Shopee diblokir atau di batasi oleh pihak Shopee. Salah satu yang paling fatal adalah tindakan penipuan yang terindikasi terjadi dengan akun Shopee-mu.

https://mahirtransaksi.com/cara-mengaktifkan-shopee-paylater/
Akun Shopee Dibatasi

Solusi satu satunya yang dapat kamu coba adalah menghubungi Shopee dan mengajukan banding pemulihan akun Shopee. Kamu bisa mengirimkan keluhan Via Email, Chat Costumer Service Shopee atau Melalui Panggilan Telepon.

13. Mengapa Shopee PayLater Tidak Muncul Di Akun Shopee Saya?

Tidak sedikit pengguna Shopee yang mengeluhkan permasalahan ini. Ada yang bahkan hampir setahun rutin bertransaksi di Shopee tapi tidak mendapatkan fitur Shopee PayLater. Tetapi semua pasti ada penyebabnya. Yang pertama, mungkin saja kamu belum melakukan persyaratan pada pertanyaan nomor 2 diatas.

Baca Juga : Cara Mengatasi PIN ShopeePay : Lupa, Diblokir Atau Dinonaktifkan

Yang kedua, kamu belum mengaktifkan fitur ShopeePay di akun Shopee-mu. Walaupun persyaratan ini tidak termasuk dalam daftar, namun sebagian Shopee PayLater pengguna Shopee akan muncul setelah mengaktifkan ShopeePay ini.

Kamu wajib mencobanya, simak cara mengaktifkan ShopeePay di akun Shopee Disini. Jika tidak muncul juga, kamu dapat menanyakan masalah kamu ke Costumer Service Shopee.

14. Apa Perbedaan ShopeePay Dan Shopee PayLater?

Pada dasarnya ShopeePay dan Shopee PayLater memiliki fungsi yang sama yakni sebagai metode pembayaran di aplikasi Shopee.

Perbedaan keduanya terletak di sistem saldo masing – masing. Jika ingin membayar belanjaan dengan ShopeePay maka kamu wajib mengisi saldo terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Transfer Saldo Shopee Tanpa Verifikasi KTP (100% Berhasil)

Sedangkan jika kamu membayar belanjaan menggunakan Shopee PayLater, kamu tidak perlu isi saldo terlebih dahulu. Sebab saldo Shopee PayLater setara dengan limit yang kamu peroleh saat mengaktifkannya yakni Rp.750.000 rupiah.

15. Apakah Shopee PayLater Bisa Dicairkan?

Pertanyaan yang hampir sama dengan apakah saldo Shopee PayLater dapat diuangkan. Jika dilihat dari defenisi Shopee PayLater sebagai pinjaman maka sudah jelas bahwa saldo Shopee PayLater tidak dapat dicairkan.

Limit atau Saldo yang terdapat di halaman Shopee PayLater hanya bisa digunakan untuk membayar produk yang kamu beli di aplikasi Shopee. Limit Shopee PayLater tidak dapat ditransfer ke Rekening Bank atau ke akun Shopee lain layaknya Saldo ShopeePay.

16. Jika Saya Membayar Dengan Shopee PayLater, Apakah Seller (Penjual) Mengetahuinya?

Jawabannya tidak. Jika kamu menggunakan Shopee PayLater untuk membayar belanjaan kamu maka yang terlihat oleh seller adalah kalimat “Lunas”.

Artinya sama saja jika kamu menggunakan metode pembayaran lainnya seperti Transfer Virtual Account atau Menggunakan ShopeePay kamu.

17. Menu Shopee PayLater Saya Tidak Bisa Diakses, Adakah Solusinya?

Ada beberapa penyebab halaman Shopee PayLater tidak bisa diakses salah satunya penyimpanan Data & Chache aplikasi yang sudah overload. Hal ini tandai dengan tampilan layar putih atau bahkan error.

Cara Mengatasi Gaga Checkout Di Shopee
Clear Data & Chache Shopee

Solusinya hapus Chache atau bahkan Data Aplikasi. Caranya :

  1. Buka Pengaturan Ponsel > Aplikasi > Kelola Aplikasi.
  2. Pilih aplikasi Terinstall > Shopee.
  3. Pilih Hapus Chache. Lalu coba akses halaman Shopee PayLater kembali.

Jika masalah ini terus muncul, saya menyarankan kamu untuk menanyakan langasung kepada Costumer Service Shopee.

18. Apa Yang Terjadi Jika Saya/Seller Membatalkan Pesanan Yang Saya Bayar Dengan Shopee PayLater?

Jika kamu/penjual membatalkan pesanan atas kesepakatan bersama maka otomatis limit Shopee PayLater kamu akan kembali sesuai dengan jumlah yang telah kamu bayarkan.

Baca Juga : 5 Cara Transfer ShopeePay Ke Rekening Bank Gratis

Hal ini juga tidak akan menambah tagihan pembayaran Shopee PayLater kamu dikemudian hari. Selain itu kamu juga tetap dapat menggunakan Shopee PayLater hingga limit saldo kamu habis digunakan.

19. Apakah Saya Dapat Menggabungkan Pembayaran Shopee PayLater Dengan Pembayaran Lainnya?

Kamu hanya bisa memilih salah satu metode pembayaran saat akan membayar belanjaan kamu. Artinya kamu tidak bisa menggabungkan beberapa metode pembayaran sekaligus (Kombinasi).

Contoh : Harga Produk Rp.50.000. Nah kamu ingin membayar menggunakan Shopee PayLater Rp.25.000 lalu membayar sisanya dengan Transfer Bank/ShopeePay.

Jika kamu memilih pembayaran menggunakan Shopee PayLater maka kamu wajib membayar seluruh total belanjaan kamu menggunakan Shopee PayLater.

20. Bagaimana Cara Menonaktifkan Shopee PayLater?

Untuk menonaktifkan Shopee PayLater hanya dapat dilakukan dengan bantuan Costumer Shopee. Kamu dapat mengajukan penonaktifan fitur Shopee PayLater melalui Pusat Bantuan di aplikasi Shopee.

Selain itu, fitur Shopee PayLater juga akan nonaktif secara otomatis jika tidak digunakan selama 2 bulan penuh. Cara ini dapat kamu pilih jika kamu tidak terburu – buru menonaktifkan Shopee PayLater-mu.

Kesimpulan

Jika kamu setuju mengaktifkan dan menggunakan Shopee PayLater, berarti kamu setuju atas semua persyaratan dan konsekuensi jika kamu tidak mematuhi kebijakan Shopee khususnya Shopee PayLater ini.

Berikut tips dari saya :

  • Ukur kemampuan (Keuangan asset VS Liabilitas).
  • Jangan nafsu ingin terus belanja.
  • Gunakan dengan bijak (saat harga murah atau sedang ada promo).
  • Siapkan dana untuk pembayaran tagihan.
  • Jika nafsu belanjaa kamu sangat kuat lebih baik tutup/nonaktifkan fitur Shopee PayLater.

Nah itulah Tanya Jawab seputar Shopee PayLater [Terlengkap 2020] yang berhasil saya rangkum. Jika kendala yang kamu alami terus berlanjut, kamu dapat menghubungi Shopee melalui Pusat Bantuan Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat & Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *