Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

5 Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah

3 min read

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu menjual produk dalam jumlah besar di Shopee? Jika pernah, kamu harus memberikan diskon harga yang lebih murah daripada harga satuan yang dijual di Shopee. Yap, itulah harga grosir. Lalu bagaiman cara mengatur harga grosir di Shopee? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini !

Mengatur Harga Grosir Di Shopee

Grosir merupakan istilah yang sering digunakan untuk toko yang menjual barang dalam jumlah banyak dengan harga “Diskon”. Biasanya Reseller dan Dropshipper yang mengambil produk dari marketplace Shopee akan memilih membeli produk dari Toko Grosiran daripada toko ritel / eceran.

Alasan utamanya tentu karena harga yang lebih murah. Dengan harga yang lebih murah ini, penjual dapat memasarkan kembali produk dan mengambil keuntungan dari selisih penjualan dan harga grosir tadi.

Apa Itu Harga Grosir?

Pernahkah kamu berbelanja secara grosiran? Jika kamu berbelanja secara offline seperti di Pasar Tanah Abang tentu banyak ditemui pedagang-pedagang yang menjual satu jenis produknya dalam jumlah besar dalam sekali transaksi.

Seperti itulah grosir. Grosir merupakan penjualan dengan kuantitas banyak dengan harga yang lebih murah. Contoh tampilan produk Grosir dapat kamu lihat pada gambar berikut :

Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah
Tampilan Produk Harga Grosir

Konsep grosir mulai diperkenalkan di marketplace Shopee pada akhir tahun 2018 lalu. Dengan meniru konsep jualan offline, Shopee memberikan fasilitas “Grosir” untuk meningkatkan penjualan penggunanya sekaligus merangkul para reseller dan Dropshipper yang ingin berkembang.

Keuntungan Menjual Harga Grosir Di Shopee

Beragam keuntungan bisa kamu dapatkan jika memilih menjual harga grosiran di Shopee, salah satunya dapat menaikan rating dan kualitas toko secara cepat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain sebagai berikut :

  • Menjual barang dalam jumlah besar meningkatkan omset penjualan lebih besar lagi, otomatis meningkatkan keuntungan (laba).
  • Volume penjualan lebih stabil, karena calon pembeli kebanyakan adalah “pembeli tetap” umumnya yang melakukan bisnis jual kembali (reseller) yang memiliki toko offline atau online. Berbeda dengan calon pembeli konsumtif yang umumnya membeli berdasarkan selera, pembeli jenis ini lebih condong membeli secara berpindah-pindah toko.
  • Potensi mendapatkan pelanggan sangat besar, jika produk yang dijual dari supplier tangan pertama.
Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah
Potensi Penjualan Produk Grosiran
  • Perputaran uang relatif cepat. Berbeda dengan grosir offline pada umumnya dimana pembeli bisa “hutang dulu” baru membayar 2 minggu kemudian sehingga modal penjual lama berputar. Namun Shopee memfasilitasi ini dengan menggunakan sistem Shopee Paylater sehingga penjual tidak dihadapkan dengan pencatatan piutang yang njelimet dan perputaran uang si penjual tidak terganggu. Win-win solution!

Kekurangan Menjual Harga Grosir Di Shopee

Selain mendapatkan keuntungan, tentu terdapat juga kekurangan menjual produk dengan harga grosiran di Marketplace Shopee. Berikut kekurangan menjual harga grosir di Shopee :

  • Margin keuntungan per pcs lebih kecil dibandingkan non-grosir. Namun volume penjualan lebih besar.
  • Perlu modal lebih besar. Berbeda dengan penjual produk non-grosir. Untuk menyimpan stok barang memerlukan biaya lebih besar dan terkadang beberapa jenis barang memerlukan ruangan penyimpanan seperti gudang, agar barang tidak rusak/cacat.
  • Persaingan tinggi. Dengan merambahnya para penjual offline di pusat grosir besar seperti Pasar Tanah Abang ke marketplace tentu merupakan tantangan tersendiri. Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia grosir kamu harus pintar mencari tangan pertama, tidak menutup kemungkinan kamu perlu membeli dari supplier tangan pertama langsung seperti dari negara China dan lain-lain.
  • Dengan volume penjualan yang tinggi, otomatis tingkat kesulitan dalam menjaga reputasi toko lebih tinggi. Semisal ada produk yang rusak/cacat penjual grosiran biasanya akan mengganti dalam penjualan berikutnya. Itulah sebabnya para pembeli selalu mengutamakan toko yang bisa retur/ganti produk. Terkadang beberapa pembeli reseller memiliki komunitas/grup “gosip” yang sering merekomendasikan atau tidak merekomendasikan suatu toko grosir, oleh karena sebab tertentu.

Cara Mengatur Harga Grosir di Shopee

Untuk mengaktifkan dan mengatur harga grosir di Shopee, pastikan kamu telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Pastikan kamu telah memiliki produk sendiri dalam jumlah yang cukup untuk di jual dengan harga grosir.
  • Mengetahui jasa pengiriman yang cocok untuk pengiriman produk (Misalnya Cargo, J&T atau JNE)
  • Pastikan kamu telah membaca pengaturan harga grosir Shopee Disini.

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas, maka sekarang kamu dapat mengatur harga grosir Shopee di toko-mu. Berikut langkah – langkahnya :

  • Jika kamu memiliki beberapa varian produk, kamu perlu menyamakan harga produk terlebih dahulu. Setelah harganya sama, kamu bisa membuat/mengedit “Informasi Penjualan” di bagian bawah menjadi status “Grosir
Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah
Mengedit Variasi Penjualan
  • Isi semua informasi yang diperlukan seperti “Harga” dan “Deskripsi” lalu gulir ke bagian bawah ke bagian “Informasi Penjualan” kemudian tekan “Tambah Harga Grosir
Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah
Tambah Harga Grosir
  • Kamu bisa mengisi varian (jika ada), kemudian silahkan tambahkan harga “Min” atau minimum pembelian “Maks” atau maksimum pembelian, dan harga satuan.
    Yang perlu diingat adalah :

    • Peraturan 1 :  Min Qty untuk grosir harus lebih dari 1
    • Peraturan 2 :  Jumlah produk maks. harus lebih besar dari jumlah produk min.
    • Peraturan 3 :  Harga Grosir tidak boleh 50% lebih rendah dari harga awal
      • Contoh :
        Min=1, Max = 10 (Salah, karena melanggar aturan 1)
        Min = 10, Max = 10 (Salah, karena melanggar aturan 2)
        Min = 10, Max = 20, Harga 32.500 (Salah, karena melanggar aturan no. 3. Karena harga per-satuan ditetapkan dari awal 32.500)
      • Contoh yang benar :
        Min = 10, Max = 11, Harga 30.000
Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah
Edit Harga Grosir
  • Isi foto produk, metode pengiriman dan tekan “Simpan dan tampilkan”. Hasilnya nanti menjadi seperti ini :
Cara Mengatur Harga Grosir Di Shopee Paling Mudah
Simpan Dan Tampilkan

Kesimpulan

Ketika memulai usaha berjualan secara grosir di marketplace Shopee, yang paling penting adalah mendapatkan supplier tangan pertama sehingga dapat menekan harga serendah mungkin.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Naikan Omzet 100 Juta Per Bulan

Umumnya pembeli selalu mencari harga yang paling murah, namun pastikan kamu memberikan pelayanan terbaik agar pembeli tidak segan untuk terus membeli (repeat order) sepanjang waktu. Dan jangan lupa perluas relasi dan selalu research barang-barang kekinian yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Baca Juga : 8 Cara Jualan Shopee Live Streaming Agar Omzet Penjualan Naik 80%

Sekian dulu ulasan lengap cara mengatur harga grosir di Shopee ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar penjualan produk di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Happy selling!

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *