Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 11 Cara Daftar Shopee Affiliate Program [Update 2021]

7 min read

Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru

Mahirtransaksi.com – Tahukah kamu, dengan mengikuti program afiliasi Shopee, kamu berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan hingga 10 juta rupiah perbulan. Penasaran? Yuk, baca terus ulasan lengkap cara daftar Shopee affiliate program berikut ini.

Selain melalui Youtube, Instagram, blogger ternyata Shopee juga menawarkan kerjasama dengan influencer untuk melakukan promosi produknya. Tentunya, influencer juga akan mendapatkan keuntungan (Feedback) dari program ini.

Cara Daftar Shopee Affiliate Program

Bermain sosial media memang menyenangkan. Di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai macam konten, dari informasi singkat sampai hiburan out of the box.

Sayangnya, banyak orang menghabiskan waktu di sosial media untuk hal – hal yang kurang bermanfaat. Padahal kalau kamu tahu cara daftar Shopee affiliate, kamu bisa menambah penghasilan lewat sosmed.

Sebelumnya, mari kita lihat potensi pengguna sosmed di Indonesia. Data terbaru yang dihimpun We Are Social menunjukkan bahwa pengguna sosial media aktif di Indonesia mencapai 160 juta orang. Jumlah ini lebih besar dari tahun sebelumnya dengan selisih 10 juta pengguna.

Potensi sebesar ini seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai lahan pemasaran. Salah satunya dengan program affiliate yang ditawarkan Shopee. Masih asing dengan istilah affiliate atau afiliasi? Berikut ulasannya.

Apa Itu Shopee Affiliate Program?

Afiliasi adalah metode pemasaran online menggunakan mitra penjual (affiliate marketer) pada saluran (channel) yang mitra miliki.

Singkatnya, affiliate marketing merupakan suatu sistem bisnis yang menggunakan internet sebagai media utamanya dengan melibatkan pihak ketiga, yakni mitra pemasar.

Nantinya, mitra akan mendapat komisi atau bayaran untuk setiap hitungan penjualan atau pemasaran suatu produk dengan skema perhitungan yang beragam.

Coba perhatikan deskripsi salah satu unggahan Youtube ini :

Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Link Refferal Shopee Affiliate di Youtube

atau deskripsi akun Tik Tok berikut :

Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Link Refferal Shopee Affiliate Tik Tok

Yap, kedua isi deskripsi platform diatas adalah link refferal Shopee Affiliate program Shopee.

KOL Affiliate Shopee adalah program yang diperuntukkan bagi orang – orang yang tertarik untuk menjadi mitra Shopee. Tugas afiliasi adalah membagikan link referral produk – produk Shopee ke akun sosial media sebagai bentuk promosi.

Intinya, kamu membantu memasarkan produk – produk Shopee ke akun sosmed pribadimu. Kalau pengikutmu tertarik dan membeli produk tersebut berdasarkan rekomendasi yang kamu berikan, kamu akan mendapatkan imbalan dalam bentuk komisi.

Daripada buang – buang waktu untuk scrolling kesana kemari, bukankah lebih menguntungkan kalau kamu berpartisipasi dalam program affiliate Shopee?

Keuntungan Shopee Affiliate Program

Selain keuntungan komisi berupa penghasilan tambahan yang nantinya kamu dapatkan setiap kali produk yang kamu promosikan terjual, kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan lainnya, diantaranya :

1. Tidak Ada Kontrak Eksklusif

Tidak seperti bekerja pada sebuah perusahaan, affiliate adalah program yang memberikan keleluasaan penuh. Kamu bebas menyebarkan link affiliate dengan gayamu sendiri. Tidak ada jam kerja atau standar operasional. Kerjakan kapan saja kamu punya waktu luang.

Itu artinya, banyaknya keuntungan yang akan kamu dapatkan sangat tergantung pada seberapa besar usaha kamu dalam melakukan promosi untuk menghasilkan penjualan dan referral link.

2. Bebas Memilih Produk

Dari semua produk yang tersedia, kamu bebas memilih produk mana yang ingin kamu promosikan. Pilihlah produk yang sesuai dengan bidangmu dan spesifikasinya benar – benar kamu kuasai.

Jadi intinya kamu bisa merencanakan strategi promosi terbaik berdasarkan pemahaman pada produk – produk yang kamu rekomendasikan. Produk – produk ini dapat kamu pilih berdasarkan kategori yang disediakan oleh program afiliasi Shopee.

3. Tugas Mudah & Sederhana

Setelah terdaftar sebagai affiliate dan memilih produk, kamu akan mendapatkan sebuah link referral. Tugasmu hanya menyebarkan link tersebut dan membuat orang lain tertarik untuk membukanya. Proses transaksi dan pembayaran komisi akan ditangani sistem secara otomatis.

Yap, hanya sesederhana itu. Sekarang tergantung strategi-mu dalam melakukan promosi baik di media sosial maupun di akun Youtube, Tik Tok maupun platform lainnya yang didukung oleh program afiliasi Shopee ini.

4. Komisi Menarik

Selain tugasnya mudah, tawaran komisinya juga cukup menjanjikan. Kamu akan mendapatkan imbalan sebesar 10% untuk pengguna baru dan 5% untuk pengguna lama. Semakin banyak transaksi sukses dari link referral kamu, semakin besar pula penghasilanmu dari program affiliate.

Bayangkan saja, jika kamu bisa menghasilkan rata – rata penjualan hingga 200 orderan perbulan dengan estimasi harga produk Rp.150.000 dan komisi 10%, maka kamu akan mendapatkan Rp.3.000.000 perbulan dari program Shopee ini.

5. Sistem Transparan

Shopee selalu mengutamakan transparansi terhadap semua influencer-nya. Seluruh transaksi yang terjadi lewat referral akan tercatat di sistem dan kamu bisa memantaunya dari platform Affiliates. Kepercayaan mitra adalah prioritas utama yang selalu dijaga oleh Shopee.

Syarat Daftar Shopee Affiliate Program

Agar kamu lebih memahami bagaimana cara kerja Shopee affiliate program, kamu wajib mengetahui apa – apa saja syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat bergabung dengan program afiliasi dari Shopee ini.

Berikut beberapa syarat Shopee Affiliate Program yang wajib kamu tahu :

1. Syarat Followers Dan Subcribers

Influencer yang ingin mendaftar program affiliasi Shopee ini wajib memiliki akun media sosial, website pribadi atau akun Youtube. Shopee juga menetapkan syarat minimum masing – masing Shopee affiliate platform diatas, yakni :

  • Akun Youtube minimal 8.000 subscriber.
  • Instagram bisnis, Tik Tok dan Twitter minimal 10.000 followers aktif.
  • Website pribadi (tidak ada syarat minimum).

2. Syarat Data Akun

Pengguna juga wajib memiliki beberapa data – data akun seperti :

  • Akun Shopee yang masih aktif.
  • Nama Lengkap.
  • Alamat Email aktif.
  • Nomor telepon (WhatsApp).
  • Alamat email referral (Opsional).

Data – data diatas diperlukan saat mendaftar affiliate Shopee. Pastikan data alamat email dan nomor HP terkait dengan akun Shopee agar lebih mudah disetujui oleh pihak Shopee.

3. Syarat Produk & Promosi

Berikut beberapa ketentuan produk dan promosi program afiliasi Shopee :

  • Produk yang di promosikan hanyalah produk yang berasal dari toko berstatus Star Seller, Star+ Seller dan Shopee Mall.
  • Dilarang mempromosikan atau berkaitan dengan kegiatan ilegal (obat-obatan terlarang, pengelabuan, terorisme, kegiatan kriminal, sayembara, skema piramida, atau surat berantai).
  • Tidak diperbolehkan mempromosikan atau berkaitan dengan tembakau, perjudian, atau senjata.
  • Dilarang melakukan promosi berkaitan dengan materi pornografi atau cabul, gambar kekerasan yang terlalu gamblang atau diperlihatkan dengan jelas.
  • Tidak diperbolehkan melakukan promosi yang bersifat memfitnah/mencemarkan, tidak pantas, atau tidak senonoh.
  • Dilarang mempromosikan atau mengandung virus, cacing komputer, fail rusak, perangkat perusak, perengkahan, atau materi lain yang dimaksudkan untuk atau dapat merusak atau menyebabkan perangkat lunak, perangkat keras, atau Langkah – langkah pengamanan tidak dapat dioperasikan.

Cara Daftar Shopee Affiliate Program Via Aplikasi

Berikut langkah – langkah mendaftar Shopee affiliates program melalui Browser :

  • Pertama buka Formulir pendaftaran Shopee Affiliate Disini.
  • Login Shopee Affiliate menggunakan akun Shopee kamu. Jika belum memiliki akun, klik Daftar untuk membuat akun baru.
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Klik Daftar
  • Masukan nomor telepon (Whatsapp) yang masih aktif lalu klik Berikutnya.
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Masukan No. Telepon (Whatsapp)
  • Kode verifikasi akan dikirimkan ke Whatsapp kamu. Masukan kode tersebut pada kolom verifikasi lalu klik Verifikasi.
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Verifikasi No. HP
  • Masukkan kata sandi lalu klik Daftar.
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Masukkan Kata Sandi
  • Setelah akun selesai dibuat, klik tombol masuk sekarang.
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Klik Masuk Sekarang
  • Isi data diri berupa informasi akun, informasi media dan pemberitahuan pendaftaran secara lengkap dan benar. Terakhir klik Daftar.
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Lengkapi Data Diri
  • Tunggu pihak Shopee melakukan validasi data akun kamu paling lama 3 x 24 jam.

Pemberitahuan akun disetujui atau ditolak akan diberitahukan melalui email yang kamu daftarkan ke program ini.

Note : Usahakan data email dan nomor telepon yang kamu gunakan sesuai dengan akun Shopee milik-mu agar memudahkan proses validasi akun.

Untuk memudahkan kamu memahami lebih jauh jenis affiliate Shopee serta trik mendaftar Shopee Afffilates agar cepat diterima, lihat panduan video afiliasi shopee berikut :

 

Cara Kerja Shopee Affiliate Program

Ketika pendaftaran Shopee afiliasi kamu sudah disetujui, langkah selanjutnya adalah memulai strategi promosi untuk mendapatkan komisi dari program ini.

Berikut cara kerja Shopee Affiliate program hingga menghasilkan komisi yang harus kamu lakukan.

1. Bergabung Sebagai Affiliate Marketing Shopee

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti program ini, pertama-tama kamu harus mendaftarkan diri lewat link pendaftaran affiliate diatas. Isi kolom pendaftaran sesuai identitasmu. Ikuti langkah-langkahnya sampai akunmu aktif dan terverifikasi.

2. Pilih Produk Dari Toko Star Atau Shopee Mall

Setelah akunmu diaktifkan, langkah selanjutnya adalah memilih produk unggulan untuk kamu promosikan. Kamu bisa memilih salah satu produk dari Toko Star atau Shopee Mall.

Pilih produk yang menurutmu laris di pasaran dan kamu tahu cara terbaik untuk memasarkannya. Untuk menjadi affiliate sukses, kamu juga harus memahami karakteristik produk yang kamu pasarkan.

3. Dapatkan Custom Link

Setelah memilih produk yang tepat, kamu akan mendapatkan custom link referral. Link ini bersifat unik, setiap affiliate mempunyai link yang berbeda – beda.

Kalau ada pembeli yang melakukan transaksi lewat link referral yang kamu berikan, kamu akan mendapatkan komisi seperti yang dijanjikan. Sistem akan mendeteksi bahwa link referral tersebut adalah milikmu lalu mengakumulasikan komisi ke akunmu.

4. Sebarkan Link Referral

Link referral yang baru saja kamu dapatkan adalah senjatamu dalam menawarkan produk. Sertakan link tersebut di setiap konten promosimu dengan cara mempelkan link refferal dari email dibagian deskripsi atau postingan media sosial kamu.

Tunggu pengunjung / followers kamu klik link referral yang akan mengarahkan pembeli ke aplikasi Shopee. Jika pengunjung / followers kamu melakukan pembelian, maka komisi akan otomatis masuk ke saldo afiliasi Shopee kamu.

Dalam digital marketing, link semacam ini disebut Call To Action (CTA). Biasanya diletakkan di bagian paling bawah sebagai aksi lanjutan setelah kamu berhasil merayu orang untuk membeli suatu produk.

5. Terima Pembayaran

Jumlah komisi yang kamu dapatkan akan diakumulasikan ke akun affiliate. Pembayaran komisi akan dilakukan pada minggu ke-2 dan minggu ke-4.

Perhitungan Keuntungan Afiliasi Shopee

Untuk mengetahui besarnya profit / keuntungan yang bisa kamu peroleh dari program afiliasi Shopee ini, maka kamu harus mengetahui dulu % komisi per produk yang berhasil terjual.

% Komisi

  • Pengguna baru akan mendapatkan 10% komisi maksimal Rp.10.000 per 1 produk terjual.
  • Pengguna lama akan mendapatkan 5% komisi maksimal Rp.10.000 per 1 produk terjual.

Pengguna lama dan pengguna baru dibedakan berdasarkan data transaksi di Shopee. Pengguna baru adalah user yang baru pertama kali berbelanja di Shopee menggunakan link affiliates.

Sedangkan pengguna lama ada user yang sudah pernah berbelanja di Shopee menggunakan link afiliasi sebelumnya.

Perhitungan Komisi

Misalnya kamu meletekan link refferal KOL Shopee berupa pakaian pria dengan harga Rp.200.000. Kamu akan mendapatkan komisi 5% setiap produk terjual.

Maka Rp.200.000 x 5% = Rp.10.000. Maka kamu akan mendapatkan keuntungan Rp.10.000 / produk terjual.

Jika kamu dapat menjual 10 produk dalam sehari, kamu akan mendapatkan keuntungan Rp.100.000 sehari. Maka total komisi perbulan yang kamu dapatkan adalah Rp.3.000.000.

Agar lebih memahami perhitungan komisi Shopee affiliate ini, kamu dapat melihat contoh perhitungan pada tabel dibawah ini :

Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Skema Komisi Shopee Affiliate
Cara Daftar Shopee Affiliate Program Terbaru
Komisi Pengguna Baru Dan Pengguna Lama

Strategi Promosi Shopee Affiliates

Ada beberapa trik supaya affiliate Shopee kamu laris manis. Walaupun terdengar mudah, berpromosi lewat sosmed memerlukan strategi tersendiri. Kalau hanya asal posting, mana mungkin orang – orang bisa tertarik?

Agar bisa sukses menjalankan affiliasi, ikuti beberapa strategi promosi afiliasi Shopee ini.

1. Pilih Platform yang Tepat

Tiap jenis sosial media punya cara main dan fokus konten yang berbeda. Tergantung jenis produkmu, pilih platform yang tepat untuk menyebarkannya.

Pelajari juga strategi konten yang efektif di platform yang kamu pilih. Kuncinya: produk yang tepat harus dijual di platform yang tepat dengan strategi yang tepat.

2. Buat Konten yang Menarik

Sama seperti berjualan offline, kamu juga harus mampu menarik minat calon pembeli. Affiliate kamu tidak akan berhasil hanya dengan posting gambar dan mencantumkan harga.

Setidaknya ada 2 hal yang wajib kamu kuasai : desain grafis dan copywriting, minimal level dasar. Buat followers tertarik dengan gambar – gambar keren dan kalimat promosi yang efektif.

3. Temukan Target Pembeli

Kalau ingin promosimu tepat sasaran, kamu harus bisa membidik audiens dengan tepat. Jangan hanya posting konten dan menunggu pembeli datang. Cara ini tidak efektif karena persaingan di jagat digital sudah sangat ketat.

Alih – alih menunggu, kamu sebaiknya ‘menjemput’ calon pembeli. Bisa dengan masuk ke grup yang relevan, mencantumkan hashtag yang banyak dicari, dan lain sebagainya.

4. Konsisten Jangka Panjang

Tidak ada affiliate yang langsung laris di awal. Kamu harus terbiasa menghadapi postingan yang sepi like dan komentar.

Bahkan setelah puluhan kali posting, kamu mungkin masih kesulitan untuk mendapatkan komisi pertamamu. Percayalah, semua affiliate juga mengalaminya. Tetap semangat dan konsisten karena proses ini akan berbuah manis di akhir.

Cara Mendaftar Shopee Affiliate Tanpa Syarat

Shopee Affiliate memang cukup menggiurkan. Sayangnya, ada kriteria minimal 10.000 followers untuk bisa mendaftarkan diri sebagai afiliasi. Kalau kamu tertarik untuk ikut mempromosikan produk – produk Shopee tapi belum punya cukup followers, ada alternatif lain yakni Shopee Share Program.

Baca Juga : SEO Shopee : 1001 Cara Meningkatkan Penjualan Shopee

Cara kerjanya mirip dengan affiliate, tapi ada beberapa perbedaan di mekanisme dan persentase komisi. Info lengkap tentang Shopee Share Program akan kita bahas di artikel lain.

Penutup

Mencari uang lewat sosial media bukanlah hal yang mustahil. Fleksibilitasnya sangat cocok untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa mengganggu rutinitas.

Baca Juga : 11 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Di Shopee [Worth It 2021]

Program afiliasi sangat tepat dijalankan oleh pekerja kantoran, ibu rumah tangga, dan mahasiswa yang melek teknologi serta mempunyai jiwa marketing.

Selain mudah, keuntungan yang bisa kamu dapatkan juga tidak main – main. Kamu bisa meraup jutaan hingga puluhan juta rupiah perhari jika kamu menemukan strategi dan cara promosi yang tepat.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet Hingga 100 Juta Perhari !

Sekian dulu ulasan lengkap cara daftar Shopee affiliate program paling mudah ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Shopee affiliate program ini, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat Mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

3 Replies to “√ 11 Cara Daftar Shopee Affiliate Program [Update 2021]”

  1. Saya mendaftarkan tautan alamat FB saja,apakah itu berarti saya hny bisa share link-nya di FB saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *