Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 14 Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS

4 min read

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS

Mahirtransaksi.com – Bagaimana cara daftar Akulaku untuk mahasiswa? Tentu bisa. Faktanya, kamu bisa mengajukan limit kredit dan pinjaman Akulaku tanpa NPWP dan BPJS hingga 15 juta rupiah.

Akulaku merupakan aplikasi bidang usaha portal web dan/atau platform digital dengan tujuan komersial (Marketplace) yang telah terdaftar sebagi penyelenggara sistem elektronik di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Tanda Daftar Sistem Elektronik No.00262/DJAI.PSE/04/2017 tertanggal 28 April 2017 atas nama PT. Akulaku Silvrr Indonesia.

Apakah Mahasiswa Bisa Daftar Akulaku?

Apakah mendaftar Akulaku tanpa NPWP dan BPJS akan di ACC? Hal ini cukup banyak ditanyakan mengingat Akulaku adalah layanan kredit yang mengutamakan pekerja. Ketentuan ini bisa dilihat dari salah satu persyaratan untuk mendaftar akun di Akulaku dimana calon pengguna harus menyertakan data NPWP dan BPJS.

Sedangkan mahasiswa tentu saja belum mempunyai NPWP dan BPJS Ketenagakerjaan. Bisakah mendaftar akun Akulaku tanpa menyertakan 2 dokumen tersebut? Jawabannya bisa, hanya saja fitur yang tersedia tidak selengkap pendaftaran dengan NPWP dan BPJSTK.

Berbagai fasilitas kredit super praktis yang ditawarkan Akulaku akan sangat membantu mahasiswa dalam memenuhi berbagai kebutuhan kuliah mulai dari pinjaman modal hingga belanja dengan metode pembayaran kredit / cicilan.

Syarat Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa

Sebagai layanan finansial berbasis online, Akulaku mencantumkan beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan sebelum membuat akun.

Tenang saja, syarat Akulaku untuk mahasiswa relatif lebih praktis dibandingkan perbankan konvensional. Semua prosesnya juga via online sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah kamu yang ekstra padat.

Siapkan beberapa persyaratan berikut ini untuk daftar Akulaku tanpa NPWP & BPJS :

  • e-KTP asli (bukan fotocopy).
  • Akun Facebook asli berusia minimal 1 tahun dan masih aktif pada saat pendaftaran. Nama Facebook harus sesuai dengan nama lengkap di KTP. Gunakan foto profil yang menunjukkan wajah kamu dengan jelas
  • Aplikasi Akulaku dan Facebook (bukan Facebook Lite).
  • Nomor HP yang masih aktif untuk menerima kode verifikasi via SMS.
  • Email aktif untuk aktivasi akun via tautan yang dikirim lewat Email
  • Nomor telepon keluarga atau kerabat terdekat sebagai kontak darurat. Pastikan kontak mereka tersimpan di ponselmu dengan nama sesuai status keluarga (ayah, ibu, kakak, adik, dan sebagainya).

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS

Install aplikasi Akulaku dan Facebook dari sumber resmi (Play Store / App Store). Jangan install dari sumber luar karena beresiko malware dan virus.

Berikut cara daftar Akulaku untuk mahasiswa tanpa melampirkan NPWP dan BPJS agar cepat di ACC :

1. Buka Aplikasi Akulaku

Setelah aplikasi berhasil di-install, buka Akulaku di ponselmu. Di halaman utama, kamu bisa melihat berbagai layanan dan penawaran menarik dari Akulaku.

2. Pilih Masuk / Daftar

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Klik Masuk / Daftar

Di bagian kanan bawah, ada menu bertuliskan Personal. Menu ini berisi segala hal yang berkaitan dengan akun pribadi kamu di Akulaku. Klik menu Personal > Masuk / Daftar untuk mendaftar akun Akulaku.

3. Pilih Daftar Akun Akulaku

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Klik Daftar Akun

Karena belum login ke akun, Akulaku tidak akan menampilkan informasi apa pun. Yang bisa kamu lihat hanyalah daftar menu berisi data kosong dan berbagai penawaran Akulaku di bagian bawah. Klik tombol Daftar Akun untuk memulai cara daftar Akulaku untuk mahasiswa.

4. Verifikasi Nomor HP

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Verifikasi Nomor Telepon

Proses pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan nomor HP kamu ke kolom yang tersedia. Pastikan nomor HP kamu masih aktif karena Akulaku akan mengirimkan kode verifikasi via SMS atau WhatsApp.

5. Masukkan Kode OTP Akulaku

Setelah memasukkan nomor HP, tunggu sampai kamu menerima kode OTP dari Akulaku. Kalau kamu belum juga menerimanya, cobalah mencari tempat dengan sinyal seluler yang lebih kuat. Kemudian kirim ulang kode OTP.

Kalau kamu sudah menerima kode OTP Akulaku, masukkan kode tersebut ke kolom bertuliskan Masukkan Kode Verifikasi. Jangan beritahukan kode ini pada siapa pun karena bisa disalahgunakan untuk mengambil kredit menggunakan identitasmu.

6. Buat Kata Sandi Akun Akulaku

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Atur Kata Sandi

Setelah nomor ponselmu berhasil didaftarkan, lanjutkan dengan membuat Kata Sandi. Usahakan untuk membuat password yang rumit dan tidak mudah ditebak tetapi mudah untuk kamu ingat.

Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol secara tak beraturan untuk meningkatkan kerumitan kata sandi.

7. Isi Data Pribadi

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Isi Data Diri

Di halaman selanjutnya, kamu akan menemukan beberapa kolom untuk mengisi data pribadi. Kolom bagian atas adalah identitas yang harus kamu isi dengan data – data valid meliputi Nama Lengkap Sesuai KTP, Alamat Email, dan Pendidikan pilih lulusan SMA / Sarjana.

8. Isi Data Rumah Tangga

Masih di halaman yang sama, lanjutkan dengan memilih Informasi Rumah Tangga dengan status Belum Kawin. Di bawahnya, isi Jumlah Tanggungan / Anak dengan nilai 0. Masukkan Nama Ibu Kandung dan Alamat Tempat Tinggal sesuai yang tertera di KTP. Klik Selanjutnya.

9. Isi Informasi Kontak Darurat

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Isi Kontak Darurat

Di langkah ini, kamu wajib memasukkan salah satu kontak di ponselmu sebagai kontak darurat. Perlu diingat bahwa yang diperbolehkan untuk menjadi kontak darurat adalah anggota keluarga atau teman.

Semakin dekat hubungannya denganmu, semakin besar peluang pendaftaranmu untuk diterima. Beritahukan pada yang bersangkutan bahwa kamu memerlukan kontak mereka sebagai syarat cara daftar Akulaku.

10. Isi Data Pekerjaan

Ini adalah salah satu bagian terpenting yang menjadi pertimbangan utama pihak Akulaku dalam menerima pengajuan kreditmu.

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Isi Data Pekerjaan

Di kolom Informasi Pekerjaan, isi data pekerjaan sesuai ketentuan berikut :

  • Pilih pekerjaan Employee.
  • Pilih nomimal gaji Rp3 juta s/d Rp6 juta.
  • Pilih lama bekerja pilih 1 s/d < 3 tahun.
  • Masukkan industri dan nama perusahaan tempat bekerja.

Kalau kamu memilih Tidak Bekerja, kecil sekali kemungkinan pengajuanmu untuk diterima. Untuk Industri dan Nama Perusahaan, masukkan saja salah satu perusahaan yang ada di dekat tempat tinggalmu.

11. Rekam Data KTP

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Upload Foto KTP

Proses selanjutnya adalah foto KTP. Pastikan foto yang kamu ambil cukup terang, jernih, dan posisi KTP tepat berada di dalam bingkai kamera.

Lalu kamu juga harus mengambil foto selfie sambil memegang KTP. Usahakan data-data yang tertera di KTP bisa terbaca dengan jelas agar pendaftaranmu diterima.

12. Tautkan Akun Facebook

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Tautkan Akun Facebook

Akulaku juga mewajibkan penggunanya untuk menghubungkan akun Facebook sebagai bagian dari kelengkapan data.

Klik tombol Hubungkan di sebelah kanan logo Facebook dan ikuti langkah – langkahnya sampai akun Facebook kamu berhasil ditautkan. Jangan lupa, nama dan foto Facebook kamu harus jelas dan sesuai dengan data pribadimu.

13. Rekam Suara

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Lakukan Verifikasi Suara

Data terakhir yang diminta Akulaku adalah rekaman suara. Di tahap ini, kamu akan disuguhi beberapa digit angka. Tekan tombol Record berbentuk lingkaran merah besar untuk memulai rekaman mikrofon.

Baca Juga : 7 Cara Menaikkan Kredit Poin Akulaku Dijamin Berhasil

Baca angka yang ditampilkan di aplikasi dengan jelas dan perlahan – lahan. Pastikan suaramu tidak terlalu lirih dan tidak terganggu dengan suara – suara lain di sekitarmu.

14. Tunggu Verifikasi Pendaftaran Akulaku

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa NPWP & BPJS
Daftar Akulaku Selesai

Semua langkah pendaftaran sudah kamu lewati. Sekarang kamu hanya perlu menunggu informasi dari pihak Akulaku apakah pendaftaranmu diterima atau tidak. Jika kamu mengisi semua informasi dengan benar dan sesuai arahan di atas, kemungkinan untuk disetujui sangatlah besar.

Cara Daftar Akulaku Untuk Mahasiswa Tanpa Slip Gaji

Mahasiswa tentu saja belum memiliki slip gaji karena belum bekerja. Jangan khawatir, sebagai mahasiswa, kamu tetap bisa memanfaatkan fasilitas kredit dari Akulaku meskipun tidak selengkap fitur untuk karyawan.

Baca Juga : Akulaku Tidak Bisa Cicilan? Ini 10 Penyebab & Solusinya !

Untuk mendaftar Akulaku tanpa slip gaji dapat dilakukan dengan mengisi informasi sesuai ketentuan diatas atau dengan melampirkan slip gaji dari perusahaan tempat saudara / teman kamu bekerja.

Penutup

Cara daftar Akulaku untuk mahasiswa adalah dengan “memanipulasi” sedikit informasi data pekerjaan dengan mengisi status sudah bekerja dan mencantumkan alamat perusahaan tempat kamu bekerja sedetail mungkin.

Baca Juga : 14 Cara Menaikkan Limit Akulaku Dijamin Berhasil

Walaupun cara ini sedikit melanggar ketentuan Akulaku, namun tidak ada salahnya kamu mencoba agar proses pendaftaraan akun Akulaku kamu di setujui.

Baca Juga : 12 Cara Daftar Akulaku Agar Di ACC Terbaru [Panduan Lengkap]

Sekian ulasan cara daftar Akulaku untuk mahasiswa via aplikasi ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Akulaku, segera tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Disclaimer : Cara diatas akan sedikit melanggar ketentuan pendaftaran Akulaku. Semua resiko yang terjadi dengan akun Akulaku kamu wajib kamu tanggung sendiri. Pastikan kamu membayar tagihan / cicilan Akulaku tepat waktu.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *