Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.

13+ Jasa Menghapus BI Checking Pinjol Dan Bank Terbaru 2024

Jasa Menghapus BI Checking

Mahirtransaksi.com – Karena banyak masyarakat yang terjerat hutang pinjol, maka tidak sedikit yang mencari jasa menghapus BI Checking pinjol agar dapat mengajukan pinjaman lagi dikemudian hari.

Mengajukan pinjaman lewat aplikasi Pinjaman Online (Pinjol) memang hal yang lumrah dilakukan debitur yang memang membutuhkan pinjaman dana mendesak karena alasan tertentu.

Namun dalam prosesnya banyak debitur yang justru gagal membayar tagihan pinjaman dari pinjol yang membuat nama debitur tersebut di blacklist oleh BI Checking karena masalah pembayaran pinjaman.

Apa Itu BI Checking?

BI Checking adalah pengecekan riwayat kredit seseorang di Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia (BI).

SID sendiri merupakan sebuah sistem informasi yang berisi data debitur dan fasilitas kredit yang dimiliki oleh bank dan lembaga keuangan lainnya.

SID digunakan untuk memantau kinerja kredit dan risiko kreditur, serta untuk memberikan informasi kepada calon pemberi kredit tentang riwayat kredit calon debitur.

Fungsi BI Checking

BI Checking sangat penting bagi calon pemberi kredit, karena dapat menilai seberapa layak atau tidaknya calon debitur mendapatkan kredit.

BI Checking adalah syarat utama dalam pengajuan kredit, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan kartu kredit.

Jasa Menghapus BI Checking
BI Checking

Jika kolektibilitas debitur baik (skor 1 atau 2) maka calon pemberi kredit akan lebih mudah memberikan persetujuan kredit dengan bunga yang rendah.

Sebaliknya, jika kolektibilitas debitur buruk (skor 3, 4 atau 5) maka calon pemberi kredit akan lebih sulit memberikan persetujuan kredit atau memberikan bunga yang tinggi.

Keuntungan Memakai Jasa Menghapus BI Checking

Debitur yang memiliki kolektibilitas debitur buruk biasanya akan mencari jasa menghapus BI Checking untuk memulihkan riwayat kredit agar dapat pengajuan pinjaman di kemudian hari lebih mudah di setujui.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain menggunakan jasa menghapus BI Cheking, seperti :

Bebas Riwayat Kredit Buruk

Jika debitur memiliki riwayat kredit buruk atau kredit macet di BI Checking tentu akan mengganggu kredibilitas sebagai debitur karena akan sulit mendapatkan persetujuan kredit dari bank atau lembaga keuangan.

Dengan menggunakan jasa menghapus BI Checking debitur bisa membersihkan catatan buruk dan memperbaiki skor kredit untuk meningkatkan peluang mendapatkan kredit dengan bunga yang rendah dan syarat yang mudah.

Proses Penghapusan Cepat Dan Mudah

Menghapus catatan buruk di BI Checking secara mandiri bisa menjadi proses yang rumit dan memakan waktu.

Jasa Menghapus BI Checking
Pemulihan Kredit Skor BI Checking

Debitur harus melakukan negosiasi dengan bank atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman, membayar denda atau biaya administrasi serta menunggu proses verifikasi dan validasi data.

Dengan menggunakan jasa membersihkan BI Checking debitur bisa menghemat waktu dan tenaga karena jasa ini akan membantu memastikan proses penghapusan kredit yang buruk berjalan lancar dan cepat.

Skor Kredit Kembali Naik

Dengan membantu menghapus catatan negatif dari BI Checking, layanan ini membuka peluang bagi kamu untuk mendapatkan akses lebih mudah ke produk keuangan seperti pinjaman atau kartu kredit.

Dengan catatan negatif dihapus, skor kredit kamu cenderung naik, meningkatkan kepercayaan lembaga keuangan terhadap kelayakan finansial sehingga kamu mendapatkan kondisi pinjaman yang lebih baik.

Layanan Profesional Dan Aman

Layanan membersihkan BI Checking juga pada umumnya diselenggarakan oleh tim ahli yang berpengalaman dalam menangani catatan negatif BI Checking.

Jenis jasa ini memahami prosedur yang tepat dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang regulasi serta kebijakan yang berkaitan dengan proses penghapusan catatan.

Dengan menggunakan layanan ini, kamu mendapatkan jaminan bahwa prosesnya dilakukan secara profesional sehingga terhindar dari risiko kesalahan yang dapat terjadi jika mencoba mengatasi masalah tersebut secara mandiri.

Dapat Mengajukan Kredit Kembali

Setelah catatan buruk Kamu terhapus dari BI Checking debitur bisa mengajukan kredit kembali ke bank atau lembaga keuangan seperti aplikasi pinjaman online (fintech).

Debitur bisa memanfaatkan kredit untuk berbagai keperluan seperti modal usaha, pembelian rumah, pendidikan, pernikahan atau hal lainnya dengan proses yang mudah dan cepat.

Cara Cek BI Checking Online

BI Checking singkatan dari Bank Indonesia Checking adalah proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menganalisis informasi terkait riwayat kredit dan pinjaman debitur.

Berikut cara cek BI Checking online :

  • Buka laman https://idebku.ojk.go.id.
  • Pilih Pendaftaran lalu isi seluruh kolom pada halaman pendaftaran.
  • Unggah foto diri sesuai yang diinstruksikan.
  • OJK akan mengirimkan email yang memuat informasi nomor pendaftaran.
  • Cek status permohonan BI Checking pada situs iDebku OJK.

Jasa Menghapus BI Checking Pinjol Dan Bank

Jasa menghapus BI Checking adalah individu atau lembaga yang memberikan layanan untuk membersihkan macetnya pembayaran kredit (kolektibilitas) debitur di BI Checking OJK Online.

Beberapa jasa membersihkan BI Checking yang bisa kamu temukan secara online dan offline. Berikut rekomendasi Jasa menghapus BI Checking pinjol dan Bank yang bisa kamu pilih :

Beben – Bersihkan BI Checking

Beben adalah jasa menghapus BI Checking pinjaman online yang mengklaim bisa membersihkan BI Checking dengan cepat, mudah dan terbukti berhasil.

Beben juga menawarkan biaya yang murah, proses yang cepat dan garansi uang kembali jika tidak terjadi perbaikan riwayat kredit sesuai dengan jatuh tempo yang ditentukan.

Namun, jasa ini kurang objektif dan kredibel karena tidak memberikan bukti atau testimoni dari pelanggan yang sudah menggunakan jasa tersebut.

Jasa Hapus BI Checking Online

Kemudian ada jasa yang menawarkan layanan penghapusan BI Checking secara online dengan biaya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta.

Jasa hapus BI Cheking ini juga menyediakan konsultasi gratis dan garansi uang kembali jika gagal. Namun, jasa ini tidak menjelaskan secara detail tentang proses dan syarat penghapusan BI Checking.

Jasa Hapus Blackling BI Checking Pinjol

Jasa ini menyediakan layanan penghapusan BI Checking khusus untuk aplikasi pinjol (pinjaman online) dengan biaya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Jasa Menghapus BI Checking
Membersihkan BI Checking Pinjol

Selain itu, jasa ini juga menawarkan beberapa saran untuk menghindari pinjol ilegal dan memberikan beberapa tips untuk menjaga SLIK OJK tetap baik.

Jasahapusbi.com

Jasahapusbi merupakan salah satu jasa penghapusan BI Checking yang cukup populer di internet yang menawarkan layanan penghapusan BI Checking pinjol dengan biaya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta rupiah.

Debitur juga bisa berkonsultasi gratis sebelum menggunakan layanan yang disediakan serta menyediakan beberapa testimoni dari pelanggan yang pernah menggunakan jasa ini.

Jasa Membersihkan BI Checking

Jasa ini menawarkan layanan penghapusan BI Checking secara online dengan biaya mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 juta yang memberikan beberapa testimoni dari pelanggan yang puas dengan jasa tersebut.

Jasa ini juga mengklaim bisa membersihkan BI Checking dalam waktu 7 hari kerja. dan menyediakan konsultasi gratis dan garansi uang kembali jika gagal membersihkan riwayat kredit debitur.

Jasa Hapus SLIK OJK Online

Jasa menghapus SLIK OJK Online menyediakan layanan penghapusan SLIK OJK secara online dengan biaya mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 1,5 juta serta memberikan beberapa tips untuk menjaga SLIK OJK tetap baik.

Memiliki proses yang cepat dan aman serta memberikan beberapa tips untuk menjaga riwayat kredit BI Checking tetap baik tidak heran jika jasa ini banyak digunakan di Indonesia.

Kekurangan Menggunakan Jasa Penghapusan BI Checking

Jasa BI Checking adalah layanan yang ditawarkan oleh Badan Informasi Keuangan (BIK) atau lembaga yang berwenang untuk melakukan pemeriksaan terhadap riwayat kredit seseorang.

Jasa ini umumnya digunakan oleh pihak-pihak yang tertarik untuk mengetahui catatan kredit seseorang sebelum memberikan layanan finansial seperti kredit atau pinjaman.

Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam menggunakan jasa penghapusan BI Checking, antara lain :

Potensi Kesalahan Data

Terkadang, data yang tercatat di BIK mungkin tidak sepenuhnya akurat atau terjadi kesalahan pengolahan data yang dapat memberikan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi aktual seseorang.

Selain itu, ada juga indikasi penyalagunaan data jika pengguna tidak tepat dalam memilih layanan penghapusan kredit BI Checking sehingga potensi untuk penipuan data sangat besar.

Dampak Negatif Pada Kredit

Proses pemeriksaan yang dilakukan oleh BIK dapat berdampak negatif terhadap skor kredit seseorang.

Jika terlalu sering dilakukan pemeriksaan, hal ini dapat menurunkan skor kredit dan membuat sulit bagi individu untuk mendapatkan kredit di masa depan.

Informasi Riwayat Kredit Terbatas

Informasi yang diberikan oleh BIK terkadang bersifat terbatas, sehingga tidak memberikan gambaran yang lengkap tentang kondisi keuangan seseorang.

Hal ini dapat menyulitkan pihak lain untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang diberikan oleh layanan BI Checking.

Cara Membersihkan BI Checking Di OJK Online

BI Checking berisi data tentang identitas, jumlah pinjaman, jangka waktu, cicilan dan status pembayaran nasabah di OJK Online.

Riwayat di BI Checking sangat berpengaruh terhadap kemampuan nasabah untuk mendapatkan kredit baru karena lembaga keuangan akan melihat skor kredit nasabah dari BI Checking sebelum menyetujui atau menolak pengajuan kredit.

Oleh sebab itu, simak cara membersihkan BI Checking di OJK Online berikut ini :

Bayar Tagihan Kredit Yang Tersisa

Cara membersihkan BI Checking di OJK online yang paling efektif adalah dengan membayar tagihan kredit yang tersisa agar riwayat kredit buruk atas nama debitur segera di hapus.

Jika debitur memiliki tunggakan atau keterlambatan dalam membayar cicilan kredit akan mencoreng skor kredit di BI Checking.

Oleh karena itu, debitur harus segera melunasi semua hutang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan lembaga keuangan atau aplikasi pinjaman online sesegera mungkin.

Hindari Kredit Di Aplikasi Pinjol

Membersihkan BI Checking juga dapat dilakukan dengan menghindari kredit di aplikasi pinjol atau pinjaman online.

Jasa Menghapus BI Checking
Hindari Kredit Aplikasi Pinjol

Meskipun pinjol menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan pinjaman namun pinjol juga memiliki risiko yang tinggi seperti bunga yang tinggi, denda yang besar dan penagihan yang tidak etis.

Selain itu, pinjol juga bisa mempengaruhi skor kredit Kamu di BI Checking karena sebagian besar pinjol sudah terdaftar di OJK dan masuk dalam sistem informasi kredit SLIK OJK yang terhubung dengan BI Checking.

Cari Pemasukan Tambahan Untuk Membayar Cicilan

Mencari pemasukan tambahan untuk membayar cicilan adalah langkah yang tepat untuk membersihkan riwayat kredit buruk BI Checking di OJK Online.

Jika debitur merasa penghasilan tidak cukup untuk membayar cicilan kredit setiap bulannya maka debitur bisa mencari sumber pendapatan lain yang bisa menambah pemasukan.

Debitur bisa memanfaatkan bakat atau hobi untuk mendapatkan uang misalnya dengan menjual barang bekas, membuat kerajinan tangan, menulis artikel atau menjadi freelancer online.

Jangan Mengajukan Pinjaman Selama 6 Bulan

Menghapus riwaya kredit macet di BI Checking dapat dilakukan dengan tidak mengajukan pinjaman baru selama 6 bulan berturut – turut.

Jika debitur sudah melunasi semua hutang dan ingin mengajukan pinjaman baru maka debitur harus menunggu selama 6 bulan sebelum mengajukan pinjaman lagi.

Siapkan Surat Pelunasan Hutang

Selain itu, debitur juga harus menyiapkan surat pelunasan hutang dari lembaga keuangan memberikan kredit untuk membersihkan BI Checking di OJK online.

Surat pelunasan hutang adalah bukti resmi bahwa debitur sudah melunasi semua hutang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Surat pelunasan hutang juga bisa membantu dalam mengajukan pinjaman baru di lembaga keuangan lainnya karena surat tersebut bisa menunjukkan bahwa debitur adalah nasabah yang disiplin dalam membayar tagihan.

FaQ Seputar Jasa Menghapus BI Checking Online

Bagi debitur yang memiliki riwayat kredit buruk, tentunya membutuhkan jasa ini untuk membantu memulihkan riwayat kredit. Namun sebelum itu, simak beberapa pertanyaan dan jawaban seputar penghapus BI Checking berikut ini :

Apakah Ada Jasa Pembersihan BI Checking?

Pada umumnya BI checking merupakan proses verifikasi kredit yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) untuk mengetahui riwayat kredit seseorang.

Sampai saat ini, tidak ada jasa pembersihan BI checking resmi yang memang secara khusus bisa menghapus riwayat kredit buruk di SLIK OJK karena prosesnya terkait dengan catatan kredit yang sah.

Namun, terdapat beberapa perusahaan atau lembaga yang menawarkan layanan konsultasi keuangan atau hukum yang dapat membantu kamu untuk memahami catatan kredit, memberikan saran atau membantu dalam proses mengatasi masalah kredit yang mungkin terjadi.

Apakah Jasa Penghapusan BI Checking Aman?

Tidak ada informasi yang jelas mengenai apakah jasa pembersihan BI Checking aman atau tidak. Hal ini tergantung metode yang digunakan oleh jasa tersebut dalam membersihkan BI Checking debitur.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa satu-satunya cara untuk membersihkan nama di BI Checking adalah dengan membayar semua utang terhadap pihak bank atau lembaga keuangan seperti Fintech atau pinjol.

Berapa Lama BI Checking Bersih Setelah Pelunasan?

Fyi, BI Checking tidak langsung bersih secara instan setelah debitur melakukan pelunasan. Pada umumnya, BI Checking bisa bersih setelah 1 bulan setelah pelunasan dilakukan.

Jasa Menghapus BI Checking
Kredit Skor BI Checking

Hal ini karena pembaruan data BI Checking (SLIK) maksimal 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan yang dilakukan oleh debitur.

Oleh sebab itu, setelah pelunasan debitur harus memantau BI Checking dan melihat apakah ada perubahan skor. Jika belum ada perubahan, debitur bisa mengajukan komplain setelah pelunasan dilakukan.

Apakah BI Checking Bisa Hilang Sendiri?

BI Checking tidak bisa hilang sendiri tanpa tindakan yang dilakukan oleh debitur. Tindakan tersebut adalah membayar semua hutang terhadap pihak bank atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman.

Setelah pelunasan, BI Checking akan hilang sendiri dalam waktu sekitar 1 bulan atau 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan.

Kenapa Pembayaran Sudah Lunas Tapi Masih BI Checking?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembayaran sudah lunas tetapi masih tercatat di BI Checking, seperti :

  • Waktu Pembaruan Data BI Checking – Pembaruan data BI Checking (SLIK) bisa dilakukan maksimal 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan.
  • Keterlambatan Pelaporan – Bank atau lembaga keuangan tidak segera melaporkan pelunasan ke BI Checking.
  • Kesalahan Administrasi – Seperti kesalahan penulisan nomor identitas atau nama sehingga catatan tetap tercatat di BI Checking.

Kesimpulan

Jasa menghapus BI Checking pinjol terpercaya merupakan solusi terbaik bagi debitur yang sudah melakukan pelunasan namun tetap ingin riwayat kredit di OJK tetap baik.

Baca Juga : 13 Cara Kabur Dari Pinjaman Online Legal Dan Ilegal Agar Tidak Di DC

Jika pembayaran sudah lunas tetapi masih tercatat di BI Checking debitur dapat menghubungi bank atau lembaga keuangan terkait untuk memastikan bahwa pelaporan pelunasan sudah dilakukan dengan benar.

Semoga bermanfaat !

4.6/5 - (20 votes)
Hari Sipahutar I am an professional in the realm of banking and finance, with deep expertise in managing personal and business finances, an editor, a technical content writer, and also an article optimizer for Mahirtransaksi Blog.