Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

9 Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah [Tanpa Syarat]

4 min read

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mencoba meminjam uang dari Shopee ketika membutuhkan dana darurat? Yap, saat ini Shopee telah memiliki layanan Pinjaman online bernama SPinjam. Penasaran? Yuk simak cara mengaktifkan Shopee Pinjam di Shopee ini !

Kalau kamu pernah Pinjam uang lewat Bank, kamu pasti tahu betapa sulitnya mencairkan uang Pinjaman karena banyak persyaratan dan prosesnya yang cukup panjang dan lama, padahal butuhnya cuma sedikit.

Nah, Shopee menghadirkan fitur Pinjaman online yang dinamakan SPinjam, fitur Pinjam duit yang cocok untuk kamu yang butuh Pinjaman uang dengan nominal kecil dan proses yang lebih cepat dan mudah.

Apa Itu Shopee Pinjam?

Shopee Pinjam atau SPinjam adalah layanan Pinjaman uang yang diselenggarakan oleh PT. Lentera Dana Nusantara dan bekerjasama dengan Shopee dengan menghadirkan fitur Pinjaman kepada seller yang bereputasi baik.

SPinjam merupakan Pinjaman online dengan cara cicilan bulanan dengan menetapkan tenor pendek (2 bulan atau 3 bulan). Kelebihan SPinjam adalah proses pencairan yang cepat, dan bisa melakukan lebih dari 1 Pinjaman.

Syarat Shopee Pinjam

Untuk sekarang, fitur SPinjam hanya tersedia bagi penjual terpilih. Jika toko kamu belum terpilih, cobalah untuk meningkatkan performa penjualan toko kamu supaya bisa mendapatkan tawaran menarik dari SPinjam.

Jika kamu terpilih, nantinya kamu bisa melihat ada menu baru Shopee Pinjam yang akan tampil di menu keuangan pada dasbor kamu di aplikasi Shopee. Jika kamu tertarik kamu harus mengaktifkan Shopee Pinjam terlebih dahulu untuk melakukan proses verifikasi.

Berikut beberapa syarat dan ketentuan untuk mendaftar Shopee Pinjam di Shopee :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  • Rekening Bank atas nama sendiri untuk keperluan transfer uang Pinjaman dari SPinjam.
  • Melakukan verifikasi wajah (Face scanner).
  • Siapkan kontak darurat.
  • Update aplikasi Shopee ke versi terbaru di Playstore dan Appstore.

Limit Shopee Pinjam

Sejauh ini fitur yang ditujukan buat seller terpilih ini memiliki nominal minimum 500 ribu rupiah dan maksimum Pinjaman sebesar 5 juta rupiah, namun untuk mendapatkan limit maksimum Pinjaman tersebut bergantung pada history Pinjaman kamu.

Jika track record kamu dalam mengembalikan Pinjaman sangat baik, kamu berpotensi mendapat kenaikan limit dan bisa saja limit tersebut ditingkatkan sampai dengan 100 juta rupiah.

Jadi Limit Pinjaman ditentukan berdasarkan performa Penjual dan kebijakan Shopee. Pastikan kamu membayar tagihan SPinjam untuk Penjual secara tepat waktu.

Cara mengaktifkan Shopee Pinjam Di Shopee

Setelah kamu terpilih, kamu perlu mengajukan aktivasi Shopee Pinjam, proses ini hanya dilakukan sekali saja. Jika akun kamu sudah terverifikasi maka kamu bisa melakukan Pinjaman dengan mudah kapanpun kamu mau, berikut langkah – langkah mengaktifkan Shopee Pinjam di Shopee :

  • Login ke aplikasi Shopee, lalu tekan tombol Keuangan di halaman utama/dasbor aplikasi.
  • Scroll ke bagian bawah dan cari menu Shopee Pinjam untuk Penjual, lalu tekan tombol Aktivasi sekarang untuk memulai proses aktivasi akun.
Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah
Aktivasi Shopee Pinjam
  • Tunggu beberapa saat token akan di kirim via SMS dan masukkan kode OTP yang didapat dari SMS tadi, kemudian tekan Jika token belum masuk ke ponsel coba ulangi prosesnya 1 atau 2 jam kedepan.
  • Menu upload KTP akan muncul, unggah KTP kamu dengan cara memfoto KTP dengan kamera ponsel. Foto pada bidang yang datar seperti meja secara tegak lurus, dan usahakan gambarnya fokus dan terang tanpa pantulan cahaya lampu.
Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah
Upload Foto KTP
  • Input nomor KTP, masukkan nomor KTP yang sesuai dengan KTP kamu foto tadi, lalu tekan Ajukan.
  • Menu informasi pribadi (biodata), isikan informasi kamu dengan benar dan pastikan alamat yang kamu isikan sesuai dengan KTP yang kamu ajukan. Masukkan juga nomor telepon aktif / nomor telepon utama yang bisa dihubungi. Setelah itu tekan ajukan.
Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah
Ajukan Pinjaman
  • Verifikasi wajah, disini kamu akan memfoto wajah kamu. Ambil foto di tempat yang terang dan pastikan wajahmu terlihat jelas, lalu tekan Mulai Verifikasi Wajah.
Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah
Verifikasi Wajah
  • Setelah semua langkah diisi, maka tunggu proses verifikasi selama 2 hari kedepan, jika verifikasi berhasil nanti kamu akan diberi tahu lewat notifikasi Shopee apakah akun diterima atau di tolak.

Penjelasan cara aktivasi shopee pinjam di Shopee ini dapat kamu simak lebih jelas dan lebih lengkap melalui video tutorial berikut ini :

Penyebab Verifikasi Shopee Pinjam Ditolak

Kamu dapat melakukan proses pengajuan kembali setelah pengajuan Pinjaman kamu ditolak, namun pastikan kamu melakukan koreksi sebelum mengajukan kembali verifikasi akun. Jika verifikasi kamu bisa di tolak, coba perhatikan :

  • KTP yang digunakan tidak sah, telah kadaluarsa, atau buram.
  • Pernah mengajukan aktivasi SPinjam untuk penjual sebelumnya dan telah disetujui.
  • Informasi data diri yang dimasukkan salah, tidak benar, atau tidak lengkap.
  • Tidak memenuhi ketentuan dari mitra.

Proses Setelah Pinjaman Diverifikasi

Setelah pengajuan Pinjaman di ShopeePinjam berhasil diverifikasi, maka selanjutnya kamu harus mengetahui proses – proses yang harus kamu lakukan selanjutnya seperti :

Biaya Dan Simulasi Perhitungan

Suku bunga Pinjaman adalah 0,99% per bulannya, dan tambahan biaya administrasi sebesar 2% di awal pengajuan Pinjaman. Jika kamu melakukan Pinjaman sebesar 10 juta rupiah, maka simulasi perhitungannya :

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Paling Mudah
Perhitungan Biaya Adsministrasi SPinjam

Jatuh Tempo Pinjaman

Tanggal jatuh tempo pembayaran akan disesuaikan mengikuti periode pembayaran berikutnya apabila Pinjaman diterima 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo periode tersebut. Contoh : Tagihan kamu dapat diakses setelah Pinjaman berhasil ditransfer ke rekening kamu.

Baca Juga : 10 Modus Penipuan Shopee Paling Sering Terjadi !

Kamu dapat melakukan pembayaran kapanpun sebelum tanggal jatuh tempo. Jika Pinjaman diterima pada tanggal 17 April, maka tanggal jatuh tempo akan mengikuti periode yang sedang berjalan yaitu 5 Mei.

Pengajuan 2 Pinjaman Atau Lebih

Untuk mengajukan Pinjaman berikutnya walaupun Pinjaman sebelumnya belum lunas, kamu harus memastikan bahwa tidak ada keterlambatan tagihan pembayaran Shopee Pinjam dan Shopee Paylater. Selanjutnya kamu harus memiliki track record pembayaran Pinjaman yang baik agar pengajuan Pinjaman kedua atau ketiga kamu diverifikasi.

Shopee berhak menolak pengajuan Pinjaman jika terdapat keterlambatan pembayaran maupun tagihan pada Shopee Pinjam dan Shopee Paylater.

Frequently Asked Question (FaQ)

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban untuk melengkapi ulasan diatas :

1. Mengapa Shopee Pinjam Tidak Muncul?

Layanan Shopee Pinjam hanya didapatkan oleh akun Shopee terpilih. Tolak ukurnya tidak diketahui secara pasti, namun pengguna Shopee dengan riwayat transaksi yang baik serta memiliki riwayat pembayaran tagihan Shopee Paylater yang baik kemungkinan besar mendapatkan layanan SPinjam ini.

2. Shopee Pinjam Berapa Hari Cair?

Proses pencairan Pinjaman ke rekening bank biasanya diproses dalam hitungan menit dan paling lama di proses 5 hari kerja tidak termasuk hari libur dan libur nasional.

3. Apa Yang Terjadi Jika Saya Tidak Membayar Tagihan SPinjam?

Berikut beberapa konsekuensi jika kamu tidak membayar tagihan Pinjaman SPinjam :

  • Kamu akan dikenakan denda tagihan sebesar 5% dari total Pinjaman setiap bulan.
  • Rekening bank kemungkinan akan dilaporkan ke OJK dan dapat diblokir permanen.
  • Di hubungi oleh CS Shopee secara berkala.
  • Akun Shopee dibatasi atau diblokir.

Kesimpulan

Mengapa harus memilih SPinjam sebagai alternatif solusi Pinjaman online? SPinjam menggunakan sistem limit kredit (revolving) sehingga seller bisa melakukan penarikan berulang jika limit Pinjaman masih tersedia, di mana Pinjaman online lainnya hanya memperbolehkan satu Pinjaman dalam satu periode waktu, sampai Pinjaman sebelumnya telah lunas.

Baca Juga : Tanya Jawab Seputar Shopee Paylater Terlengkap 2021

Selain itu, Shopee Pinjam juga terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi sudah terbukti aman. Kamu tidak perlu meragukan kredibilitas Pinjaman di Shopee karena telah terverifikasi secara resmi.

Baca Juga : 4 Cara Kredit Di Shopee Paling Mudah : Tanpa DP Dan Bunga 0%

Sekian dulu ulasan cara mengaktifkan Shopee Pinjam di Shopee paling lengkap ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar Pinjaman di Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *