Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

10 Penyebab Dan Solusi OVO Tidak Bisa Transfer Ke Dana

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Ke Dana

Mahirtransaksi.com – Salah satu penyebab OVO tidak bisa transfer ke Dana disebabkan oleh masalah pada server aplikasi OVO maupun Dana. Selain itu, apa saja kemungkinan penyebab saldo OVO tidak bisa dikirim ke Dana?

Hadirnya OVO sebagai aplikasi e-money cukup memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi secara daring tak terkecuali transfer uang.

Tak hanya bisa transfer ke Rekening Bank, aplikasi OVO juga bisa memungkinkan kamu untuk transfer antar sesama dompet digital, salah satunya aplikasi Dana.

Memindahkan saldo ke sesama e-wallet ini dapat menjadi salah satu alternatif ketika top up saldo OVO via Bank mengalami gangguan atau bahkan ketika saldo di Bank sedang kosong.

Apakah OVO Bisa Transfer Ke Dana?

Mengirim saldo ke sesama dompet digital ini bukanlah hal yang baru. Transfer saldo OVO ke Dana, GoPay atau ShopeePay dapat dilakukan kapanpun kamu mau.

Prosedur pemindahan saldo ini pada dasarnya sama saja seperti mengisi saldo OVO lewat Virtuall Bank atau ATM. Kamu hanya perlu memasukkan nomor rekening virtual, memilih saldo lalu pindahkan saldo dengan klik transfer.

Apakah OVO bisa ditransfer ke Dana? Tentu bisa. Pada dasarnya kamu dapat membutuhkan Rekening CIMB Niaga atau Permata Bank sebagai kode VA transfer saldo.

Namun pada sebagian kasus, transfer saldo OVO ke Dana akan mengalami kegagalan karena adanya kesalahan prosedur atau rekening virtual account CIMB Niaga / Permata Bank.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer ke Dana

Beberapa pengguna OVO kadang mengeluhkan saat proses transfer uang ke aplikasi lain khususnya Dana yang kerap mengalami error sehingga mengganggu kegiatan transaksi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab OVO tidak bisa transfer saldo ke Dana :

1. Koneksi Internet Buruk

Penyebab OVO tidak bisa ditransfer ke Dana yaitu karena jaringan internet yang terganggu seperti koneksi hilang atau paket data habis.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Ke Dana
Koneksi Internet Terputus

Penyebab gangguan koneksi internet ini memang beragam, seperti :

  • Paket data sudah mencapai batas FUP (Fair Usage Policy).
  • Paket data habis.
  • Koneksi wifi terputus.
  • Bar sinyal ponsel hilang tiba – tiba.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan transfer saldo sebaiknya periksa dulu koneksi internet pada ponsel untuk mengantasipasi transfer saldo OVO ke Dana gagal.

2. Kode VA Salah

Untuk mengirim saldo OVO ke Dana, kamu harus memastikan beberapa data berikut benar :

  • Kode Virtual Account.
  • Nomor HP.
  • Nominal saldo OVO yang ditransfer.

Kegagalan transfer juga bisa terjadi karena salah memasukkan salah satu dari ketiga data diatas baik Kode VA, Nomor HP maupun nominal saldo OVO yang ditransfer.

Solusinya bagi kamu yang ingin transfer uang melalui OVO ke aplikasi Dana, maka pilih menu Transfer > Ke Rekening Bank > Bank CIMB Niaga. Kemudian masukkan kode 8059 sebelum memasukkan nomor telepon Dana tujuan transfer.

3. Akun OVO Belum Diperbarui

Demi kelancaran proses transfer uang melalui OVO ke rekening bank atau aplikasi e-money yang lain, maka sebaiknya upgrade akun OVO dari Club ke OVO Premier.

Fyi, fitur transfer saldo OVO ke Dana atau dompet digital hanya tersedia untuk akun yang sudah diperbaharui menjadi OVO Premier.

4. PIN OVO Salah

Saat ini OVO menerapkan fitur keamanan berupa security code (PIN) pada setiap proses transaksi termasuk untuk mengirim saldo.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Ke Dana
PIN OVO Salah

Oleh sebab itu, pastikan kamu telah memasukkan security code dengan benar saat mengirim saldo agar tidak terjadi kegagalan saat transfer saldo. Jika diperlukan kamu bisa mengatur ulang PIN agar proses transfer berhasil.

5. Saldo Kurang

Salah satu penyebab tidak bisa transfer dari OVO ke Dana selain karena kode VA salah bisa juga disebabkan karena saldo OVO yang tidak mencukupi syarat minimal transfer saldo.

Minimal kirim saldo OVO ke Dana yaitu 10 ribu rupiah dengan biaya admin sebesar Rp2.500 rupiah baik untuk Bank CIMB Niaga dan Permata Bank.

6. Scanner QRIS OVO Error

Transfer OVO ke DANA juga dapat dilakukan dengan scan QRIS yang terdapat pada kedua aplikasi tersebut. Namun jika fitur scanner error maka proses transfer saldo OVO ke aplikasi Dana akan ditolak.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi OVO Tidak Bisa Transfer Saldo

Pada penggunaan scanner QRIS, fitur tersebut juga akan bergantung pada kualitas dan performa kamera. Kamera yang kotor, rusak, atau memiliki kendala dapat menyebabkan fitur QRIS menjadi tidak maksimal.

Jika QRIS error, kamu dapat memilih alternatif transfer saldo lewat fitur transfer di aplikasi OVO maupun di aplikasi Dana.

7. Nomor Tujuan Tidak Ditemukan

Saat transfer saldo, tentunya kamu harus memasukkan nomor akun Dana setelah kode Bank Virtual Account. Pastikan nomor akun Dana yang kamu masukkan tersebut valid dan terdaftar di aplikasi Dana.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Ke Dana
Nomor Tujuan Tidak Ditemukan

Hal ini sangat penting untuk menghindari munculnya notifikasi error nomor tujuan tidak ditemukan saat transfer saldo.

8. Apk OVO Crash

Data dan chache aplikasi OVO yang terlalau penuh juga dapat menyebabkan aplikasi OVO crash / force close saat mengirim saldo.

Untuk mengatasinya, kamu dapat membuka menu Pengaturan – Aplikasi kemudian pilih OVO lalu klik Hapus Chache. Jika sudah, silahkan login kembali menggunakan akun OVO kamu.

9. OVO Sedang Gangguan

Selain beberapa penyebab diatas, munculnya notifikasi transfer OVO ke Dana gagal juga disebabkan karena layanan aplikasi OVO sedang mengalami gangguan.

Penyebab OVO Tidak Bisa Transfer Ke Dana
OVO Sedang Maintenance

Gangguan pada aplikasi ini biasanya terjadi karena adanya update atau maintenance pada server aplikasi dan biasanya hanya berlangsung beberapa saat saja.

Solusi Tidak Bisa Transfer OVO Ke Dana

Jika transfer OVO ke Dana gagal terjadi karena gangguan pada layanan aplikasi, maka kamu dapat menunggu beberapa saat sampai layanan aplikasi OVO maupun Dana normal kembali.

Baca Juga : 14 Penyebab Dan Cara Mengatasi OVO Tidak Bisa Login

Jika gagal transfer terjadi karena alasan yang tidak jelas, kamu dapat memilih opsi transfer saldo OVO ke Rekening Bank lalu transfer kembali saldo dari Rekening Bank ke Dana.

Agar lebih mudah, usahakan rekening Bank sudah memiliki aplikasi Mobile Banking seperti BRI Mobile atau BNI Mobile.

Penutup

Tidak bisa transfer OVO ke Dana pada umumnya disebabkan karena koneksi terputus tiba – tiba, aplikasi OVO yang error atau sedang gangguan hingga human error karena kesalahan dalam memasukkan kode VA / nomor tujuan di aplikasi Dana.

Baca Juga : 11 Penyebab OVO Gagal Memuat Saldo / Konten

Ternyata simpel ya. Apabila cara di atas masih gagal maka kamu bisa coba hubungi Customer Service OVO di website resmi www.ovo.co.id atau email cs@ovo.id.

Atau lewat Chat di aplikasi OVO dengan cara :

  • Buka aplikasi OVO lalu pilih menu Profile Akun.
  • Klik Pusat Bantuan.
  • Pilih jenis keluhan Transfer lalu pilih OVO ke OVO.
  • Selanjutnya pilih mengapa saya tidak bisa melakukan transfer ke sesama akun OVO.
  • Terakhir klik Mulai Chat.
  • Sampaikan kendalamu agar tim OVO dapat melakukan investigasi dan mencari solusi atas permasalahan aplikasi yang kamu alami.

Selamat mencoba !

Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.