GoPay Tidak Bisa Transfer? Ini 10 Penyebab Dan Solusinya [99% Berhasil]

GoPay Tidak Bisa Transfer

Mahirtransaksi.com – Penyebab aplikasi GoPay tidak bisa transfer terjadi karena kesalahan pengisian nomor rekening atau nomor akun GoPay penerima sehingga transfer dinyatakan tidak valid.

GoPay adalah salah satu Digital Wallet yang merupakan pembayaran resmi aplikasi GoJek. Dengan GoPay, kamu bisa melakukan pembayaran Toko Online seperti Tokopedia, QRIS atau transfer ke sesama pengguna GoPay.

Namun ketika melakukan transfer saldo terkadang mengalami kegagalan padahal saldo GoPay cukup ketika transfer pengguna GoPay lain, pembayaran Merchant, atau saat transfer ke Virtual Account Bank.

Penyebab GoPay Tidak Bisa Transfer Saldo

Berikut ini beberapa penyebab GoPay gagal transfer saldo baik ke akun GoPay lain, VA atau Bank :

1. Belum Upgrade GoPay Plus

Untuk dapat melakukan transfer ke sesama pengguna GoPay atau melakukan transfer ke Virtual Account Bank, akun harus terverifikasi menjadi GoPay Plus.

GoPay Tidak Bisa Transfer
Fitur GoPay Plus

Belum upgrade jenis keanggotaan akun GoPay dari GoPay basic menjadi GoPay Plus adalah alasan kenapa GoPay tidak bisa transfer ke Bank.

Fyi, fitur transfer di aplikasi GoJek khususnya fitur pembayaran GoPay hanya tersedia untuk akun yang sudah melakukan verifikasi kepemlikan dengan sistema KYC (Known Your Customer).

2. Nomor VA Transfer Tidak Valid

Untuk mengirim saldo GoPay ke Dana, OVO maupun ShopeePay harus menggunakan kode virtual account (VA) yang terdiri atas kode Bank diikuti nomor telepon akun.

GoPay Tidak Bisa Transfer
Nomor VA Tidak Valid

Nah kesalahan dalam memasukkan Nomor Virtual Account Dana (Kode Bank + Nomor HP Dana) saat akan mengirim saldo GoPay dapat menyebab akun GoPay tidak bisa transfer Dana.

3. Koneksi Internet Terputus

Koneksi Internet terputus tiba – tiba terjadi karena buruknya kualitas sinyal dan bandwith jaringan.

GoPay Plus tidak bisa transfer walaupun sudah berhasil diverifikasi kemungkinan besar disebabkan karena koneksi internet yang terputus akibat :

  • Paket data habis.
  • Jaringan hilang karena listrik padam.
  • Internet lemot karena paket data sudah memasuki batas FUP (Fair Usage Policy).
  • Sambungan wifi terputus.

4. GoPay Sedang Gangguan

Biasanya aplikasi GoPay mengalami gangguan akibat mintenance (perbaikan server) atau updating (upgrade server / aplikasi).

GoPay Tidak Bisa Transfer
GoPay Sedang Gangguan

Nah ketika aplikasi GoPay mengalami trouble maka sebagian atau keseluruhan fitur aplikasi akan sulit diakses sementara sampai proses maintenance atau updating server selesai.

5. Nomor Rekening Salah

Untuk transfer saldo GoPay ke Bank tentunya kamu harus melakukan verifikasi akun Bank. Verifikasi Bank penerima ini terdiri atas nama, jenis rekening dan nomor rekening.

Kesalahan dalam memasukkan ketiga informasi diatas dapat menyebabkan transfer GoPay gagal ke Bank dengan notifikasi “metode pembayaran GoPay tidak tersedia”.

6. Penerima Transfer Gagal Menerima Saldo

Selain karena kesalahan pada pengirim saldo GoPay, kamu juga harus memastikan bahwa saldo dapat masuk ke akun penerima. Beberapa penyebab penerima gagal menerima saldo GoPay antara lain :

  • Akun GoPay penerima sudah limit.
  • GoPay penerima sedang terblokir.
  • Bank penerima sedang gangguan.

7. Akun GoPay Limit

Perlu kamu ketahui bahwa akun GoPay Plus hanya memiliki limit saldo maksimal sebesar 20 juta rupiah setiap bulannya. Limit ini merupakan akumulasi semua transaksi di akun GoPay.

GoPay Tidak Bisa Transfer
Transfer GoPay Pending Karena Limit

Setelah limit tercapai maka aktivitas transaksi di akun GoPay akan dibatasi sampai limit di reset di bulan berikutnya.

Nah, akun GoPay yang sudah limit ini dapat menyebabkan semua transaksi transfer menjadi berstatus “pending” dan menjadi alasan kenapa GoPay tidak bisa transfer ke OVO dan ShopeePay.

Cara Mengatasi GoPay Gagal Transfer Saldo

Solusi gagal transfer GoPay ke Bank, Dana, OVO maupun ShopeePay dapat dilakukan dengan mengupgrade akun GoPay Basic ke GoPay Plus serta memastikan layanan aplikasi tidak sedang mengalami gangguan.

1. Upgrade Akun Ke GoPay Plus

Untuk melakukan verifikasi GoPay Plus kamu memerlukan eKTP (Warga Negara Indonesia) atau Passport (Warga Negara Asing).

Verifikasi dapat dilakukan di Aplikasi GoJek pada menu Upgrade, verifikasi dilakukan dengan mengirim foto ID KTP/Passport dan juga melakukan Foto Selfie dengan KTP/Passport.

Berikut langkah – langkahnya :

  • Buka aplikasi GoJek lalu klik menu Eksplore.
  • Selanjutnya pilih Plus.
  • Setelah itu klik Upgrade sekarang.
  • Kemudian ambil foto e-KTP.
  • Lalu foto wajah (selfie) bersama KTP.
  • Kemudian klik Kirim Dokumen.
  • Terakhir silakan cek status upgrade GoPay ke GoPay Plus.

Pastikan ketika melakukan pengiriman foto dan selfie dengan ID KTP/Passport foto harus jelas dan terlihat.

2. Cek Koneksi Internet

Koneksi Internet yang buruk dapat diatasi dengan mengubah jaringan dari Seluler menggunakan jaringan wifi. Setelah beralih data kamu dapat memastikan koneksi internet dengan melakukan ping atau test kecepatan internet.

Baca Juga : 13 Cara Top Up GoPay Di Alfamart Dijamin Berhasil

Selain itu, kamu dapat memastikan koneksi internet lewat :

  • Gunakan Tools – Silahkan kunjungi website cek koneksi internet seperti speedtest atau fast.com.
  • Lihat bar sinyal – Cek ketersediaan bar sinyal di bagian atas ponsel dan data telah diaktifkan untuk akses internet.

3. Tunggu Maintenance GoPay Selesai

Karena gangguan pada layanan GoPay biasanya hanya berlangsung sesaat, maka kamu hanya perlu menunggu sampai maintenance / updating server GoPay selesai sebelum melanjutkan transaksi.

Kamu dapat memastikan apakah masih terdapat pada aplikasi GoJek dengan cara :

Situs Cek Gangguan

Gunakan situs cekgangguan.id untuk melihat status server GoPay secara real – time serta laporan – laporan dari pengguna lain mengenai kendala pada aplikasi GoJek.

Cek Lewat Media Sosial

Perkembangan terkait pembaharuan atau perbaikan pada sistem GoPay akan di-update secara berkala lewat media sosial GoJek seperti Facebook, Instagram atau Twitter GoJek Indonesia.

4. Cek Nomor Rekening / VA GoPay Penerima

Ketika memasukkan nomor rekening Bank atau kode Virtual Account (VA) hal yang perlu diperhatikan adalah memeriksa kembali Norek / VA tersebut sebelum melakukan transfer saldo.

Baca Juga : 9 Cara Top Up GoPay Lewat BRImo Yang Mudah Dan Praktis

Caranya yaitu dengan memeriksa nama pemilik rekening atau nama akun Dana, OVO atau ShopeePay penerima pada detail transfer GoPay.

5. Hubungi Call Center GoJek

Jika kamu masih belum dapat melakukan transfer saldo GoPay, sebaiknya hubungi CS GoJek untuk membantu kamu melakukan investigasi penyebab transfer dibatasi melalui :

  • Email : customerservice@GoJek.com
  • Telepon GoJek : +6221-5084-9000
  • Instagram : @GoJekIndonesia
  • Twitter : @GoJekindonesia
  • Line : GoJek Indonesi

Penutup

GoPay tidak bisa transfer dapat diatasi dengan meningkatkan limit saldo, memastikan nomor rekening / kode VA transfer valid, koneksi internet yang stabil serta akun GoPay dan penerima transfer tidak melanggar kebijakan GoJek.

Baca Juga : 10 Cara Convert Pulsa Ke GoPay : Gratis, Murah & Rate Tinggi

Fyi, saldo GoJek dapat dikirim ke rekening Bank atau ke Dompet Digital lain. Persentase GoPay tidak bisa mengirim sangat kecil, pada umumnya masalah ini muncul karena layanan GoJek sedang mengalami gangguan.

Jika akun kamu tidak bisa mengirim saldo, kamu bisa meminjam akun GoJek teman atau kerabat untuk transfer saldo sambil menunggu CS GoJek membalas email kamu.

Selamat mencoba !

5/5 - (15 votes)
x