Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Cara Mengatasi Lupa Password Tokopedia [99% Berhasil]

3 min read

Cara Mengatasi Lupa Password Tokopedia

Mahirtransaksi.com – Lupa sandi atau Password Tokopedia merupakan masalah serius jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, simak cara mengatasi lupa password Tokopedia yang telah terbukti berhasil ini.

Kendala lupa kata sandi Tokopedia memang bisa terjadi pada siapa saja baik seller maupun buyer. Jika akun Tokopedia yang mengalami masalah lupa password adalah akun biasa tanpa saldo maka tidak akan menjadi masalah berarti.

Tetapi tentu akan berbeda jika akun Tokopedia yang lupa kata sandi adalah akun untuk berjualan yang berisi data produk serta data penjualan. Atau mungkin saja akun yang masih memiliki saldo OVO atau OVO PayLater yang belum digunakan.

Lupa Kata Sandi Tokopedia

Tentunya kamu pasti tidak ingin akun kamu “lenyap” begitu saja bukan? Nah cara lupa password Tokopedia ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu.

Ternyata ada beberapa cara memulihkan akun Tokopedia yang lupa password yang bisa kamu coba. Tentunya cara – cara ini sudah terbukti berhasil untuk mengembalikan akun Tokopedia yang lupa sandi.

Yap, fitur “Lupa Kata Sandi” sendiri sudah tersedia di Tokopedia untuk membantu pengguna memulihkan akun Tokopedia yang lupa password / sandi dengan beberapa metode verifikasi akun.

Syarat & Ketentuan Lupa Password Di Tokopedia

Tentunya ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang wajib kamu siapkan sebelum menggunakan fitur Lupa Kata Sandi Tokopedia ini. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Punya Akses Akun Tokopedia

Pertama, pastikan kamu mempunyau akses Tokopedia sepenuhnya. Artinya kamu hanya dapat memulihkan sandi untuk akun Tokopedia yang benar – benar milikmu.

Pastikan pula data akun Tokopedia sesuai dengan data pribadi-mu. Hal ini penting untuk menghindari tindakan pembajakan akun yang kemudian akan mengakibatkan akun di blokir.

2. Nomor Telepon Dan / Atau Email Aktif

Syarat yang tak kalah pentingnya adalah memastikan email dan / atau Nomor telepon yang terkait ke akun Tokopedia masih aktif.

Metode verifikasi yang tersedia di Tokopedia untuk reset password dapat dilakukan melalui Email / Nomor telepon. Namun secara default, metode verifikasi melalui Email akan menjadi prioritas jika terdapat akun email yang terkait ke akun Tokopedia.

Namun, jika email tidak terkait, maka metode verifikasi akan diubah melalui SMS / Pesan. Tetapi jika kamu ingin mereset password di dalam aplikasi, kamu dapat memilih metode Log In tanpa password. Caranya akan saya jelaskan lebih detail di postingan kali ini.

3. Dapat Menerima Inbox Email / SMS Verifikasi

Syarat dan ketentuan yang terakhir adalah memastikan bahwa email dapat menerima inbox pesan baru dan / atau Nomor Telepon dapat menerima SMS verifikasi akun Tokopedia.

Jika memilih meggunakan email, Link Verifikasi akan dikirimkan ke bagian inbox atau Spam email. Jika memilih SMS, Kode Verifikasi (OTP) akan dikirimkan ke bagian Pesan Masuk.

Jika kamu tidak menerima Inbox atau SMS verifikasi, maka kamu harus memeriksa pengaturan Inbox email atay Pesan Masuk di Ponsel kamu lalu mengirimkan permintaan Verifikasi Tokopedia kembali.

Cara Mengatasi Lupa Password Tokopedia

Jika syarat dan ketentuan diatas sudah kamu lakukan, maka selanjutnya adalah mengakses akun Tokopedia melalui fitur “Lupa Password” melalui aplikasi atau website Tokopedia.

#1. Mengatasi Lupa Password Tokopedia Lewat Aplikasi & Website

Untuk mengatasi lupa kata sandi Tokopedia lewat Aplikasi, berikut langkah – langkah yang dapat kamu lakukan :

Cara Mengatasi Lupa Password Tokopedia Lewat Aplikasi & Website
Cara Lupa Kata Sandi Tokopedia Lewat Aplikasi & Website
  • Pertama buka aplikasi Tokopedia. Lalu klik Log In. Pada halaman Log In, klik “Lupa Kata Sandi?”.
  • Selanjutnya isi Form Verifikasi dengan Email yang terkait ke Tokopedia. Kemudian klik Lanjut.
  • Kemudian Pilih metode verifikasi melalui Email. Buka Gmail lalu klik Email Verifikasi Tokopedia. Kemudian salin Kode OTP (4 angka) lalu tempel pada halaman Verifikasi akun lalu klik Verifikasi.
  • Selanjutnya masukan Kata Sandi Baru kemudian konfirmasi Kata Sandi baru.

Catatan : Pastikan kamu memasukan Kata Sandi yang belum pernah digunakan sebelumnya di Tokopedia.

  • Terakhir klik Lanjut, maka password Tokopedia telah berhasil diubah. Kemudian Masuk kembali menggunakan kata sandi baru di halamam Log In Tokopedia.

Untuk lebih memahami step by step langkah diatas, berikut saya lampirkan Video cara mengatasi lupa kata sandi Tokopedia :

 

#2. Login Tokopedia Tanpa Password

Jika kamu lupa email yang terkait ke akun Tokopedia, maka jangan khawatir. Kamu bisa Log In terlebih dahulu ke akun Tokopedia menggunakan Nomor Telepon tanpa password !

Syaratnya, pastikan Nomor Telepon masih aktif dan dapat menerima Kode OTP dari Tokopedia. Berikut langkah – langkahnya :

Login Tokopedia Tanpa Password
Login Tokopedia Tanpa Password
  • Pertama buka aplikasi Tokopedia, lalu klik Log In. Kemudian masukan Nomor HP yang terdaftar di Tokopedia lalu klik Selanjutnya.
  • Kemudian pilih metode verifikasi melalui SMS. Cek SMS lalu isi Kode OTP berupa 4 digit angka.
  • Terakhir kamu akan masuk ke halaman Dashboard Tokopedia.

Jika kamu lupa nomor telepon Tokopedia atau bahkan Nomor HP sudah tidak aktif kamu bisa membaca ulasan cara mengubah Nomor HP Tokopedia ini.

#3. Reset Kata Sandi Tokopedia

Jika telah berhasil Log In Tokopedia, selanjutnya kamu harus mereset ulang kata sandi Tokopedia.

Langkah ini penting untuk mengamankan akun serta mempermudah kamu Log In dikemudian hari jika akun Log Out kembali. Berikut cara mereset kata sandi Tokopedia yang dapat kamu coba :

Reset Kata Sandi Tokopedia
Reset Kata Sandi Tokopedia
  • Pertama masuk ke akun Tokopedia menggunakan Email / Nomor telepon serta password Tokopedia. Kemudian klik Menu Profil di sudut kanan bawah.
  • Selanjutnya klik Pengaturan (Icon Gerigi). Pilih Akun lalu klik Ubah Kata Sandi.
  • Lakukan verifikasi akun dengan mimilih Metode Verifikasi. Kemudian masukan kata sandi baru serta konfirmasi kata sandi baru lalu klik Lanjut.
  • Reset kata sandi Tokopedia berhasil.

Akhir Kata

Perlu kamu ketahui bahwa Tokopedia menganjurkan penggunanya untuk mengubah informasi akun termasuk password secara berkala. Tujuan nya untuk menjaga akun dari tindakan peretasan atau pembobolan oleh oramg yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : 7 Cara Verifikasi Pembayaran Di Shopee Terbaru Dan Terlengkap

Oleh karena itu, kamu perlu tahu beberapa tips mengamankan akun Tokopedia berikut ini :

  • Ganti Kata Sandi, PIN, Email serta Nomor HP Tokopedia secara berkala serta pastikan data akun tidak diketahui oleh orang lain.
  • Hindari Log In akun Tokopedia di perangkat yang berbeda dari yang biasa kamu gunakan untuk menghindari data akun tersimpan otomatis.
  • Jangan klik Link dari seller / buyer serta SMS yang mengatasnamakan Tokopedia untuk menghindari tindakan pembobolan akun.

Baca Juga : 5 Cara Mengganti Email Tokopedia Paling Mudah [Ulasan Lengkap]

Nah itulah ulasan cara jitu mengatasi Lupa Password Tokopedia hingga mereset kata sandi Tokopedia yang dapat kamu jadikan referensi. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Tokopedia segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *