Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap

6 min read

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap

Mahirtransaksi.com – Metode pembayaran Shopee yang beragam membuat proses verifikasi pembayaran juga beragam. Kamu wajib tahu 7 cara verifikasi pembayaran Shopee berdasarkan metode pembayaran ini agar proses belanja di Shopee semakin mudah dan cepat. Simak terus ya.

Saat memilih metode pembayaran Shopee tentu kamu akan dihadapkan pada jenis pembayaran yang beragam. Ada 7 metode pembayaran yang dapat kamu pilih yaitu :

  • ShopeePay
  • Shopee PayLater
  • Transfer Bank
  • Kartu Kredit / Debit Online
  • Cash On Delivery (COD)
  • Alfamart
  • Indomaret / iSaku
  • One Klik
  • Kredivo
  • Akulaku

Kesepuluh metode pembayaran di Shopee tersebut memiliki cara verifikasi yang berbeda tergantung mana pembayaran yang kamu pilih.

Jenis Verifikasi Pembayaran Di Shopee

Sayangnya, banyak mitra Shopee saat berbelanja memilih metode pembayaran yang tidak sesuai dengan pemahaman verifikasi pembayaran yang telah ditetapkan. Faktanya ada dua jenis cara verifikasi pembayaran di Shopee yaitu :

  • Verifikasi Pembayaran Manual
  • Verifikasi Pembayaran Otomatis

Apasih sih perbedaan keduanya?

Verifikasi pembayaran dicek manual adalah proses verifikasi dimana kamu diharuskan memberikan bukti / struk untuk proses validasi pembayaran.

Sedangkan verifikasi pembayaran otomatis adalah kebalikan dari verifikasi manual, yaitu kamu tidak perlu memberikan bukti karena validasi pembayaran dilakukan secara otomatis.

Tahukah kamu ada 7 perbedaan kedua metode verifikasi pembayaran ini. Ulasan lengkapnya dapat kamu baca Disini.

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee

Dalam penerapannya, ada sebagian metode pembayaran yang tidak menggunakan dua metode verifikasi diatas. Contohnya saja pembayaran menggunakan cicilan yang tidak mengharuskan kamu melakukan verifikasi. Kecuali verifikasi aplikasi cicilan yang kamu gunakan seperti Kredivo atau Akulaku.

Untuk itu penting mengetahui 7 cara verifikasi pembayaran di Shopee yang paling tepat untuk kemudahan transaksi pembelajaan kamu. Berikut ulasan cara verifikasi pembayaran di Shopee yang wajib kamu ketahui.

1. Verifikasi Pembayaran ShopeePay

ShopeePay adalah salah dompet digital khusus pengguna Shopee yang dapat digunakan untuk belanja produk fisik dan produk digital di Shopee.

Pembayaran Shopee lewat ShopeePay dapat dilakukan dalam satu langkah pembayaran mudah. Tentunya kamu tidak memerlukan aplikasi atau rekening tambahan saat menggunakan ShopeePay ini.

Cara verifikasi ShopeePay di Shopee juga sangat mudah. Karena proses verifikasi dilakukan otomatis oleh sistem Shopee dengan cara memotong saldo yang tersedia di akun ShopeePay sesuai total nominal belanjaan kamu sesuai dengan kutipan berikut :

“Pembayaran akan secara otomatis terkonfirmasi dan Penjual akan mendapatkan notifikasi untuk mengirimkan pesanan Kamu.”

Tapi sebelum menggunakan ShopeePay, kamu wajib memastikan saldo ShopeePay sama atau lebih banyak dari total nominal belanjaan kamu sesuai ketentuan Shopee berikut :

  • Kamu memiliki batas waktu maksimal 3 jam untuk melakukan pembayaran pesanan biasa (selain Produk Digital) sejak pesanan dibuat, dan 24 jam untuk Produk Digital sejak pesanan dibuat.
  • Jika kamu menggunakan metode pembayaran ShopeePay dan ingin menggunakan Koin Shopee, saldo ShopeePay kamu harus sejumlah total checkout sebelum dikurangi dengan Koin Shopee.

Jika saldo ShopeePay kamu kurang, kamu bisa lihat cara isi saldo ShopeePay lewat Transfer Bank atau OVO, Dana, Go-Pay atau Jenius Disini.

2. Verifikasi Pembayaran Shopee PayLater

ShopeePaylater adalah salah satu diantara 4 jenis cicilan di Shopee. Walaupun begitu, cara verifikasi pembayaran ShopeePaylater ini berbeda dari cicilan Shopee sejenis.

Sama seperti fitur ShopeePay, ShopeePaylater juga hanya tersedia di aplikasi Shopee. Untuk menggunakan ShopeePaylater kamu wajib melakukan aktivasi serta verifikasi untuk mendapatkan limit transaksi. Jika kamu belum mengaktifkan fitur Shopee ini, kamu bisa lihat ulasan aktivasi dan verifikasi ShopeePaylater Disini.

Dalam konteks pembelanjaan, ShopeePaylater menggunakan sistem limit kredit yang harus dilunasi dalam rentang waktu hingga 12 bulan sejak limit digunakan.

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap
Limit Awal Shopee PayLater

Karena sistem yang digunakan “Pay Later” maka kamu bisa mendapatkan produk tanpa harus membayar di awal. Ini artinya proses verifikasi pembayaran Shopee PayLater dilakukan secara otomatis. Produk tetap akan dikirimkan ke tempat kamu karena pesanan telah dianggap lunas walaupun pada kenyataannya pembayaran tetap dilakukan dengan metode cicilan.

Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee PayLater Terlengkap

Tapi ingat, kamu wajib membayar cicilan tagihan sesuai tenor yang kamu pilih sesuai dengan ketentuan Shopee berikut :

  • Rincian tagihan akan muncul setiap tanggal 25 yang perlu dibayar paling lambat tanggal 5 atau muncul setiap tanggal 1 dan perlu dibayar paling lambat tanggal 11 sesuai dengan periode tagihan Kamu.
  • Rincian tagihan mencakup pesanan yang sudah dalam status Selesai (termasuk pengembalian dana) dari tanggal 25 bulan sebelumnya hingga tanggal 24 bulan ini.
  • Per tanggal 1 Agustus 2019, telah diberlakukan biaya penanganan untuk metode pembayaran ShopeePayLater sebesar 1% per transaksi.

3. Verifikasi Pembayaran Transfer Bank

Saat menggunakan Transfer Bank sebagai metode pembayaran di Shopee, maka kamu dapat memilih dua jenis metode verifikasi pembayaran yang tersedia yaitu verifikasi dicek manual dan otomatis seperti gambar berikut :

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap
Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap

Jika kamu memililih pembayaran otomatis, maka proses verifikasi akan dicek secara otomatis dalam waktu 1×10 menit setelah proses pembayaran berhasil. Biasanya pembayaran dicek manual ini hanya tersedia untuk jenis transfer Bank Virtual Account (VA).

Jika verifikasi berhasil dilakukan, maka kamu bisa memuat ulang halaman status pesanan. Pastikan status pesanan telah berubah menjadi “Dikemas”.

Jika kamu memilih pembayaran manual, maka kamu wajib upload bukti (struk) pembayaran setelah proses pembayaran berhasil kamu lakukan. Biasanya proses verifikasi pembayaran dicek Manual ini menggunakan jenis Transfer Bank melalui ATM, Internet dan Mobile Banking serta pembayaran lewat Teller Bank.

Setelah berhasil upload bukti pembayaran, maka kamu harus menunggu tim Shopee melakukan validasi pembayaran dalam waktu 1×24 jam kerja (tidak termasuk hari libur / nasional). Jika pembayaran berhasil diverifikasi, maka kamu akan menerima notifikasi seperti ini :

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap
Pembayaran Dikonfirmasi

Jika gagal, kamu dapat memperbaiki kualitas atau kelengkapan berupa username akun Shopee pada berita struk sebelum mengirimkannya kembali untuk ditinjau ulang oleh Tim Shopee.

4. Verifikasi Pembayaran Kredit / Cicilan

Jenis cicilan Shopee dalam point ke 4 ini adalah :

  • Cicilan Shopee Kartu Kredit
  • Cicilan Shopee Kredivo
  • Cicilan Shopee Akulaku

Karena sifatnya juga cicilan / kredit seperti poin 2 diatas, maka verifikasi pembayaran sukses jika proses autentifikasi antara pembayaran Shopee dengan Kartu Kredit, Kredivo atau Akulaku berhasil seperti kutipan Shopee berikut :

“Status Pembayaran Berhasil hanya menunjukkan pengajuan kredit Kredivo kamu telah disetujui. Seluruh rincian & status cicilan kamu dapat dipantau melalui aplikasi Kredivo.”

Saat saya mencoba ketiga aplikasi cicilan tersebut, metode verifikasi yang digunakan sama saja. Artinya prose verifikasi dilakukan otomatis tanpa perlu mengirimkan bukti cicilan atau jenis cicilan yang kamu gunakan.

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap
Tagihan Kartu Kredit Shopee

Untuk itu pastikan kamu membaca cara cicilan Shopee lewat Kredivo atau Akulaku ini agar lebih memahami sistem verifikasi pembayaran tagihan dengan metode cicilan Shopee ini.

5. Verifikasi Pembayaran Indomaret / iSaku

Cara verifikasi pembayaran Shopee lewat indomaret / iSaku juga dilakukan secara otomatis sesuai kutipan Shopee berikut :

“Pesanan kamu akan terverifikasi secara otomatis dalam aplikasi Shopee setelah pembayaran berhasil.”

Perhatikan juga beberapa ketentuan pembayaran Shopee lewat Indomaret / iSaku berikut ini :

  • Kamu dapat melakukan pembayaran secara offline di gerai Indomaret, Ceriamart & Lion Super Indo di seluruh Indonesia serta pembayaran secara online melalui aplikasi Mitra Indogrosir & i.saku.
  • Kamu dapat melakukan pembayaran secara offline di gerai Indomaret, Ceriamart & Lion Super Indo di seluruh Indonesia serta pembayaran secara online melalui aplikasi Mitra Indogrosir & i.saku.
  • Saat ini iSaku sudah tersedia di Google PlayStore maupun AppStore. Kamu bisa melihat ulasan lengkap cara bayar Shopee lewat iSaku Indomaret Disini.

6. Verifikasi Pembayaran Alfamart

Cara verifikasi Shopee lewat alfamart juga hampir sama dengan proses verifikasi lewat indomaret / iSaku. Saat pembayaran berhasil, cek status pesanan. Jika status  berubah menjadi “Dikemas” maka verifikasi pembayaran sudah berhasil.

Prosedur yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buat pesanan di Shopee.
  • Kunjungi gerai Alfamart terdekat.
  • Sampaikan pada kasir Alfamart bahwa kamu ingin melakukan pembayaran Shopee lalu tunjukan kode pembayaran Shopee.
  • Setelah itu lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera di aplikasi Shopee.
  • Simpan struk pembayaran untuk persiapan jika dibutuhkan verifikasi pembayaran lanjutan.

Namun sayangnya, alfamart belum menyediakan fitur pembayaran lewat aplikasi seperti iSaku. Namun kamu masih tetap bisa melakukan pembayaran melalui kasir alfamart.

7. Verifikasi Pembayaran Cash On Delivery (COD)

Jika kamu memilih belanja COD di Shopee, maka tidak ada proses verifikasi pembayaran yang perlu kamu lakukan. Karena sifatnya “Bayar Di Tempat” maka kamu tetap melakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera di detail pesanan Shopee ketika pesanan sampai kepada kurir ekpedisi sesuai ketentuan berikut ini :

  • Pembeli harus melakukan pembayaran ke kurir sebelum menerima/ membuka paket.
  • Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2x dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD.
  • Metode pembayaran COD dikenakan biaya penanganan sebesar 0% untuk Pengguna baru Shopee (berlaku saat pertama kali checkout), 2% untuk Pengguna biasa, dan 8% untuk Dropshipper (berlaku untuk Pengguna baru Shopee yang juga merupakan Dropshipper) per 7 Oktober 2020.

Nantinya proses validasi pembayaran akan diteruskan oleh pihak ekpedisi ke pihak Shopee sebagai bukti pembayaran telah selesai.

Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Terbaru Dan Terlengkap
Sistem Pembayaran COD Shopee

Penasaran ingin mencoba belanja COD di Shopee? Kamu wajib baca ulasan cara belanja COD di Shopee ini terlebih dahulu.

Mana Cara Verifikasi Pembayaran Shopee Paling Mudah?

Menurut pengalaman saya saat berbelanja menggunakan aplikasi Shopee, maka saya lebih memilih proses pembayaran menggunakan Transfer Bank Dicek Otomatis atau Cash On Delivery (COD).

Mengapa? Karena kedua metode pembayaran tersebut praktis dan mudah dilakukan terlebih fitur COD Shopee yang tidak harus membayar pesanan di awal.

Tetapi semua keputusan tetap ditanganmu. Memilih cara verifikasi pembayaran terbaik harus sesuai pada pertimbangan berikut ini :

  • Apakah metode pembayaran tersedia dan dapat kamu gunakan?
  • Apakah kamu siap membayar cicilan Shopee? (Khusus pembayaran cicilan)
  • Apakah metode pembayaran mudah dilakukan?

Memilih cara verifikasi karena kemudahan verifikasi, efisiensi waktu, serta ketersediaan pembayaran adalah langkah yang tepat.

Namun jangan pernah mencoba metode pembayaran jika kamu belum paham bagaimana sistem verifikasi pembayaran sesuai metode pembayaran yang kamu pilih.

Bagaimana Jika Pembayaran Tidak Terverifikasi Di Shopee?

Jika ternyata pembayaran tidak terverifikasi di Shopee, maka ada satu dari lima kemungkinan berikut yang menjadi alasannya :

  • Belum upload bukti transfer.
  • Bukti transfer tidak jelas / tidak lengkap.
  • Salah memasukan nominal pembayaran Shopee.
  • Pesanan Shopee ditransfer terpisah.
  • Beberapa pesana Shopee dibayar dalam sekali transfer.

Lihat penyebab detail mengapa pembayaran kamu belum juga terverifikasi berdasarkan lima poin Disini.

Kesimpulan

Memilih verifikasi pembayaran Shopee yang tepat adalah salah satu keuntungan dalam berbelanja. Salah satu keuntungannya adalah efisiensi di waktu belanja. Berikut tips memilih cara verifikasi pembayaran Shopee yang bisa kamu coba :

  • Pastikan kamu memahami proses pembayaran serta ketentuan – ketentuan yang berlaku sesuai metode pembayaran yang kamu pilih.
  • Jangan mencoba pembayaran cicilan sebelum kamu memahami apa itu cicilan serta syarat dan ketentuan yang mengikat didalamnya.
  • Pilihlah metode verifikasi pembayaran yang paling mudah untuk kenyamanan saat berbelanja di Shopee.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Perbulan !

Nah sekian dulu ulasan 7 cara verifikasi pembayaran Shopee paling efisien yang bisa kamu coba saat berbelanja di aplikasi Shopee. Jangan lupa ceritakan pengalaman kamu saat menggunakan salah satu atau beberapa jenis verifikasi pembayaran di atas. Selamat mencoba.

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *