Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

7 Cara Posting Feed Di Shopee Untuk Meningkatkan Konversi Toko Hingga 50%

3 min read

Cara Posting Feed Di Shopee Untuk Meningkatkan Konversi Toko Hingga 50%

Mahirtransaksi.com – Kebanyakan seller pemula yang sedang merintis toko di Shopee akan mengabaikan fitur Feed untuk mempromosikan produknya. Faktanya, Feed Shopee dapat meningkatkan nilai konversi toko hingga 50%. Untuk itu, simak cara posting Feed di Shopee yang terbukti dapat meningkatkan omzet penjualan kamu.

Cara Jualan Di Feed Shopee

Dalam berjualan secara online khusunya di Marketplace Shopee, kamu harus memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan Shopee untuk mempromosikan produk seperti Feed, Live Streaming, Broadcast, hingga fitur share ke media social milikmu. Tentunya semua fitur Shopee ini gratis digunakan untuk memaksimalkan penjualan toko milik-mu.

Tetapi dalam penerapannya, diperlukan pengetahuan dasar dan pengetahuan lanjutan untuk memaksimalkan seluruh fitur promosi ini untuk toko-mu. Misalnya saja, dengan memanfaatkan Live Streaming Shopee kamu dapat menjangkau pengguna hingga 2 kali jumlah followers toko-mu.

Apa Itu Shopee Feed?

Kalau kamu sering bermedsos ria seperti di facebook dan instagram, tentu kamu paham istilah dinding atau wall tempat kamu melihat update status dan berinteraksi sesama pengguna. Nah kalau di Shopee fitur ini dinamakan Feed. Feed adalah fitur khusus untuk penjual di Shope untuk berinteraksi dengan para pelanggan/calon pembeli.

Cara Posting Feed Di Shopee Untuk Meningkatkan Konversi Toko Hingga 50%
Tampilan Shopee Feed

Fitur ini sangat berguna untuk memaksimalkan penjualan dan menambah pelanggan baru, jika pintar menggunakannya. Sepintas mirip dengan media sosial namun rasa marketplace. Dengan fitur yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2019 ini, pengguna Shopee bisa merekomendasikan berbagai produk favorit untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Pengguna bisa mengikuti akun penjual dan memberikan komentar, like, maupun membagikan ulasan. Menariknya jika kamu beruntung, seandainya ada seorang artis yang memberikan rekomendasi positif ketika membeli produk kamu maka “Boom” siap-siap tokomu akan kebanjiran orderan.

Keuntungan Menggunakan Feed Di Shopee

  • Jutaan AudienceLebih dari 1 juta pengguna mengakses Shopee Feed perharinya. Tentunya semakin banyak yang melihat postingan produk di Feed toko-mu, semakin besar pula kemungkinan produk kamu dilirik oleh pembeli.
  • Meningkatkan Exposure Toko – Jumlah pengunjung toko dari feed mencapai 50ribu perhari. Artinya semakin banyak pengunjung yang melihat produk-mu, semakin besar pula kemungkinan pengunjung melihat produk – produk lain di etalase toko-mu.
  • Menambah pengikut (follower) – Dengan rutin posting produk di feed toko, maka Followers dapat meningkat hingga 1000 pengguna perharinya.

Cara Memaksimalkan Fitur Feed Di Shopee

Sama seperti media sosial pada umumnya, penjual yang menggunakan feed dengan baik tentu postingannya selalu dinantikan oleh para pembeli. Entah itu pengguna baru ataupun pengguna lama yang sudah membeli, ini memungkinkan produk yang dijual selalu mendapatkan repeat order.

Cara Posting Feed Di Shopee Untuk Meningkatkan Konversi Toko Hingga 50%
Pilihan Kategori Feed Shopee

Kalau kamu pernah ke pasar dan melihat seorang pedagang berteriak menjajakan produknya, kira-kira seperti itulah Feed digunakan. Kamu bisa menggaet calon pembeli dengan postingan yang bermanfaat dan gratis.

Ketentuan Postingan Feed Shopee Yang Baik

Ada beberapa batasan – batasan yang harus kamu patuhi jika ingin memanfaatkan fitur Feed shopee ini. Berikut ini beberapa ketentuan dalam membuat postingan Feed Shopee yang baik dan benar :

  • Jika produkmu adalah produk perawatan mobil, kamu bisa membuat postingan seputar tips-tips seputar perawatan mobil, hal yang perlu dilakukan atau apa saja yang harus dihindari dalam merawat mobil kesayangan.
  • Jika produkmu seputar kecantikan atau perawatan wajah, kamu bisa membuat cara make-up, dengan menggunakan produk yang kamu jual.
  • Jika produkmu seputar alat masak, kamu bisa membuat tutorial memasak sekaligus memberikan resep-resep makanan yang enak.
  • Jika produkmu seputar hijab dan pakaian, bisa membuat tutorial cara membuat model hijab yang stylish dan kekinian, bisa juga seputar laundry pakaian yang baik dan benar.
  • Membuat kuis, misalnya kamu membuat tanya jawab atau tebak-tebakan berhadiah diskon ekstra atau memberikan gratis produk yang kamu jual sehingga meningkatkan follower.
  • Tanya jawab biasa, sekedar say hello atau mendengarkan uneg-uneg para follower yang sudah setia mengikuti toko.
  • Memberikan voucher diskon atau giveaway untuk pelanggan yang sudah melakukan follow toko kamu.
  • Menunjukkan bahwa produk yang kamu jual pernah dibeli oleh artis ternama, dengan tujuan mendapatkan feedback positif sehingga mendongkrak penjualan.
  • Dan lain-lain, tergantung kreativitas kamu sendiri.

Dalam membuat postingan di feed shopee, kamu harus menghindari beberapa tindakan berikut ini untuk memaksimalkan postingan yang kamu upload :

  • Menulis atau berbicara tentang politik atau isu-isu berita yang tidak ada hubungannya dengan produk yang dijual.
  • Menulis atau memasukkan gambar yang kurang pantas, karena bisa mendapatkan report dari pengguna dan berujung suspend toko.
  • Menulis menjelek-jelekkan/menjatuhkan produk lain/toko lain.
  • Memberikan info yang salah kepada calon pembeli agar produk laku dijual.

Cara Posting Feed Di Shopee

Berikut langkah mudah membuat Feed di Shopee :

Cara Posting Feed Di Shopee Untuk Meningkatkan Konversi Toko Hingga 50%
Cara Posting Di Shopee Feed
  • Buka tab Feed lalu klik tombol +
  • Pilih foto/video yang ingin di-post lalu klik lanjutkan.
  • Gunakan fitur Shopee feed, lalu klik lanjutkan.
  • Masukkan Caption dan Hashtag lalu klik Posting.

Fitur – Fitur Shopee Feed

Shopee feed dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat kamu gunakan, antara lain :

  • Bisa dihubungkan dengan Instagram – secara otomatis melakukan posting pada wall Instagram.
  • Tag Produk : menautkan produk kedalam postingan feed.
  • Stiker Voucher Toko : memasukkan Voucher toko yang sudah diinput sebelumnya ke feed.
  • Broadcast Post : mengirimkan postingan feed secara massal ke follower.
  • Posting Ulasan Produk : mengirimkan ulasan terbaik dari pembeli atas produk yang diunggulkan.
  • Kolom Pencarian : menggunakan hashtag untuk membantu pengguna menemukan toko kamu.
  • Featured Post : mengirimkan postingan yang diunggulkan.
  • Performa Postingan : rincian performa dari setiap postingan yang pernah dilakukan.
  • Shopee story : mengirimkan story berbentuk foto atau video pendek ke feed.

Kesimpulan

Fitur yang powerful dan sangat disarankan untuk digunakan untuk penjual agar mendongkrak performa toko sehingga meningkatkan penjualan. Postingan pada Shopee Feed dan Story dapat dilihat oleh semua followers dan semua pengguna Shopee melalui hashtag dan postingan rekomendasi.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Per Bulan

Posting secara berkala, semakin sering semakin baik dan gunakan postingan/konten yang berkualitas baik, menggunakan Tag Produk sehingga agar dapat masuk  ke postingan rekomendasi sehingga meningkatkan eksposure dan Rasio Konversi yang lebih tinggi.

Baca Juga : 9 Perbedaan Star Seller Dan Shopee Mall Di Shopee !

Sekian dulu ulasan cara posting Shopee Feed ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar feed di Shopee, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang tersedia dibawah ini. Happy Shopping !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *