Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

√ 14 Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin

6 min read

Mahirtransaksi.com – Pernahkah kamu mengirim saldo GoPay ke Dana? Apakah bisa? Tentu bisa. Bahkan kamu bisa transfer saldo GoPay ke Dana tanpa upgrade serta gratis biaya admin. Penasaran? Yuk, simak cara transfer GoPay ke Dana 2021 yang terbukti berhasil berikut ini !

Kehadiran layanan E-wallet mampu memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi pembelian dan pembayaran baik di Merchant online maupun offline.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya mendorong kemunculan layanan Dompet Digital terbaru dan terbaik. Salah satu layanan Dompet Digital yang paling sering digunakan di Indonesia adalah GoPay dan Dana.

Sebagai Dompet Digital yang banyak digunakan, GoPay dan Dana selalu berusaha memberikan sistem kemudahan transaksi online yang praktis, aman, dan cepat.

Bisakah Transfer GoPay Ke Dana?

Pada umumnya, GoPay sering digunakan dalam melakukan pembayaran di aplikasi Gojek Indonesia atau bahkan membayar tagihan belanja online di merchant yang telah bekerjasama dengan pihak GoPay.

Sama halnya dengan Dana, layanan Dompet Digital ini juga digunakan untuk pembayaran produk digital, produk fisik hingga Merchant dan Marketplace yang telah bekerja sama seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Tak hanya digunakan untuk melakukan transfer saldo ke sesama GoPay, akan tetapi pengguna juga dapat melakukan transfer saldo ke Dompet Digital lainnya seperti Dana.

Walaupun pada dasarnya fitur transfer saldo GoPay ke Dana belum tersedia, namun kamu tetap bisa mengirim saldo lewat fitur Transfer Antar Bank atau menggunakan layanan aplikasi tambahan.

Keuntungan Kirim Saldo GoPay Ke Dana

Sebagai Dompet Digital yang paling sering digunakan sekaligus pioner di Indonesia, mengirim saldo GoPay ke Dana tentunya akan memberikan beberapa keuntungan seperti :

1. Transaksi Diproses 24 Jam

Kamu memiliki saldo GoPay, sementara teman kamu terdesak membutuhkan saldo Dana. Maka dari itu, kamu dapat mengirim saldo GoPay ke Dana kapanpun dan dimanapun selama 24 jam nonstop.

Dengan kata lain kamu dapat melakukan transaksi pemindahan saldo sesama Dompet Digital ini tanpa harus khawatir dengan jam offline pembayaran / Top Up seperti di Merchant Indomaret atau Alfamart.

2. Transaksi Aman

Seperti dompet digital pada umumnya, GoPay dan Dana memiliki sistem keamanan yang berlapis sehingga dapat menghindari dan melindungi pengguna dari maraknya kasus kebocoran data.

Selain menyediakan fitur keamanan PIN, GoPay dan Dana juga telah menghadirkan fitur keamanan verifikasi wajah dan sidik jari untuk memvalidasi setiap transaksi yang telah terjadi.

3. Jaminan Saldo Kembali

Apabila kamu mengalami masalah saldo yang tiba – tiba menghilang, maka kamu berhak melakukan klaim saldo hingga 60 hari sejak terjadinya kendala transaksi.

Pihak GoPay akan melakukan evaluasi dan investigasi terkait masalah yang kamu alami sehingga dapat bertanggung jawab atas pengembalian saldo yang menghilang tersebut dengan beberapa syarat & ketentuan yang berlaku.

4. Banyak Promo Menarik

Tak bisa dipungkiri, bahwa GoPay dan Dana seringkali memberikan berbagai macam tawaran promo menarik bagi pengguna yang menggunakan layanan Top Up dan Tagihan. Promo yang ditawarkan biasanya berupa potongan harga atau bahkan voucher cashback hingga 90%.

5. Fitur E-Wallet Yang Lengkap

Baik GoPay maupun Dana memberikan fitur – fitur yang lengkap seperti fitur Top Up, Tagihan produk digital maupun fisik hingga pembayaran di Merchant – Merchant pilihan.

Dengan fitur ini, tentunya kamu tidak perlu ragu untuk memindahkan saldo baik dari GoPay ke Dana atau sebaliknya karena kedua E-Wallet ini sama – sama memiliki fitur unggulannya masing – masing.

Syarat Transfer Saldo GoPay ke Dana

GoPay selalu berkomitmen memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Sebelum melakukan transfer GoPay ke Dana, tentunya terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar proses transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Berikut syarat transfer saldo GoPay ke Dana :

  • Pastikan kamu memakai aplikasi GoJek dan Dana versi terbaru agar dapat merasakan kinerja aplikasi yang lebih maksimal dengan mengupdate aplikasi secara berkala di Google PlayStore.
  • Kamu wajib melakukan Upgrade akun GoPay yang kamu gunakan menjadi akun GoPay Plus dengan cara menyelesaikan proses verifikasi identitas diri (khusus transfer via Rekening Bank).
  • Pastikan kamu memiliki saldo yang lebih dari cukup untuk melakukan transfer karena terdapat Biaya Admin sebesar Rp2.500 setiap melakukan transaksi penarikan via Transfer Bank.
  • Pastikan juga koneksi internet yang kamu gunakan tetap stabil supaya bisa menghindari berbagai macam hambatan pada saat proses transaksi berlangsung.

Cara Transfer GoPay Ke Dana Lewat Akun Bank

Metode transfer saldo GoPay ke Dana via akun Bank ini memang sudah cukup “jadul”. Selain harus upgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus, kamu juga harus membayar biaya transfer GoPay ke Dana sebesar Rp2.500 untuk setiap transaksi pemindahan saldo.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa menggunakan metode pertama ini jika tidak ingin repot – repot menggunakan aplikasi tambahan sebagai perantara transaksi.

Berikut cara transfer GoPay ke Dana lewat akun Bank :

Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Cara Transfer GoPay Ke Dana Lewat Akun Bank
  • Buka aplikasi Gojek, lalu klik Menu Bayar.
  • Pada halaman Bayar Dan Kirim, silahkan pilih Ke Rek. Bank.
  • Kemudian klik Transfer Instant Ke Rek. Baru, lalu cari dan pilih CIMB Niaga.
  • Selanjutnya masukkan Nomor Rekening dengan Kode Bank CIMB Niaga yaitu 8059 diserta nomor Akun Dana (misalnya 80590821223422780 lalu klik Verifikasi.
  • Kemudian klik Konfirmasi, lalu selesaikan dengan memasukkan PIN akun GoPay.
  • Selesai, transfer saldo GoPay ke Dana lewat Rekening Bank berhasil.

Catatan : Agar akun Dana terverifikasi, pastikan kamu memasukan kode Bank CIMB Niaga dengan benar. Pastikan pula nomor HP akun Dana sudah terdaftar sebelumnya.

Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Upgrade

Transfer GoPay ke Dana tanpa upgrade GoPay Plus pada dasarnya tidak dapat dilakukan lewat metode Transfer Bank. Karena fitur Transfer saldo hanya tersedia untuk akun GoPay Plus.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi tambahan sebagai penyedia fitur transfer saldo tanpa upgrade yaitu Scan QRIS kode.

QRIS (QR Code Indonesia Standard) adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Baca Juga : 10 Cara Top Up GoPay Pakai Pulsa All Provider

Nah salah satu aplikasi yang dapat kamu manfaatkan sebagai penyedia layanan QRIS adalah Mocipay. Mocipay adalah aplikasi PPOB dan Top Up game terpercaya sejak tahun 2018. Saya sudah menggunakan aplikasi Mocipay untuk urusan Top Up saldo E-Wallet karena pembayaran yang mudah dan fitur yang lengkap.

Berikut cara transfer GoPay ke Dana tanpa Upgrade GoPay Plus :

  • Pertama install aplikasi MociPay lewat Google Playstore Disini.
  • Lakukan pendaftaran Akun dengan cara klik Daftar Sekarang.
  • Isi data  – data yang dibutuhkan lalu klik Daftar.
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Daftar Akun Mocipay
  • Selanjutnya masuk ke aplikasi MociPay lalu klik Top Up.
  • Masukkan nominal Top Up saldo Mocipay yang kamu inginkan. Pilih pembayaran lewat E-Wallet GoPay.
  • Kamu akan menerima kode QRIS. Buka aplikasi GoJek lalu klik Bayar di halaman beranda. Scan Kode QRIS maka otomatis kamu akan diarahkan ke halaman transfer saldo GoPay. Terakhir, klik Konfirmasi lalu masukkan PIN GoJek.
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Top Up Saldo Mocipay Lewat GoPay
  • Kemudian buka aplikasi Mocipay, klik Dana pada halaman Beranda.
  • Pilih jenis Top Up saldo Dana. Selanjutnya masukkan Nomor Akun Dana di bagian Nomor Tujuan. Jangan lupa untuk memilih Nominal saldo Dana yang akan di Top Up lalu klik Beli.
  • Pada halaman konfirmasi pembelian, klik Bayar.
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Top Up Dana Di Mocipay
  • Masukkan PIN MociPay lalu tunggu Saldo Dana kamu bertambah.

Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin

Berbeda dengan cara transfer GoPay ke ShopeePay, sekarang ini melakukan transfer dari GoPay ke Dompet Digital lainnya seperti Dana ternayata sudah tidak bisa dilakukan lagi apabila hanya mengandalkan metode transfer melalui nomor Virtual Account.

Sampai saat ini, belum ada penjelasan mengapa metode transfer dengan nomor Virtual Account di aplikasi Gojek tersebut sudah tidak bisa digunakan. Namun, tak perlu khawatir karena kamu dapat melakukan tf GoPay ke Dana tanpa biaya admin dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga : 14 Cara Bayar Alfamart Pakai GoPay Terbukti Berhasil

Jadi, nantinya aplikasi pihak ketiga ini akan berperan sebagai perantara dalam mengirimkan saldo GoPay ke Dana dengan mudah dan praktis. Kamu bisa transfer GoPay ke Dana gratis menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Flip dengan mengunduhnya di Google PlayStore secara gratis.

Lalu apa itu Flip? Dikutip dari laman resminya, Flip adalah sebuah aplikasi penyedia layanan transfer antar Bank tanpa biaya admin, pembelian produk digital, dan pengisian saldo E-wallet.

Baca Juga : 13 Cara Top Up GoPay Di Alfamart Dijamin Berhasil

Sebelum melakukan transfer GoPay ke Dana, pastikan kamu telah melakukan pendaftaran akun Flip terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan pendaftaran, selanjutnya simak cara transfer GoPay ke Dana dengan Flip gratis biaya admin berikut ini :

  • Buka Aplikasi Flip, lalu klik menu Kirim Uang Gratis.
  • Selanjutnya isi informasi tujuan pengiriman uang. Pastikan kamu memilih e-wallet Dana.
  • Pada kolom nomor E-wallet masukkan Nomor HP Akun Dana, lalu klik tombol Centang Biru atau tekan saja Enter.
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Pilih E-Wallet Dana
  • Kemudian klik Lanjut, lalu masukkan Nominal Saldo GoPay + Kode Unik yang ingin ditransfer ke Dana.
  • Klik tombol Lanjut, kemudian pilih Bank Permata / Permata Syariah (bisa juga memilih Bank lainnya).
  • Pada halaman konfirmasi transfer, cek Total Nominal Transfer pada tagihan pembayaran, karena setiap nominal uang yang kamu transfer memiliki kode unik di belakangnya (contoh : Rp50.089).
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Pilih Rekening Bank Permata
  • Selanjutnya buka layanan GoPay di aplikasi Gojek, lalu klik menu Bayar.
  • Pada halaman Bayar Dan Kirim, silahkan kamu pilih Ke Rek. Bank.
  • Kemudian klik Transfer Instant Ke Rek. Baru, lalu cari dan pilih Permata Bank.
  • Masukkan tujuan nomor Rekening yang telah kamu salin sebelumnya di aplikasi Flip, lalu klik Verifikasi.
  • Kemudian klik saja tombol Lanjut.
  • Masukkan Nominal saldo + kode unik yang sebelumnya telah diberikan oleh aplikasi Flip (contoh : Rp50.089) lalu klik Lanjut.
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Transfer Saldo GoPay
  • Kemudian klik Konfirmasi, lalu selesaikan dengan memasukkan PIN akun GoPay.

Jika transaksi berhasil, maka akan muncul status rincian pembayaran dan otomatis saldo GoPay kamu akan berkurang sesuai dengan jumlah nominal yang telah kamu transfer. Langkah selanjutnya tinggal transfer saldo Flip ke Dana dengan cara :

  • Buka kembali aplikasi Flip, lalu klik Saya Sudah Transfer.
  • Muncul notifikasi, klik saja tombol Sudah.
Cara Transfer GoPay Ke Dana Tanpa Biaya Admin
Transfer Saldo GoPay Via Flip Berhasil
  • Maka dalam beberapa detik saja otomatis saldo Dana kamu akan bertambah sesuai dengan jumlah nominal yang ditransfer dari GoPay.

Ingat, jangan lupa untuk memastikan saldo Dana yang bertambah sesuai dengan jumlah nominal yang ditransfer melalui aplikasi Flip dari GoPay.

Fyi, Kode Unik di aplikasi Flip bukan merupakan biaya admin melainkan kode pengaman transaksi untuk menghindari “Money Loundry” atau pencucian uang.

Baca Juga : 9 Cara Transfer OVO Ke Dana Yang Mudah & Praktis

Selain itu, pastikan juga kamu tidak salah dalam memasukkan nominal uang bersama kode unik yang diberikan oleh aplikasi Flip. Apabila sampai melakukan kesalahan, maka kamu wajib verifikasi pembayaran manual ke CS Flip.

Penutup

Cara Top Up GoPay dari Dana dapat dilakukan dengan tiga metode mudah yaitu dengan transfer via Bank, transfer tanpa upgrade akun GoPay Plus lewat metode scan QRIS hingga transfer gratis biaya admin menggunakan aplikasi Flip.

Baca Juga : 13 Cara Transfer Dana Ke GoPay Tanpa Premium Dijamin Berhasil !

Itulah ulasan lengkap mengenai cara transfer GoPay ke Dana terbaru yang wajib kamu coba. Jika kamu memiliki banyak pertanyaan terkait transaksi diatas, silahkan tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar Content Creator & Freelancer di Mahirtransaksi.com | Ikuti Saya di Instagram @Hari_sipahutar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *