Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

13 Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi [100% Gratis]

6 min read

Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi

Mahirtransaksi.com – Mau transfer saldo Dana ke ShopeePay tanpa akun Bank? Tanpa verifikasi? Bisa. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Yuk, simak cara transfer Dana ke ShopeePay tanpa verifikasi yang sudah terbukti berhasil berikut ini !

Belanja online menjadi solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup yang lebih praktis. Selain menghemat waktu, belanja online juga dapat mempermudah seseorang dalam membandingkan harga di satu waktu secara daring.

Segala kemudahan tersebut dapat terwujud karena munculnya berbagai aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) maupun Marketplace yang menawarkan layanan dan fitur menarik dalam transaksi belanja online.

Transfer Dana Ke ShopeePay Tanpa Bank

Shopee menjadi salah satu aplikasi Marketplace yang paling banyak digunakan di Indonesia. Ketika akan melakukan checkout kamu dapat menggunakan metode pembayaran ShopeePay agar lebih praktis.

Dana sendiri adalah E-Wallet yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi pembelian Paket Data, pulsa, Token Listrik, PDAM hingga pembayaran di seluruh Merchant di Indonesia.

Namun, sebelumnya kamu harus melakukan isi saldo ShopeePay terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran pesanan di aplikasi Shopee. Jika kamu memiliki saldo Dana, maka kamu dapat melakukan transfer saldo Dana ke ShopeePay.

Keuntungan Transfer Saldo Dana Ke ShopeePay

Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba trik ini, tentunya kamu harus tahu dulu apa – apa saja keuntungan yang akan kamu dapatkan saat transfer saldo Dana ke ShopeePay. Berikut rinciannya :

1. Tanpa Biaya Admin

Untuk pemindahan saldo E-Wallet ke Rekening Bank biasanya akan dikenakan biaya admin. Tapi uniknya, kamu bisa transfer Dana ke ShopeePay tanpa biaya admin sama sekali alias gratis !

Namun, dengan syarat masih memiliki kuota Gratis Transfer pada akun Dana dan minimal transfer saldo sebesar Rp.50.000. Kuota gratis transfer ini biasanya diberikan ke pengguna Dana Premium dengan limit 10 kali transfer gratis perbulannya.

Sebenarnya, kamu dapat melakukan transfer Dana ke ShopeePay dengan nominal dibawah Rp.50.000. Akan tetapi jika kamu hanya melakukan transfer dibawah Rp.50.000, maka akan ada penambahan biaya admin sebesar Rp.4.500.

2. Banyak Promo Menarik

Dana seringkali memberikan berbagai promo yang menarik. Kamu dapat menikmati berbagai macam tawaran promo menarik setiap kali melakukan transaksi melalui Dana.

Promo yang ditawarkan juga beragam biasanya berupa potongan harga atau bahkan cashback hingga 50%. Selain itu, kamu juga mendapatkan berbagai voucher diskon untuk belanja di Merchant – Merchant pilihan dengan metode pambayaran melalui Dana.

3. Keamanan Terjamin

Sebagai salah satu dompet digital yang banyak digunakan, Dana pastinya memiliki berbagai rangkaian keamanan dan proteksi yang sangat kuat.

Selain itu, Dana juga telah meraih Sertifikasi ISO 27001 yang merupakan bukti standar internasional dalam penerapan sistem manajemen keamanan informasi.

Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa DANA telah memiliki metode yang ketat dan terjamin akan persyaratan keamanan dalam mengelola risiko kebocoran yang berhubungan dengan perlindungan data pengguna.

Tak hanya itu, Dana juga rupanya telah mendapatkan 4 lisensi dari Bank Indonesia terkait masalah keamanan.

Syarat Transfer Dari Aplikasi Dana Ke ShopeePay

Untuk melakukan transfer saldo Dana ke aplikasi ShopeePay, tentunya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu, diantaranya :

1. Upgrade Akun Dana Premium

Salah satu syarat agar dapat melakukan transfer Dana ke ShopeePay, kamu diharuskan untuk mengupgrade terlebih dahulu akun Dana menjadi akun Dana Premium.

Untuk caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyelesaikan proses verifikasi akun Dana dengan melengkapi identitas diri berupa KTP.

Sedangkan pada akun ShopeePay kamu tidak wajib melakukan verifikasi dengan syarat hanya digunakan untuk berbelanja.

Catatan : Agar tetap bisa transfer Dana ke ShopeePay tanpa premium bisa dilakukan dengan metode transfer dengan QR Code QRIS melalu aplikasi Dana. Tentunya cara ini membutuhkan aplikasi tambahan. Caranya akan saya ulas di bagian akhir artikel ini.

 2. Saldo Dana Cukup

Kedua, pastikan saldo Dana kamu cukup saat transfer. Perlu kamu ketahui bahwa minimal transfer saldo Dana ke Rekening Bank adalah 10.000 rupiah dengan biaya admin 4.500 rupiah.

Sebagai contoh :

  • Jika kamu ingin transfer saldo Dana ke ShopeePay dengan nominal 20.000,maka kamu harus memiliki saldo Dana minimal 25.000 rupiah.
  • Jika kamu ingin transfer saldo Dana ke ShopeePay dengan nominal 60.000, kamu wajib memiliki saldo minimal 60.000 dengan syarat akun Dana kamu masih memiliki kuota Gratis Transfer.

3. Memiliki Akun ShopeePay

Karena cara ini menerapkan sistem penarikan ke Rekening Bank, maka dibutuhkan kode Virtual Account (VA). Kode VA ini tersedia di menu Top Up saldo ShopeePay di aplikasi Shopee.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai kode Virtual Account ShopeePay ini :

  • Proses transfer saldo DANA ke VA Bank Mandiri akan dialihkan ke layar top up Saldo Digital dan dikenai biaya Rp.999.
  • Untuk Virtual Account Bank BRI, pastikan nomor tujuan 112 + nomor HP yang terdaftar di Shopee.
  • Untuk VA Bank Permata, pastikan nomor tujuan 706 + nomor HP yang terdaftar di Shopee.

Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Biaya Admin

Setelah semua persyaratan telah terpenuhi, selanjutnya simak cara transfer saldo Dana ke ShopeePay tanpa biaya admin berikut ini :

  • Buka Aplikasi Shopee, lalu masuk pada menu Saya.
  • Pilih menu ShopeePay, lalu klik Isi Saldo.
  • Pilih opsi Transfer Bank, lalu pilih Bank BRI (Dicek Otomatis).
  • Kemudian klik Konfirmasi.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Membuat Kode Virtual Account Di ShopeePay
  • Pada halaman selanjutnya akan muncul nomor Virtual Account, silahkan klik saja Salin. Perlu kamu ketahui, bahwa nomor tersebut akan digunakan sebagai tujuan nomor rekening pembayaran di Dana.
  • Selanjutnya Buka aplikasi Dana, lalu masuk pada menu Kirim.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Klik Kirim Saldo
  • Kemudian pilih Kirim Ke Rekening Bank, lalu klik kembali Kirim Ke Rekening Bank.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Klik Kirim Ke Rekening Bank
  • Pada halaman selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengisi data informasi bank. Silahkan kamu masukkan informasi sebagai berikut  :
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Isi Informasi Data Bank
    • Nama Bank : BRI Bank Rakyat Indonesia
    • Nomor Akun : Isi nomor Virtual Account yang telah kamu salin sebelumnya
    • Alias : Isikan nama ShopeePay (bisa juga dikosongkan).
  • Setelah semua benar, klik Tambah Bank Baru.
  • Selanjutnya masukkan Nominal saldo yang ingin ditransfer ke ShopeePay, lalu klik Atur Jumlah.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Atur Jumlah Saldo Dana Yang Ingin Di Transfer
  • Kemudian klik Konfirmasi, lalu selesaikan dengan memasukkan PIN akun Dana.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Klik Konfirmasi & Masukkan PIN Dana

Sampai disini proses transfer saldo Dana ke ShopeePay telah selesai. Jika berhasil maka akan muncul status rincian pembayaran dan otomatis saldo ShopeePay kamu akan bertambah sesuai dengan jumlah nominal yang ditransfer dari Dana.

Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Transfer Dana Ke ShopeePay Berhasil

Catatan : Sebaiknya jangan melakukan kegiatan transaksi pada jam offline Bank BRI (atau Bank lain) yang dimulai pada pukul 22:00 sampai 06:00 WIB. Jam offline tersebut merupakan waktu dimana pemeliharaan sistem bank dilakukan.

Cara Transfer Dana Ke ShopeePay Tanpa Verifikasi

Sama seperti cara diatas, transfer saldo Dana ke ShopeePay tanpa Bank dapat dilakukan dengan memanfaatkan Barcode QRIS.

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Dengan menggunakan kode pembayaran QRIS, kamu tidak perlu upgrade akun Dana Premium, tidak membutuhkan Rekening Bank serta tidak membutuhkan verifikasi baik di akun Dana maupun di Akun Shopee.

Baca Juga : 10 Cara Top Up Dana Pakai Pulsa [Worth It 100%]

Namun untuk transfer saldo Dana ke ShopeePay tanpa premium membutuhkan aplikasi perantara sebagai “pemindah saldo”. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah MociPay.

MociPay sendiri adalah aplikasi PPOB dan Top Up Game yang menyediakan fitur top up saldo dengan metode pembayaran QRIS yang sudah terbukti aman dan terpercaya.

Berikut langkah – langkah transfer Dana ke ShopeePay tanpa verifikasi (premium) :

  • Pertama install aplikasi MociPay lewat Google Playstore Disini.
  • Lakukan pendaftaran Akun dengan cara klik Daftar Sekarang.
  • Isi data  – data yang dibutuhkan lalu klik Daftar.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Daftar Akun Mocipay
  • Selanjutnya masuk ke aplikasi MociPay lalu klik Top Up.
  • Masukkan nominal Top Up saldo MociPay yang kamu inginkan. Pilih pembayaran lewat E-Wallet Dana.
  • Kamu akan menerima kode QRIS. Buka aplikasi Dana lalu klik Scan di halaman beranda. Scan Kode QRIS maka otomatis kamu akan diarahkan ke halaman transfer saldo Dana. Terakhir, klik transfer lalu masukkan PIN Dana.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Top Up Saldo Mocipay Lewat Dana
  • Klik ShopeePay pada halaman beranda MociPay.
  • Pilih jenis Top Up saldo ShopeePay. Selanjutnya masukkan Nomor akun ShopeePay di bagian Nomor Tujuan. Jangan lupa untuk memilih Nominal saldo ShopeePay yang akan di Top Up lalu klik Beli.
  • Pada halaman konfirmasi pembelian, klik Bayar.
Cara Transfer Dana ke ShopeePay Tanpa Verifikasi
Top Up ShopeePay Lewat Mocipay
  • Masukkan PIN MociPay lalu tunggu Saldo ShopeePay kamu bertambah.

Catatan : Proses Top Up saldo ShopeePay lewat MociPay diproses otomatis. Itu artinya, saat pembayaran berhasil dilakukan maka saldo ShopeePay akan otomatis bertambah sesuai nominal yang di Top Up.

FaQ Seputar Cara Top Up ShopeePay Lewat Dana

Untuk melengkapi ulasan diatas, berikut pertanyaan dan jawaban seputar cara top up ShopeePay lewat aplikasi Dana yang perlu kamu ketahui :

Apakah terdapat biaya admin saat transfer saldo Dana ke ShopeePay tanpa premium lewat MociPay?

Ya, terdapat biaya admin. Biaya admin akan dipotong dari total saldo mociPay yang di Top Up. Total biaya admin yang harus kamu keluarkan bervariasi mulai dari 500 rupiah hingga 5.000 rupiah sesuai dengan nominal Top Up saldo ShopeePay yang kamu pilih.

Mana metode transfer saldo Dana ke ShopeePay yang paling direkomendasikan?

Kedua metode diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Saya menyarankan kamu mencoba masing – masing cara diatas untuk mengetahui cara yang paling mudah dilakukan.

Tetapi jika kamu terkendala saat verifikasi Dana karena membutuhkan KTP, kamu bisa memilih opsi kedua karena tidak membutuhkan verifikasi identitas baik di akun Dana dan Shopee.

Jika terjadi masalah saat transaksi, apa yang harus saya lakukan?

Kamu bisa menghubungi Customer Service Dana dengan cara :

  • WhatsApp Chat ke nomor 08191 1500 445.
  • Melalui email ke help@Dana.id.
  • Sambungan telepon ke nomor 1500 445.

Baca Juga : 5 Cara Transfer ShopeePay Ke Rekening Bank Gratis !

Jika kendala terjadi di akun Shopee, kamu bisa menghubungi CS Shopee dengan cara :

  • Masuk ke halaman Saya.
  • Klik Pusat Bantuan atau Chat dengan Shopee.
  • Jika melalui Pusat Bantuan, klik Chat Shopee Sekarang dan kamu akan diarahkan ke halaman Chat.
  • Call Center 24 jam di nomor 1500702.
  • Atau kirimkan Email ke tim Shopee Disini.

Jika terjadi kendala transaksi di aplikasi MociPay, kamu bisa menghubungi CS MociPay melalui halaman Contact Us MociPay Disini.

Penutup

Nah, seperti itulah cara transfer Dana ke ShopeePay tanpa Rekening, tanpa verifikasi atau upgrade Akun Dana Premium yang wajib kamu coba. Tentu saja setelah saldo ShopeePay terisi, maka kamu dapat menggunakannya untuk berbelanja di Shopee.

Baca Juga : 11 Cara Transfer ShopeePay Ke Akun Lain Tanpa Verifikasi [Dijamin Berhasil]

Oh ya, kamu juga bisa transfer saldo ShopeePay ke Dana tanpa verifikasi dengan membaca panduan lengkapnya Disini. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait transaksi diatas, maka langsung saja tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *