Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

10 Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90% !

10 min read

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%

Mahirtransaksi.com – Survei membuktikan bahwa 80% Seller baru Shopee tidak melihat peluang permainan kata kunci untuk berjualan di marketplace Shopee. Oleh karena itu, seller Shopee wajib tahu cara riset kata kunci di Shopee untuk menaikan Omzet penjualan ini !

Membahas kata kunci, tentu sedikit asing di telinga seller Shopee. Faktanya ada dua jenis orientasi keberhasilan penjualan Shopee :

  • Penjual yang berhasil karena tampilan produk hingga ratusan produk. Didukung oleh faktor kualitas, harga, promo lainnya.
  • Penjual yang berhasil karena jeli melihat peluang kata kunci (Keyword) dan paham SEO Shopee.

Jika kamu merasa tidak sesuai dengan kriteria pertama, coba point kedua niscaya kamu juga akan berhasil. Apalagi seller Shopee pemula dengan kuantitas produk minim akan sangat sulit bersaing dengan seller lama di Shopee.

Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu

Maka penting untuk belajar riset kata kunci (Keyword) di Shopee untuk menstimulus peningkatan pengunjung toko di Marketplace Shopee.

Semakin banyak pengunjung = Semakin banyak penjualan = Untung.

Tentu tidak lepas dari perhitungan metrik Shopee untuk menentukan Rasio Konversi dan Konversi ATC

Apa Itu Riset Kata Kunci Shopee

Riset Kata Kunci Shopee adalah suatu proses penentuan frasa yang cocok digunakan dalam pencarian untuk meningkatkan kunjungan (Traffic) Shopee.

… Lalu kata kunci Shopee apa saja yang perlu di riset?

Dalam ulasan ini, saya akan membaginya dalam 4 bagian utama. Yaitu riset penamaan toko, riset pencarian produk, riset penjudulan produk di Shopee serta Riset Hastag (#) Di Shopee.

Proses penentuan kata/frasa ini perlu diterapkan agar tingkat pencarian produk dapat menjangkau pengguna lebih luas.

Mengapa Riset Keyword Di Shopee Sangat Penting

Lalu apa tujuan mempelajari riset kata kunci di Shopee? Apakah penting untuk perkembangan toko? Jelas sangat penting. Karena pada dasarnya setiap manusia mempunyai perilaku yang unik untuk mencari produk yang sesuai dengan keinginannya.

Lalu apa sebenarnya tujuanmu berjualan di Shopee? Pasti yang pertama ingin mendapatkan keuntungan !

  • Untuk mendapatkan keuntungan, kamu harus bisa menjual produk-mu dan mengambil selisih modal dan harga jual sebagai untung.
  • Untuk menjual produk, kamu membutuhkan kunjungan (traffic). Lalu untuk mendapatkan traffic kamu membutuhkan kemampuan riset kata kunci.

Faktanya, kesalahan seller pemula adalah menganggap bahwa semua kata kunci pencarian di Shopee itu sama. Padahal tidak.

Ada Keyword yang sering dicari. Adapula yang tidak. Ada kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan ada pula yang rendah.

Jadi sekarangn kuncinya :

“Cari kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi (High Result) namun dengan tingkat persaingan rendah (Low Competition)“.

Coba renungkan berapa lama kamu sudah berjualan di Shopee? Atau sudah berapa banyak produk yang sudah kamu upload? Jika kerja keras-mu terbayarkan, bagus.

Tetapi jika toko-mu sepi. Mungkin ada yang salah. Coba recheck kata kunci pencarian yang kamu gunakan? Apakah sama dengan kata kunci pencarian produk kompetitor? Jika ya, produk-mu akan selalu berada dibawah.

Sekarang coba baca dan praktikan cara riset pencarian Shopee ini. Lalu bandingkan dengan perkembangan toko-mu sebelumnya.

Metriks Yang Wajib Diperhatikan Saat Riset Kata Kunci Di Shopee

Jika kamu merasa Keyword pencarian Shopee itu penting. Pelajari metriks yang diperhatikan saat menentukan kata kunci Shopee.

1# Search Intentsity

Search Intentsity adalah metriks yang menyatakan apalah sebuah kata kunci memiliki intensitas tertentu berdasarkan tujuan pencarian.

Misalnya :

  • HP Xiaomi
  • HP Xiomi Terbaru
  • HP Xiaomi murah dibawah 1 Juta

Maka dapat disimpulkan tujuan masing – masing kata kunci tersebut. Pertama “HP Xiaomi” dicari karena pembeli pada dasarnya masih bingung menentukan HP merk Xiaomi mana yang akan dia beli. Oleh karena itu, pembeli menggunakan kata kunci paling umum di search box Shopee.

Kedua “HP Xiomi Terbaru” dicari pembeli karena ingin mendapatkan HP keluaran terbaru dari Merk Xiaomi. Tidak peduli harganya, yang penting harus terbaru.

Ketiga “HP Xiaomi murah di bawah 1 juta” dicari pembeli yang ingin membeli HP Merk Xiaomi dengan harga murah dibawah 1 juta rupiah.

Apakah semua kata kunci tersebut sama? Jelas tidak. Sekarang pahami produk-mu. Siapa target pembeli-mu. Terakhir pikirkan Keyword apa yang cocok dengan produk-mu.

#2 Volume Pencarian

Pahami pula bahwa setiap Keyword tidak memiliki jumlah atau volume pencarian yang sama. Maka sangat penting memilih kata kunci dengan tingkat pencarian tertinggi.

Misalnya :

Beli HP Xiaomi dan HP Xiaomi Terbaru dibawah 1 Juta. Manakah kata kunci dengan tingkat pencarian tertinggi? Yap, tentu saja “Beli HP Xiaomi”.

Alasanya, kata kunci tersebut bersifat universal yang memungkinkan semua orang bisa mengetik kata kunci tersebut di pencarian Shopee.

Lalu apakah saya harus memilih kata kunci seperti itu? Belum tentu. Sekarang apakah kamu yakin kata kunci tersebut memiliki jumlah pembelian terbanyak daripada kata kunci kedua? Tentu saja tidak. Tapi kuncinya, semakin banyak volume pencarian, rasio pembeli untuk membuat pesanan akan semakin besar.

#3 Keyword Suggestion

Keyword Suggestion adalah saran kata kunci yang ditampilkan otomatis mengikuti kata kunci utama yang ditargetkan.

Misalnya kamu sedang mencari pengharum ruangan di Shopee. Maka kemungkinan saran kata kunci yang muncul dibawah search box adalah :

  • Pengharum ruangan kamar mandi.
  • Pengharum ruangan murah.
  • Pengharum ruangan ac.

Nah inilah yang disebut saran kata kunci (Keyword Suggestion). Saran kata kunci ini ditampilkan untuk memudahkan kamu menemukan kata kunci tanpa harus mencari dari awal.

Keyword suggestion biasanya terdiri atas 3 kata atau lebih yang biasa disebut dengan Long Tail Keyword.

#4 Keyword Difficulty

Metriks pencarian kata kunci Shopee terakhir adalah Keyword Difficulty. Keyword Difficulty adalah tingkat persaingan kata kunci berdasarkan algoritma Shopee.

Selain itu, susah atau tidaknya sebuah kata kunci pencarian produk di Shopee tergantung pada volume pencarian perharinya.

Misalnya :

Kata kunci Beli Laptop Asus memiliki tingkat persaingan tinggi karena banyak dicari pembeli. Dengan volume 1000 pencarian kata kunci perhari tentu menjadi dasar bahwa kata kunci ini tergolong sulit.

Kata kunci Beli Laptop Asus Merk ROG memiliki tingkat persaingan lebih rendah karena kata kunci ini dicari oleh sebagian pembeli yang hanya menginginkan laptop asus dengan merk ROG.

Maka perlu dilakukan riset untuk menentukan mana kata kunci yang susah maupun kata kunci yang mudah berdasarkan volume pencarian di Shopee.

Tools Riset Kata Kunci Di Shopee

Jika kamu sudah paham apa saja tolak ukur dalam menentukan sebuah kata kunci di Shopee. Selanjutnya pelajari Tools riset kata kunci untuk mencari kata kunci terbaik di Shopee.

Fungsi Tools ini untuk mengetahui rangkuman metriks yang sudah dibahas diatas serta kumpulan kata kunci yang dapat kamu pilih.

Tentunya kata kunci tersebut kamu riset terlebih dahulu menggunakan ToolsTools ini. Tapi ingat, tidak cukup satu Tools. Gunakan beberapa jenis Tools untuk mendapatkan variasi kata kunci untuk menentukan mana kata kunci pencarian Shopee terbaik.

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah salahs satu Tools Google yang dapat menampilkan metriks hasil pencarian berdasarkan pencarian kata kunci di Chrome.

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Google Keyword Planner

Mengapa harus memanfaatkan Google sebagai patokan? Secara logika hasil pencarian di Google sama saja dengan hasil pencarian di marketplace. Bedanya, di marketplace khusus nya Shopee hanya dikhususkan untuk pencarian Commercial dan Transactional search.

Untuk menggunakan Tools Google Keyword Planner ini sangatlah mudah. Pertama kunjungi Google Keyword Planner. Dibagian search Keyword box tuliskan kata kunci yang ingin kamu riset.

Kamu dapat melihat data seperti Volume Pencarian, Keyword Difficulty hingga Keyword Suggest berdasarkan kata kunci utama di Google Keyword Planner.

Setelah itu apa? Rangkup kata kunci yang menurut-mu paling potensial mendatangkan traffic. Selanjutnya coba menggunakan Tools lainnya.

2. Google Trends

Seperti namanya, Google Trends adalah salah satu Fitur Unggulan Google yang memungkinkan kamu mencari kata kunci pencarian di Shopee berdasarkan Trend terbaru.

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Google Trends

Cara ini sangat berguna untuk seller yang sedang menentukan produk terbaik untuk dropship di Shopee. Tentunya kamu harus tahu mana produk yang sedang banyak dicari saat ini.

Berikut cara menggunakan Google Trends untuk mencari kata kunci di Shopee :

  • Pertama kunjungi Trends.Google.com.
  • Selanjutnya ketik kata kunci yang kamu inginkan. Aktifkan filter region Indonesia. Jangka waktu pencarian hingga kategori (bila perlu).
  • Lalu akan muncul trend pencarian berupa grafik, kota dengan pencarian terbanyak hingga related topics. Lakukan riset kata kunci tersebut. Rangkum kata kunci yang berpotensial menjadi Keyword turunan dalam pencarian Shopee.

3. Keyword Shopee Related Search

Sama seperti Keyword Suggestion di Google, Shopee juga memiliki saran kata kunci yaitu Shopee Related Search. Shopee Related Search ini adalah saran kata kunci pencarian yang muncul secara otomatis di halaman pencarian Shopee. Contohnya seperti ini :

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Saran Kata Kunci Pencarian Shopee

Saran kata kunci Shopee ini biasanya akan muncul ketika kamu mengetik kata kunci pencarian utama yang terdiri dari 1 – 2 kata saja. Nah inilah fungsi Shopee Related Search, yaitu menyempurnakan kata pencarian berdasarkan kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci utama yang kamu ketikan tadi.

Bukan sembarang kata kunci, Shopee Keyword Suggestion di pencarian Shopee ini dibuat secara otomatis berdasarkan volume pencarian terbanyak.

Nah berdasarkan saran kata kunci di pencarian Shopee ini, kamu dapat melakukan riset kata kunci apa saja yang paling sering dicari berdasarkan kata kunci utama yang kamu buat.

Selanjutnya jangan lupa bandingkan kata kunci tersebut dengan kata kunci lainnya melalui Tools seperti Google Trends atau Google Keyword Planner untuk mencari volume dan trend pencarian kata kunci tersebut.

4. Tools Berbayar

Cara riset Keyword di Shopee yang terakhir adalah menggunakan Tools berbayar. Sesuai namanya, kamu membutuhkan dana lebih untuk membayar jasa pencarian Keyword optimasi Shopee.

Memilih menggunakan Tools berbayar atau jasa riset kata kunci di Shopee ini tidak menjamin katan kunci yang kamu dapatkan memang benar – benar tepat. Tergantung pada Tools berbayar atau kualitas jasa yang kamu pilih.

Untuk menggunakan Tools berbayar ini, kamu dapat membeli versi premium atau hanya sekedar mencoba free version nya. Caranya tinggal cari saja di Google tentang Tools berbayar Shopee yang recomended untuk di coba.

Pastikan juga kamu melihat review dan ulasan pengguna Shopee lainnya yang sudah menggunakan Tools berbayar ini.

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee

Sekarang lanjut ke riset. Proses riset ini membutuhkan waktu untuk mendapatkan kata kunci yang benar – benar tepat.

Maka semua aspek terkait kata kunci mulai dari nama/username toko, Keyword produk, Keyword judul produk bahkan riset kata kunci hastag di toko Shopee perlu kamu pertimbangkan dengan matang.

1. Riset Keyword Nama & Username Toko Shopee

Sebagai seller Shopee, kamu harus tahu pentingnya memilih Nama Dan Username yang tepat untuk toko di Shopee. Satu – satunya alasan mengapa hal ini penting adalah untuk menciptakan Branding toko.

Misalnya budi membeli di toko A dengan nama toko yang unik contohnya Premium_Makeup. Kemudian budi berbelanja di kemdian hari dengan produk yang sama tetapi dengan toko yang berbeda. Misalnya nama toko B adalah riasanwanitamurah.

Jika budi suatu saat ingin berbelanja produk yang sama dikemudian hari, mana kah toko yang pertama di ingat budi? Yap, tentu saja toko A dengan Brand nama toko “Premium_Makeup”.

Mengapa hal ini terjadi? Karena sebenarnya pola pikir manusia lebih spesifik pada kata – kata yang mudah di ingat (Branding). Berikut tips memilih nama dan username toko Shopee :

Gunakan nama dan username toko yang kreatif dan Brandable.

  • Buat kata catchy yang mudah diingat.
  • Gunakan kata – kata plesetan dari produk-mu. Misalnya produk Gula dapat diplesetkan menjadi Goola (Brand Produk Rakabuming).
  • Pilih nama dan username toko yang mudah diketik
  • Gunakan nama dan username toko yang unik dan singkat.
  • Gunakan nama dan username toko yang sama dengan brand official Media sosial produk-mu (jika ada).
  • Hindari penggunaan angka pada username dan nama toko.
  • Gunakan Hyphen (-) sebagai alternatif spasi pada nama toko agar terlihat unik.

Ingat, bahwa username Shopee tidak dapat diubah. Jadi pastikan kamu menetapkan username yang tepat saat ingin membuat akun Shopee. Baca Cara Mengubah Nama Toko Di Shopee ini untuk mengubah nama toko Shopee-mu.

2. Riset Kata Kunci Produk Di Shopee

Untuk melakukan riset produk di Shopee kamu dapat memanfaatkan semau Tools yang tersedia diatas. Tujuan melakukan riset produk ini untuk menentukan produk apa yang paling cocok dijual di Shopee agar untung.

Pertama kamu harus paham mana produk yang sedang trend dengan pola permintaan pasar yang tinggi (High Demand). Selanjut tentukan kata kunci yang cocok untuk produk tersebut.

Jika kamu sudah menemukan produk yang cocok untuk kamu jual. Selanjutnya pisahkan produk tersebut  berdasarkan Search Intent. Perhatikan tabel contoh ini :

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Tabel Search Intent

Sekarang praktekan pada produk pilihan-mu. Jika tujuan-mu adalah untuk menjual, maka minimalisir intent informational karena pada dasarnya marketplace Shopee digunakan untuk tempat transaksi (jual beli) bukan media informasi.

Berikut beberapa pilihan alternatif cara riset produk yang sedang laris di Shopee !

  • Survei Produk Dengan Pembelian Terbanyak Di Shopee

Pertama, kamu bisa langsung survei produk apa saja yang paling banyak terjual di Shopee. Caranya masuk ke aplikasi Shopee lalu klik kolom pencarian. Selanjutnya lihat statistik penjualan produk yang kamu riset.

1.000 sampai 2.000 penjualan produk dalam satu minggu sudah tergolong laris. Naman, jangan lengah. Cek juga siapa – siapa saja toko kompetitor yang akan menjadi saingan-mu dalam memasarkan produk sejenis.

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Penjualan Produk Shopee

Terakhir pastikan apakah harga juga sesuai dengan keinginan-mu. Jika ingin jualan mu laris di Shopee, tentunya kamu harus memasang harga termurah. Jangan lupa tentukan margin untung dan rugi sesuai dengan hasil riset-mu.

  • Survei Produk Terlaris Menggunakan Google Trends

Kedua kamu bisa memanfaatkan Google Trends. Apakah ini worth it? Google sebagai mesin pencari paling populer selalu digunakan untuk mencari apa saja yang dibutuhkan manusia. Termasuk dengan produk jual beli (Comersial Product).

Misalnya saja tahun ini, produk dengan trend yang cukup tinggi adalah Produk Masker. Jika kata kunci “Masker” dicari menggunakan Google Trends, maka hasilnya akan seperti ini :

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Riset Produk Shopee Menggunakan Google Trends

Melalui grafik tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk masker khususnya masker wajah masih menjanjikan untuk dijual.

Menggunakan Google sebagai tolak ukur tentu punya dasar yang kuat. Apalagi algoritma Google yang selalu berkembang. Trends Google selalu menampilkan informasi Up To Date yang sangat relevan dengan perkembangan zaman.

Oleh karena dasar itu, kamu bisa menggunakan Tools Google ini udah mencari produk terlaris di Shopee berdasarkan trend pencarian di Google.

  • Riset Produk Terlaris Menggunakan Survei

Cara ketiga yaitu menggunakan Survei. Survei seperti apa? Misalnya dengan membuat kuisioner online menggunakan Google Document.

Misalnya kamu mempunyai komunitas atau grup yang khusus membahas seputar marketplace di media sosial-mu. Maanfaatkan pendapat mereka dengan memberikan kuisioner yang telah kamu susum sedemikian rupa.

Harapannya, sebagian atau keseluruhan anggota grup tersebut akan memberikan pemikiran mereka. Nah tugas mu adalah merangkum list produk dengan vote terbanyak agar jadi referensi yang tepat dalam memilih produk yang akan dijual di Shopee.

3. Riset Kata Kunci Nama Produk Di Shopee

Nama Produk merupakan elemen terpenting dalam meningkatkan penjualan Shopee. Seperti dijelaskan dalam ulasan metriks pencarian diatas, metrik – metrik tersebut umumnya memiliki kunci di Nama produk.

Sebagian seller Shopee membuat nama produk berdasarkan nama produk yang paling sering di dengar. Namun belum tentu pembeli mau mengetik nama produk tersebut di kolom pencarian Shopee.

Lalu bagaimana seharusnya menciptakan nama atau judul produk yang sesuai? Pertama, kenali produk-mu. Pahami setiap kata yang mungkin dicari pembeli terkait produk yang kamu jual.

Dalam search commercial intent, pahami tujuan pembeli mencari produk dalam beberapa pertanyaan ini :

  • Apa pertimbangan mereka sebelum memutuskan membeli produk-mu?
  • Informasi apa yang diperlukan mereka? (Harga, kualitas, spesifikasi)
  • Apa kata sifat yang menggambarkan produk-mu? (Murah, baru, unik, premium)

Selanjutnya pahami dasar transactional intent ini :

  • Jika kamu berada di posisi sebagai pembeli produk-mu saat ini, kata apa yang akan kamu ketikan?
  • Apakah kamu menyediakan diskon, gratis ongkir, cashback dan sejenisnya?

Sekarang rangkum jawaban tersebut. Lalu simpulkan beberapa kata yang paling menggambarkan produk-mu.

Baca Juga : 5 Rahasia Jualan Di Shopee Laris Manis Hingga 100 Orderan Perhari !

Misalnya saja, produk-mu adalah masker. Maka rangkum kata yang paling umum disandingkan dengan kata masker. Misalnya masker murah, masker sensi (merk), masker kain. Jika perlu tambahkan lagi satu atau dua kata pendukung setelahnya. Begitu seterusnya hingga kamu mendapatkan kata kunci judul produk Shopee yang paling sesuai.

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Shopee Related Keyword

Jika kamu merasa bingung memilih Keyword produk Shopee yang relevan. Coba manfaatkan Shopee Keyword Related Search. Tentunya saran kata kunci Shopee ini sudah terbukti memiliki volume pencarian yang tinggi.

4. Riset Hastag Di Shopee

Hastag (#) adalah bagian dari SEO Shopee yang meningkatkan konversi pencarian di aplikasi Shopee. Fungsi hastag ini tentunya untuk memudahkan sistem Shopee mendeteksi produk yang paling sesuai yang dicari oleh pembeli.

Biasanya hastag ini ditulis dibagian bawah kolom deskripsi produk. Pada umumnya hastag sendiri merupakan kata yang relatif sama atau bahkan memiliki pengertian yang sama dengan kata kunci utama (Judul/Nama Produk).

Untuk menentukan hastag yang sesuai dengan produk-mu, kamu dapat memanfaatkan Shopee hastag autocomplete. Agar kamu lebih mudah memahami, lihat gambar ini.

Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu Menaikan Omzet Penjualan Hingga 90%
Shopee Hastag (#) AutoComplete

Ini adalah fitur Shopee hastag autocomplete. Dimana terdapat informasi postingan per hastag yang digunakan. Kuncinya, cari hastag dengan postingan terbanyak. Ini menandakan bahwa hastag tersebut sangat relevan dan powerfull.

Pilih 3 – 5 hastag terbaik. Selanjutnya tambahkan hastag tersebut di kolom deskripsi produk-mu. Ini akan memudahkan algoritme Shopee mengenali produk-mu agar tampil dalam pencarian teratas Shopee.

Tips Riset Keyword Di Shopee Agar Untung

Agar untung dan omzet penjualan-mu terus naik, pastikan kamu memilih kata kunci Shopee yang tepat. Disamping itu, perhatikan tips – tips dalam memilih kata kunci Shopee berikut :

  • Hasilkan kata kunci untuk manusia bukan robot. Karena target utama kata kunci tersebut adalah manusia, jadi buat lah kata kunci se-natural mungkin.
  • Jangan tergiur menggunakan kata kunci pendek (short tail Keyword) jika kamu belum memiliki brand yang cukup kuat untuk bersaing dengan toko – toko besar di Shopee.
  • Ingat bahwa hasil penerapan riset kata kunci Shopee ini tidak akan langsung terlihat hasilnya. Kuncinya sabar dan konsisten serta lebih giat meriset kata kunci di Shopee agar konversi penjualan produk-mu merangkak naik.

Penutup

Lalu apa selanjutnya? Kembali ke dirimu sendiri. Apakah kamu ingin mencoba riset kata kunci atau mengikuti kata kunci yang sudah ada? Selalu ingat, jadilah berbeda. Pahami setiap perilaku pembeli dan berikan effort terbaik pada mereka.

Baca Juga : 15 Strategi Jualan Di Shopee Untuk Raih Omzet 100 Juta Perbulan !

Dan terakhir, nikmati hasilnya. Jika kamu menerapkan beberapa cara diatas, niscaya toko-mu akan banjir orderan dan omzet penjualan-mu akan meningkat signifikan. Tinggal bagaimana kamu mengelolanya agar terus berkembang.

Baca Juga : 11+ Penyebab Produk Tidak Muncul Di Shopee Dan Cara Mengatasinya !

Nah sekian dulu pembahasan 10 Cara riset Keyword di Shopee untuk meningkatkan omzet penjualan hingga 90% ini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait riset kata kunci Shopee, segera tanyakan melalui kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

8 Replies to “10 Cara Riset Kata Kunci Di Shopee Paling Jitu…”

    1. Mungkin karena perpaduan kata kunci yang dipilih antara skincare dan ibu hamil tidak cocok. Coba kata kunci umum untuk skincare. Lalu buat penggabungan dengan kata kunci perawatan kecantikan ibu hamil. Semoga membantu.

    1. Dalam artikel SEO Shopee : Keyword sebaiknya di tempatkan di Judul produk, Deksripsi dan Atribut produk. Keyword dan judul tentu memiliki korelasi yang kuat. Kata kunci yang tepat di judul produk akan meningkatkan Click Through Rate (CTR) / Rasio produk di klik karena kesesuaian kata kunci pencarian dan kata kunci di judul produk.

  1. Untuk memulai menjadi dropshiper bagaimana mencari vendor/suplier produknya. Karena tdk dibahas di atas. Mohon infonya, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *