Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang, Lama Atau Terhapus

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang

Mahirtransaksi.com – Akun Shopee hilang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gagal login atau lupa sandi dan nomor HP. Tapi tenang, silahkan simak cara mengembalikan akun Shopee yang hilang berikut ini agar akun Shopee kamu kembali seperti semula.

Akhir – akhir ini, tidak sedikit pengguna Shopee yang mengeluhkan akun tidak bisa diakses karena Aplikasi Shopee gangguan. Namun kebanyakan akses akun Shopee terkunci karena kesalahan pengguna.

Misalnya saja, akun Shopee lama tidak dibuka sehingga akses akun dibatasi. Atau mungkin kamu lupa username atau kata sandi akun karena sudah lama tidak digunakan.

Pada intinya, sangat jarang sekali terjadi akun Shopee hilang jika tidak ada orang lain yang mencuri akun tersebut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan akun Shopee hilang atau nonaktif. Jika hal ini terjadi pada kamu, tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan akun Shopee yang lama, sudah dihapus atau di curi oleh orang lain.

Penyebab Akun Shopee Hilang

Setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan akun Shopee kamu hilang atau nonaktif oleh sistem Shopee. Biasanya ada peringatan akun Anda sedang ditinjau.

Namun dalam beberapa kasus, akun kamu memang benar-benar hilang dan tidak bisa login. Berikut ringkasan penyebab dan solusi akun Shopee yang hilang :

Penyebab Solusi
✅ Akun Shopee yang hilang ⚡ Login kembali menggunakan metode login lewat Google / FB
✅ Akun Shopee yang lama ⭐ Ajukan pemulihan akun Shopee lewat Form Aduan.
✅ Akun Shopee terhapus ⚡ Pulihkan akun Shopee dengan menghubungi CS Shopee lewat Telepon
✅ Akun Shopee keluar sendiri ☑️ Hapus Chache apk Shopee lalu login kembali
✅ Username Shopee lupa ⭐ Klik fitur lupa username pada menu lupa password

Namun jika ternyata nomor HP atau email juga hilang, maka dapat dipastikan akun Shopee kamu tidak bisa login kembali menggunakan cara diatas.

Oleh sebab itu, simak beberapa penyebab akun Shopee hilang berikut ini :

1. Login Shopee Pakai Emulator

Ketika kamu ingin menjadikan PC bisa menjadi Android, maka kamu perlu emulator. Ternyata, hal itu tidaklah diperkenankan oleh sistem Marketplace khusunya Shopee. Karena bisa diindikasikan sebagai sebuah pelanggaran.

Meskipun kamu merasa tidak ingin berbuat curang ataupun melakukan order palsu, membuka Shopee lewat Emulator PC tetaplah tidak boleh dilakukan.

2. Double Login Akun Shopee

Sebab kedua adalah kamu memiliki banyak akun. Secara logika, banyak akun diindikasikan bisa melakukan order palsu. Sehingga, orang yang memiliki banyak akun bisa saja menyebabkan akun Shopee di Non-aktifkan permanen.

Akun Shopee Yang Hilang
Yuk, Tukar Pulsa Sekarang

Karena tindakan ini memang menyalahi aturan Marketplace Shopee. Sehingga, mau tidak mau kamu harus menghindari hal tersebut, dengan alasan apapun.

3. Transaksi Mencurigakan

Melakukan kecurangan transaksi merupakan tindakan yang dilarang oleh Shopee seperti yang tertulis di Terms & Condition Shopee.

Entah melakukan transaksi palsu ataupun membuat orderan palsu (Fake order). Sistem di dalam Marketplace Shopee sudah canggih, sehingga bisa mendeteksi hal-hal semacam itu.

Maka dari itu, pastikan untuk menghindari segala bentuk kecurangan agar akun yang kamu miliki tetap aman dan tidak hilang.

4. Akun Shopee Dicuri

Penyebab akun Shopee hilang lainnya yakni pencurian akun Shopee. Beberapa modus pencurian akun semakin bertambah. Sebelumnya saya sudah merangkum modus pencurian akun Shopee yang bisa kamu baca agar lebih waspada.

Kamu bisa menghindari pencurian akun dengan cara mengamankan data akun dan data Login serta mengganti password Shopee secara berkala.

Selain itu, kamu juga harus melaporkan peninpuan Shopee untuk mengantisipasi hal yang sama terjadi ke akun Shopee lain.

5. Akun Shopee Lupa Data Login

Kehilangan akun Shopee juga bisa disebabkan oleh hilangnya data login yang dibutuhkan untuk masuk akun Shopee seperti username, email dan password.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Password Shopee Salah

Kamu harus menyimpan data login ini dicatatan ponsel agar data Login tidak lupa atau hilang jika tidak dibuka dalam jangka waktu yang lama.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang

Satu – satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun Shopee yang hilang adalah dengan menghubungi Customer Service (CS) Shopee dan meminta pemulihan akun dengan mengirimkan bukti – bukti kepemilikan akun agar akun Shopee yang hilang dipulihkan kembali.

Tapi sebelum itu, kamu bisa mencoba mengembalikan akun Shopee yang hilang dengan cara login menggunakan metode lain yang tersedia.

Secara ringkas, berikut cara mengembalikan akun Shopee yang hilang :

  • Pertama buka aplikasi Shopee di HP kamu.
  • Login ke akun Shopee yang hilang dengan memilih menu Saya.
  • Pilih opsi login lain untuk mengembalikan akun Shopee yang hilang.
  • Pilih Login menggunakan Google.
  • Tentukan salah satu email yang terkait ke akun Shopee.
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu berhasil login ke akun Shopee yang hilang.

Berikut penjelasan masing – masing cara mengembalikan akun Shopee yang hilang diatas :

1. Buka Aplikasi Shopee

Yang pertama tentunya kamu harus membuka aplikasi Shopee. Pastikan sebelumnya kamu pernah menyimpan data login akun Shopee ke akun Google.

Biasanya Google menyediakan fitur “fill up” data login aplikasi sesudah login akun Shopee berhasil. Nantinya fitur ini akan aktif otomatis ketika kamu login ke aplikasi Shopee.

2. Pilih Menu Saya Untuk Login

Seperti biasa pilih menu Saya di pojok kanan bawah halaman Beranda Shopee. Disini pastikan kamu membuka aplikasi Shopee tanpa akun sama sekali.

Karena jika membuka aplikasi Shopee dengan akun lalu klik menu Saya, maka kamu harus logout akun terlebih dahulu.

3. Pilih Opsi Login Akun

Selanjutnya pilih menu Opsi Login akun Shopee. Pada dasarnya opsi login akun Shopee ini hanya bisa digunakan menggunakan username dan password akun Shopee.

Namun karena pada kasus ini kamu tidak mengetahui username dan password akun Shopee yang lama, kamu harus memilih opsi login lewat cara lain.

4. Ketuk Lanjutkan Dengan Google

Selanjutnya pilih opsi login akun Shopee yang lama via Google. Sebenarnya masih banyak opsi login lain yang bisa kamu pilih seperti login via facebook, line atau email.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Pilih Lanjutkan Dengan Google

Namun karena fitur isi username dan password otomatis hanya tersedia untuk akun Google, maka opsi yang harus kamu pilih adalah opsi pertama yaitu login lewat akun Google.

5. Login Shopee Yang Hilang Berhasil

Setelah kamu mengetuk opsi ini, maka secara otomatis kamu akan masuk ke akun Shopee yang hilang.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Login Shopee Berhasil

Hal ini terjadi karena akun Google masih menyimpan data login akun Shopee kamu sebelumnya. Tentunya cara ini sangat praktis untuk kamu yang jarang login ke aplikasi Shopee.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Lama

Memulihkan akun Shopee yang hilang dan akun Shopee yang lama tentu berbeda. Akun Shopee yang hilang adalah akun yang sudah lupa identitas akun seperti username, password hingga PIN akun sehingga cara memulihkannya sedikit lebih sulit.

Sedangkan akun Shopee yang lama hanya dapat dipulihkan dengan mengirimkan email pemulihan akun yang lama ke Tim Customer Service Shopee melalui email agar tim Shopee meninjau akun Shopee yang lama sebelum dikembalikan.

Karena secara sistem otomatis, tidak ada cara khusus untuk mengembalikan akun yang lama karena sudah dinonaktifkan.

Sehingga, mau tidak mau kamu harus memberanikan diri untuk menghubungi CS Shopee untuk melakukan tindakan pemulihan akun.

Namun sebelum itu, siapkan beberapa data di bawah ini :

  • Nama asli kamu beserta akun Shopee atau username Shopee.
  • Email yang sudah terdaftar (pastikan benar).
  • No HP yang aktif yang kamu daftarkan
  • Screenshot bukti kegagalan Login kamu
  • Foto KTP asli dan jelas.
  • Nomor NIK yang asli sesuai KTP.

Jika kamu sudah memiliki semua data di atas, kamu sekarang sudah bisa memproses pemulihan akun kamu.

Berikut cara mengembalikan akun Shopee yang lama :

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Mengirim Email Permintaan Pemulihan Akun Shopee
  • Masuk ke email kamu dan pilih kirim pesan (Compose).
  • Pada bagian email tujuan, isikan support@Shopee.co.id atau help@support.Shopee.co.id.
  • Isi subjek dengan permasalahan kamu, misal : “Akun Shopee Saya Hilang”
  • Pada bagian badan pesan, isikan masalah kamu beserta detail identitas kamu.
  • Jangan lupa lampirkan bukti Screenshoot bukti yang menyatakan akun Shopee kamu hilang atau akses terbatas dan foto KTP kamu.
  • Setelah itu, tinjau kembali isi dan alamat email tujuan lalu klik tombol kirim pesan.

Setelah terkirim, tunggu maksimal 3 hari kerja untuk mendapatkan email balasan.

Email pertama adalah email otomatis yang menginformasikan kamu akan dihubungi sesuai dengan permasalahan yang kamu miliki.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Proses Peninjauan Akun Shopee

Jika semua data dan alasan pemulihan akun tepat dan benar, maka kamu akan menerima notifikasi pemulihan akun seperti ini :

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang
Notifikasi Pengaktifan Kembali Akun Shopee

Setelah kamu menerima email ini, maka kamu sudah dapat menggunakan akun Shopee kembali seperti biasa.

Sebelum mengirimkan email permintaan pemulihan akun Shopee, kamu juga bisa mencoba login ke aplikasi dengan fitur lupa password Shopee. 

Jika lupa nomor HP Shopee, kamu bisa mencoba mengganti nomor HP Shopee terlebih dahulu sebelum mencoba login ke aplikasi Shopee. Jika nomor HP sudah berhasil dipulihkan, silahkan lakukan lupa password agar OTP dikirimkan ke nomor HP yang baru.

Cara Masuk Ke Akun Shopee Lama

Akun Shopee penjual maupun pembeli yang hilang tentu sangat merugikan. Kerugian yang pasti kamu alami karena kehilangan akun Shopee antara lain :

  • Tidak dapat melakukan transaksi penjualan dan pembelian.
  • Tidak dapat mengirim saldo ShopeePay dan Saldo penjualan ke Rekening Bank.
  • Pembayaran tagihan ShopeePaylater tidak dapat dilakukan dan tagihan akan menunggak.

Hilangnya akun Shopee bisa ditandai dengan akses login yang tidak bisa bahkan dibatasi oleh sistem Shopee. Jika akun dibatasi, maka kamu dapat mencoba memulihkan akun Shopee dengan cara banding melalui email.

Namun untuk akun Shopee yang sudah lama tidak dibuka, maka satu – satunya cara memulihkannya adalah dengan cara login kembali. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk masuk kembali ke akun Shopee lama adalah dengan memanfaatkan fitur lupa password.

Simak cara masuk ke akun Shopee lama berikut ini :

  • Silahkan buka aplikasi Shopee.
  • Ketuk halaman Saya disudut kanan bawah halaman Beranda.
  • Silahkan klik menu login akun Shopee.
  • Pada halaman Log In di aplikasi Shopee silahkan masukkan No. Handphone yang terdaftar di akun Shopee kamu lalu klik Lanjut.
  • Selanjutnya masukkan kode Captcha.
  • Kode OTP akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di Shopee. Kemudian masukkan Kode OTP via WhatsApp atau SMS.
  • Selanjutnya atur Password akun Shopee yang baru lalu klik OK.
  • Terakhir silahkan login kembali ke akun Shopee yang lama menggunakan password yang telah kamu ubah sebelumnya.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Terhapus

Pada dasarnya akun Shopee yang telah terhapus tidak dapat dikembalikan lagi. Namun kamu masih bisa menghubungi CS Shopee untuk mengajukan pemulihan akun Shopee yang terhapus lewat email form aduan.

Tetapi sebelum itu, pastikan kamu melengkapi beberapa syarat berikut ini :

  • Nama ibu kandung (sesuai KTP
  • Nomor RT sesuai KTP
  • Username akun Shopee Anda
  • Screenshot kendala yang kamu alami (Contohnya saat login Shopee muncul notif akun dihapus) serta alasan pengaktifan kembali akun Shopee.

Nah setelah itu, simak cara mengembalikan akun Shopee yang sudah dihapus berikut ini :

  • Silahkan hubungi customer service Shopee melalui sambungan telepon di 1500702 dan 021-39500300 atau isi formulir aduan Disini.
  • Selanjutnya isi data pada form, kendala akun Shopee terhapus serta upload bukti berupa screenshoot bahwa akun Shopee sudah terhapus. Berikan pula alasan yang login kenapa kamu ingin mengembalikan akun Shopee yang sudah terhapus tersebut.
  • Nantinya dalam waktu maksimal 3 hari, pihak Shopee akan menghubungimu terkait permasalahan akun dihapus.
  • Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan oleh pihak Shopee.
  • Dengan begitu akun Shopee bisa dipulihkan kembali.

Akun Shopee Lupa Username Dan Password

Jika kamu lupa username dan password akun Shopee, kamu dapat menggunakan opsi Lupa kata sandi yang tersedia pada halaman login Shopee untuk mengembalikan akun tersebut.

Berikut cara mengembalikan akun Shopee yang lupa username dan Password :

  • Buka aplikasi Shopee di HP kamu.
  • Klik tombol Masuk di bagian bawah halaman utama.
  • Klik opsi Lupa kata sandi di bawah kolom password.
  • Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang terkait dengan akun Shopee.
  • Ikuti instruksi yang diberikan oleh Shopee untuk memulihkan akun Shopee. Kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor ponsel atau alamat email.
  • Setelah berhasil memverifikasi akun, kamu akan diminta untuk membuat kata sandi baru untuk masuk ke akun Shopee.

Jika lupa username akun Shopee, kamu dapat mencoba mencari email konfirmasi pendaftaran yang dikirimkan oleh Shopee ke alamat email yang terkait dengan akun Shopee kamu.

Email ini akan berisi informasi tentang username dan detail akun kamu. Jika kamu masih mengalami masalah, kamu dapat menghubungi customer service Shopee untuk bantuan lebih lanjut.

FaQ Seputar Pemulihan Akun Shopee Yang Hilang

Selain permasalahan akun Shopee hilang, kendala akun Shopee lain mungkin juga akan kamu alami karena beberapa faktor yang telah saya rangkum dalam beberapa pertanyaan dan jawaban berikut ini :

Adakah Cara Memulihkan Akun Shopee Yang Lama?

Jika kamu memiliki akses Login, maka kamu bisa mencoba ganti data login akun Shopee terlebih dahulu. Jika belum bisa, silahkan coba login menggunakan akun Google.

Jika dalam posisi Logout, coba fitur lupa kata sandi atau kirimkan email permintaan pemulihan akun seperti cara diatas. Jika kamu ingin memulihkan akun Shopee yang lama, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan :

  • Coba login ke akun Shopee – Coba login ke akun Shopee kamu menggunakan email atau nomor ponsel yang terdaftar pada akun tersebut.
  • Gunakan opsi Lupa Kata Sandi – Jika kamu tidak ingat kata sandi akun Shopee, gunakan opsi Lupa kata sandi yang tersedia pada halaman login Shopee untuk mengatur kata sandi baru.
  • Hubungi Layanan Pelanggan Shopee – Jika kamu tidak dapat mengakses akun Shopee kamu, hubungi layanan pelanggan Shopee dan jelaskan masalah yang kamu alami.
  • Cek email atau nomor ponsel – Cek email atau nomor ponsel yang terkait dengan akun Shopee kamu, terkadang Shopee akan mengirimkan pesan atau notifikasi ke email atau nomor ponsel yang terdaftar ketika ada transaksi atau aktivitas di akun kamu.
  • Cek akun media sosial – Jika kamu pernah mengaitkan akun Shopee kamu dengan akun media sosial, coba login ke akun media sosial tersebut dan lihat apakah akun Shopee kamu masih aktif atau tidak.

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Dibajak?

Pastikan kamu memulihkan akun Shopee yang diretas secepat mungkin menggunakan beberapa metode berikut :

  • Gunakan fitur “Lupa Kata Sandi”.
  • Hubungi CS Shopee menggunakan akun lain melalui fitur Live Chat.
  • Kirimkan permintaan pemulihan akun melalui email help@support.Shopee.co.id.

Jika akun Shopee kamu dibajak, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan akun kamu :

  • Segera ubah kata sandi – Jika kamu masih dapat mengakses akun Shopee kamu, segera ubah kata sandi dan pastikan kata sandi baru yang kamu buat sulit ditebak dan aman.
  • Lakukan verifikasi keamanan – Lakukan verifikasi keamanan pada akun Shopee kamu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Shopee.
  • Buat laporan ke Shopee – Laporkan kejadian tersebut ke layanan pelanggan Shopee dengan memberikan bukti-bukti yang diperlukan seperti tangkapan layar, email atau transaksi yang mencurigakan.
  • Batasi akses ke akun – Batasi akses ke akun Shopee kamu dengan menghubungi Shopee dan meminta untuk menonaktifkan akun sementara hingga masalah diselesaikan.
  • Hapus informasi pribadi – Hapus informasi pribadi seperti nomor ponsel dan alamat dari akun Shopee kamu untuk mencegah penyalahgunaan lebih lanjut.
  • Gunakan fitur keamanan – Aktifkan fitur keamanan seperti verifikasi dua faktor atau otentikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan akun Shopee kamu di masa mendatang.

Bagaimana Cara Mengatasi Akun Shopee Yang Dibatasi?

Untuk mengatasi akun Shopee yang dibatasi dengan kode A02, kamu bisa membaca ulasan lengkapnya Disini.

Sedangkan jika akun Shopee gagal login, kamu bisa membaca 5 penyebab dan cara mengatasi gagal login Shopee ini.

Akun Shopee Keluar Sendiri, Bagaimana Solusinya?

Akun Shopee keluar sendiri disebabkan oleh akun Shopee yang lemot atau server Shopee sedang bermasalah.

Kamu bisa mencoba login ulang ketika akun Shopee keluar sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasi aplikasi Shopee yang lemot di ponsel kamu agar proses login aplikasi lebih mudah.

Bagaimana Cara Mencari Akun Shopee Yang Hilang?

Jika kamu tidak dapat menemukan akun Shopee kamu, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencari Akun Shopee yang hilang :

  • Cek email atau nomor ponsel – Cek email atau nomor ponsel yang terkait dengan akun Shopee kamu, terkadang Shopee akan mengirimkan pesan atau notifikasi ke email atau nomor ponsel tersebut.
  • Coba cari username akun Shopee – Jika kamu masih ingat username akun Shopee, coba cari akun kamu dengan menggunakan fitur pencarian di aplikasi Shopee atau di mesin pencari seperti Google.
  • Hubungi layanan pelanggan Shopee – Jika kamu masih tidak dapat menemukan akun Shopee kamu, hubungi layanan pelanggan Shopee dan jelaskan masalah yang kamu alami.

Tips Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang

Mengembalikan akun Shopee yang hilang, yang lama atau bahkan terhapus masih bisa dilakukan dengan mudah jika semua data yang diperlukan saat mengajukan pemulihan akun lengkap dan benar serta alasan pemulihan akun juga logis.

Selain itu, ada beberapa tips agar kamu berhasil mengembalikan akun Shopee :

  • Pastikan data diri dan data akun benar dan valid.
  • Pastikan data akun sama dengan data diri yang kamu upload.
  • Perhatikan foto / ss yang kamu upload, pastikan gambar terlihat dengan jelas dan tulisan terbaca dengan jelas.
  • Hindari memulihkan akun karena alasan tidak sengaja.
  • Ikuti semua petunjuk yang diberikan oleh Tim Shopee.

Sekian dulu ulasan cara mengembalikan akun Shopee yang hilang dalam keadaan Login dan Logout aplikasi ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar akun Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.